TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/06/18

JUAL BIBIT TOMAT FALCON KNOWN YOU SEED

TOMAT FALCON, KNOWN YOU SEED, TOMAT TAHAN VIRUS, JUAL BENIH TOMAT FALCON, CARA MENANAM TOMAT FALCON, LMGA AGRO
TOMAT FALCON
WWW.LMGAAGRO-WEB.ID -- Jual bibit tomat Falcon Known You Seed. Benih tomat Falcon bisa dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi pak Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Kami siap mengirim pesanan benih tomat Falcon Anda dengan cepat ke seluruh wilayah IndonesiaAgen distributor benih Known You Seed Indonesia aman terpercaya.


Dapatkan di toko pertanian online  LMGA AGRO harga benih / bibit  Known You Seed paling murah dari PT Known You Seed Magelang dan Wonosobo.

LMGA AGRO juga melayani konsultasi secara gratis perihal tentang pertanian mulai dari pembibitan, permasalahan yang ditemui di lapangan dan apabila menemui gejala tanaman terserang penyakit. .

Jual Benih Known You Seed (Distributor Indonesia)


Toko pertanian Online LMGA AGRO juga menjual benih secara lengkap dengan harga murah produk dari Known You Seed Taiwan. Apabila berminat silakan hubungi toko pertanian online LMGA AGRO dinomor telepon yang ada.

Dapatkan produk Known You Seed Taiwan terbaru di toko online LMGA AGRO andalan petani Indonesia. Temukan penawaran terbaik

BENIH TOMAT FALCON KNOWN-YOU SEED


Tomat Falcon Known You Seed merupakan tipe tomat in-determinate. Benih tomat Falcon toleran terhadap virus Gemini TYLCV dan ToMV (layu bakteri). Bentuk buah bulat, warna kulit merah menyala.

Berat rata-rata buah tomat Falcon adalah 110 gram per buah. Ukuran buah 6.5 x 5.6 cm, umur panen 120 hari setelah tanam.

Tanaman tomat Falcon direkomendasikan ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Tomat in-determinate yaitu tanaman tomat yang pertumbuhannya tidak diakhiri dengan tumbuhnya bunga dan buah.

Umur panen relatif lama dan pertumbuhan tanaman juga lambat. Tinggi pohon mencapai 1,6 - 2 meter. Meskipun bisa tumbuh tinggi namun umur tanaman hanya 4 bulan saja.

Buah tomat Falcon yang besar dengan daging buah yang tebal dan padat menyebabkan buah tomat ini tahan selama pengangkutan jarak jauh. Produktivitas buah yang cenderung tinggi sangat menguntungkan bagi petani.

BENIH TOMAT FALCON TAHAN VIRUS


Virus TYLCV


Benih tomat Falcon toleran terhadap penyakit TYLCV dan ToMV. Tomat salah satu tanaman yang rentan terkena penyakit yang disebabkan karena virus.

Karena itu virus merupakan penyebab paling penting dalam budidaya tomat dan penyebab gagalnya panen yang paling tinggi.

Tomato Yellow Leaf Curl Virus ( TYLCV ) merupakan virus penyebab penyakit keriting bule pada daun.

Serangan virus ini menyebabkan daun tanaman menggulung, mengeras, bertekstur kasar dan lebih tebal dibandingkan tanaman normal. Daun tanaman yang terserang akan klorosis ( yellowing ) dan mengeriting/berkerut ( curly ).

Gejala serangan dari virus TYLCV tampak saat tumbuh daun muda pada tanaman yang sudah terinfeksi.

Sedangkan pada daun tua tetap sehat dan tidak tampak sakit. Hal ini tampak ganjil, karena justru daun muda yang baru tumbuh tampak abnormal sedangkan daun tua tumbuh segar dan lebat.

Virus TYLCV menyerang tanaman pada fase generatif menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan buah yang tumbuh tidak normal dan kecil.

Virus TYLCV tidak ditularkan melalui biji tetapi dapat menular lewat penyambungan dan serangga vektornya, yaitu kutu kebul.

Kutu kebul pembawa utama penyakit ini dapat menularkan secara persisten atau tetap yang artinya sekali menyerang pada tanaman yang mengandung virus maka seumur hidupnya dapat menularkan dan menyebarkan penyakit ini.

Virus ToMV


Tomato Mosaic Virus ( ToMV ) adalah penyakit yang disebabkan oleh mosaic dengan ciri utama adanya warna belang pencampuran lebih dari satu warna.

Mosaic pada daun berupa warna hijau yang tidak merata pada daun karena di beberapa bagian berwarna pucat kekuningan yang menyebar seperti percikan.

Pemilihan benih yang sehat dan unggul merupakan syarat muntlak yang harus dipenuhi untuk mencegah serangan penyakit karena virus.

Meskipun virus tidak ditularkan melalui biji namun bila tanaman sudah terinfeksi sebelum berbuah maka cairan buahnya sudah mengandung virus. sehingga dapat menyebar melalui kulit dan biji untuk disemaikan.

TOMAT FALCON KNOWN-YOU SEED


Tomat ( Solanum lycopersicum ) masuk kategori sayur karena fungsinya yang cenderung sebagai bagian dari sayuran seperti sup, salad dan sandwich.

Tomat dianggap tidak masuk jenis buah karena fungsinya bukan bagian dari bahan pembuat kue ( kue kering, kue bolu ) dan makanan pencuci mulut.

Tomat juga bisa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis olahan masakan mulai dari sambal sampai makanan berkuah.

Permintaan akan tomat cenderung stabil, sehingga menanam tomat dapat dijadikan alternatif menambah penghasilan tambahan.

Tomat disetiap pasar selalu ada dan dalam jumlah banyak karena setiap hari masyarakat dari seluruh lapisan membutuhkan tomat.

Baik ibu-ibu rumah tangga yang digunakan memasak di rumah, juga yang mempunyai warung makan hingga taraf hotel berbintang, juga belanja tomat untuk diolah.

Melihat kondisi pasar yang tinggi karena kebutuhan masyarakat yang tinggi pula maka petani mulai tertarik untuk melakukan budidaya tomat. Apalagi pabrikan benih terus membuat varietas tomat yang unggul dan terbaik.

TOMAT FALCON JENIS TOMAT BUAH


Tomat Falcon dari Known-You Seed merupakan jenis tomat buah, karena sesuai rekomendasi buah berbentuk bulat besar dengan pangkal buah mendatar dan mencakup.

Rasanya cenderung manis, daging buah yang tebal, serta dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk mentah. Cocok dibuat jus dan es buah.

Budidaya tomat Falcon jenis tomat buah menjadi alternatif pilihan baru bagi petani karena permintaan tomat buah juga tinggi.

BACA JUGA : FALCON GENERASI BARU TOMAT BUAH TAHAN VIRUS

Tomat buah yang berukuran besar, kulit yang tebal dan warna yang merah menyala menjadikan harga jualnya lebih tinggi.

Tomat buah lebih cenderung dijual di swalayan/supermarket dan banyak yang menyukai dijadikan jus buah.

Buah tomat merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi, antara lain antioksidan Likopen, Vitamin C, Potasium/Kalium, Folat dan Vitamin K.

Antioksidan dalam tomat sering dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan kanker.

CARA MEMBUAT BIBIT TOMAT FALCON


Benih yang digunakan adalah benih tomat Falcon dari Known-You Seed. Membuat bibit dengan menyemaikan benih di persemaian baik di wadah polybag maupun bedeng semai. Bibit tomat siap dipindah setelah berumur 18 hari setelah tanam.

Cara membuat bibit tomat dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

Pembibitan di bedeng semai. Pada bedeng semai dbuat larikan-larikan menanam benih. Jarak antar larikan 5 -  10 cm. Benih diletakkan pada larikan  dengan jarak 2 - 3 cm dan usahakan tidak saling bertumpuk.

Saat transplanting, bibit disiram air hingga basah agar bibit tomat mudah dicabut dari tempat tanamnya. Atau dapat juga dengan cara putar yaitu mengambil bibit beserta tanah disekitarnya.

Pembibitan di pot polybag. Media tanam campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1.

Lalu benih ditanam dan ditutup dengan tanah. Cara transplanting dengan merobek plastik potnya dan bibit ditanam beserta medianya.

CARA MENANAM TOMAT FALCON


Bibit yang dipilih untuk dipindah ke lahan tetap adalah bibit yang tampak sehat dan segar. Lahan juga sudah siap untuk ditanami.

Bibit di bedeng semai, langsung dicabut dan ditanam dengan jarak 70 x 60 cm. Penanaman lebih baik bila dilakukan di musim kemarau.

Bila baru saja turun hujan, maka usahakan agar bibit bersih dari tanah agar tanaman tomat tidak cepat membusuk dan terkena penyakit akibat dari kotoran yang menempel.

BACA JUGA : CARA MENANAM TOMAT SERVO PANAH MERAH 

Menanam tomat sebaiknya dilakukan sore hari agar tanaman tidak layu dan dapat segera beradaptasi dengan tempat yang baru.

PEMUPUKAN TANAMAN TOMAT FALCON


Pemupukan Dasar


Pemberian pupuk dasar pada saat pengolahan tanah dan tanah dijemur selama satu minggu. Pupuk dasar yang diberikan yaitu pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha.

Pupuk diaduk merata pada tiap bedengan. Untuk menambah unsur fosfor pada tanah, dapat juga ditambah pupuk TSP  5 gr per tanaman.

Bila menggunakan pupuk kimia, dosis per 1 ha tanaman tomat adalah  Za : TSP : KCl dengan perbandingan 200 Kg : 300 Kg : 250 Kg. Untuk pupuk organik Fermentasi : Kapur pertanian adalah 4 Ton : 2 Ton.

Cara aplikasi pupuk dasar, yaitu pupuk organik Fermentasi dan Dolomit dengan cara mencampurkan merata ke dalam bedengan dan dibagi merata ke semua bedengan, lalu tanah diaduk sampai kedalaman 25 cm (kedalaman akar tanaman tomat).

Cara seperti ini,  kebutuhan nutrisi selama menanam tomat Falcon dapat tercukupi.

Pemupukan Susulan


Pemupukan tomat organik yaitu menggunakan pupuk organik pula, maka yang digunakan yaitu Pupuk Organik Cair ( POC ) berkalium tinggi saat berbunga dan berbuah.

POC disemprotkan pada tanaman setiap minggu dengan dosis 1 liter POC/100 liter air. Setelah tanaman berumur 2 - 3 minggu dapat juga ditambahkan pupuk kandang/kompos sebanyak satu genggam tangan/tanaman.

Pemupukan tomat an-organik yaitu saat umur 1 minggu setelah tanam, diberi pupuk Urea dan KCl dengan perbandingan 1 : 1 sebanyak 1 - 2 gr/tanaman. Saat umur 2 - 3 minggu pemberian pupuk yang sama sebanyak 5 gr/tanaman.

Saat umur 1 bulan bila tanaman tampak kurang sehat, maka diberi pupuk yang sama sebanyak 7 gr/tanaman. Pemberian pupuk berjarak 5 - 7 cm dari tanaman.

PERAWATAN PADA BUDIDAYA TOMAT FALCON


Penyiraman


Waktu penyiraman yang baik yaitu pada sore hari dengan tujuan untuk menguatkan tanaman pada malam hari dan untuk mengganti cairan tanaman yang menguap sejak pagi hingga siang hari.

Penyiraman air diusahakan tidak langsung mengenai daun karena dapat mengakibatkan tanaman mudah terserang virus dan penyakit.

BACA JUGA : BENIH TOMAT SERVO MURAH BELI DIMANA 

Menyiram tanaman dengan sistem kocor pada pangkal batang. Adanya saluran irigasi diantara bedengan dapat menjaga kelembaban lahan tanaman tomat. Saluran air tersebut berfungsi sebai saluran pembuangan kelebihan air saat turun hujan.

Penyiangan


Bila bedengan tertutup mulsa maka pertumbuhan gulma dapat terkendali. Tidak banyak gulma yang tumbuh. Penyiangan dilakukan dengan mencabut langsung gulma yang tumbuh.

Waktunya disesuaikan dengan kondisi lapangan, biasanya bersamaan dengan sesudah penyiraman karena saat tanah lembab, gulma mudah untuk dicabut.

Saat penyiangan, lakukan juga pembumbunan tanah agar tanah disekitar tanaman gembur dan melancarkan sirkulasi udara dalam tanah.

Pemangkasan


Pemangkasan dimaksudkan antara lain untuk membentuk pohon, mengurangi daun, mempercepat pembuahan, meremajakan tanaman dan lain-lain.

Pemangkasan daun yang menempel tanah atau bila terlalu lebat agar sinar matahari dapat sampai ke seluruh bagian tanaman.

Tujuan membentuk pohon agar tanaman dapat berbunga dan dapat berproduksi maksimal. Pengurangan daun bertujuan untuk mendapatkan hasil pemasakan tanaman yang optimal.

Langkah pemangkasan dengan cara memotong cabang/ranting yang tumbuhnya tidak tepat, memotong tunas-tunas air dan ranting-ranting yang terkena penyakit.

Pemangkasan dilakukan seminggu sekali, yaitu meninggalkan dua cabang dan masing-masing cabang menyisakan 3 tandan dan tiap satu tandan menyisakan 5 buah untuk dipelihara hingga matang/besar.

Pemasangan Ajir


Pemasangan ajir dilakukan agar tanaman tomat dapat tumbuh tegak dan nantinya untuk memudahkan dalam panen. Ajir dipasangkan saat tanaman berumur 1 minggu.

Ajir dipasangkan dan diikatkan ujung-ujungnya membentuk segitiga. Saat tanaman tomat berumur 3 - 4 minggu, tanamn diikatkan pada ajir dengan menggunkan tali salaran.

Ajir dibuat dari bambu dengan panjang 1.5 - 2 meter dan ditancapkan ke tanah yang berjarak 10 - 15 cm dari tanaman tomat. Setiap tanaman bertambah panjang 20 cm, batang tanaman tomat diikatkan pada ajir.

BACA JUGA : JUAL BENIH TOMAT LUMINA CAP PANAH MERAH

Demikian ulasan kami tentang benih Tomat Falcon dari Known-You Seed dan cara menanam hingga merawat tanaman tomat. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika Anda tertarik budidaya Tomat Falcon dari Known-You Seed, benih tersedia di Toko Pertanian Online, hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis.

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap.

Kami siap mengirim dan mengantar pesanan Tomat Falcon F1  Anda ke seluruh  wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...