TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Selasa, 22 November 2016

MELON TAHAN VIRUS STR 11

benih melon tahan virus, STR 11, melon STR 11, benih melon STR 11
LMGAAGRO.WEB.ID - Melon dengan nama latin Cucumis melo L. dari famili Cucurbitaceae layaknya masih tetap menjadi komuditas buah favorit hortikultura pilihan masyarakat. Buah dengan kulit bernet ini mampu memikat masyarakat dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Rasanya manis, aromanya harum, cepat matang, dan tahan lama. 

Melon, buah kaya gizi dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Kandungan gizi dari buah melon ini antara lain karbohidrat, protein, lemak, potasium, vitamin A dan C. Kandungan gizi yang lengkap ini menjadikan buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat melon bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai anti aging, anti kanker, menjaga kesehatan mata dan jantung, mencegah hipertensi, dan sebagai bahan diet alami.

Melon merupakan komuditas buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga mempunyai peluang besar untuk dijadikan lahan berbisnis meraih pundi-pundi rupiah.  Agrobisnis melon hingga saat ini terus mengalami perkembangan mulai dari teknik budidaya hingga area penanamannya. Area penanaman melon terus meluas hingga menghasilkan produksi melon yang meningkat. Hal ini tentu merupakan prospek bagus untuk berbisnis melon dimana terlihat bisnis melon menunjukan perkembangan pesat. Terbukti, berdasarkan data BPS produksi melon mengalami peningkatan dari 125.207 ton pada tahun 2013 menjadi 150.356 ton pada tahun 2014.  Dengan ini menunjukan bahwa budidaya melon semakin intensif dilakukan oleh petani.

Meningkatnya produksi melon tidak hanya karena luasan budidaya melon tetapi juga karena teknik budidaya yang semakin baik dan ketersediaan benih-benih melon yang berkualitas. Tingginya intensitas dari penanaman buah melon memicu tersebarnya hama dan penyakit pada tanaman melon. Penyakit pada tanaman melon tersebut yang paling utama adalah karena virus.

Pada sentra-sentra penanaman melon, virus menjadi penyakit yang bersifat endemik dalam artian serangan virus ini dapat menyebar secara cepat pada suatu daerah yang menetap dan bisa menular pada tanaman lain yang sefamili. Virus tidak hanya menyerang tanaman saat menjelang panen / saat tanaman berbuah tapi juga bisa menyerang pada saat tanaman  berumur 2 minggu (saat persemaian). Virus yang paling berbahaya bagi tanaman melon adalah virus keriting (Gemini Virus). Virus ini dapat mengakibatkan tanaman melon keriting dan sulit berbuah sehingga produktivitasnya menurun. Apabila tidak segera ditangani virus ini dapat menyerang habis semua tanaman melon di area budidaya dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal panen.

Namun jangan khawatir untuk mengatasi hal tersebut, ada cara yang paling efektif yaitu dengan menggunakan benih melon yang tahan virus. Benih melon tahan virus yang dapat menjadi pilihan adalah benih melon STR 11. STR 11, benih melon hibrida terbaru yang tahan terhadap serangan virus. Pada beberapa daerah endemik virus di Jawa Tengah, melon STR 11 telah terbukti mampu bertahan dari serangan virus hingga masa panen berakhir. Adapun deskripsi dari melon STR 11 ini sebagai berikut :
  1. Tanaman melon STR 11 kuat dan vigorous
  2. Umur panen 60-63 HST
  3. Berat buah 2,2 - 2,5 kg
  4. Buah memiliki rasa manis (11-12 Brix)
  5. Daging buah renyah dan krispi
  6. Tanaman tahan terhadap virus
Dengan benih melon STR 11 para petani melon akan diuntungkan karena benih melon ini mampu tumbuh menjadi tanaman yang memiliki ketahan virus tinggi sehingga buah utuh sampai masa panen dan selama pengangkutan. 

Benih melon tahan virus STR 11 tersedia dalam kemasan 500 biji/sachet. Apabila berminat bisa Anda dapatkan benih melon STR 11 di Toko Pertanian LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...