SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 05 Maret 2016

GAMBAS F1 PRIMA CAP PANAH MERAH



benih gambas, gambas prima, prima f1, benih panah merah

PELUANG PASAR DAN NILAI EKONOMIS GAMBAS / OYONG

www.lmgaagro.web.id - Gambas adalah sayuran yang banyak dikonsumsi sebagai olahan sup. Gambas memilik nama lain oyong. Gambas / oyong ini adalah tanaman semak menjalar yang berasal dari India. Gambas telah banyak dibudidayakan di daerah Asia khususnya di Indonesia. Tanaman ini berpotensi untuk dijadikan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi petani sayuran. Mengapa gambas merupakan komoditas sayuran yang berpotensi baik untuk diusahakan? Karena gambas / oyong termasuk tanaman yang mudah tumbuh di daerah mana saja. Tanaman gambas dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah, selain itu tanaman gambas ternyata memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit sehingga sangat kecil kemungkinan gagal panen pada budidaya gambas.

Dalam budidaya tanaman gambas telah terbukti memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Dari pengalaman petani gambas yang sukses diceritakan bahwa dengan luas lahan 1700 m2 dibutuhkan modal sebesar 7 juta sekali tanam hingga panen, dan dari hasil panen yaitu 15 ton diperoleh keuntungan 28,5 juta. Dengan asumsi harga gambas per kilogramnya Rp1.900. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berbisnis dengan gambas adalah peluang besar yang perlu dicoba.

DESKRIPSI UMUM GAMBAS

 

Gambas / oyong (Luffa acutangula) atau ridged gourd, disebut juga emes atau kimput (Sunda) dan timput (Palembang). Tanaman ini termasuk dalam famili Cucurbitaceae, berasal dari India, namun telah beradaptasi dengan baik di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bagian yang dapat dimakan dari tanaman ini adalah buah muda. Bagian lain dari gambas juga memiliki manfaat diantaranya untuk sabut, bagian yang dimanfaartkan adalah serat bunga karangnya (bagian dakam buah tua). Selain itu daunnya dapat digunakan sebagai lalap juga bermanfaat obat bagi penderita demam.

Tanaman gambas merupakan tanaman setahun yang dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dan dapat ditanam di sawah atau tegalan. Tanaman ini termasuk tanaman memanjat atau merambat dan membutuhkan iklim kering dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim. Lingkungan tumbuh yang ideal adalah di daerah yang bersuhu 18-24o C dan kelembaban 50-60%. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tanaman ini membutuhkan tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi dan berdrainase baik, serta mempunyai pH 5,5-6,8. Tanah yang paling ideal bagi budidaya gambas adalah jenis tanah liat berpasir, misalnya tanah Latosol, Alivial, dan Podsolik merah kuning.

VARIETAS UNGGUL GAMBAS HIBRIDA PRIMA

 

Tanaman gambas akan menghasilkan buah yang baik jika benih berasal dari varietas yang jelas. Varietas gambas yang baik untuk ditanam adalah jenis hibrida, karena benih gambas hibrida akan dijamin kemurniannya dan tingkat kontaminasinya rendah. Saat ini banyak benih gambas hibrida yang diproduksi oleh perusahaan benih nasional. Benih gambas hibrida yang beredar dipasaran diantaranya Gambas F1 Esenza Cap Kapal Terbang, Gambas F1 Anggun, Anggun Tavi dan Gambas F1 Prima dari Panah Merah.

Salah satu varietas hibrida gambas unggulan adalah benih Gambas F1 Prima. Benih Gambas F1 Prima adalah benih gambas yang di produksi oleh Cap Panah Merah. Benih Gambas F1 Prima cocok untuk di tanam di dataran rendah hingga menengah. Kemampuannya beradaptasi dan umur panen yang genjah menjadikan Gambas Prima layak untuk menjadi pilihan bagi petani gambas. Adapun deskripsi dari Gambas F1 Prima adalah sebagai berikut :
  1. Buah Gambas Prima mempunyai ukuran panjang 35-45 cm dengan diameter 4 cm.
  2. Buah Gambas Prima berwarna buah hijau terang.
  3. Kelebihan dari Gambas F1 Prima ini antara lain rasanya manis, tekstur buah lembut, dan ukuran buah yang tidak terlalu panjang sehingga cocok untuk pasar supermarket
  4. Berat buah Gambas Prima pertanaman 225 gram/ buah.
  5. Potensi hasil tanaman Gambas Prima adalah 35-38 ton/ha dengan umur panen umur 35-40 HST.
  6. Kebutuhan benih 1.1 kg/ha .
Dengan keunggulan-keunggulan diatas, Gambas F1 Prima Cap Panah Merah diharapkan bisa diterima petani, pedagang dan konsumen gambas. Umur tanaman yang genjah tentu saja bisa menghemat biaya perawatan dan menambah penghasilan petani gambas. Benih Gambas F1 Prima tersedia dalam kemasan 10 gram / sachet ( 50 Butir ). Benih Gambas Fi Prima bisa didapatkan di Toko On Line LMGA AGRO. LMGA AGRO menyediakan benih, pestisida, pupuk dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Apabila berminat hubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...