TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/08/16

MELON KUNING BERDAGING ORANGE KINANTI DARI TUNAS AGRO SEED

benih melon, kinanti, melon kinanti, melon kulit kuning, tunas agro seed, harga murah, grosir
www.lmgaagro.web.id - Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah semusim yang berasal dari Lembah Persia, Mediterania. Dari daerah asalnya, melon kemudian menyebar ke Eropa dan Timur Tengah. Sekitar abad ke-14, Columbus membawa tanaman ini ke Amerika, yang kemudian banyak ditanam di daerah California, Texas, dan Colorado. Bangsa Moor juga banyak berjasa dalam mengembangkan tanaman ini. Melon kemudian mengalami perkembangan jenis di Jepang, Cina, India, Spanyol, Uzbekistan, dan Iran. Berawal dari situlah kemudian keberadaan melon menyebar luas ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Buah melon masuk ke Indonesia dan mulai dibudidayakan sekitar tahun 1970 an.

Sentra budidaya melon pada mulanya terletak di daerah Cisarua (Bogor) dan Kalianda (Lampung) kemudian disusul di daerah lainnya seperti Ngawi dan Madiun (Jawa Timur) serta Boyolali dan Klaten (Jawa Tengah). Adanya melon telah mengubah selera masyarakat terhadap buah-buahan di pasaran. Buah melon kini menjadi buah favorit yang banyak dicari masyarakat. Kekhasan dari rasa dan aroma yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri. Membuat siapa saja yang menikmatinya menjadi ketagihan karena rasanya yang manis, renyah, serta menyegarkan.

Di Indonesia, melon merupakan komoditi andalan buah-buahan hortikultura yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Permintaannya di pasaran lumayan besar sehingga membutuhkan pasokan melon dari petani yang besar pula. Selain itu, melon juga memiliki berbagai macam varian dari yang kulit bernet dan berkulit kuning serta yang berdaging putih sampai yang berdaging orange. Berikut ini macam-macam varian melon yang telah beredar di pasaran antara lain :
  1. Melon bernet kulit hijau daging putih kehijauan. Contohnya Melon F1 Dhona dari Bintang Asia, Melon F1 Action dari Cap Kapal Terbang, Melon F1 Gracia dari Cap Panah Merah, dan Melon F1 Melindo 15 dari Cap Kapal Terbang.
  2. Melon bernet kulit hijau daging orange. Contohnya Melon F1 Glamour dari Sakata Seed, Melon F1 Madesta dari Cap Panah Merah, Melon F1 Golden Aroma dari Known You Seed, Melon F1 Red Aroma dari Known You Seed, dan Melon F1 Dainty dari Known You Seed.
  3. Melon kulit kuning / melon golden. Contohnya Melon F1 Apollo dari Known You Seed, Melon F1 Luna dari Known You Seed, Melon F1 Orange Meta dari Cap Panah Merah, Melon F1 Uranus dari Cap Panah Merah, dan Melon F1 Kinanti dari Tunas Agro Seed.
Setiap akan memulai budidaya melon pastilah langkah awal yang dilakukan petani adalah memilih benih. Benih melon yang dipilih dapat disesuaikan dengan kondisi lokasi budidaya dan selera pasar. Selain itu, jenis benih melon yang dipilih petani untuk dibudidayakan saat ini tidak hanya benih melon yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit tetapi juga mampu menghasilkan buah yang berkualitas baik dari segi rasa maupun tampilan buah. Jenis benih melon yang memiliki kriteria tersebut adalah jenis benih melon kulit kuning dengan daging buah berwarna orange/jingga. Salah satunya yaitu benih Melon F1 Kinanti dari Tunas Agro Seed. Melon Kinanti memiliki tampilan yang unik dan menarik bagi konsumen. Rasanya juga tidak kalah manis dengan jenis melon lainnya. Benih melon Kinanti ikut meramaikan pasar benih melon di Indonesia dengan memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Tanaman Melon Kinanti memiliki pertumbuhan cepat dan kuat
  2. Buah Melon Kinanti berbentuk bulat lonjong
  3. Kulit Buah Melon Kinanti berwarna kuning dengan daging buah berwarna orange/jingga
  4. Berat buah 1,5-2,5 kg/buah
  5. Buah memiliki rasa manis dengan kadar 13-16 brix
  6. Buah bisa dipanen pada umur 65-70 HST
  7. Tersedia dalam kemasan 15 gram/sachet
Keuntungan yang bisa didapatkan dengan budidaya melon kulit kuning berdaging orange ini yaitu memiliki harga jual yang lebih tinggi di pasaran serta memiliki banyak peminat terutama untuk pasar luar negeri. Peluang pasar domestik dan pasar ekspor buah melon jenis ini masih terbuka sangat lebar. Negara tujuan ekspor buah ini diantarannya Jepang, Singapura, Thailand, China, Korea Selatan dan negara-negara lainnya di Asia. Orang-orang di luar negeri sana sangat menyukai buah melon kulit kuning daging orange ini karena tampilannya yang unik dan menarik serta rasanya yang manis legit dan menyegarkan.

Dengan melon kuning berdaging orange Kinanti dari Tunas Agro Seed diharapkan bisa menembus pasar luar negeri dan juga memenuhi mayoritas pasar domestik sehingga akan memberikan keuntungan memuaskan bagi petani yang membudidayakannya. Benih Melon F1 Kinanti dari Tunas Agro Seed bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...