TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/10/16

FUNGSI HORMON GIBERELIN BAGI TANAMAN


giberelin, GA3, super gibb
SUPER GIBB 20 T
(berbentuk tablet)
www.lmgaagro.web.id - Hormon atau Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) adalah senyawa organik bukan nutrisi yang dalam konsentrasi rendah dapat mendorong, menghambat atau secara kualitatif mengubah pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hormon giberelin merupakan salah satu zat pengatur tumbuh yang sering digunakan untuk pembesaran dan pembelahan sel, pemecahan dormansi benih sehingga benih dapat berkecambah, mobilisisasi endosperm cadangan selama pertumbuhan awal embrio, pemecahan dormansi tunas, pertumbuhan dan perpanjangan batang, perkembangan bunga dan buah, memperpanjang pertumbuhan roset. Sehingga hormon geberelin banyak berperan dalam mempengaruhi berbagai proses fisiologi tanaman.

Hormon giberelin tambahan yang biasa digunakan dalam bidang pertanian dinamakan giberelin eksogen. Giberelin eksogen ini banyak terdapat di pasaran dengan nama GA3 (giberelin 3) atau dikenal juga dengan nama asam giberelat. Hormon giberelin sebenarnya dapat diproduksi sendiri oleh tanaman, namun biasanya keberadaan hormon giberelin kurang memenuhi kebutuhan dalam siklus pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sehingga hormon giberelin eksogen akan membantu memenuhi kekurangan hormon dalam siklus pertumbuhan tanaman.

Pada saat ini terdapat lebih dari 110 macam senyawa giberelin (GA). Giberelin dapat diperoleh dari biji yang belum dewasa (terutama pada tumbuhan dikotil), ujung akar dan tunas, daun muda dan cendawan. Sebagian besar geberelin yang diproduksi oleh tumbuhan adalah giberelin dalam bentuk inaktif, sehingga memerlukan precursor untuk menjadi bentuk aktif. Pada spesies tumbuhan dijumpai kurang lebih 15 macam GA. Disamping terdapat pada tumbuhan ditemukan juga pada alga, lumut, dan paku, tetapi tidak pernah dijumpai pada bakteri. GA ditransportasikan melalui xylem dan floem.

Fungsi Hormon Giberelin

Hormon giberelin memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan tanaman karena giberelin terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan, perpanjangan batang, pembungaan, pertumbuhan buah, dan perkecambahan biji pada tanaman. Fungsi hormon giberelin dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Perpanjangan batang

Fungsi hormon geberelin yang utama adalah induksi perpanjangan ruas batang tanaman. Semakin tinggi kadar giberelin dalam tanaman maka tanaman akan tumbuh tinggi namun ukuran batang kecil diikuti dengan mengecilnya luas daun, dan bahkan daun berwarna hijau kekuning-kuningan.

2. Pertumbuhan buah

Fungsi hormon geberelin selanjutnya adalah inisisasi pertumbuhan buah setelah penyerbukan (terlebih jika auksin tidak berperan optimal). Efek pertumbuhan buah ini biasanya diaplikasikan pada pengaturan pembuhaan apel, jeruk, anggur, dll. Pada tanaman anggur, giberelin merangsang perpanjangan tangkai buah sehingga jika bunga semakin banyak yang menjadi buah dan buah tidak saling menumpuk.

3.Perkecambahan biji

GA diperlukan pada tahapan pengaktifan pertumbuhan vegetative embrio, pelunakan (pembelahan) endosperm, mobilisasi cadangan makanan tersimpan dalam endosperm, dan pematahan dormansi biji karena suhu dingin.

4. Mengatur proses transisi fase vegetative ke fase generative

Tanaman akan lebih cepat memasuki fase generative dan pembungaan lebih cepat.

5. Mempengaruhi inisisasi pembungaan dan penentuan kelamin bunga

Merangsang pembentukan organ generative, menentukan perkembangan bunga (jantan, betina, atau hermaprodite), merangsang pembentukan bunga jantan pada mentimun dan bayam.

obat pertanian, vitaflora, giberelin,
Hormon giberelin sekarang ini telah banyak beredar di pasaran salah satunya Super gibb. Super Gibb adalah jenis Hormon Giberelin sintetis yang dapat mudah ditamui di toko-toko pertanian. Super Gibb ada dua macamnya yakni Super Gibb 20 T dan Super Gibb 40 SL. Aplikasi Super Gibb 20 T akan lebih bagus (meningkat sampai 30 %) jika dikombinasikan dengan pupuk Magnesium Sulfat (mengandung MgO 18 % dan Sulfur 13 %), Kalium Nitrat (mengandung N N03 13 % dan K2O 45 %) dan Mono Kalium Phosphate (mengandung P2O5 52 % dan K2O 34 %) dan Hara VITAFLORA (Hara Mikro). Vitaflora berfungsi sebagai stimulator agar persentase bunga jadi buah menjadi tinggi. Cara pengaplikasiannya sebagai berikut :
  • Aplikasi yang pertama (umur 30-35 HST) sebetulnya bukan menambah banyaknya anakan lagi, tetapi mempercepat pertumbuhan anakan baru sehingga bisa menyamai bibit, anakan primer atau anakan sekunder. Dengan pertumbuhan seragam dan kompak, maka saat keluarnya malai anakan baru tidak tertinggal dari bibitnya, sehingga masa pemasakannya pun bebarengan. Batang tanaman padi bisa memanjang secara optimal sehingga calon malainya memungkinkan lebih panjang dibandingkan dengan tanaman yang berbatang pendek.
  • Aplikasi yang kedua ketika malai yang keluar sekitar 3 - 5 % (umur 55 - 60 HST) dengan tujuan mempercepat dan menyeragamkan keluarnya malai. Pada umumnya malai keluar 100 % setelah 7 hari dari pertama malai muncul, dengan pemberian GA3 ZPT SUPER GIBB 20 T (yang berbentuk tablet) atau SUPER GIBB 40 SL (berbentuk cair) dengan kombinasi pupuk yang telah saya sebutkan diatas, akan mempercepat antara 5 - 7 hari. Dengan kata lain, waktu panennya pun akan lebih cepat.
Hormon sintetis lainnya adalah Super Gibb 40 SL. Sebagai referensi, berdasarkan beberapa pengalaman petani dan penulis selama ini, dosis aplikasi untuk tanaman padi pada musim kedua (jawa : sadon) untuk :
ZPT, super gibb, obat pertanian, hormon giberelin
SUPER GIBB 40 SL 
(berbentuk cair)
  • Aplikasi pertama (30 - 35 HST) Tanki kapasitas 17 Liter menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40 % GA3 2,5 CC + 1 sendok makan Pupuk Magnesium Sulfat + 2 sendok makan Pupuk Kalium Nitrat + 1 sendok Mono Kalium Phosphate + 20 tetes Vitaflora (tetes tanpa tekan).
  • Untuk aplikasi pemupukan yang kedua yaitu umur padi 55 - 60 HST dosis yang digunakan adalah : Tanki kapasitas 17 Liter menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40 % GA3 2,5 CC + 2 sendok makan pupuk Magnesium Sulfat + 1 sendok makan Pupuk Kalium Nitrat + 2 sendok Mono Kalium Phosphate + 30 tetes Vitaflora (tetes tanpa tekan). Untuk aplikasi di musim penghujan maka cukup GA3 (Super Gibb) yang dikurangi dosisnya menjadi 1,5 - 2 CC. Sebagai catatan tambahan, aplikasi GA3 pada tanaman padi sebaiknya telah dipupuk (tersedia hara bagi tanaman) dan kondisi tanah tidak sedang kekeringan. Kalau menggunakan Super Gibb Tablet aplikasi di tanaman padi bisa dipotong jadi 3 untuk musim kemarau dan dipotong jadi 4 untuk musim penghujan.
Demikian artikel mengenai hormon giberelin dan bentuk sintetisnya yang bisa didapatkan di toko pertanian serta tentang pemakain ZPT GA3 Super Gibb 40 SL dan Super Gibb 20 T pada tanaman padi. Apabila ada yang kurang jelas serta membutuhkan ZPT GA3 Super Gibb 40 SL dan Super Gibb 20 T serta pupuk yang saya sebutkan di atas bisa menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO juga menyediakan dan menjual benih, pestisida, sarana dan alat pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga menyediakan layanan Konsultasi Budidaya Gratis. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...