TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/05/16

MERAUP UNTUNG DENGAN BUDIDAYA BUNGA MARIGOLD

bunga marigold, benih bunga
www.lmgaagro.web.id - Bunga marigold dalam bahasa latin disebut Tagetes dan dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Bunga Gumitir / Gemitir. Secara sepintas, bunga marigold mirip dengan bunga kenikir, namun apabila diperhatikan, kedua bunga tersebut berbeda. Bunga marigold berbentuk bundar, umumnya berwarna kuning, besar dan bertumpuk. Bunga marigold sangat digemari kupu-kupu karena memiliki nektar yang banyak. Tanaman marigold memiliki bunga disetiap tangkai batangnya, sehingga saat berbunga bersamaan seluruh tanaman akan tertutup bunga.

Bunga marigold / bunga gemitir memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai obat, tanaman pembatas, bunga potong, dan sebagai bunga untuk upacara keagamaan umat Hindu. Seperti kita ketahui, umat Hindu terbesar di Indonesia ada di Bali, sehingga bukanlah hal yang asing jika bunga marigold / bunga gumitir ini banyak dibudidayakan di Bali. Selain sebagai sarana upacara keagamaan, bunga marigold / bunga gemitir juga digunakan sebagai hiasan pada saat pesta, acara hiburan, dan sebagainya.

Kebutuhan akan bunga marigold / bunga gemitir dan harga bunga yang relatif tinggi menjadikan bunga marigold menjadi salah satu komoditi yang menguntungkan untuk dibudidayakan. Cara budidaya bunga marigold / bunga gemitir tidaklah rumit. Persiapan lahan tanam dilakukan dengan membuat bedengan selebar 1 meter dengan saluran air di sisi kiri kanannya. Media dicampur dengan pupuk kandang dan dibuat lubang tanam dua deret dengan jarak 40 cm. Kelembaban media tetap dijaga agar tidak kering saat pembibitan. Benih akan tumbuh kurang lebih setelah 7 hari. Untuk perawatan selanjutnya adalah penyiraman dan pemupukan secukupnya serta pembersihan gulma agar tanaman bunga marigold tumbuh subur.

Dengan perawatan yang sangat mudah, dan biaya perawatan yang relatif kecil, maka budidaya bunga marigold / bunga gumitir sangat menguntungkan. Dalam 100 meter persegi biasanya tanaman bunga marigold yang ditanam sebanyak 400 pohon. Satu pohon rata-rata menghasilkan 3 kg bunga. Jika harga bunga marigold  Rp. 15.000/kg maka per pohon bisa menghasilkan kurang lebih Rp. 45.000 bruto.

Adanya pasar dan pembudidaya yang mencoba meraup untung dengan budidaya bunga marigold, mendorong produsen benih memproduksi benih bunga marigold hibrida. Benih bunga marigold hibrida memiliki keunggulan bunga seragam, besar dan lebih cepat panen. Benih bunga marigold yang ada dipasaran diantaranya adalah Bunga Marigold F1 Molek, Bunga Marigold F1 Cassanova, Bunga Marigold F1 Rona dari PT. Agri Makmur Pertiwi dan Bunga Marigold F1 Maharani dan Bunga Marigold Mega F1 Gold dari PT. East West Seed (Panah Merah).

Benih bunga marigold bisa didapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, obat dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya. LMGA AGRO juga melayani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Segera hubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...