TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/05/18

JUAL BENIH SELEDRI UNTUK BUDIDAYA SELEDRI HASIL TINGGI

BUDIDAYA SELEDRI, BENIH SELEDRI, JUAL BENIH SELEDRI, HARGA MURAH
BUDIDAYA SELEDRI -
BENIH SELEDRI
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID -- Jual Benih Seledri untuk Budidaya Seledri Hasil Tinggi. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih seledri unggul harga murah. Silahkan hubungi kontak person P. Budi Tlp. 082141747141;SMS/WA: 08125222117. Kami juga menyediakan Benih Tanaman Hortikultura, Pupuk, Pestisida dan Alat Pertanian. Pengiriman barang pesanan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Seledri atau daun seledri merupakan jenis tanaman sayuran yang berkalori rendah dan dimanfaatkan daunnya untuk diolah. Selain sebagai sayur seledri fungsi daun seledri juga sebagai obat. Seledri sering kita jumpai dalam campuran beberapa menu makanan.

Daun seledri selain dicampurkan dalam masakan, bisa juga di konsumsi langsung sebagai lalapan. Selain itu kegunaan daun seledri juga sebagai obat beberapa penyakit.

Klasifikasi seledri sendiri masuk dalam famili Apiceae spesies Apium graveolens L. Ciri-ciri tanaman seledri yang bisa diamati langsung batang tanaman seledri pendek, warna daun hijau,daun seledri berlekuk-lekuk dan kurang teratur dengan tangkai daun yang panjang.

Tanaman seledri berasal dari benua Amerika dengan habitat pertumbuhan pada ketinggian 800-1200mdpl, namun juga bisa ditanam di dataran rendah. Kandungan daun seledri meliputi vitamin (B2, B3, B5, B6, C, E, K, asam folat). Mineral (fosfor, Fe, Na, Ca, Mg, potasium) serta asam amino esensial pendukung kesehatan tubuh.

BENIH SELEDRI UNTUK BUDIDAYA SELEDRI


Seledri atau dengan nama latin Apium graveolens merupakan famili Umbeliflorae ini mempunyai beberapa jenis varietas. Berikut macam tanaman seledri yang dibudidayakan.

  • Seledri daun (A. Graveolens L var.secalinum alef). Habitat pada daerah yang kurang hujan dengan kondisi tanah agak kering, atau tanam pada saat musim kemarau. Jenis ini yang dimanfaatkan daunnya dan batangnya dicabut.
  • Seledri potongan (A. Graveolens L var.sylvestre alef). Habitat pada daerah yang tanah berkerikil atau berpasir dengan kandungan banyak air tetapi tidak menggenang. Jenis ini yang dimanfaatkan batangnya.
  • Seledri berumbi (A. Graveolens L var.rapaceum alef). Habitat pada kawasan curah hujan tidak terlalu rapat,dataran tinggi. Bentuk batang tanaman membesar bagian bawah seperti membentuk umbi.  Jenis ini yang dimanfaatkan daunnya.

Saat ini banyak pengembangan dalam pengadaan benih seledri yang berkualitas dari perusahaan benih nasional. Karena dirasa budidaya seledri yang membutuhkan lahan luas lebih efektif dengan menggunakan biji (cara generatif). Berikut ini beberapa benih seledri yang tersedia di tempat kami, Toko Pertanian LMGA AGRO.

Benih Seledri Amigo. Produk Panah Merah, bisa tanam dataran rendah, vigor tanaman kokoh, tinggi 50cm, potensi hasil daun ±1,8kg/tanaman. Usia panen 120HST.

Benih Seledri Summer Green. Produk Known You Seed, vigor tanaman kokoh dan tidak mudah tua, suhu adaptif 15-32 derajat celsius, potensi hasil ±1,2kg/tanaman. Usia panen 100HST.

Baca Juga : Untung Besar Dari Seledri Dataran Rendah Summer Green

MANFAAT DAUN SELEDRI HASIL BUDIDAYA SELEDRI


Banyak keuntungan untuk budidaya seledri dilihat dari manfaat daun seledri. Baik manfaat seledri bagi kesehatan tubuh maupun dari segi peluang usaha. Masih banyak yang belum mengetahui potensi khasiat daun seledri sehingga belum begitu banyak permintaan di pasaran.

Masyarakat masih banyak menggunakan seledri sebagai penyegar atau bumbu penyedap daripada memasaknya sebagai sayuran utama langsung. Sosialisasi mengenai manfaat  daun seledri untuk kesehatan banyak digalakkan dengan harapan masyarakat lebih mengetahui manfaat daun seledri bagi kesehatan.

Perlu untuk diketahui bagi penderita kencing protein sebaiknya jangan mengonsumsi daun seledri atau olahannya. Berikut ini beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan.

Manfaat daun seledri untuk ginjal untuk membersihkan ginjal. Seledri untuk ginjal bersifat membantu fungsi kerja ginjal menjadi lebih optimal sehingga racun dapat tersaring dan terbuang semua.

Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan sifat zat flavonoid dan unsur nutrisi lainnya.

Seledri merupakan antibiotik alami yang mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Imunitas tubuh terjaga dan menghindarkan mudah terserang dari demam dan influenza.

Manfaat seledri untuk rambut dapat menyuburkan karena kandungan unsur vitamin dan mineralnya. Rambut juga semakin kuat dan kokoh karena perbaikannya menyeluruh dari akar sampai ujung rambut.

Manfaat daun seledri untuk wajah, untuk menstabilkan kadar minyak pada wajah, pori wajah mengecil sehingga terhindar dari jerawat dan bakteri. Selain itu juga sebagai antiaging karena dalam daun seledri terkandung vitamin A,B komplek,C dan E yang berfungsi meningkatkan kolagen kulit.

Khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Selain itu manfaat seledri untuk diet yaitu mampu menekan rasa lapar, sehingga nafsu makan terkendali.

FUNGSI DAUN SELEDRI HASIL BUDIDAYA SELEDRI


Bagi kesehatan saluran pencernaan makanan, seledri menyehatkan dinding lambung, menyehatkan saluran usus dan mengobati sembelit atau susah BAB. Juga mengatasi masalah dehidrasi tubuh.

Manfaat daun seledri lainnya untuk menjaga kesehatan mata mengatasi mata kering, menyembuhkan rematik dan mengendurkan syaraf yang tegang. Selain itu juga dapat menormalkan suhu tubuh akibat ketidakseimbangan hormon dan metabolisme tubuh.

Manfaat daun seledri untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, sehingga bisa juga melindungi jantung. Menyehatkan jaringan empedu. Menstabilkan gula darah karena kandungan nutrisinya bisa menghancurkan gumpalan gula dalam darah sehingga mempercepat pembakaran kalori. Membantu menjaga kesehatan jaringan otak dan kelancaran peredaran darah serta mengatur volume darah.

Seledri juga bersifat antiradang mempercepat proses penyembuhan luka,mengeringkan luka. Kemampuan mengikat kalsium membuat seledri mampu mempercepat penyerapan kalsium untuk tubuh. Sehingga bisa memperkuat tulang juga dan mampu melindungi kesehatan otot akibat gerak berlebihan yang memungkinkan cedera pada otot.

Baca Juga : Tips Sukses Budidaya Tanaman Sayur

Dengan banyak ragam manfaat daun seledri tentunya perlu juga diketahui bagaimana cara mengonsumsinya. Pada umumnya daun seledri sebagai tambahan campuran pada makanan seperti soto,bakso,sop,dsb. Rasa daun seledri yang khas menambah citarasa masakan dan menggugah selera makan kita. Cara efektinya dengan membuat minuman jus seledri.

Manfaat jus seledri seperti disebutkan diatas, bisa juga dengan merebus daun seledri dengan dan ditambahkan jeruk nipis atau lemon. Manfaat rebusan daun seledri baik untuk meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka serta demam. Lebih baik diminum setiap hari. Selain jus seledri bisa juga daun seledri dibuat campuran jus buah lainnya sehingga bisa lebih seimbang pemenuhan kandungan vitaminnya bagi tubuh.

BUDIDAYA SELEDRI

SYARAT TUMBUH TANAMAN SELEDRI


Gambar Seledri-Budidaya Seledri, Jual benih Seledri, Jual bibit seledri
Gambar Seledri-
Budidaya Seledri
Untuk budidaya seledri sama seperti tanaman sayuran lainnya dengan kebutuhan unsur hara tenah terpenuhi dan sifat tanahnya gembur. Tanah yang subur dan banyak mengandung humus dengan kandungan unsur seperti boron,kalsium tinggi lebih banyak.

Selain itu juga mengandung unsur natrium karena unsur ini mempengaruhi pertumbuhan tanaman seledri. Kekurangan unsur natrium bisa mengakibatkan tanaman kecil.

Untuk mendapatkan unsur natrium yang bagus biasanya dengan menambahkan garam dapur sekitar 600kg/ha lahan tanam. Pengaruh unsur boron yang kurang dapat menyebabkan batang dan tangkai tanaman seledri menjadi retak. Sedangkan kalsium mempengaruhi pada pertumbuhan  tunas daun.

Untuk menyeimbangkan unsur basa asam tanah tentunya bisa menambahkan kapur tanah atau dolomit pada saat pra tanam. Sehingga didapatkan pH tanah yang bagus untuk pertumbuhan yaitu antara 5,5-6,5.

PENGOLAHAN LAHAN TANAM UNTUK BUDIDAYA SELEDRI


Cara menanam seledri pada budidaya seledri pertama-tama sediakan lahan dengan kondisi tanah yang bagus untuk unsur haranya. Olah tanah sampai gembur, dan tambahkan dolomit apabila pH tanah dibawah 6. Buat bedengan-bedengan dengan ukuran lebar 1m, tinggi 25cm dan jarak antar bedengan 30cm.

Beri pupuk dasar pada lahan yang sudah diolah dengan pupuk kandang dengan disesuaikan kesuburan tanahnya. Perkiraan 10ton/Ha, campur dan ratakan. Pasang mulsa untuk menjaga tanah dari pertumbuhan gulma dan unsur hara yang terbuang akibat terkena air hujan.

PERSEMAIAN BENIH SELEDRI

Proses persemaian dilakukan untuk mendapatkan bibit seledri yang berkualitas. Siapkan benih seledri, rendam air hangat sekitar 15menit, buat tempat dan media semai. Media semai bisa mengambil tanah dari lahan tetapi lebih dihaluskan. Atau membuat dari tanah dicampur pupuk kandang halus sekitar 2kg/m2.

Tanam benih pada media,tertata dan jangan terlalu rapat. Tutupi benih yang sudah ditabur tadi dengan tanah halus, kemudian basahi dengan sprayer air hingga menjadi lembab. Pelihara hingga muncul tunas daun sekitar 4-5helai selama 4minggu.

PENANAMAN BIBIT SELEDRI DAN PEMELIHARAANNYA DI LAHAN TANAM

Proses penanaman bibit seledri pada lahan tanam dimulai dari bikin lubang tanam pada bedengan  dengan jarak 25cm x 25cm. Dengan cara melubangi tanah tang tertutup mulsa dengan pelubang mulsa. Pindahkan bibit, tanam bibit seledri yang sehat pada lubang tanam.

Lakukan penyulaman hingga 2minggu pindah tanam untuk tanaman seledri yang mati. Lakukan penyiangan secara rutin untuk menghindarkan tanaman seledri dari ganguan gulma dan rumput liar. Penyiraman dilakukan apabila tanah mulai kering, agar kelembapan tanah terjaga.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Daun Seledri Yang Baik Dan Benar

PEMUPUKAN PADA BUDIDAYA SELEDRI

Proses pemupukan pada budidaya tanaman seledri dilakukan apabila usia tanam 2minggu. Dengan menggunakan NPK 2kg dilarutkan pada air sebanyak 200liter, kocorkan pada lubang tanam sebanyak  250ml/tanaman. Jangan sampai mengenai daun seledri.

Gunakan pupuk ZA 1kg dengan dilarutkan pada air sebanyak 150liter apabila daun tanaman kelihatan menguning. Kocorkan juga pada lubang tanam. Interval pemupukan susulan bisa dilakukan setiap seminggu sekali dengan penambahan berkala pada dosis pupuknya.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN SELEDRI

Poses perawatan bagi tanaman seledri yang mendapatkan serangan hama dan penyakit harus segera dilakukan. Untuk menghindari dampak kerusakan tanaman seledri pada budidaya seledri lebih parah lagi. Serangan hama antara lain ulat tanah, bekicot, tungau dan kutu daun .

Cara penanggulangannya dengan mengambil membuang langsung, memperbaiki sanitasi, melokalisir tanaman yang rusak dan menyemprotkan pestisida curacron, pegasus, regent sesuai aturan dan dosis. Sedang untuk penyakit yang sering menyerang seperti bercak daun, layu bakteri, layu fusarium dan virus yellow.

Untuk serangan penyakit penanganan semenjak pra tanam untuk mencegahnya lakukan pengolahan tanah yang benar. Untuk mengobati bercak daun bisa gunakan octave, layu bakteri gunakan agrept untuk layu fusarium gunakan arashi. Penanganan virus yellow bisa gunakan insektisida untuk membunuh vektor virus tersebut dan cabut serta buang tanaman yang terdampak virus.

Baca Juga : Tips Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

CARA PANEN BUDIDAYA SELEDRI


BUDIDAYA SELEDRI, JUAL BENIH SELEDRI, JUAL BIBIT SELEDRI
BUDIDAYA SELEDRI -
SELEDRI SIAP PANEN
Panen untuk tanaman seledri biasanya setelah usia tanaman mencapai 100-120HST atau melihat jenis varietas benih tanaman yang dibudidayakan. Cara panennya dengan mencabut beserta akarnya atau dengan pemotongan batang dan meninggalkan anakan yang masih muda. Pemanenan bisa dilakukan setiap seminggu sekali.

Demikian sedikit ulasan mengenai seledri, benih seledri, budidaya tanaman seledri dan cara menanam daun seledri. Begitu juga ulasan mengenai manfaat seledri untuk kesehatan.

Dengan peluang cukup besar dari budidaya seledri, tentunya perlu untuk dicoba mengembangkannya. Juga bisa menanam seledri pada pot di rumah atau di halaman rumah. Untuk mendapatkan benih seledri dan mengetahui informasi lainnya bisa menghubungi kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...