TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 21 Juli 2018

JUAL BENIH BIBIT CABE TM 007 TANI MURNI

CABE TM 007, BENIH CABE TM 007, CABE TM 007 HARGA MURAH, CARA MENANAM CABE TM 007, LMGA AGRO
CABE TM 007
Jual benih bibit cabe TM 007 PT Tani Murni. Benih cabe TM 007 dijual di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ; khusus SMS/WA 0812 5222 117.  LMGA Agro melayani konsultasi pertanian secara gratis seluk beluk tentang budidaya pertanian, terutama cara menanam cabe TM 007.


Konsultasi pertanian cara budidaya tanaman sayuran dan buah hortikultura mulai dari pembibitan, persemaian hingga cara mengendalikan hama dan penyakit tanaman.

LMGA Agro sudah berpengalaman dalam jasa pengiriman benih dan sarana prasarana dalam budidaya pertanian.

Segala varietas tanaman busah dan sayur, alat kocor pemupukan, mulsa, polybag, pestisida dapat diperoleh di toko pertanian online LMGA Agro.

Kami siap mengirim pesanan benih Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa espedisi seperti JNE dan Pos Indonesia.

CABE TM 007 TANI MURNI


Cabe TM 007 produksi PT Tani Murni merupakan cabe keriting hibrida, varietas cabai keriting yang direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Panjang buah cabe TM 007 adalah 14 - 15 cm, berdiameter 0,7 - 0,8 cm. Warna buah saat sudah tua adalah merah menyala.

Cabe TM 007 menghasilkan buah yang bertekstur padat dan keras sehingga tahan selama dalam pengangkutan jarak jauh.

Cabe TM 007 juga tahan simpan dalam waktu lama dan masih dalam kondisi segar. Cabe TM 007 toleran terhadap penyakit antraknosa dan layu.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE KERITING FLASH 750

Cabe TM 007 adalah benih cabe tahan virus, serangan virus sering menimbulkan masalah saat musim  bercocok tanam di musim penghujan.

Curah hujan yang tinggi sehingga kelembaban tinggi juga maka dipastikan bila perkembangbiakan dan penyebaran penyakit tanaman juga tinggi.

Penyakit yang sering menyerang adalah yang disebabkan oleh jamur atau cendawan seperti Antraknosa dan penyakit layu.

Tanaman cabe merupakan salah satu tanaman sayuran yang paling rawan terkena penyakit tanaman.

Tanaman cabai memiliki karakteristik yang berpotensi tinggi untuk terserang penyakit.

Tanaman cabai juga memiliki fisiologi yang ideal sebagai tempat berkembangbiaknya organisme vektor pembawa penyakit.

Terlebih bila didukung oleh cuaca yang ekstrim seperti hujan terus menerus, pagi hari turun hujan dan saat siang matahari bersinar terik. Kondisi tersebut menyebabkan jamur patogen lebih mudah dan lebih cepat berkembang biak.

BIBIT CABE TM 007


Cabe TM 007 adalah bibit cabe keriting hibrida. Memilih bibit cabe keriting yang bagus adalah salah satu langkah awal terbaik dalam budidaya tanaman cabe.

Cara menanam cabe yang sesuai dengan kualitas bibitnya akan mendapatkan hasil produksi yang baik pula.

Sekalipun demikian, bukan faktor bibit saja yang menentukan berhasil tidaknya budidaya cabe, Teknis budidaya dan perawatan yang intensif juga menentukan keberhasilan dan produksi yang kita peroleh.

Benih cabe hibrida, cabe TM 007  merupakan hasil keturunan langsung (generasi F1) dari persilangan antara dua atau lebih populasi suatu spesies yang berbeda latar belakang genetiknya (disebut dengan populasi pemuliaan/populasi tangkaran).

Misal adalah cabe rawit lokal dan cabe rawit import disilangkan mendapatkan keturunan varietas baru, dan keturunan inilah yang disebut cabe hibrida.

BACA JUGA : CABE MHANU F1 PRAYIT POTENSI HASIL TINGGI

Cabai atau cabai merah adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya masuk golongan sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana mengolahnya.

Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

Termasuk dalam masak Padang, cabai bahkan dianggap sebagai " bahan makanan pokok" ke-10 selain " sembilan macam bahan pokok-sembako". Hal tersebut karena tidak mungkin masakan Padang dibuat tanpa cabai.

BUDIDAYA TANAMAN CABE TM 007


Cabai atau dikenal dengan "lombok" termasuk suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin yang memberikan rasa pedas dan menimbulkan rasa hangat dan panas bila digunakan untuk bumbu dapur ( rempah-rempah ).

Tanaman cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya humus dan gembur. Tanah bersifat mudah meresapkan air dan air tidak mudah menggenang, memiliki pH tanah ideal sekita 5 - 6.

Waktu tanam yang baik untuk lahan kering  adalah akhir dari musim hujan, umumnya adalah bulan Maret atau April ).

Namun bila menanam di bulan Oktober dan panen di bulan Desember, harga cabai cenderung tinggi walaupun ada resiko kegagalan.

Hama Utama Budidaya Cabe TM 007


Salah satu kendala utama dalam penanaman cabe di Indonesia adalah adanya serangan lalat buah pada buah cabe.

Serangan hama lalat buah sering menyebabkan gagal panen, menurut laporan dari Departeman Pertanian RI tahun 2006 bahwa kerusakan pada tanaman cabai di Indonesia mencapai hingga 35%.

Buah cabai yang terserang  penampilan luar yang tampak sehat dan utuh namun ternyata bagian dalam telah membusuk dan banyak terdapat larva lalat.

Penyebabnya utama adalah seranagan lalat buah Bactrocera carambolae. Serangan hama lain selain lalat buah adalah kutu daun Myzus persicae.

Kutu daun merupakan hama penting pada budidaya cabe karena menyebabkan kerusakan hingga 80%.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABE LABA PANAH MERAH

Kutu daun hidup dengan cara berkoloni, menyerang bagian tanaman yang masih muda seperti pucuk, tunas dan bunga dengan cara menghisap cairan jaringan tanaman.

Sehingga bagian tanaman yang terserang tersebut akan kering, keriting, kerdil dan mati.

Kutu daun atau Aphids spp. banyak sekali jenisnya dan bervariasi, ada yang berwarna hijau, kuning, hitam, coklat dan merah tergantung dari jenisnya.

Kutu daun yang umum dikenal yaitu Aphis gossypii dan Myzus persicae. Untuk daerah tropis, terutama di dataran rendah dan menengah, serangan berat terjadi pada musim kemarau.

CARA MENANAM CABE KERITING : BENIH CABE TM 007


Pembibitan Cabe TM 007

  • Memilih bibit cabe yang berkualitas. Bibit cabe TM 007 merupakan bibit cabe keriting hibrida yang berkualitas dan dapat dijadikan benih pilihan menanam cabe keriting.
  • Cabe merah keriting mempunyai varietas yang sangat banyak sekali baik hibrida sampai dengan lokal dan setiap varietas mempunyai ciri tersendiri. Pemilihan bibit harus disesuaikan dengan daerah tempat penanaman.
  • Benih yang sudah disiapkan harus disemaikan dulu untuk mendapatkan tanaman yang kokoh dan berproduksi tinggi. Pembibitan dapat dilakukan di plastik polybag atau pada bedengan.
  • Media semai : tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Jika tidak ada sekam, media semai dapat menggunakan tanah dan kompos saja dengan perbandingan 1 : 1.
  • Media semai diayak terlebih dahulu lalu dicampur hingga merata dan dimasukkan polybag. Lalu biarkan sehari semalam.
  • Tempat persemaian diberi naungan supaya bibit tidak terkena paparan sinar matahari dan jatuhnya air hujan langsung. Bila perlu, dapat menggunakan jaringan pelindung dari serangan hama.
  • Bibit cabe rutin disiram setiap hari. Waktu penyiraman bibit yang terbaik yaitu pagi dan sore hari. Cara menyiram pada polybag yang benar adalah menyiram air secukupnya lalu polybag ditutup dengan koran agar kelembaban terjaga. Buka penutup kertas koran  jika biji sudah tumbuh ( ± 3 hari ).
  • Pada umur 21 - 24 hari, bibit cabe sudah siap dipindahkan atau ditandai munculnya 3 - 4 helai daun. Dalam membuat bibit cabe, harus ditambahkan sebanyak 10% dari total jumlah bib it yang dibutuhkan.

Pengolahan Tanah Budidaya Cabe TM 007


  • Menggemburkan tanah dengan cara dicangkul sampai kedalaman 20 - 40 cm. Singkirkan batu, kerikil dan sisa tanaman. Jika tanah banyak tumbuh gulma maka dapat disemprotkan herbisida.
  • Membuat bedengan dengan tinggi 30 - 40 cm dan lebar 1 m. Jarak antar bedengan 60 cm, panjang disesuaikan keadaan lahan, maksimal 15 m.
  • Mengecek pH tanah, bila terlalu rendah/asam, pertumbuhan daun cabe mudah terserang virus dan penampilan pucat. Tanah yang terlalu asam mudah ditumbuhi ilalang. Pemberian kapur dolomit dapat digunakan untuk menetralkan pH tanah, dosisnya 2 - 4 ton/ha.
  • Kapur dolomit diberikan saat membajak tanah atau membuat bedengan. Selain diberi dolomit, tiap bedengan juga diberi pupuk kandang atau kompos. Untuk 1 ha diberikan ± 20 ton pupuk organik. Juga ditambahkan KCl 200 kg/ha dan Urea 350 kg/ha.
  • Agar lebih efektif, sebaiknya bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak, Meskipun biaya mulsa cukup tinggi namun sebanding dengan manfaatnya yang banyak sekali. Adanya mulsa dapat membantu menekan erosi, menjaga kelembaban, menjaga kebersihan dan mengendalikan pertumbuhan gulma.
  • Setiap bedengan dibuat lubang yang jaraknya 60 - 70 cm, lebih bagus bila dibuat model zig-zag, untuk membantu mengatur penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara lebih lancar. Kedalaman dan diameter lubang sama yaitu 10 cm.

Proses Penanaman Bibit Cabe TM 007


  • Bibit cabe TM 007 dapat dipindah dari persemaian jika sudah berumur 3 minggu dan bibit memiliki 3 - 4 helai daun. Proses penanaman dilakukan pagi/sore, hal ini untuk mencegah bibit tidak mengalami stress.
  • Sebaiknya penanaman bibit cabe TM 007dilakukan bersama dan selesai tuntas semua bibit dapat ditanam dalam satu hari. Cara menanamnya dengan menyobek polybag terlebih dahulu. Masukkan bibit dan media tanahnya ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya dan usahakan media tidak pecah.
  • Siram bibit cabe TM 007 setelah dipindah supaya kelembabannya terjaga.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Cabe TM 007


  • Saat musim kering, penyiraman lebih intens dilakukan. Penyiraman dilakukan dengan cara penggenangan atau menggunakan gembor.
  • Jika tanaman belum begitu kuat, penyiraman dilakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak tanaman. Cara penggenangan dilakukan 2 minggu sekali saja.
  • Pada 2 minggu pertama, rutin lakukan pemeriksaan kondisi tanaman kemudian lakukan penyulaman tanaman bila ada tanaman yang tumbuh tidak normal atau mati. Segera cabut dan diganti bibit cabe TM 007 yang baru dan sehat.
  • Memasang tongkat bambu/ajir untuk menopang tanaman cabe TM 007  supaya tetap berdiri tegak. Ajir ditancapkan dengan jarak 4 cm dari bagian pangkal batang.
  • Waktu yang tepat memasang ajir adalah hari ke-7 setelah bibit dipindahkan. Setelah tanaman cukup tinggi baru diikat pada tongkat ajir, yaitu sekitar berumur ± 1 bulan.
  • Pemangkasan tunas tanaman cabe dilakukan pada umur 3 minggu ( untuk cabe dataran rendah ) dan pada umur 1 bulan ( untuk cabe di dataran tinggi ).
  • Membuang tunas yang letaknya pada ketiak daun. Pemotongan harus dilakukan sampai cabang utama terbentuk, yaitu ditandai dengan tumbuhnya bunga pertama.
  • Untuk pemupukan dilakukan 2 minggu sekali hingga sampai proses panen tiba, yaitu ± dilakukan sebnayak 8 kali. Pemupukan bisa menggunakan pupuk cair, siramkan sebanyak 100 ml pada setiap tanaman. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK.
  • Selalu untuk membersihkan kebun dari pertumbuhan gulma.

PANEN TANAMAN CABE TM 007


CABE TM 007, BENIH CABE TM 007, BIBIT CABE TM 007, JUAL BENIH CABE TM 007
BENIH CABE TM 007
Tanaman cabe TM 007 dipanen setelah berumur 75 - 85 hari. Pemanenan dilakukan beberapa kali sesuai teknik budidaya, jenis varietas cabe dan kondisi lahan.

Proses pemanenan dilakukan setiap 2 - 5 hari sekali disesuaikan dengan permintaan dan keadaan pasar sekitar budidaya dan kematangan cabe.

Supaya cabe yang dipanen dapat bertahan lama maka buah cabe yang dipanen bersama tangkainya. Pemetikan buah cabe setiap pagi hari jam 5 - 7 pagi.


BACA JUGA : CABE INKO 99 TAHAN SEGALA CUACA


Demikian ulasan tentang benih hibrida cabe TM 007 dari PT Tani Murni. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ; khusus SMS/WA 0812 5222 117.

Ulasan lengkap tentang cara menanam benih cabe TM 007, menyemaikan bibit cabe TM 007, cara merawat dan memelihara tanaman cabe TM 007 hingga produksi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LMGA Agro sebagai agen benih yang menyediakan benih buah dan sayuran hortikultura, juga alat-alat pertanian yang dapat digunakan untuk mendukung budidaya pertanian Anda.

LMGA Agro berpengalaman dalam menerima pesanan dan mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Dengan jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan Kami bertahun-tahun, mengirimkan pesanan Anda dengan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...