TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/06/16

KACANG PANJANG PERDANA UMUR GENJAH ADAPTASI LUAS

kacang panjang perdana, kacang panjang tahan viruswww.lmgaagro.web.id - Tanaman kacang panjang merupakan sejenis tanaman sayur yang termasuk kedalam famili leguminosae ( kacang-kacangan ) dengan nama latin Vigna Sinensis. Tanaman ini berbentuk semak atau perdu yang bersifat membelit dan merambat. Tingginya bisa mencapai ukuran 2 meter atau lebih. Kacang panjang digolongkan sebagai tanaman semusim seperti halnya terong, labu, tomat, buncis, pare, cabai, dan mentimun. Tanaman ini biasa dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran ataupun lalapan. Bagian yang dikonsumsi adalah buahnya yang masih muda dengan serat-serat yang masih lunak dan juga daunnya yang muda. Kebanyakan masyarakat mengolahnya menjadi aneka olahan masakan kacang panjang yang lezat seperti tumis kacang panjang, oseng kacang panjang, sayur asem, sayur lodeh, dsb. Aneka olahan sayuran ini lainnya dapat mudah kita temui dengan mencari resep kacang panjang di majalah, internet, maupun di buku-buku resep.

Selain itu manfaat kacang panjang tidak hanya sebagai makanan konsumsi saja. Akan tetapi tanaman kacang panjang juga sangat membantu petani untuk menyuburkan tanah. Para petani biasa menjadikan kacang panjang sebagai tanaman sela dengan sistem tanam tumpang gilir. Dimana budidaya kacang panjang dilakukan setelah atau menjelang budidaya tanaman pertama panen. Hal ini dikarenakan di dalam akar kacang panjang terdapat bintil-bintil akar yang bersimbiosis dengan bakteri Rhyzombum. Bakteri ini berperan mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga tanah menjadi subur dan kaya nitrogen. Kebutuhan nitrogen didalam tanah yang tercukupi akan sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Cara menanam kacang panjang dengan sistem ini biasa dilakukan bergantian/berdampingan dengan tanaman padi, melon, jagung, cabai, dan sebagainya tergantung kondisi lahan si petani. Dengan cara ini pula dipercaya petani dapat memutus siklus perkembangan hama pernyakit, menghemat biaya pengolahan tanah, dan juga dapat meningkatkan produktivitas tanaman pendampingnya.

Adapun dalam melakukan budidaya kacang panjang tidak boleh sebarangan apalagi disaat musim penghujan. Disaat musim penghujan tanaman kacang panjang sangat rawan terserang hama penyakit. Serangan tersebut kebanyakan disebabkan oleh virus yang bernama BCMV ( Bean Common Mosaic Virus-black eye Cowpea ). Penyakit ini mengakibatkan daun berwarna kuning dan keriting sehingga tingkat produktivitas tanaman menjadi turun.

Walaupun begitu petani tidak perlu khawatir, ada solusi untuk mengatasi serangan hama penyakit tersebut. Selain dengan cara tumpang gilir dan penyemprotan dengan pestisida dapat pula dilakukan dengan cara pemilihan kualitas benih kacang panjang yang tahan virus sebelum proses budidaya dimulai. Saat ini pun telah banyak beredar benih-benih kacang panjang tahan virus yang diproduksi oleh perusahaan benih pabrikan diantaranya ada benih Kacang Panjang Puspita dari Cap Kapal Terbang, Kacang Panjang Parade Tavi dari Cap Panah Merah, Kacang Panjang Maraton dari Cap Kapal Terbang, Kacang Panjang Pangeran Anvi dari Agri Makmur Pertiwi, dan Kacang Panjang Perdana dari Bintang Asia.

Benih Kacang Panjang Perdana dari Bintang Asia termasuk salah satu benih kacang panjang unggulan andalan petani. Benih kacang panjang ini memiliki umur genjah sehingga menghemat biaya perawatan serta memiliki daya adaptasi yang luas. Tanaman kacang panjang Perdana tahan terhadap serangan virus kuning atau bulai. Virus ini adalah penyakit utama pada kacang panjang yang bisa mengakibatkan petani gagal panen. Oleh karena itu, petani kacang panjang terutama di sentra pertanian yang sudah endemik virus kuning/bulai sebaiknya harus memilih benih tahan virus seperti benih kacang panjang Perdana. Benih kacang panjang ini memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Benih ini cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi
  2. Benihnya berwarna hitam dengan ujung putih
  3. Panjang buah sekitar 80 cm
  4. Buah keras, mengkilat, dan tidak mudah gembos
  5. Ujung buah berwarna merah ( buntut merah )
  6. Tanaman tahan terhadap serangan virus kuning
  7. Umur petik 45 HST potensi hasil 25 ton/Ha 
  8. Kebutuhan benih 20 kg/Ha dan tersedia dalam kemasan 500 gram/sachet
Memilih benih Kacang Panjang Perdana dari Bintang Asia adalah pilihan tepat untuk memperoleh hasil panen maksimal. Benih Kacang Panjang Perdana Umur Genjah Adaptasi Luas bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...