SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 08 September 2016

CABAI KERITING DJITU UMUR GENJAH POTENSI HASIL TINGGI

benih cabai djitu, f1 djitu cap bunga matahari, cabai keriting djitu, cabai djitu
www.lmgaagro.web.id - Pada kesempatan kali ini, kami tak henti-hentinya membahas kembali tentang cabai terutama tentang cabai keriting. Secara umum cabai merupakan salah satu tanaman hortikultura yang keberadaannya sangat dicari oleh mayoritas masyarakat baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan usaha atau industri. Dalam skala kecil kebutuhan cabai mencangkup untuk kebutuhan rumah tangga sebagai bahan/bumbu masakan sehari-hari.

Kebiasaan masyarakat mengonsumsi cabai tidak lepas dari kandungan manfaat yang diberikan setelah mengonsumsi cabai. Cabai kaya akan kandungan vitamin C sehingga sangat berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan Capsaicin pada cabai dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa sakit. Capsaicin pada cabai akan merangsang produksi hormon endorfin sehingga membangkitkan selera makan dan dapat meringankan rasa sakit seperti sakit kepala. Pada saat yang bersamaan, capsaicin juga dapat berperan mengencerkan lendir sehingga melonggarkan penyumbatan di hidung dan tenggorokan. Dengan begitu melalui makan makanan yang pedas sangat cocok untuk meringankan penyakit hidung dan tenggorokan bagi penderita pilek, batuk dan bahkan sinusitis.

Dalam skala besar, cabai digunakan untuk memenuhi keperluan usaha di bidang kuliner seperti rumah makan, depot, warung, dan restoran. Selain itu, pasokan cabai yang besar juga sangat diperlukan untuk kebutuhan industri makanan pabrikan seperti saus cabai, mie instan, dll. Dilihat dari akhir-akhir tahun ini, prospek pengembangan produk olahan dari cabai semakin meningkat. Hal ini tentu saja telah mendorong minat para petani untuk bertanam cabai. Maka tak heran jika luas lahan pertanaman cabai terus meningkat di berbagai wilayah di Indonesia.

Cabai keriting merupakan salah satu dari jenis cabai yang paling banyak diminati oleh konsumen baik rumah tangga maupun industri/usaha kuliner. Cabai keriting disukai karena memiliki bentuk yang unik dan rasa pedas. Kalau dilihat secara ukuran, cabai keriting memang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan cabai merah besar namun memiliki bentuk fisik yang lebih menarik berkelok-kelok seperti rambut yang dikeriting. Dari rasanya tentu saja, cabai ini jauh lebih pedas dibandingkan cabai besar dengan tekstur yang padat dan aroma yang lebih tajam.

Selain disukai oleh konsumen, cabai keriting juga disukai oleh kalangan petani yang mebudidayakannya. Menurut para petani, cabai merah keriting lebih tahan terhadap serangan penyakit dan harganya di pasaran yang lebih mahal daripada jenis cabai lainnya. Tanaman cabai dimanapun dibudidayakan tergolong mudah untuk tumbuh. Hanya saja yang perlu diperhatikan, tanaman cabai sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit sehingga diperlukan penanganan ekstra terkecuali untuk cabai keriting karena cabai ini lebih tahan terhadap serangan penyakit. Cabai keriting yang dibudidayakan dapat dipanen pertama kali pada umur 3-4 bulan. Dalam satu kali periode, cabai keriting mempunyai panjang umur produktif sampai 4-5 bulan. Maksimal tanaman cabai keriting dapat berproduksi hingga umur 8-9 bulan dengan puncak produktif terjadi pada umur 6 bulan.

Pasar cabai keriting di Nusantara saat ini semakin ramai dan kian dipadati konsumen. Ramainya pasar cabai keriting ini tidak hanya terjadi di bagian hilir saja tetapi juga di bagian hulu. Para produsen benih semakin berlomba-lomba menawarkan benih cabai keriting dengan kualitas unggulan. Salah satu dari benih cabai unggulan tersebut yaitu Benih Cabai keriting F1 Djitu. Benih Cabai Djitu merupakan benih hibrida hasil dari penelitian dan pengembangan benih cabai yang dilakukan oleh perusahaan benih CV. Aditya Sentana Agro dengan merk dagang Cap Bunga Matahari. Benih Cabai F1 Djitu Cap Bunga Matahari ini memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Tanaman cabai Djitu cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi
  2. Buah keriting ramping yang mempunyai ukuran panjang 17 cm dengan diameter 0,9 cm
  3. Tanaman tahan terhadap layu bakteri dan antraknosa
  4. Buah cabai Djitu berwarna merah tua, keras, lentur, dan rasa yang pedas
  5. Tahan pengangkutan dan tidak mudah patah
  6. Potensi hasil panen sekitar 1,5 kg/batang
  7. Kebutuhan benih 120 gram/ha dan tersedia dalam kemasan 10 gram/sachet
Keuntungan lain dari menanam Cabai Keriting Djitu ini adalah umurnya yang genjah sehingga bisa cepat panen dan menghemat biaya perawatan. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan keuntungan petani yang membudidayakannya. Selain itu, ukuran buah cabai keriting Djitu sangatlah stabil sekitar 17-20 cm. Sekalipun tanaman terus dipanen, ukuran buahnya tidak mudah mengecil sehingga berpengaruh besar terhadap harga jual. Cabai yang memiliki ukuran stabil dan kualitas bagus tentu saja harganya tinggi. Akan tetapi jika ukuran buahnya mengecil tidak stabil justru akan menurunkan grade panen dan berakibat turunnya harga cabai. Selain umurnya yang genjah, cabai Djitu juga memiliki potensi hasil panen yang tinggi apabila cara budidaya yang dilakukan baik dan benar serta sistem pemupukan yang tepat. Dengan demikian petani bisa meraih keuntungan yang memuaskan dengan budidaya cabai Djitu.

Demikian ulasan singkat tentang Cabai Djitu Umur genjah Potensi Hasil Tinggi, apabila Anda berminat untuk membudidayakan cabai denga benih Cabai Djitu Cap Bunga Matahari bisa Anda dapatkan benihnya di Toko Pertanian kami yaitu Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...