BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/04/2018

Read

Menanam Bunga Kol Yang Baik Dan Benar

menanam bunga kol, tanam bunga kol, manfaat kembang kol, cara menanam bunga kol, pupuk pembesar bunga kol, menanam bunga kol yang baik dan benar, bunga kol pm 126, bunga kol aquina, bunga kol diamond, bunga kol white shot, bunga kol snow white, jual benih bunga kol, lmga agro
Menanam bunga kol yang baik dan benar. Budidaya bunga kol tidak berbeda dengan tanaman sayuran lainnya. Benih kembang kol saat ini banyak sekali variannya.  Rev. 24/06/22.

Benih bunga kol bisa kita dapatkan lewat toko pertanian online LMGA AGRO dengan menghubungi nomor 082141747141(Telepon) atau 08125222117 (sms/wa)

Toko pertanian terdekat Lmga Agro kini sudah menjadi rekomendasi hingga kepercayaaan belanja online petani Indonesia. 

Hal tidak lepas karena stok produk kami lengkap, harga murah hingga anda jaminan barang pasti datang atau uang anda kembali 100 %. Segera shopping online kebutuhan usaha mandiri bisnis kebun anda ! Lewat Lmga Agro.

Saat kita mau jalankan usaha tanam bunga kol maka kita harus hati - hati. Hal ini tidak lepas karena kembang kol sangat dipengaruhi oleh ketinggian tempat lokasi kita tanam.

Jika kita sudah mengetahui lokasi hingga ketinggian tempat kita menanam maka selanjutnya kita bisa memilih jenis serta varietas kembang kol yang akan kita tanam untuk usaha mandiri bisnis berkebun kita.

Jika kita salah atau tertukar saat memilih bunga kol, bisa jadi tanaman kembang kol tidak akan membentuk krop ( Kepala ) dan yang keluar hanya daunnya saja. 

Guna mencegah semua itu terjadi anda bisa konsultasi pertanian gratis dengan team ahli dari toko pertanian Lmga Agro. Sehingga pembaca semua akan mendapat bibit bunga kol yang mau anda tanam sesuai potensi hingga lokasi tanam.

Tanaman bunga kol mulai diminati karena cara menanam bunga kol tidaklah sulit dan dapat kita lakukan di halaman rumah. Apakah anda tertarik untuk jadikan kembang kol jadi usaha yang menjanjikan bagi usaha anda.

Bunga kol (Cauliflower) adalah jenis sayur yang mirip brokoli, termasuk pada famili Brasicaceae. Tanaman kembang kol dan brokoli mempunyai kemiripan yang tinggi. Kesamaan ini mulai dari cara menanam, jarak tanam, perawatan hingga hama penyakit. 

Jika dulu, menanam bunga kol hanya bisa di dataran tinggi, kini mulai ada  varian benih bunga kol yang dapat kita tanam denga lokasi dataran rendah hingga menengah. 

Dengan adanya benih kembang kol untuk dataran rendah maka pasar tidak lagi menggantungkan keberadaan hasil produksi bunga kol dari daerah dataran tinggi saja. 

Kembang Kol : Apa Yang Dimanfaatkan Jadi Sayuran?


Apakah anda saat tinggal dan berkebun dengan lokasi dataran rendah? Maka usaha mandiri bisnis dengan berkebun dan tanam kembang kol dataran rendah bisa jadi variasi pilihan anda.

Seringkali muncul pertanyaan apa yang dimanfaatkan dari kembang kol untuk jadi sayuran? Pertanyaan ini wajar muncul mengingat belum banyak orang yang mengenal dengan baik akan deskripsi dan morfologi tanaman bunga kol ini.

Kembang kol yang dimanfaatkan untuk menjadi sayuran adalah bagian kepala atau kropTanaman bunga kol yang bisa  kita konsumsi adalah bagian “kepalanya” saja. 

Bagian daun dari bunga kol sebagian besar kita buang. Atau terkadang oleh petani dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak. Ini tentu jika daerah anda banyak pemilik ternak.

Bagian massa bunganya  dikonsumsi sebagai makanan olahan seperti sup atau tumis. Selain itu daunnya pun hanya sebagian kecil dapat dimakan dan rasanya manis, tidak ada rasa pahit sama sekali. 

Bunga kol atau kembang kol atau ada yang menyebut cauliflower atau bongkol adalah sumber protein yang penting, selain itu mengandung Thiamin, Riboflavin, Niasin, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, sampai dengan Zink. 

Cauliflower juga merupakan sumber serat yang baik, mengandung Vitamin B6, asam folat, Asam pantotenat hingga Kalium. Bunga kol sedikit mengandung lemak jenuh dan kurang dari 1 g/kg kolesterol.

Melihat kandungan bunga kol yang lengkap dengan gizi, vitamin hingga serat maka kita tidak perlu ragu lagi akan manfaat kembang kol bagi kesehatan kita. Tentu ini jika kita oleh dengan benar hingga kita konsumsi dengan jumlah dan porsi yang cukup.

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Kol


Tanaman bunga kol adalah tanaman asli daerah sub-tropis dan sehingga lebih banyak dibudidayakan di dataran tinggi. Namun petani dan pembaca semua harus berbahagia karena sudah muncul benih kembang kol dataran rendah hingga menengah.

Akan tetapi saat ini telah tersedia kultivar bunga kol untuk dataran rendah yang dapat kita tanam pada ketinggian 0 - 350 mdpl ataupun pada dataran menengah ( 400 - 700 mdpl ). Tanaman bunga kol bisa tumbuh baik di tanah yang subur, gembur serta banyak mengandung bahan organik.

Hati - hati dalam memilih varietas bunga kol ! Terutama saat menentukan varietas hingga kesesuaian dengan lokasi tanam. Pilih varietas yang tepat kembang kol untuk dataran rendah, menengah atau tinggi. Jika salah ini bisa jadi penyebab kembang kol tidak berbunga atau berbunga dengan warna sedikit ungu.


Persiapan Benih Bunga Kol


menanam bunga kol, tanam bunga kol, manfaat kembang kol, cara menanam bunga kol, pupuk pembesar bunga kol, menanam bunga kol yang baik dan benar, bunga kol pm 126, bunga kol aquina, bunga kol diamond, bunga kol white shot, bunga kol snow white, jual benih bunga kol, lmga agro
Benih yang dipilih adalah benih yang sehat, tidak luka, tidak cacat, benih yang baik akan tenggelam bila direndam ke dalam air. Pemilihan benih harus disesuaikan dengan ketinggian tempat. 

Jika area budidaya merupakan dataran rendah, maka harus memilih benih bunga kol untuk dataran rendah seperti PM 126 dari Panah Merah, Diamond dan Snow White dari Known You Seed serta White Shot dari Sakata. 

Dan jika area budidaya terletak didataran tinggi maka benih yang dipilihpun harus  benih bunga kol untuk dataran tinggi seperti Aquina.


Persiapan Lahan Budidaya Bunga Kol


Lahan yang akan dipakai digemburkan dulu dengan cara dicangkul/dibajak sedalam 30 cm, membuat bedengan dengan lebar 80 hingga 90 cm, tinggi bedeng 25 - 30 cm dan jarak antar bedengan 50 - 60 cm. 

Gunakan jarak tanam yang tepat agar bunga kol bisa produksi tinggi dan serangan hama penyakit rendah hingga perawatan lebih mudah. Jarak tanam kembang kol yang tepat adalah 50 x 50 saat kemarua dan 60 x 60 saat musim penghujan.

Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka lakukan pengapuran dengan dosis 1 - 2 ton/ha. Selama membuat bedengan, juga diberikan  pupuk kandang dengan dosis berkisar 12,5 - 17,5 ton/ha, pupuk dasar yaitu ZA, Urea, SP36 dan KCl dengan dosis masing-masing yaitu 250 kg. Pemberian dengan cara disebarkan merata pada bedengan.

Persemaian Pada Budidaya Kembang Kol


Persemaian bibit pada budidaya bunga kol dapat dilakukan  pada bedengan atau di polibag, dapat juga menggunakan bumbung yang terbuat daun pisang atau plastik. 

Persemaian benih harus dibuatkan naungan dari plastik untuk menghindari paparan sinar matahari dan serangan hama terhadap bibit. 

Penyiraman terhadap bibit dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore, juga naungan dibuka pagi dan sore untuk pergantian udara. 

Penyiangan terhadap gulma disekitar bibit dan diberi larutan urea dengan konsentrasi 0,5 g/liter serta menyemprotkan pestisida 1/2 dosis. Bibit yang telah muncul 3 hingga 4 daun atau umur kurang lebih 1 bulan, dapat dipindah ke lahan tanam.

Penanaman Bibit Budidaya Bunga Kol


Bila lahan dan bedengan telah siap dan bibit juga telah berumur 1 bulan dan muncul 4 daun maka bibit siap ditanam ke lahan tetap. Penanaman yang tepat dilakukan pada pagi hari jam 6 - 9 atau pada sore hari jam  3 hingga 5 sore. 

Bibit yang dalam bumbung daun pisang langsung ditanam tanpa membuang daun pisangnya, bila dalam plastik atau polibag, bibit dikeluarkan dengan hati-hati tanpa merusak akar yang dangkal. Untuk satu lubang tanam ditanam satu bibit, lalu tanaman disiram air perlahan sampai basah benar.

Perawatan Tanaman


Perawatan pada budidaya bunga kol meliputi :

Penyulaman


Penyulaman dengan cara mengganti bibit yang mati dengan bibit yang sehat dan penyulaman ini dilakukan sampai tanaman berumur 2 minggu saja.

Penyiangan


Penyiangan budidaya bunga kol dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan pemupukan susulan, yaitu saat tanaman berumur 7 - 10 hst, 20 hst dan 30- 35 hst. 

Penyiangan dan penggemburan dilakukan hati-hati jangan sampai merusak perakaran bunga kol yang dangkal. Penyiangan dihentikan saat tanaman bunga kol mulai memasuki fase pembungaan.

Perempelan


Perempelan dilakukan terhadap tunas batang seawal mungkin agar kualitas dan ukuran krop bunga optimal. Setelah terbentuk krop bunga, daun-daun tua diikatkan untuk menaungi krop bunga dari sinar matahari dan menjaga warna krop tetap putih.

Pemupukan susulan


Pemupukan susulan ditambahkan Urea 20 kg/ha, diberikan sebanyak 3 kali bersamaan dengan penyiangan dan penggemburan. Pemberian pupuk tambahan saat umur 7 -10 hst, 20 hst dan 30 - 35 hst. Pemberian pupuk untuk tanaman bunga kol harus tepat dan susai umur tanaman.

Hama dan Penyakit Tanaman Bunga Kol


Hama yang menyerang tanaman bunga kol yang sering ditemui adalah ulat plutella ( Plutella xylostella ) dan kutu daun hama lain yang juga dapat menyerang bunga kol adalah ulat grayak ( Spodoptera litura ), ulat krop ( Crocidoomia binotalis ) dan ulat tanah ( Agrotis ipsilon ). 

Pengendalian hama menggunakan insektisida berbahan aktif klorfenapir, tiodikarp, profenofos atau karbofuran. 

Penyakit yang menyerang tanaman bunga kol antara lain : layu bakteri (Pseudomonas solanacearum ), layu fusarium ( Fusarium oxysporum ), Antraknosa ( Collectrithicum gloeospoiroides ) dan busuk daun (Phytopthora infestans ). 

Pilih fungisida untuk tanaman kembang kol yang tepat. Apalagi kalau anda budidaya bunga kol musim hujan. Gunakan kombinasi fungisida sistemik dengan kontak dengan benar. Jangan lupa gunakan perekat pestisida terbaik agar daya kerja obat lebih baik.

Pengendalian menggunakan fungisida berbahan aktif Mankozeb, Metil tiofanat, Kasugamisin hidroklorida, Oksitetrasiklin atau Benomil bisa jadi pilihan terbaik bagi anda.

Panen Bunga Kol


Tanaman bunga kol siap dipanen saat massa bunga mencapai ukuran maksimal, saat umur 50 - 100 hari setelah tanam. Umur panen bunga kol sangat berkaitan dengan varietas hingga lokasi tanam.

Jika anda tanam kembang kol dengan lokasi dataran rendah maka bisa panen umur 50 hingga 60 hari setelah tanam. Namun jika kita taman dengan lokasi dataran menengah bisa panen umur 70 - 75 hari setelah tanam. 

Sebaliknya jika anda tanam jenis bunga kol dataran tinggi maka panen baru bisa kita mulai saat tanaman umur 90 hari setelah tanam. Jadi panen bunga kol lokasi dataran tinggi lebih lama, namun krop yang bisa kita panen juga lebih besar.

Namun hal ini juga tergantung dari varietas bunga kol yang ditanam. Waktu pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari. 

Dalam sekali panen, budidaya bunga kol menghasilkan sekitar 40 ton bunga kol/ha. Cara panen bunga kol dengan cara memotong bersama batang dan sebagian  daunnya sepanjang 25 cm. Setelah bunga kol dipotong, dicuci dari kotoran yang menempel dan diletakkan pada tempat teduh.

Jual Benih Bunga Kol Harga Murah Untuk Mandiri Bisnis Berkebun


Toko pertanian terdekat Lmga Agro jual benih bunga kol mulai untuk dataran rendah, menengah sampai dengan dataran tinggi. Petani dan pembaca semua bisa belanja dengan cara online.

Benih kembang kol yang kami jual mulai dari produk Takii Seed, Sakata Seed, Panah Merah, Agri Makmur Pertiwi, Known You Seed, Tunas Agro dan perusahaan benih nasional yang lain.

Semua bibit kembang kol tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah serta cepat lewat shopping online lewat toko pertanian terdekat Lmga Agro. 

Team mandiri bisnis kami memberi jaminan produks pasti asli dan belanja online anda pasti datang hingga uang anda kembali 100 %. Hal ini betujuan agar belanja anda puas dan sukses saat berkebun.

Benih kembang kol yang kami jual sudah kami pilih agar sesuai dan bisa memberi hasil yang tinggi sehingga jadi usaha yang menjanjikan bagi mandiri bisnis pertanian anda.

Toko pertanian Lmga Agro hanya jual benih bunga kol terbaik dan sudah dibuktikan oleh banyak petani yang menjadi binaan kami. Segera beli bibit bunga kol pilihan anda dan sesuaikan dengan lokasi anda tanam.

Toko pertanian Lmga Agro juga tersedia layanan konsultasi pertanian Gratis yang bisa anda manfaatkan selama tanam bunga kol. Kami akan memberi solusi terbaik agar usaha mandiri bisnis anda bisa penen dengan hasil tinggi.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.