SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Rabu, 20 Juli 2016

TOMAT TM VISTA BUAH BESAR FAVORIT PETANI

tm vista, tomat tahan virus, benih tomat, benih tomat tm visa, tomat tm vista
www.lmgaagro.web.id - Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan jenis tanaman hortikultura dari keluarga Solanaceae. Tomat termasuk tanaman semusim yang bersifat menjalar. Tanaman tomat memiliki buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Buah tomat biasanya dijadikan sayuran dengan cara dikonsumsi secara langsung tanpa diolah maupun diolah menjadi makanan atau minuman yang nikmat seperti jus tomat, saus tomat, sambal tomat, dll.

Tanaman tomat temasuk salah satu tanaman budidaya favorit para petani. Tomat memiliki produktifitas yang tinggi. Permintaan tomat di pasaran pun cukup banyak mulai dari kalangan rumah tangga sampai industri makanan dan minuman. Jangkauan pemasarannya pun sangat luas serta harga yang dimiliki cenderung stabil. Maka tak heran jika budidaya ini membawa peluang besar bagi petani untuk memdapatkan keuntungan sebanyak mungkin.

Budidaya tomat sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis. Jenis-jenis tomat yang dibudidayakan petani ada bermacam-macam, tergantung tempat dan permintaan pasar. Berikut adapun jenis-jenis tomat tersebut antara lain :

1. Jenis tomat berdasarkan bentuk/ukuran buah
    • Tomat Chery adalah jenis tomat yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang dengan bentuk buah mirip dengan buah chery. Contoh : tomat Rojita, tomat Golden Gem.
    • Tomat Sayur adalah tomat dengan buah berukuran sedang dan padat biasanya dipakai untuk diolah sebagai masakan. Contoh : tomat Betavila, tomat Sinta, tomat Royal 58.
    • Tomat Buah adalah tomat yang berukuran besar, bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencangkup. Tomat ini dapat dimakan langsung karena mempunyai rasa yang manis. Contoh : tomat Marta 9, tomat Marta, tomat T Vista, tomat Warany, tomat Falcon.
      2. Jenis tomat berdasarkan tipe pertumbuhannya
      • Determinate adalah tipe pertumbuhan tomat yang diakhiri dengan tumbuhnya rangkaian bunga atau buah, batang tidak bisa tumbuh tinggi dan umur panennya relatif pendek. Contoh : tomat Lentana, tomat Tymoti.
      • Semi indeterminate adalah tipe pertumbuhan tomat yang merupakan pengabungan dari jenis indeterminate dan determinate. Pertumbuhan tanaman sedang dan tidak terlalu cepat. Contoh : tomat Royal 58, tomat Servo, tomat New Idaman.
      • Indeterminate adalah tipe pertumbuhan tomat yang pertumbuhannya tidak diakhiri dengan tumbuhnya bunga dan buah, umur panen relatif lama dan pertumbuhan batangnya ralatif lambat. Contoh : tomat Marta, tomat TM Vista, tomat Falcon.
      3. Tomat berdasarkan daya adaptasi
      • Tomat dataran tinggi yaitu tomat yang dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian diatas 600 dpl. Contoh : tomat TM Vista, tomat Marta, tomat Falcon
      • Tomat dataran rendah yaitu tomat yang dapat tumbuh pada ketinggian 0-600 dpl. Contoh tomat Servo, tomat Tymoti, tomat Tantyna.
      Sekarang ini budidaya tomat sudah sangat beragam mulai dari jenis-jenis yang dibudidayakan, varian-varian benih (ada benih hibrida dan lokal), teknik budidayanya, dan tempat pembudidayaannya. Budidaya tomat tidak harus dilakukan di lahan persawahaan. Dengan munculnya teknologi modern, budidaya tomat juga dapat dilakukan secara hidroponik maupun ditanam dalam pot. Jadi siapa saja yang ingin membudidayakan tomat tidak perlu khawatir kaena tidak punya lahan. Dengan cara tersebut bisa lebih simpel dan keuntungannya juga tak kalah dengan tomat yang dibudidayakan di sawah.

      Untuk memdapatkan hasil panen tomat yang maksimal, perlu kiranya juga memperhatikan varian benih yang ditanam. Pilihlah benih unggul dan tahan virus agar terhindar dari kerugian saat panen. Kebanyakan jenis benih yang dipilih petani adalah jenis benih tomat hibrida. Benih ini terbukti dapat menghasilkan kualitas tomat yang baik, tahan virus, dan memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Salah satu jenis benih tomat yang bisa menjadi pilihan adalah benih tomat F1 TM Vista. Benih tomat F1 TM Vista merupakan jenis benih tomat baru yang dikeluarkan oleh perusahaan benih TM Seed. Tomat TM Vista adalah tomat yang cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Buah yang dihasilkan memiliki ukuran besar. Adapun karakteristik lain yang dimiliki oleh jenis tomat TM Vista antara lain :
      1. Tomat TM Vista merupakan tomat dengan tipe indeterminate
      2. Dapat ditanam di dataran menengah sampai dataran tinggi
      3. Bentuk buah bulat oval dengan warna muda hijau
      4. Berat buah 90-100 gram/buah
      5. Dapat dipanen mulai umur 80 HST
      6. Tahan terhadap serangan virus dan penyakit keriting bulai
      7. Buah tomat tebal dan keras sehingga tahan terhadap pengangkutan jarak jauh
      8. Benih tomat TM Vista tersedia dalam kemasan 10 gram
      Tomat TM Vista dari TM Seed termasuk jenis tomat buah yang memiliki potensi pasar luas serta sangat disukai masyarakat karena buahnya yang besar dan rasanya yang asam manis sehingga sangat cocok untuk dimakan langsung ataupun dibuat jus.

      Tomat TM Vista Buah Besar Favorit Petani dari TM seed bisa anda dapatkan benihnya di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...