TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/05/16

MELON TAHAN VIRUS DHONA BISA DIBUAHKAN LEBIH DARI SATU

melon dhona, tahan virus, melon tahan virus, benih melon
MELON FI DHONA
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Melon adalah nama tanaman semusim sekaligus nama buahnya. Buah melon adalah salah satu buah favorit di daerah tropis. Buah melon pada umumnya dikonsumsi segar sebagai buah meja. Akan tetapi buah melon kadang dikonsumsi dalam bentuk olahan misalnya jus melon, es buah, puding melon dan sebagainya. Data BPS terakhir menunjukkan peningkatan produksi buah melon di tahun 2014 sebesar 25.149 ton dibandingkan tahun 2013. Adanya peningkatan produksi tanaman melon menunjukkan besarnya permintaan buah melon.

Tingginya permintaan buah melon dan semakin bervariasinya varian buah melon yang beredar di pasaran menunjukkan berkembangnya pasar melon. Produsen benih merespon meningkatnya konsumsi buah melon dengan mengeluarkan benih-benih baru. 

Benih melon baru diproduksi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan petani akan benih melon yang bisa menjawab tantangan di lapang. Tantangan pada area sentra budidaya melon saat ini adalah serangan virus. 

Virus yang menyerang tanaman melon tidak hanya mengakibatkan turunnya produksi tanaman melon, bahkan bisa mengakibatkan gagal panen. 

Untuk meminimalisir kerugian akibat serangan virus, maka petani harus pandai memilih benih melon yang akan ditanam. Benih melon tahan virus menjadi pilihan petani melon terutama di daerah endemik virus.

BENIH MELON TAHAN VIRUS F1 DHONA


Salah satu benih melon tahan virus adalah Melon F1 Dhona dari Benih Citra Asia. Melon F1 Dhona adalah benih tanaman melon hibrida dengan buah berkulit hijau, bernet dan daging kehijauan. 

Melon F1 Dhona adalah benih melon tahan virus, sehingga sangat cocok untuk ditanam di area sentra tanaman melon terutama yang rentan terhadap serangan virus. 

Melon F1 Dhona memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Buah melon berbentuk oval, net rapat, mudah terbentuk dan merata.
  2. Buah melon memiliki rasa manis (brix 15%)
  3. Warna daging buah hijau kekuningan
  4. Umur panen 72 hst dengan berat buah 1-2 kg/buah
  5. Buah tahan terhadap penyimpanan dan angkutan jarak jauh
  6. Tanaman toleran kresek (downy mildew) dan lalat buah, serta tahan terhadap serangan virus
  7. Benih Melon F1 Dhona cocok di dataran rendah hingga menengah
  8. Kebutuhan benih 500-550 gram/ha.

 MEMBUAHKAN MELON F1 DHONA LEBIH DARI SATU


Keunggulan lain dari Melon F1 Dhona adalah bisa dibuahkan lebih dari satu. Dengan dibuahkan lebih dari satu pertanaman akan memberikan keuntungan bagi petani melon.

Membuahkan melon lebih dari satu akan meningkatkan tonase hasil panen per luasan tanam. Untuk membuahkan tanaman melon lebih dari satu, sebenarnya tidaklah sulit.

Cara menanam Melon Dhona untuk dibuahkan lebih dari satu pada dasarnya sama dengan teknik budidaya melon secara umum.

Hanya saja lebih memperhatikan jarak tanam yang tidak boleh terlalu rapat, pemupukan yang tidak boleh kurang, pemenuhan kebutuhan air serta menjaga daun tetap utuh hingga menjelang panen.

Teknik khusus membuahkan tanaman Melon Dhona lebih dari satu adalah dengan memotong batang di ruas ke 6.

Setelah pemotongan ruas, akan tumbuh cabang, pilih 2-3 cabang yang bagus, seragam dan sama-sama kuat pertumbuhannya, dengan arah tumbuh yang berbeda arah (tidak saling menumpuk). Dari cabang-cabang yang dipelihara inilah bunga melon akan dibuahkan.

Buah yang dipelihara dimasing-masing cabang sebaiknya yang terletak diantara ruas ke 10-12 dari pangkal tanaman. Hal tersebut ditujukan agar buah dapat tumbuh besar maksimum dan bisa dipanen tepat waktu.

WAKTU PANEN OPTIMUM


Buah Melon F1 Dhona memiliki rasa yang sangat manis hingga mencapai brix 15%. Rasa yang manis ini akan diperoleh jika buah dipanen pada umur yang tepat.

Buah akan mencapai tingkat kemanisan maksimum saat dipanen umur 72 hari. Umur petik buah atau saat panen ini harus diperhatikan jika ingin mendapatkan buah dengan rasa yang sangat manis.

Pemanenan buah melon dibawah umur 72 hst akan menghasilkan buah dengan rasa yang kurang manis.

Buah melon Dhona tidak lembek/busuk karena perlakuan ethrel. Selain itu, buah Melon Dhona tahan penyimpanan.

Sebagai benih melon baru, kelebihan Melon F1 Dhona yang tahan virus, bisa dibuahkan lebih dari satu dan rasa buah yang sangat manis, bisa menjadi benih pilihan bagi petani melon. 

Melon tahan virus Dhona bisa dibuahkan lebih dari satu bisa menjadi jawaban bagi permasalahan petani melon terutama di daerah endemik virus.

Pemilihan benih yang tepat akan menentukan keberhasilan budidaya, dan benih Melon F1 Dhona adalah pilihan yang tepat. Benih Melon F1 Dhona bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO.

Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, obat dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti POS, JNE, TIKI, KI 8, dan sebagainya. 

LMGA AGRO juga melayani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...