TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/06/18

BUDIDAYA BAWANG DAUN YANG BAIK DAN BENAR

BUDIDAYA BWANG DAUN, CARA MENANAM BAWANG DAUN, DAUN BAWANG, BAWANG PREI, CARA MENANAM DAUN BAWANG, CARA MENANAM BAWANG DAUN
BUDIDAYA
BAWANG DAUN
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID -- Budidaya bawang daun sudah banyak dilakukan petani di Indonesia. Benih bawang daun bisa di beli di toko pertanian LMGA AGRO dengan SMS/WA : 08125222117 atau CP Budi Telepon 082141747141. Benih bawang daun bisa di dapatkan dengan cepat dan harga murah di toko online LMGA AGRO. Saat ini Budidaya bawang daun tidak kalah populer dengan budidaya dari umbi bawang.


Saat ini benih bawang daun mudah diperoleh di toko - toko pertanian, selain itu budidaya bawang daun sekarang dapat dilakukan pada ketinggian tempat 100 - 300 mdpl.

Bawang daun mudah ditemui di pasar-pasar tradisional karena manfaat bawang daun banyak sekali terutama untuk bahan masakan. Bawang daun yang ditambahkan pada masakan diyakini menambah rasa sedap pada masakan.

Perusahaan mie instan skala nasional pun menggunakan bawang daun sebagai bumbunya dan dikemas dalam bentuk sayur kering.

Sehingga seiring bertambahnya penduduk Indonesia dan permintaan ekspor yang meningkat menjadikan budidaya bawang daun juga meningkat.

Budidaya bawang daun yang baik dan benar juga diikuti dengan pemilihan benih yang baik, sehat dan berkualitas.

Benih bawang daun  dapat diperoleh di Toko Online LMGA AGRO ( Selaku Agen, Distributor dan Dealer Resmi ) perusahaan  benih, pestisida, pupuk  dan alat pendukung pertanian yang siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Hubungi Toko Online LMGA AGRO dengan CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

SEKILAS INFO TANAMAN BAWANG DAUN


Budidaya bawang daun sangat banyak mendatangkan keuntungan, karena cara budidayanya mudah dan pendek umur panennya, serta mudah perawatannya.

Harga sayuran bawang daun di pasar tradisional juga stabil, apalagi bila dikelola secara modern dan maksimal bisa ditawarkan ke supermarket yang pastinya dengan harga tawaran yang lebih tinggi.

Permintaan pasar yang meningkat menjadikan area budidaya bawang daun pun meningkat, sehingga yang dahulu bawang daun hanya dapat ditanam pada dataran tinggi, sekarang budidaya bawang daun dapat dilakukan di dataran rendah.

Dataran rendah yang dimaksud antara 100 - 300 mdpl, jadi tanaman bawang daunnya sudah dikondisikan tahan terhadap cuaca dan suhu udara dataran rendah. Untuk dataran tinggi, bawang daun dapat tumbuh sampai ketinggian 1200 mdpl.

BACA JUGA : PELUANG  MENANAM BAWANG DAUN

Suhu optimal yang dibutuhkan 20 - 29 °C, pH tanah 5,6 - 7, membutuhkan tanah yang gembur, tanah vulkanik, tanah lempung berpasir yang kaya bahan organik, curah hujan sedang, sinar matahari yang cukup dan drainase yang baik.

Bawang daun yang umum ditemui ada 3 jenis yaitu bawang prei/leek ( Allium porum L. ) merupakan bawang daun yang tidak berumbi dan memiliki daun yang lebih lebar dari daun bawang merah dan bawang putih.

Pelepahnya panjang dan liat, bagian dalam daun agak pipih. Kucai ( Allium sechoercoporum ) jenis yang ini berukuran lebih kecil dari bawang prei, berongga kecil, panjang, berumbi kecil dan berwarna hijau.

Bawang bakung/bawang serpong ( Allium fistulosum ) daunnya panjang dan bulat, rongga dalam daun seperti pipa, beberapa ada yang memiliki umbi.

Demikian ulasan singkat tentang bawang daun, berikutnya akan kami ulas dan jabarkan  tentang budidaya bawang daun mulai dari persiapan lahan sampai panen.

PERSIAPAN LAHAN


Persiapan lahan yang dilakukan berupa membajak atau mencangkul lahan yang akan ditanami bawang daun sampai kedalaman 20 - 30 cm.

Lahan juga dibersihkan dari rumput-rumput liar dan sisa tanaman penanaman sebelumnya. Pupuk kandang kotoran ayam ditebarkan ke lahan sebanyak 5 ton/Ha.

Selanjutnya adalah membuat bedengan dengan tinggi 25 - 30 cm, lebar bedengan 80 - 90 cm, jarak antara bedengan 50 - 60 cm . Bila pH tanah kurang 6,5 taburkan dolomit sebanyak 1 - 2 ton/Ha.

Buatlah lubang tanam dengan jarak 20 x 20 cm dan kedalaman 20 cm. Penanaman dapat dilakukan setelah 6 hari dari mulai persiapan lahan.

PEMBIBITAN TANAMAN BAWANG DAUN


Pembibitan tanaman bawang daun dapat dilakukan pada bedengan maupun di polibag.

Bila di bedengan yang digunakan untuk tempat persemaian, membuat lubang beralur memanjang sepanjang bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar alur 10 cm.

Bila persemaian benih pada polibag, media semai campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 dan diaduk rata. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 10 cm dan tiap lubang diberi 1 - 2 benih.

Setelah menanam benih, tempat persemaian ditutup karung basah atau daun pisang dan baru dibuka setelah benih berkecambah.

Bibit yang telah berdaun 3 - 4 daun sudah siap dipindah ke lahan tetap. Pada saat penanaman, usahakan tanah dalam keadaan basah, lebih baik penanaman dilakukan pada pagi hari sebelum sinar matahari terik.

Penanaman dilakukan dengan posisi tegak lurus dan ditimbun lagi dengan tanah lalu disiram.

PERAWATAN PADA BUDIDAYA BAWANG DAUN


Penyiangan dilakukan dengan mencabut rumput-rumput liar, dilakukan bersamaan dengan pendangiran tanah untuk menggemburkan tanah bila ada pemadatan pada tanah.

Selain itu dilakukan penimbunan pada pangkal batang untuk mendapatkan batang semu bawang daun berwarna putih.

Bawang daun yang berkualitas memiliki batang semu berwarna putih sepanjang sepertiga dari total panjang tanaman bawang daun.

Batang semu bawang daun yang berwarna putih berasa lebih enak, dan yang berwarna hijau rasanya agak liat sehingga kurang disukai.

Penimbunan pangkal batang dilakukan bertahap untuk menghindari busuk batang dan daun terutama saat tanaman masih muda.

BACA JUGA : BAWANG DAUN DATARAN RENDAH FRAGRANT

Penyiraman dilakukan lebih rutin bila budidaya bawang daun dilakukan pada musim kemarau, bila dilakukan pada musim hujan, perhaitian lebih kepada drainase air agar lahan tidak tergenang air.

Pemupukan dasar adalah saat persiapan lahan dengan pemberian pupuk kandang. Pemupukan susulan diberikan 2 kali yaitu pada umur 21 hst dan 42 hst.

Pemberian pertama ( 21 hst ) adalah pupuk Urea 100 kg/Ha, SP-36 50 kg/Ha, KCl 50 kg/Ha. Pemberian kedua ( 42 hst ) adalah pupuk Urea 100 kg/Ha, SP-36 50 kg/Ha, KCl 25 kg/Ha.

Cara pemberian pupuk yaitu membuat larikan di kanan kiri batang dengan jarak 5 cm, lalu pupuk ditaburkan pada larikan dan setelah itu ditutup dengan tanah.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG DAUN


Hama yang banyak dijumpai pada budidaya bawang daun antara lain  Agrotis sp. menyerang pada batang hingga putus dan tanaman mati, Spodoptera exigua adalah ulat bawang yang memakan daun bawang dan Thrips tabacci adalah hama yang menghisap cairan dalam daun.

Pengendalian secara mekanis dengan cara mengumpulkan telur-telur dan memusnahkannya. Pengendalian secara kimiawi menggunakan pestisida sesuai petunjuk pemakaian pada kemasan.

Penyakit yang sering ditemui pada budidaya bawang daun antara lain Erwinia carotovora dengan gejala busuk lunak, basah dan megeluarkan bau yang kurang sedap, serangan Alternaria porri adalah bercak ungu yang terdapat pada daun bawang.

BACA JUGA : UNTUNG DARI TANAM BAWANG DAUN FRAGRANT

Pengendalian terhadap penyakit tanaman bawang daun yaitu dengan melakukan pergiliran tanaman untuk memutus siklus hidup penyakit.

Lakukan sanitasi terhadap lahan agar tidak kotor dan lembab karena kondisi tersebut dapat menyebabkan penyakit cepat menyebar.

PANEN DAN PASCA PANEN TANAMAN BAWANG DAUN


Waktu pemanenan tanaman bawang daun tergantung dari jenis tanaman bawang daun dan benih yang dipakai.

Umumnya mulai umur 50 hst sudah dapat dipanen,ada juga yang dapat dipanen pada umur 130 hst. Panen tanaman bawang daun dapat dilakukan berkali-kali.

Ciri-ciri bawang daun yang sudah bisa dipanen yaitu jumlah rumpun sudah banyak dan sebagian daun sudah menguning.

Cara panen adalah dengan mencabut dengan hati-hati tanaman bawang daun beserta akrnya kemudian diikat dan dicuci akar tanaman sampai agak bersih tidak ada tanah yang menempel.

Pemanenan dilakukan pada pagi hari atau sore hari saat sinar matahari tidak terik. Buang akar dan daun yang busuk saat panen bawang daun.

Bawang daun yang sudah dipanen dapat juga dijadikan batang stek untuk penanaman berikutnya. Pilihlah tunas anakan yang sehat dan bagus pertumbuhannnya sebagai bahan stek, dipisahkan dari batang tanaman yang akan dipasarkan.

Sortasi hasil panen yaitu dengan mengikat bawang daun yang rumpun daunnya besar sendiri dengan rumpun yang berdaun kecil.

BACA JUGA : PELUANG MENGGIURKAN TANAMAN BAWANG DAUN

Sebelumnya disiapkan alas untuk membungkus rumpun bawang sehingga tali pengikat tidak langsung mengenai rumpun karena dapat merusak rumpun daun.

Bawang daun yang sudah selesai diikat tidak dapat bertahan lama sehingga harus segera dibawa ke pasar untuk dipasarkan agar harga jualnya bisa tinggi bila masih dalam kedaan segar.

Demikian ulasan Kami tentang budidaya bawang daun yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Benih bawang daun terbaik untuk dataran rendah dan dataran tinggi bisa di beli di toko pertanian online LMGA AGRO SMS / WA : 08125222117. Kami memberi jaminan barang yang di beli di tempat kami pasti datang.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...