SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Rabu, 10 Mei 2017

CABAI F1 LENTUR, TAHAN CACAR DAN PENGANGKUTAN JARAK JAUH

benih cabai, cabai lentur, cabai f1 lentur, benih cabai lentur, cabai keriting lentur
CABAI LENTUR
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Indonesia adalah negara agraris. Sektor pertanian berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber utama mata pencaharian mayoritas penduduk negeri ini. Lahan pertaniannya sangat subur didukung pula dengan iklim tropis yang cocok untuk ditanami dengan beranekaragam jenis tanaman pangan. Area budidaya tanaman pangan saat ini telah tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Padahal kita tau bahwa dulu area budidaya tanaman pangan hanya terpusat di pulau Jawa saja tetapi seiring berjalannya waktu, beberapa daerah di Sumatera, Sulawesi, Kalimatan, dan Papua mulai menekuni budidaya tanaman pangan ini secara intensif. 
Hal ini dapat dibuktikan dengan munculnya area-area pertanian baru yang memasok kebutuhan pangan minimal untuk sekitar daerah sendiri. Namun, ada yang sangat disayangkan, area-area baru tersebut terkadang jauh dari sarana transportasi seperti jalan raya atau bahkan harus melewati medan yang berat karena kondisi topografinya yang sulit. Itulah yang kini sedang dikeluhkan dan menjadi kendala para petani yang memiliki area budidaya seperti itu. Tidak hanya karena kesulitan dalam hal prasarana saja, tapi juga ketahanan komoditi pangan terhadap pengangkutan menjadi tantangan tersendiri.

Menjawab keluhan dan permasalahan dari para petani tersebut, produsen benih akhirnya berisiantif untuk mengeluarkan berbagai varian benih tanaman pangan yang tahan terhadap pengangkutan jarak jauh. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan petani. Komoditi yang tahan angkut akan meminimalisir kerugian yang ditanggung petani. Kerugian tersebut seperti kemungkinan kerusakan fisik pada komoditi misalnya patah, tergores, terluka dan busuk dapat dicegah sampai komoditi sampai ke tangan konsumen. Selain itu, daya tahan komoditi pangan dengan menggunakan benih tersebut sangat kuat dan tahan lama di berbagai kondisi.

Salah satu yang bisa kita temukan saat ini adalah komoditi cabai dengan benih cabai Lentur. Benih cabai Lentur yang diproduksi oleh perusahan benih PT East Weast Seed Indonesia Cap Panah Merah ini memiliki keunggulan tahan pengangkutan jarak jauh. Karakteristik buahnya lentur sekaligus tahan terhadap serangan cacar buah. Buahnya yang lentur membuat cabai ini tidak mudah patah terutama ketika proses pengemasan dan pengangkutan yang bertumpuk-tumpuk. Selain itu, cabai lentur ini tahan serangan cacar buah atau biasa dikenal dengan istilah pathek (orang jawa)/antraknosa. Serangan cacar buah membuat buah cabai gampang membusuk. Apalagi jika proses pengangkutan menempuh jarak dan waktu yang cukup lama. Dalam kondisi seperti ini,  kelembaban cabai menjadi meningkat yang memicu tumbuhnya cendawan. Hingga pada akhirnya saat sampai ke penjual sebagian cabai pun sudah mulai membusuk. Akibatnya harga cabai di pasar menjadi turun karena kualitasnya yang tidak sesuai harapan pasar.

Adapun karakteristik dari cabai Lentur Cap Panah Merah adalah sebagai berikut:
  1. Cabai Lentur termasuk varietas cabai keriting hibrida yang direkomendasikan untuk ditanam di daerah dataran tinggi
  2. Tanaman cabai Lentur kuat dan kokoh
  3. Tanaman cabai ini memiliki ketahanan terhadap serangan Layu Bakteri dan Phytopthora
  4. Cabai Lentur memiliki keistimewaan tahan penyakit cacar yang menyebabkan cabai mudah membusuk
  5. Cabai F1 Lentur memiliki buah yang lentur, tidak mudah patah sehingga tahan pengangkutan 
  6. Tanaman cabai Lentur dapat dipanen pada umur 100-106 HST
  7. Potensi hasil cabai Lentur tinggi mencapai 25-29 ton/ha
Kelebihan utama dari cabai Lentur ini, pertama adalah tahan terhadap pengangkutan. Maka sangat tepat jika cabai ini direkomendasikan untuk ditanam di daerah dataran tinggi. Seperti kita tau, mayoritas area budidaya cabai yang terletak di dataran tinggi memiliki medan yang sulit, jarak yang jauh dan butuh waktu lama untuk mengaksesnya dari pusat perekonomian/pasar. Para petani untuk mendistribusikannya membutuhkan waktu yang lama apalagi jika cuaca sedang tidak mendukung pendistribusian hasil panen cabai bisa tertunda dan terkadang sampai berhari. Kelamaan dalam proses pengangkutan membuat kondisi buah cabai tidak segar lagi dan ketahanannya menurun. Maka kelebihan yang kedua dari cabai ini adalah tahan terhadap serangan cacar buah baik sebelum ataupun sesudah di panen. Cacar buah ini akan mudah muncul jika dalam kondisi yang lembab yang terus-menerus.

Selain itu, cabai F1 Lentur ini termasuk jenis cabai keriting hibrida yang memiliki nilai ekonomis tinggi di pasaran. Jenis cabai keriting memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan cabai-cabai lainnya. Cabai keriting sangat multifungsi selain dibutuhkan mentah dalam bentuk buah, cabai ini juga dijual dalam bentuk kemasan industri seperti cabai kering, cabai bubuk, dan saos cabai. Dalam hal rasa cabai keriting cenderung lebih pedas dibandingkan cabai merah besar. Maka tak heran jika mayoritas masyarakat baik kalangan rumah tangga atau yang memiliki usaha kuliner lebih memilih menggunakan cabai keriting untuk bumbu masakannya.

Cabai F1 Lentur, tahan cacar dan pengakutan jarak jauh, sangat cocok menjadi pilihan petani yang membudidayakan cabai di dataran tinggi. Sebagai cabai keriting, cabai F1 Lentur juga berpotensi hasil tinggi didukung pula dengan potensi pasar yang luas sehingga sangat menguntungkan untuk dibudidayakan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan.

Apabila berminat benih cabai F1 Lentur Cap Panah Merah tersedia dalam kemasan 10 gram dan bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Toko Online LMGA Agro menyediakan aneka benih, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA Agro siap melanyani pesanan ke seluruh Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi langsung Toko Pertanian LMGA Agro di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...