BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/02/2018

Read

Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah Cara Terbaik

SEMANGKA AMARA, BENIH SEMANGKA AMARA, AMARA CAP PANAH MERAH, LMGA AGRO
Semangka Amara
Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah Cara Terbaik. Benih Semangka  Amara bisa anda beli lewat toko pertanian LMGA AGRO harga murah. Beli benih semangka non biji bisa langsung menghubungi kami Hp. 082141747141 atau layanan khusus SMS/WA : Hp. 08125222117. Rev. 09/06/21.

Harga bibit semangka Amara F1 kami murah bahkan ada promo untuk waktu serta kondisi tertentu. Segera beli! Benih semangka Amara aman hanya di Lmga Agro.

Amara F1 kini sudah terbukti menjadi benih semangka unggulan yang jadi favorit dalam menjalankan peluang usaha mandiri bisnis berkebun petani. Hal ini sudah terbukti pada pusat budidaya semangka non biji.

Melalui semangka Amara PT East West Seed bisa bersaing dengan perusahaan benih lain, sehingga benih semangka Panah Merah banyak menarik petani hingga pedagang buah pasar induk.

Layanan team bisnis  kami menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan kami memberi jaminan barang sampai tangan anda dengan cepat dan aman. 

Bagi yang berminat dengan benih semangka Amara dan membutuhkan informasi lebih lanjut hingga konsultasi pertanian seputar budidaya tanaman hubungi LMGA AGRO.

Mengenal sedikit mengenai buah semangka, semangka merupakan tanaman yang diambil buahnya untuk dikonsumsi. Daging buah semangka rasanya segar, kadar airnya tinggi dengan kandungan beberapa vitamin hingga mineral serta unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Di dalam buah semangka dapat kita temukan kandungan vitamin A, C, E juga terdapat karbohidrat, asam pantotenat, serat, folat, kalium, kalsium ,beta karoten, lycophene, tembaga dan kandungan unsur-unsur lainnya. 

Sangat banyak manfaatnya bila kita konsumsi rutin bagi tubuh kita. Semangka termasuk dalam suku timun - timunan (Cucurbitaceae). 

Tanaman buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini merupakan tumbuhan merambat berasal dari daerah Afrika dan menyebar ke daerah tropis hingga sub tropis lainnya. 

Manfaat Semangka Amara


Manfaat buah semangka bagi kesehatan jika kita konsumsi dengan jumlah cukup tidak perlu anda ragukan lagi. Apakah anda masih ragu dengan manfaat semangka atau anda justru sudah membuktikan sendiri.

Untuk menjaga kesehatan jantung kita karena apabila konsumsi buah semangka secara rutin bisa mengurangi penumpukan lemak dalam pembuluh darah dan menghentikan bertambahnya kolesterol jahat.

Untuk mengurangi resiko kekakuan arteri pada wanita yang lanjut usia (menopause) karena kandungan asam amino citrulline selain menjaga jantung juga mengurangi asterosklerosis.

Kandungan lycopene pada semangka membantu mengatasi peradangan seperti radang tonsil, amandel, radang gusi dan radang lainnya. Selain itu Lycopene juga bisa menjadi antioksidan kuat untuk radikal bebas sehingga bisa mencegah faktor terjadinya kanker.

Selain mencegah dehidrasi karena faktor kandungan airnya, semangka bisa meringankan nyeri dan kekakuan otot akibat beraktivitas berat. Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan baik juga untuk ibu hamil. 

Kandungan lycopene dan vitamin A sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga bisa sebagai terapi terhadap penderita asma. Asam amino citrulline pada semangka membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Baca Juga : Semangka Kulit Kuning Legimo

Meningkatkan kesehatan tulang dan kulit karena kandungan vitamin A serta C pada semangka. Bisa juga membantu penurunan berat badan hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan hadirnya vitamin B6. Menjaga kesehatan gusi kita.

Pada kaum laki-laki bisa bermanfaat untuk mengatasi dan menjaga dari disfungsi ereksi apabila dikonsumsi rutin. 

Mengatasi panas tubuh yang berlebihan akibat aktivitas tinggi atau berolah raga. Dan bisa sebagai energi instan ketika tubuh merasa keletihan, lesu, malas beraktivitas berkat kandungan elektrolit dan vitamin B yang ada pada buah semangka.


Semangka Amara Panah Merah


Berbicara mengenai benih tanaman hortikultura yang berkualitas tentunya tidak lepas dari peran perusahaan benih yang ada saat ini. Dengan penerapan sistem dan teknik produksi yang canggih serta melalui suatu penelitian dan pengembangan terlebih dahulu, dihasilkan benih yang bermutu. 

Maka tidaklah heran kalau benih semangka unggulan Amara kini berhasil menguasai pasar dengan tempo waktu yang cepat. Ini semua tidak lepas karena bibit semangka dataran rendah ini bisa memberi hasil produksi tinggi pada petani.

Salah satu perusahaan benih yang sudah lama lebih dari dua dekade berkecimpung dalam pemuliaan tanaman dan proses produksi benih secara terpadu adalah PT East West Seed Indonesia. 

Semua produk yang dihasilkan sudah melalui uji penelitian yang mendapatkan tingkat kemurnian genetika tinggi, daya kecambah yang baik hingga benih yang sehat. 

Proses pemuliaan, pemrosesan benih, pengembangan, produksi dan pengemasan benih dilakukan oleh para ahli bidangnya. Produk-produk yang sudah dihasilkan kemudian dipasarkan ke petani seluruh pelosok Indonesia dengan merek dagang  CAP PANAH MERAH

Baca Juga : Semangka Daging Emas TM Golden

Sudah banyak peran serta dari East West Seed Indonesia atau dikenal dengan EWINDO dalam pengembangan budidaya pertanian hortikultura di Indonesia. 

Mulai dari penyediaan benih yang bermutu dan berkualitas tinggi dalam pencapaian hasil dan daya tahannya pada saat proses tanam hingga dilakukannya penyuluhan langsung di lapangan. 

Adanya penyuluhan langsung oleh para petugas dari EWINDO bisa langsung membantu memecahkan permasalahan para petani di lapangan dengan begitu kendala tanam bisa segera teratasi. 

Sudah banyak daerah-daerah sebagai sentra budidaya tanaman sayuran yang dibentuk dan dikelola bersama para petani setempat. 

Begitu juga mengenai sentra budidaya tanaman buah salah satunya semangka. Benih semangka termasuk yang menjadi prioritas pengembangan oleh EWINDO mengingat tingginya permintaan dari masyarakat dan masih tingginya nilai ekonomisnya.

Semangka Amara Panah Merah Favorit Petani


Salah satu produk benih semangka dari Cap Panah Merah yang laris dan banyak dibudidayakan oleh petani semangka adalah benih semangka Amara. Benih Semangka Amara adalah benih semangka hibrida ( F1 ) non biji yang sudah mengalami perlakuan pemuliaan dan uji penelitian. 

Apakah anda masih ragu dengan kualitas hingga hasil produksi benih semangka unggulan Amara F1 Cap Panah Kediri Jawa Timur. Brand benih Cap Panah Merah memberi jaminan anda sukses lewat kualitas yang ada.

Benih Semangka Amara sudah banyak dikenal dan dibudidayakan oleh petani semangka mengingat potensi hasil yang diberikan terbukti menjanjikan. 

Para petani juga sudah banyak mengetahui bagaimana cara budidaya benih semangka Amara ini dengan baik. Untuk sekedar menambah informasi bagi yang belum mengetahui mengenai Semangka Amara, berikut ini kita deskripsikan mengenai Semangka Amara.

Deskripsi Benih Semangka Amara Cap Panah Merah



SEMANGKA AMARA, CAP PANAH MERAH, SEMANGKA NON BIJI
Benih Semangka Amara
Dari benih yang didapatkan, merupakan benih hibrida silang tunggal. Bentuk biji benih lonjong melebar pipih dengan warna biji coklat. Untuk berat 1.000 biji sebesar 61 - 70,5 gram. 

Populasi tanaman per hektar bisa mencapai 4.760 tanaman untuk kebutuhan benih 290 - 335 gram. 

Cocok untuk usaha berkebun atau wilayah adaptasi  pada dataran rendah dengan ketinggian antara 50 hingga 100 mdpl. Pohon semangka Amara fisik tanaman kuat dengan cabang produktif.

Bentuk batang tanaman bulat, diameter batang ± 10 mm dan warna batang hijau. Cara tumbuhnya merambat seperti kebanyakan suku timun - timunan lainnya seperti labu dan melon.

Bentuk daun seperti segitiga, menjari dengan panjang ± 21 cm, lebar ± 19 cm dan berwarna hijau. Untuk morfologi bunganya berbentuk bintang, wrana kelopak bunga hijau, mahkota bunga kuning. Untuk umur bunganya 23 hingga 26 hari setelah tanam.

Bentuk buah lonjong dan tidak berbiji. Kulit buah keras dengan ketebalan 1 - 1,6 cm, warna hijau tua dengan lurik hijau tua. Warna daging merah dengan tekstur renyah dan rasa manis. 

Kandungan air dalam buah 90-91,52% dengan kadar gula 10,5-12,47 Brix. Untuk kandungan vitamin C mencapai 7,8-8,2 mg/100g. Berat per buah 7-8,3 kg dengan potensi hasil buah per hektar mencapai 33,4-38,5 ton. Umur mulai panen pada 58 hingga 65 hari setelah tanam.

Keunggulan dari varietas ini adalah bobot perbuahnya yang lebih tinggi, jumlah biji yang gagal semai lebih sedikit dan kadar gula yang lebih tinggi. Varietas ini tahan terhadap serangan busuk batang berlendir dan layu Fusarium.


Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah


Cara budidaya benih Semangka Amara untuk mendapatkan hasil produksi semangka yang tinggi pada saat panen juga perlu diperhatikan. Cara menanam semangka yang baik dan benar harus petani kuasai.

Syarat tumbuh dalam budidaya semangka pada curah hujan 40-50 mm/bulan dan kondisi areal harus benar-benar terkena paparan sinar matahari secara langsung harus terpenuhi. 

Pada budidaya semangka Amara perlu diperhatikan mengenai sistem pengairan mengingat wilayah adaptasinya yang ada di dataran rendah. 

Minimal suhu harus tetap terjaga pada ± 25 derajat celcius. Banyak petani semangka yang sudah paham bagaimana cara budidaya semangka yang baik dan benar. 

Tahapan cara menanam semangka non biji petani harus menguasai cara awal hingga akhir. Hanya dengan cara ini maka petani akan bisa meraih sukses dalam menjalankan peluang usaha berkebun semangka.

Baca Juga : Buah Semangka Gadis Manis Digemari Petani

Untuk me refresh mengenai budidaya semangka sebagai pelengkap ulasan budidaya benih Semangka Amara diatas berikut kami sampaikan langkah-langkah secara garis besar panduan dasar budidaya semangka yang baik dan benar.

Media Persemaian budidaya semangka Amara


Dipersiapkan terlebih dahulu bahan dasar membuat media seperti solbi agro 100 ml, pupuk kandang 50 kg. Campurkan dan aduk rata kemudian diamkan selama 1 minggu serta tetap jaga kelembaban tanah. Campuran ini untuk luasan lahan tanam 1.000 m2.

Menumbuhkan benih semangka Amara


Rendam benih yang sudah dibungkus kain pada larutan solbi agro 100 ml sebanyak 5 cc/liter air selama 10 jam. Kemudian peram benih tersebut pada kertas sampul coklat atau koran selama ± 2 hari hingga tumbuh akar dan siap dipindahkan ke tempat persemaian.

Persemaian dan pemeliharaan semangka Amara


Lakukan penyiraman pada media tanam secukupnya. Pindahkan benih yang suda tumbuh akar ke dalam polibag/media semai sedalam ± 2cm. Media semai kemudian ditata teratur dan dipanaskan langsung dibawah sinar matahari. Dilakukan penyiraman secara rutin selama 1-2 hari.

Pembuatan lahan tanam budidaya semangka Amara


Dilakukan pengolahan tanah dengan bajak atau cangkul sedalam 30 cm. Kemudian buat jarak antar bedengan 1 m, tinggi 0,5 m dan lebar bedengan 2 m serta panjang disesuaikan lahan. 

Untuk memenuhi unsur hara, diberikan pupuk kapur dolomit hingga pH tanah mencapai 6-6,7. Untuk melengkapi pemupukan dasar diberikan juga pupuk kandang dan solbi agro pada saat seminggu sebelum proses penanaman.

Budidaya Semangka Amara Yang Baik Dan Benar


Penanaman dan pemeliharaan. Pindahkan dari media semai bibit semangka pada lubang tanam yang dibuat pada bedengan dengan jarak 20-30 cm,antara lubang tanam sekitar 1 m. Lakukan penanaman pada sore dan pagi hari dengan penyiraman tanah yang cukup. 

Untuk pemeliharaan lakukan beberapa hal : Penyulaman yaitu tanam kembali setelah 3-4 hari semangka ditanam. 

Penyiangan  dengan secara teratur pada cabang utama dan pertahankan 2-3 hari untuk cabang sekunder tidak dipotong, daun pada cabang sekunder disisakan 2 helai. 

Kemudian bersihkan tunas yang tidak berguna. Penyiraman dilakukan secara rutin dengan pembasahan terhadap bedengan dan tidak berlebihan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengawinkan Semangka Non Biji

Pemupukan Susulan Semangka Amara


Pemupukan pada budidaya Semangka Amara yang tergolong semangka non biji adalah sebagai berikut.

  • Usia 10HST digunakan pupuk NPK 16-16-16 dosis 5 g/tanaman.
  • Usia 14HST digunakan pupuk ZA dosis 10 g/tanaman.
  • Usia 18HST digunakan pupuk NPK dan ZA (perbandingan 1:2) dosis 15 g/tanaman.
  • Usia 22HST digunakan pupuk TSP, ZA, KCL (perbandingan 2:2:1) dosis 50 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 26HST digunakan pupuk NPK, ZA, KCL (perbandingan 3:2:2) dengan dosis 70 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 30HST digunakan pupuk NPK, KCL, ZA (perbandingan 4:2:2) dengan dosis 80 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 34HST digunakan pupuk NPK, KCL, ZA (perbandingan 5:3:2) dengan dosis 100 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 38HST digunakan pupuk NPK 15, KCL (perbandingan 1:1) dengan dosis 120 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 42HST digunakan pupuk NPK 15, KCL (perbandingan 1:1) dengan dosis 120 g/lubang yang dibuat diantara 2 tanaman/dikocorkan/tabur pada saat penghujan.
  • Usia 50HST digunakan pupuk KCL dosis 150 g/lubang. Penggunaan pupuk TSP/SP36 pada semangka non biji harus lebih sedikit dibanding semangka biji karena bisa merangsang pertumbuhan biji dalam buah semangka.


Masa panen semangka Amara


Penyotiran dilakukan untuk memilih buah yang sehat dan cacat. Biasanya terletak antara 1-1,5m dari akar tanaman, lakukan pemangkasan dan sisakan 1-2 buah saja. 

Cahaya matahari harus kena langsung pada buah semangka yang sudah memiliki berat hampir 2kg. Masa panen dilakukan apabila Semangka Amara F1 sudah berumur sekitar 65 Hari Setelah Tanam (HST).

Baca Juga : Benih Semangka Amara Diburu Para Petani

Hama Tanaman Semangka


Pada budidaya benih Semangka Amara ini juga perlu diperhatikan mengenai faktor penyebab kegagalan panen seperti halnya hama dan penyakit yang muncul. 

Segera lakukan penanganan apabila terjadi serangan hama dan penyakit pada tanaman Semangka Amara tersebut. Hama dan penyakit yang ada pada tanaman semangka seringkali merepotkan. 

Berikut ini informasi mengenai jenis hama dan penyakit yang mungkin bisa menyerang tanaman semangka

  • Hama Thrips, digunakan akarisida berbahan aktif Abamectin. Seperti : Agrimec, Demolish, Bamex.
  • Hama Penggerek daun, digunakan  pestisida seperti Curracron atau Regent.
  • Hama Lalat buah, digunakan pestisida yang berbau tajam seperti Curracron atau Santoat.
  • Hama Kumbang daun, digunakan insektisida berbahan aktif diafentiuron, profenofos, tiodikarb atau metidation.
  • Hama Kutu kebul, digunakan : Agrimec, Demolish, Cronus, Tencu, Oshin.
  • Hama Ulat tanah, dikendalikan dengan penyemprotan Curacron atau Prevathon.
  • Hama Ulat Grayak, digunakan pestisida seperti Regent, Curracron atau Santoat.
  • Hama Jangkrik/gangsir, digunakan pestisida insektisida seperti Curacron, Decis, Santoat, Regent.


Penyakit Tanaman Semangka


  • Penyakit Layu fusarium, gunakan mulsa plastik, drainase yang baik, sistem sanitasi yang baik, buang tanaman yang terkena dan kocorkan Fungisida atau pakai Arashi.
  • Penyakit Rebah semai, dikenal juga dumping off, untuk mencegahnya gunakan aplikasi fungisida metalaxyl,  karbendazim pada benih dan semprotkan dengan antracol.
  • Penyakit Antraknosa, buang jauh buah yang terkena. Gunakan penyemprotan dengan fungisida Antracol, Bion M, Dithane, Daconyl
  • Penyakit Layu bakteri, cabut dan buang tanaman yang terkena, gunakan semprotan bakterisida misalnya agrimicin atau Arashi
  • Penyakit Embun tepung, dikenal juga Powder Mildew. Musnahkan tanaman yang sudah terserang dan gunakan fungisida berbahan aktif Benomyl, Triadimefon, Tembaga Oksiklorida.
  • Penyakit Bercak daun, lakukan pergiliran tanaman, jaga kondisi tidak terlalu lembab,gunakan fungisida Antracol, Starmyl, Dithane, Score.
  • Penyakit Virus WMF, vektornya adalah Thrips dan Aphids. Rotasikan tanaman, musnahkan yang terinfeksi dan semprotkan Demolish, Agrimec, Samite, Movento, Tencu.

Baca Juga : Persemaian Sehat Terhindar Dari Dumping Off

Segera beli!! Bibit semangka Amara harga murah hingga promo selagi program serta persediaan masih anda. Harga bibit semangka Amara F1 kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan pasti datang.

Penuhi kebutuhan usaha mandiri bisnis budidaya semangka Amara Cap Panah Merah anda dengan benih kualitas terbaik dan asli dari toko Lmga Agro. Jika anda kesulitan segera hubungi kami! Team konsultasi pertanian kami akan memberi solusi terbaik agar anda sukses.

Demikian deskripsi singkat mengenai budidaya benih semangka Amara F1 produk Cap Panah Merah. Beserta ulasan singkat mengenai panduan sederhana cara budidaya semangka Amara yang sesuai kaidah pada umumnya. Serta informasi mengenai jenis serangan hama dan penyakit yang bisa mengganggu budidaya semangka. Semoga bisa bermanfaat.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.