SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 05 April 2018

MENANAM BUNGA KOL YANG BAIK DAN BENAR

menanam bunga kol, menanam bunga kol yang baik dan benar, bunga kol pm 126, bunga kol aquina, bunga kol diamond, bunga kol white shot, bunga kol snow white
Menanam  bunga kol tidak berbeda dengan tanaman sayuran lainnya. Benih bunga kol saat ini banyak sekali variannya. Benih bunga kol bisa didapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO dengan menghubungi nomor 082141747141(Telepon) atau 08125222117 (sms/wa). Menanam bunga kol mulai diminati karena cara menanam bunga kol tidaklah sulit dan dapat dilakukan di halaman rumah. Bunga kol (Cauliflower) adalah jenis sayur yang mirip brokoli, termasuk pada famili Brasicaceae sehingga cara menanam bunga kol pun tidak jauh berbeda.  Jika dulu, menanam bunga kol hanya bisa di dataran tinggi, kini mulai ada  varian benih bunga kol yang dapat ditanam di dataran rendah. Dengan adanya benih bunga kol untuk dataran rendah maka pasar tidak lagi menggantungkan keberadaan bunga kol dari daerah-daerah tertentu saja.

Tanaman bunga kol dikonsumsi bagian “kepalanya” saja. Bagian massa bunganya  dikonsumsi sebagai makanan olahan seperti sup atau tumis. Selain itu daunnya pun dapat dimakan dan rasanya manis, tidak ada rasa pahit sama sekali. Bunga kol atau kembang kol merupakan sumber protein yang penting, selain itu mengandung Thiamin, Riboflavin, Niasin, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, dan Zink. Bunga kol juga merupakan sumber serat yang baik, mengandung Vitamin B6, asam folat, Asam pantotenat, dan Kalium. Bunga kol sedikit mengandung lemak jenuh dan kurang dari 1 g/kg kolesterol.

SYARAT TUMBUH BILA MENANAM BUNGA KOL

Tanaman bunga kol adalah tanaman asli daerah sub-tropis dan sehingga lebih banyak dibudidayakan di dataran tinggi. Akan tetapi saat ini telah tersedia kultivar bunga kol untuk dataran rendah yang dapat ditanam pada ketinggian 0 - 200 mdpl ataupun pada dataran menengah ( 200 - 700 mdpl ). Tanaman bunga kol bisa tumbuh baik di tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.

PERSIAPAN BENIH BUNGA KOL

menanam bunga kol, menanam bunga kol yang baik dan benar, menanam bunga kol pm 126, menanam bunga kol aquina
Benih yang dipilih adalah benih yang sehat, tidak luka, tidak cacat, benih yang baik akan tenggelam bila direndam ke dalam air. Pemilihan benih harus disesuaikan dengan ketinggian tempat. Jika area budidaya merupakan dataran rendah, maka harus memilih benih bunga kol untuk dataran rendah seperti PM 126 dari Panah Merah, Diamond dan Snow White dari Known You Seed serta White Shot dari Sakata. Dan jika area budidaya terletak didataran tinggi maka benih yang dipilihpun harus  benih bunga kol untuk dataran tinggi seperti Aquina.

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA BUNGA KOL

Lahan yang akan dipakai digemburkan dulu dengan cara dicangkul/dibajak sedalam 30 cm, membuat bedengan dengan lebar 80 - 90 cm, tinggi bedeng 25 - 30 cm dan jarak antar bedengan 50 - 60 cm. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka lakukan pengapuran dengan dosis 1 - 2 ton/ha. Selama membuat bedengan, juga diberikan  pupuk kandang dengan dosis berkisar 12,5 - 17,5 ton/ha, pupuk dasar yaitu ZA, Urea, SP36 dan KCl dengan dosis masing-masing yaitu 250 kg. Pemberian dengan cara disebarkan merata pada bedengan.

PERSEMAIAN PADA BUDIDAYA BUNGA KOL

Persemaian bibit pada budidaya bunga kol dapat dilakukan  pada bedengan atau di polibag, dapat juga menggunakan bumbung yang terbuat daun pisang atau plastik. Persemaian benih harus dibuatkan naungan dari plastik untuk menghindari paparan sinar matahari dan serangan hama terhadap bibit. Penyiraman terhadap bibit dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore, juga naungan dibuka pagi dan sore untuk pergantian udara. Penyiangan terhadap gulma disekitar bibit dan diberi larutan urea dengan konsentrasi 0,5 g/liter serta menyemprotkan pestisida 1/2 dosis. Bibit yang telah muncul 3 - 4 daun atau umur kurang lebih 1 bulan, dapat dipindah ke lahan tanam.

PENANAMAN BIBIT PADA BUDIDAYA BUNGA KOL

Bila lahan dan bedengan telah siap dan bibit juga telah berumur 1 bulan dan muncul 4 daun maka bibit siap ditanam ke lahan tetap. Penanaman yang tepat dilakukan pada pagi hari jam 6 - 9 atau pada sore hari jam  3 - 5 sore. Bibit yang dalam bumbung daun pisang langsung ditanam tanpa membuang daun pisangnya, bila dalam plastik atau polibag, bibit dikeluarkan dengan hati-hati tanpa merusak akar yang dangkal. Untuk satu lubang tanam ditanam satu bibit, lalu tanaman disiram air perlahan sampai basah benar.

PERAWATAN TANAMAN

Perawatan pada budidaya bunga kol meliputi :

Penyulaman

Penyulaman dengan cara mengganti bibit yang mati dengan bibit yang sehat dan penyulaman ini dilakukan sampai tanaman berumur 2 minggu saja.

Penyiangan

Penyiangan budidaya bunga kol dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan pemupukan susulan, yaitu saat tanaman berumur 7 - 10 hst, 20 hst dan 30- 35 hst. Penyiangan dan penggemburan dilakukan hati-hati jangan sampai merusak perakaran bunga kol yang dangkal. Penyiangan dihentikan saat tanaman bunga kol mulai memasuki fase pembungaan.

Perempelan

Perempelan dilakukan terhadap tunas batang seawal mungkin agar kualitas dan ukuran krop bunga optimal. Setelah terbentuk krop bunga, daun-daun tua diikatkan untuk menaungi krop bunga dari sinar matahari dan menjaga warna krop tetap putih.

Pemupukan susulan

Pemupukan susulan ditambahkan Urea 20 kg/ha, diberikan sebanyak 3 kali bersamaan dengan penyiangan dan penggemburan. Pemberian pupuk tambahan saat umur 7 -10 hst, 20 hst dan 30 - 35 hst.

Hama dan Penyakit Tanaman Bunga Kol

Hama yang menyerang tanaman bunga kol yang sering ditemui adalah ulat plutella ( Plutella xylostella ) dan kutu daun . hama lain yang juga dapat menyerang bunga kol adalah ulat grayak ( Spodoptera litura ), ulat krop ( Crocidoomia binotalis ) dan ulat tanah ( Agrotis ipsilon ). Pengendalian hama menggunakan insektisida berbahan aktif klorfenapir, tiodikarp, profenofos atau karbofuran. Penyakit yang menyerang tanaman bunga kol antara lain : layu bakteri (Pseudomonas solanacearum ), layu fusarium ( Fusarium oxysporum ), Antraknosa ( Collectrithicum gloeospoiroides ) dan busuk daun (Phytopthora infestans ) . Pengendalian menggunakan fungisida berbahan aktif Mankozeb, Kasugamisin hidroklorida, Oksitetrasiklin atau Benomil.

PANEN BUNGA KOL

Tanaman bunga kol siap dipanen saat massa bunga mencapai ukuran maksimal, saat umur 55 - 100 hst. Namun hal ini juga tergantung dari varietas bunga kol yang ditanam. Waktu pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari. Dalam sekali panen, budidaya bunga kol menghasilkan sekitar 40 ton bunga kol/ha. Cara panen bunga kol dengan cara memotong bersama batang dan sebagian  daunnya sepanjang 25 cm . Setelah bunga kol dipotong, dicuci dari kotoran yang menempel dan diletakkan pada tempat teduh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...