TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/08/18

JUAL BENIH SEMANGKA INUL REDIN 09 BISI

SEMANGKA INUL REDIN 09, JUAL BENIH REDIN 09, REDIN 09 HARGA MURAH, LMGA AGRO
SEMANGKA INUL
REDIN 09
Jual benih semangka inul REDIN 09 cap Kapal Terbang produksi PT. BISI International Tbk. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ), 08125222117 ( SMS/WA ). Semangka inul REDIN 09 adalah benih semangka inul hibrida F1.


LGMA Agro melayani juga konsultasi pertanian secara gratis mengenai budidaya semangka inul REDIN 09, menanam benih dan perawatannya hingga menghasilkan dengan maksimal.

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih-benih sayur dan buah unggul dan hibrida dari berbagai varietas produksi pabrik benih terkemuka di Indonesia. Juga terdapat alat-alat pertanian, sarana prasarana penunjang budidaya tanaman Anda.

LMGA Agro siap mengantarkan pesanan Anda dengan cepat di seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.

BENIH SEMANGKA INUL REDIN 09


Benih semangka inul REDIN 09 merupakan bibit semangka tanpa biji Hibrida F1 yang memiliki pertumbuhan kuat dan seragam. Budidaya semangka inul REDIN 09 mudah dalam perawatannya.

Buah semangka inul REDIN 09 berbentuk lonjong, memiliki kulit buah yang kuat dan tidak mudah pecah ( tahan ). Warna buah adalah hijau dengan lorek hijau kehitaman.

Semangka inul REDIN 09 berdaging buah merah, renyah dan rasanya manis sekitar 10 - 12% ( Brix ). Berat buah semangka inul REDIN 09 sekitar 3 kg per buah. Umur panen ± 58 hari setelah pindah tanam.

Kebutuhan benih menanam semangka inul REDIN 09 adalah sekitar 230 - 260 g/ha. Jarak tanam yang disarankan yaitu 60 x 300 cm.

Semangka inul merupakan nama lain dari semangka pepaya hibrida. Merupakan semangka dengan bentuk dan ukuran persis seperti pepaya.

Secara umum bentuk semangka inul adalah lonjong, warna kulit buah hijau gelap. Berat buah rata-rata yaitu 2,5 - 3,5 kg.

Tampilan buah semangka inul unik, praktis dalam membawanya karena lebih ramping tidak bulat, menimbulkan kesan menarik untuk dimakan.

Menurut pengalaman dari petani semangka inul, terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh dari budidaya semangka inul dibandingkan menanam semangka bentuk bulat atau oval.
  • Menanam semangka inul mampu menghemat lahan, karena ukuran panjang tanaman semangka inul lebih pendek dibandingkan semangka bulat.
  • Umur panen semangka inul lebih cepat 1 minggu dibandingkan semangka bulat.
  • Perawatan semangka inul lebih mudah dengan peluang tumbuhnya bakal buah yang positif dapat lebih besar.
  • Budidaya semangka inul mampu membesarkan 2 - 3 buah sekaligus untuk tiap tanaman.
  • Semangka inul lebih praktis dibawa dalam keadaan utuh karena bentuknya yang lonjong.

BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09


Sama dengan semangka berbentuk bulat/oval, semangka lonjong atau inul juga memiiki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Semangka inul memiliki bentuk dan warna yang khas, selain itu memiliki daging merah yang menarik dan berbiji.

Banyak orang lebih menyukai mengkonsumsi buah semangka tanpa biji dengan alasan lebih mudah menikmati buah semangka.

Namun ternyata, biji pada semangka inul justru membuat buah semangka inul berasa semakin manis dan lebih segar.

Kulit semangka inul lebih tipis dibandingkan semangka bulat sehingga daging buahnya lebih tebal/banyak.

Ukuran diameter semangka inul tidak terlalu besar antara 12 - 20 cm dan kita mudah untuk memotongnya.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA INUL TREND PETANI TERKINI

Bandingkan dengan semangka bulat yang diameternya mencapai 50 cm dan untuk memotongnya kita perlu pisau yang besar dan panjang.

Berat rata-rata semangka inul sekitar 2,5 - 3 kg dan ideal untuk dinikmati oleh keluarga kecil dan dapat dimakan habis cukup dalam satu hari.

Bila dibandingkan dengan semangka bulat yang perlu orang banyak untuk menghabiskannya dan kadang masih ada sisa buah yang perlu disimpan di lemari pendingin.

Manfaat dari Buah Semangka


Berikut 7 manfaat buah semangka bagi kesehatan kita, terutama semangka inul REDIN 09 :

1. MENCEGAH KANKER LEBIH DINI. Semangka mengandung sumber antioksidan  khususnya lycopene  dan vitamin C yang bermanfaat menangkal radikal bebas pemicu aktifnya sel-sel kanker, termasuk sel prostat.

2. MENCEGAH TEKANAN DARAH TINGGI. Ekstrak semangka dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah tubuh manusia.

3. MENCEGAH PERADANGAN KRONIS. Kandungan kolin  yang ditemukan terdapat pada buah semangka dapat mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan dapat mengurangi terjadinya peradangan.

4. MENYEHATKAN SISTEM PENCERNAAN. Sumber air dan serat dalam buah semangka dapat mencegah terjadinya sembelit ( susah BAB ) dan membantu meningkatkan kesehatan semua organ pencernaan kita.

5. MENCEGAH GEJALA ASMA. Kandungan vitamin C dalam buah semangka dapat mencegah gejala penyakit asma yang diidap setiap orang tanpa batasan usia. Jadi selalu sediakan buah semangka di dalam lemari es kita.

6. BUAH SEMANGKA MENGANDUNG NUTRISI UNTUK KULIT. Buah semangka mengandung vitamin A dan vitamin C serta kdar air yang tinggi dapat membantu pertumbuhan semua jaringan tubuh, terutama kulit dan rambut kita. Vitamin C dalam buah semangka bermanfaat untuk membangun dan memelihara kolagen rambut dan kulit kita.

7. MENCEGAH NYERI OTOT. Kandungan asam amino L-citruline dalam buah semangka bermanfaat untuk mengurangi gejala nyeri otot juga dapat mempercepat waktu pemulihan setelah latihan atau berolahraga berat dan ringan.

PERSIAPAN LAHAN MENANAM SEMANGKA INUL REDIN 09


Budidaya semangka inul REDIN 09 cocok pada ketinggian tempat antara 2 - 500 m dpl. Lokasi penanaman terpapar sinar matahari langsung, tidak dinanungi oleh pohon-pohon besar, dengan sinar minimal 8 jam per hari.

Tekstur tanah gembur, kaya akan unsur hara, dekat dengan sumber air untuk memudahkan dalam penyiraman. Tanah memiliki pH tanah normal yaitu antara 5,5 - 7,5 dan lokasi agak jauh dari tepi pantai agar terhindar dari aerosol air asin.

Untuk kriteria seperti tersebut diatas, seringnya terdapat pada dataran rendah. Jenis tanah di dataran rendah ( terutama yang bercampur pasir ) akan lebih mudah untuk digemburkan. Pengolahan tanah dilakukan dengan cara dibajak atau dengan cara dicangkul lebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk menggemburkan tanah dan mencampur rata unsur hara dalam tanahnya. Selanjutnya digemburkan sekaligus juga membuat alur-alur tanam yang dalamnya 20 - 30 cm.

BACA JUGA : JUAL BIBIT SEMANGKA TM GOLDEN BUAH LONJONG

Alur-alur ini nantinya dijadikan bedengan dengan jarak tertentu. Bedengan terdiri dari sepasang alur-alur dan jarak antar bedengan adalah  ± 2 meter. Diantara sepasang bedengan diberi jarak ± 30 cm sebagai saluran airnya.

Alur-alur tanam yang dibuat tadi, selanjutnya dibiarkan selama ± 3 hari ( kecuali bila turun hujan ), dengan tujuan agar tanah lahan tanam terpapar sinar matahari yang dapat mematikan siklus hidup bakteri dan jamur patogen. Alur tanaman dibersihkan dari batu-batuan kerikil dan sisa-sisa akar dan bila bersih dapat ditebarkan pupuk.

PERSEMAIAN BIBIT SEMANGKA INUL REDIN 09


Persemaian dimaksudkan agar tanaman dapat tumbuh kokoh dan kuat hingga saatnya menghasilkan buah nanti. Pertama-tama sipakan tanah humus sebagai media tanamnya dan siapkan juga plastik pot/polybag mini.

Tanah diayak hingga halus lalu dimasukkan ke dalam wadah polybag, tata polybag dalam box.

Sebelumnya benih yang sudah ada, kita rendam air bersih semalaman hingga semua benih tenggelam.

Setelah direndam semalam, benih dibungkus kain basah selama 12 jam sampai muncul kecambahnya.

Polybag yang berisi tanah kita siram agar mudah kita membenamkam benihnya. Tanah bagian tengah kita buat lubang sedalam 3 cm.

Kemudian benih yang sudah keluar kecambahnya kita benamkan dalam tanah lalu ditutu dengan tanah sedikit saja.

Sekitar 2 hari nanti benih akan tumbuh lebih tinggi. Hindarkan polybag semai dari sinar matahari langsung.

PENANAMAN BIBIT SEMANGKA INUL REDIN 09


Bibit yang siap dipindah setelah berumur 5 - 7 hari. Satu hari sebelum penanaman, buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak tanam anjuran 60 x 300 cm.

Terdapat 2 baris untuk tiap bedengan, jarak antar baris 300 cm dan jarak antar lubang adalah 60 cm.

Larutkan pupuk NPK + insektisida + fungisida pada air lalu dikocorkan pada setiap lubang tanam.

Sebelum bibit dipindahtanamkan, siram dahulu dengan air agar lebih mudah. Pemindahan bibit dilakukan pada siang hari untuk mencegah bibit tiba-tiba mati karena terik matahari.

Penanaman dilakukan serempak satu hari selesai. Setelah itu bibit yang sudah dipindah, disiram air secukupnya.

Pengamatan secara seksama dilakukan selama 5 hari kedepan untuk melihat adanya bibit yang perlu diganti ( penyulaman ).

PEMUPUKAN SUSULAN TANAMAN SEMANGKA INUL REDIN 09


Pemupukan susulan pertama dilakukan minimal 7 hari setelah pindah tanam dan selanjutnya dilakukan dengan interval 7 hari sekali.

Pupuk yang digunakan adalah larutan pupuk NPK 16-16-16. Cara membuatnya sekitar 1 gelas pupuk NPK 16 dilarutkan dalam 35 - 40 liter air bersih.

Komposisi pupuk diatas digunakan pada pemupukan susulan pertama dan kedua.

Pemupukan susulan ketiga dan seterusnya, dosis pupuk NPK ditambah menjadi 2 - 3 gelas. Jika penanaman dilakukan di musim hujan maka interval pemupukan lebih jarang yaitu 10 - 14 hari.

PENYIRAMAN TANAMAN SEMANGKA INUL REDIN 09


Tanaman semangka merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air terutama saat pembentukan buah.

Sehingga penting sekali keberadaan air pada budidaya semangk. Penyiraman dilakukan secara rutin dengan interval 7 hari sekali.

Saat buah sudah muncul sebesar telur ayam, penyiraman dilakukan dengan interval 5 hari sekali.

Lebih mudah melakukan penyiraman menggunakan mesin pompa air dan air dialirkan pada bagian tengah diantara sepasang bedengan. Dapat juga penyiraman menggunakan alat siram gembor.

PENYIANGAN pada bedengan yang tertutup mulsa plastik lebih jarang dilakukan dibandingkan dengan bedengan yang tidak tertutup mulsa.

Bagian yang banyak tumbuh gulma yaitu bagian diantara 2 bedengan yang biasanya dialiri air.

Penyiangan dilakukan 3 - 4 minggu sekali. Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan untuk pembesaran buah.

PENATAAN SULUR TANAMAN SEMANGKA INUL  dilakukan karena tanaman semangka banyak mempunyai sulur.

Sulur-sulur terdiri dari sulur utama (primer) yaitu 3 buah yang membentuk huruf " W " dan sulur sekunder yaitu sulur cabang dari 3 sulur utama tadi. Sulur yang tumbuh kesamping, diluruskan kedepan.

Pastikan bahwa antar tanaman tidak saling mengikat/gandeng dan dilakukan sebelum seleksi bakal buah. Sulur-sulur yang ditata lebih dini memudahkan untuk melakukan seleksi buah nantinya.

SELEKSI BAKAL BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09


Memasuki umur 1 bulan, tanaman semangka inul akan mulai muncul bunga yang terdiri dari bunga jantan dan bunga betina.

Bunga jantan adalah yang mengandung serbuk sari sedangkan bunga betina adalah bunga yang memiliki putik dan bakal buah.

Pembuahan akan lebih mudah terjadi bila penanaman dilakukan pada musim kemarau. Pada musim hujan, seringkali bahwa pembuahan dibantu secara manual.

BACA JUGA : BUAH SEMANGKA GADIS MANIS DI GEMARI PEDAGANG

Bakal buah semangka yang dipilih adalah yang berpotensi tumbuh besar, yaitu yang tumbuh jauh dari akar tanaman ( tumbuh pada daun ke-11 dan ke-14 ) dan terletak pada 3 sulur primer ( utama ).

Sebaiknya, ditunggu tumbuh semua buah hingga sebesar telur ayam sebelum dilakukan seleksi buah karena untuk memastikan bahwa benar-benar buah telah jadi.

Yang sering terjadi justru saat telah membuang buah-buah di sulur sekunder, ternyata di sulur utama/primer tidak ada tumbuh buah lagi ( tidak ada sisa buah lagi ).

Kita dapat membesarkan buah darisulur sekunder jika tidak ada buah yang tumbuh pada sulur primer.

Buah yang muncul di dekat akar juga dapat kita pertahankan bila ternyata tidak ada buah yang tumbuh pada daun ke -11 dan ke -14. Pilihlah buah yang bentuknya proporsional dan kita yakin akan berkembang dengan baik.

Untuk budidaya semangka inul, kita dapat mempertahankan 2 - 3 buah per tanaman.

PEMANGKASAN SULUR SEKUNDER SEMANGKA INUL REDIN 09


Setelah melakukan seleksi buah dan didapatkan 2 - 3 buah per tanaman, maka selanjutnya adalah melakukan pemangkasan sulur sekunder.

Langkah ini bertujuan agar nutrisi diarahkan dari akar menuju ke sulur yang ada buahnya saja. Sehingga diharapkan ukuran buah akan cepat membesar.

Pemangkasan dilakukan pada pagi hari dan jangan lupa untuk menyisakan minimal 1 daun pada pangkal sulur sekunder yang kita potong tadi.

PEMBERIAN ALAS untuk buah semangka yang akan tumbuh besar, cara ini biasanya dilakukan untuk penanaman di dataran rendah dan tekstur tanah yang gembur.

Kondisi tanah yang demikian menyebabkan buah dimakan uret dari bawah. Sedangkan tanah liat di pegunungan tidak ditemui adanya uret.

Alas untuk buah yang digunkan adalah yang kedap air sehingga embun dan air hujan dapat tembus dan meresap ke tanah. Alas yang digunkan dapat karung atau plastik yang diberi lubang pori-pori.

PEMBALIKAN BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09


Pembalikan buah ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan permukaan buah yang warnanya merata.

Kadangkala ditemui buah semangka yang pada salah satu sisinya terdapat warna putih atau kekuningan.

Kondisi buah semangka yang demikian bukan berarti buah belum matang tetapi yang sesungguhnya pada sisi tersebut tidak pernah terpapar sinar matahari.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA AMARA  CAP PANAH MERAH

Semangka inul yang untuk diekspor biasanya petani rajin dan rutin melakukan pembalikkan buah untuk mendapatkan warna kulit buah hijau tua yang merata tanpa ada bagian yang pucat. Pembalikan buah dilakukan 4 - 7 hari sekali.

PEMUPUKAN PEMBESARAN BUAH semangka inul REDIN 09 dilakukan 7 - 10 hari sebelum panen, yaitu tanaman berumur sekitar 40 hari.

Cara pemberiannya yaitu dengan menaburkan pupuk NPK 16-16-16 pada sela bedengan yang bersamaan dengan penyiraman atau pengairan.

Pupuk NPK akan larut dan meresap ke seluruh bedengan dan ini akan dapat membuat buah semangka cepat besar.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SEMANGKA


  1. Pengerek daun, memakan dan merusak daun terutama daun tanaman muda.
  2. Kutu daun ( Aphids ) sama dengan Thrips, menghisap cairan pada daun muda dan menyebabkan keriting pada daun. Bila serangan sudah parah dapat dilakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif abamektin. 
  3. Lalat buah menyerang buah muda, menyebabkan buah menjadi busuk kemudian rontok. Untuk mencegah serangan lalat buah dengan memasang perangkap lalat buah dan melakukan penyemprotan insektisida yang berbau tajam.
  4. Ulat grayak dan ulat tanah aktif menyerang pada malam hari. Merusak dan memakan daun terutama tanaman muda, juga merusak bakal buah. Penanggulangan menggunakan insektisida yang sesuai.
  5. Penyakit rebah semai atau dumping-off disebabkan oleh cendawan. Penanggulangan menggunakan fungisida yang sesuai.
  6. Penyakit Layu Fusarium, gejalanya yaitu tanaman akan kelihatan segar pada pagi hari, tiba-tiba tampak layu pada siang hari dan kembali segar saat sore hari. Hingga tanaman tiba-tiba mati. Pencegahan dengan perlakuan menggunakan trichoderma, PGPR dan pengendalian dengan fungisida.
  7. Penyakit bercak daun ( Antraknosa ) ditandai dengan bercak-bercak hitam kecoklatan yang berbentuk bulat kemudian menyebar hingga daun mengering. Pengendalian menggunakan insektisida yang sesuai.
  8. Busuk buah pada buah semangka disebabkan bakteri, cendawan dan lalat buah, Serangan yang berat dilakukan dengan menyemprotkan bakterisida dan fungisida.

PANEN BUAH SEMANGKA INUL REDIN 09


SEMANGKA INUL REDIN 09, BENIH REDIN 09, SEMANGKA REDIN 09, SEMANGKA INUL CAP KAPAL TERBANG, LMGA AGRO
BENIH INUL
REDIN 09
Panen buah semangka inul REDIN 09 dilakukan pada umur ± 58 hari setelah pindah tanam.

Buah yang matang dan siap dipanen ditandai dengan gagang buah yang mulai mengering. panen semangka inul dilakukan sekali panen saja dan tanaman akan mati begitu melewati masa panen.

Buah semangka yang matang warna kulitnya memudar dan sulur yang ada di pangkal tangkai buah mengering.

Pemanenan sebaiknya dilakukan setelah embun kering, yaitu pukul 09.00 dan cuaca sedang cerah ( tidak turun hujan ), agar kulit buah kering, tidak basah sehingga tidak mudah busuk.

Buah semangka dipetik beserta tangkai buahnya agar dapat tahan lama.

Demikian artikel tentang benih semangka inul REDIN 09 cap Kapal Terbang produksi PT BISI International Tbk.

Bila Anda berminat untuk budidaya semangka inul REDIN 09, benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA AGRO. Hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 (SMS/WA ).

BACA JUGA : SEMANGKA INUL KUNING SUN BAO IDAMAN BARU PETANI

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih semangka inul REDIN 09 Cap Kapal Terbang Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian gratis mengenai cara budidaya tanaman, cara menanam, tanaman semangka terutama budidaya semangka inul REDIN 09 dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...