BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/09/2018

Read

Cara Budidaya Labu Air yang Baik dan Benar

BUDIDAYA LABU AIR, BUDIDAYA LABU ORBIT, CARA MENANAM LABU AIR, TANAMAN LABU AIR, BUAH LABU AIR, MANFAAT LABU AIR, LMGA AGRO
Benih Labu Air
Cap Kapal Terbang
Cara Budidaya Labu Air yang Baik dan Benar. Benih labu air bisa dibeli di SMS / WA : 08125222117. Telp no. 082141747141. Toko pertanian LMGA AGRO jual benih labua air terbaik dan berkualitas, tahan penyakit. 

Kami menerima konsultasi pertanian gratis cara tanam labu air. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Cara tanam labu air saat ini banyak diusahakan petani Indonesia. Dahulu tanaman labu air tidak banyak menguntungkan dan dipandang sebelah mata. 

Cara budidaya labu air pun dahulu hanya dilakukan sambil lalu, sekedar menanam di pekarangan rumah. Cara budidaya labu air diketahui sebagai salah satu budidaya sayuran tertua. Cara budidaya labu air ditanam bukan untuk sebagai bahan pangan justru sebagai alat rumah tangga.

Saat ini budidaya labu air menjadi salah satu budidaya tanaman yang peluangnya cukup besar, hal ini mengingat labu air bisa di gunakan untuk masakan yang serba guna dan cukup variasi bentuknya. Khasiat buah labu air pun beragam pula.

Untuk mendapatkan benih labu air yang berkualitas dapat diperoleh Toko Online LMGA AGRO ( Selaku Agen, Distributor dan Dealer Resmi ) perusahaan benih, pestisida, pupuk  dan alat pendukung pertanian.

Toko pertanian LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh Indonesia, hubungi Toko Online LMGA AGRO dengan CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Sekilas Tentang Labu Air


Labu air atau labu sayur ( Lagenaria siceraria ) adalah sejenis labu yang buah mudanya dapat dijadikan sayuran dan buah tuanya dijadikan wadah air, tabung, kantung hias, ataupun koteka.

Labu air masih berkerabat dekat dengan beligo dan rasanya pun bermiripan. Bentuk buah labu air bervariasi, mulai dari membulat hingga lonjong memanjang.

Buah labu air kaya akan kandungan vitamin B dan C sehingga manfaat labu selain sebagai sayuran juga menjadi bahan obat.

Baca Juga : Labu Air Orbit Tanaman Langka Untuk Nyata

Labu air yang bentuknya bulat besar sering disebut labu kendi, sedangkan untuk yang panjang dan lonjong dikenal dengan nama labu belonceng.

Berat per buah sekitar 0,5 - 1,5 kg per buah dan panjangnya antara 10 - 50 cm, lebar daun labu air antara 10 - 40 cm.

Labu Air dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi, baik di musim hujan maupun musim kemarau.

Para petani juga banyak yang menanam labu air di sawah dan dibiarkan tumbuh di pematang sawah. Berikut akan Kami jabarkan cara menanam labu air agar berbuah lebat dimulai persiapan lahan hingga panen.

Persiapan Lahan Tanam


Persiapan lahan tanam adalah dengan menggemburkan lahan pertanaman dan dicampurkan dengan kompos atau pupuk kandang secukupnya. Dan dibiarkan kurang lebih 6 hari.

Persiapan lahan tanaman labu air tidak jauh berbeda dengan budidaya labu-labuan yang lain seperti gambas atau labu siam.

Jika menanam labu air di dalam pot maka gunakanlah tongkat atau penyangga agar tanaman labu air dapat tumbuh tegak dan baik. Hal ini karena tanaman labu air merupakan tipe tanaman merambat.

Penanam Pada Budidaya Labu Air


Sebelum melakukan penanaman, pilihlah benih yang sehat, baik dan berkualitas. Benih direndam terlebih dahulu lalu bisa dikecambahkan pada tisu basah dan ditutup rapat agar kelembababan terjaga.

Benih dibiarkan beberapa hari sampai tumbuh daun atau dapat juga dikecambahkan pada media tanah humus dan pupuk.

Setelah dirasa cukup besar dan keluar daun, maka bibit labu air dipindah ke lahan tetap. Lahan yang disiapkan  kurang lebih 6 hari, sudah dapat ditanami bibit labu air.

Baca Juga : Budidaya Labu Air Petani Indonesia

Letakkan setiap lubang tanam 2 bibit labu air. Di sekitar lubang tanam ditaburi abu sekam atau abu dapur secukupnya.

Pemberian ini sampai tanaman labu air mencapai ketinggian 30 cm, hal ini dilakukan untuk mencegah bekicot atau cacing.

Pembuatan Para - Para Pada Budidaya Labu Air


Pembuatan para-para ditujukan untuk menegakkan tanaman labu air yang sifatnya merambat. Jadi pembuata para-para sebagai penyangga sebelum tanaman labu air setinggi 30 cm.

Para-para yang dibuat disesuaikan dengan kondisi lahan dan bibit tanaman. Para-para dibuat dengan tinggi kurang lebih 220 cm  dan pada bagian atas dibuat anyaman bambu.

Para-para yang dibuat akan dijadikan perambatan tanaman labu air untuk perkembangan hidupnya hingga panen.

Begitu tunas-tunas air labu air tumbuh, pastikan bahwa para-para yang kita buat sudah siap untuk menjadi merambatnya tanaman labu air.

Perawatan Pada Budidaya Labu Air


Penyiangan dilakukan untuk membuang gulma dan kotoran-kotoran lain yang ada disekitar tanaman. Karena itu kontrol lahan harus selalu rutin dilakukan begitu tanaman labu air sudah mulai merambat.

Rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dapat menjadi sumber datangnya hama dan penyakit bagi tanaman.

Selain itu gulma dapat menimbulkan persaingan dengan tanaman utama dalam hal penyerapan sinar matahari, air dan unsur hara dalam tanah.

Begitu tanaman labua air sudah tumbuh sulur, para-para mulai difungsikan untuk tempat merambatnya sulur-sulur tanaman.

Sulur-sulur di tancapkan di dekat batang tanaman dan pastikan sulur akan merambat dengan benar agar sewaktu tanaman sudah berbuah, para-para dapat menyangga buah dengan baik.

Penyiraman dilakukan dengan melihat kondisi lahan, bila tidak ada hujan, penyiraman bisa dilakukan saat pagi dan sore hari.

Bila saat musim hujan, kontrol terhadap kondisi lahan dan tanaman perlu dilakukan.

Pemupukan pada budidaya labu air tidaklah sulit karena tanaman labu air mudah tumbuh dan tidak terlalu merepotkan dalam pemupukan.

Pemberian pupuk yang diberikan dapat pupuk Urea untuk labu, pupuk kandang atau pupuk organik sesuai kondisi penampilan tanaman.

Pengendalian Hama Dan Penyakit


Pengendalian hama dan penyakit tanaman labu air dengan melakukan penyemprotan bahan organik dan bahan kimia. Tujuannya untuk mengusir hama dan penyakit yang menyerang tanaman. 

Hama dan penyakit yang sering menyerang pada budidaya labu air adalah :

Ulat grayak merupakan hama pada tanaman labu air. Hama dapat menyerang daun hingga habis dan meninggalkan tulang daunnya saja. Serangan ulat grayak pada malam hari karena itu gulma harus selalu dibersihkan dari lahan budidaya labu air.

Busuk daun jarang terlihat pada tanaman labu air, meskipun bila tanaman terkena busuk daun akan  ada ciri-ciri pada daun berupa bercak-bercak kekuningan dan perubahan warna pada bulu halus daun.

Busuk daun akan menyebabkan hasil panen tidak optimal dan menyebabkan tanaman menjadi mati.Busuk daun dicegah dengan menyemprotkan fungisida ke seluruh tanaman.

Baca Juga : Jual Benih Labu Madu F1 Murah Cap Panah Merah

Embun tepung apabila sudah menyerang akan menimbulkan ciri-ciri adanya lapisan tipis menyerupai tepung pada permukaan batang dan juga daunnya.

Lapisan tipis tadi lama kelamaan akan mengering dan menebal hingga menyebabkan daun-daun mati dan bila berdekatan dengan tanaman lain akan menularkan hingga menyebabkan kerugian pada panen.

Embun tepung dapat menyebabkan buah matang dini, pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi lemah.

Apabila tanaman terkena embun tepung dapat dilakukan pengendalian mekanis berupa pencabutan tanaman yang terserang agar tidak menular ke tanaman lain. Selain itu pengendalian kimiawi dengan menyemprotkan pestisida.

Antraknose akan meninggalkan tanda bercak coklat pada sepanjang tulang daun dan berpola bulat. Lama-kelamaan pola-pola bulat tersebut akan menyatu dan menutupi permukaan daun hingga daun mati.

Apabila bercak terdapat pada buah akan menyebabkan kerusakan pada penampilan buah sehingga buah tidak bisa dipanen.

Tanaman yang terkena Antraknose disebabkan karena media tanamnya terlalu basah atau lembab. Penyemprotan dengan fungisida dapat mengendalian serangan yang lebih luas lagi.

Panen Budidaya Labu Air


BUDIDAYA LABU AIR, BUDIDAYA LABU ORBIT, CARA MENANAM LABU AIR, TANAMAN LABU AIR, BUAH LABU AIR, MANFAAT LABU AIR, LMGA AGRO
Benih Labu Air
Tanaman labu air termasuk tanaman yang cepat dan mudah berbuah. Labu air yang dipanen haruslah masih muda, jangan terlalu masak atau tua.

Labu air yang muda, kulitnya masih tipis dan dapat dijadikan sayur. Sebaliknya labu air yang tua kulitnya tebal, buahnya banyak berserat yang keras dan tidak enak dijadikan sayur.

Demikin ulasan Kami tentang budidaya labu air yang baik dan benar, sangat mudah dilakukan.

Apabila membutuhkan benih hibrida andalan petani untuk budidaya labu air bisa di Toko Online LMGA AGRO dengan CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117

Segera beli benih labu air kualitas terbaik harga murah hingga promo lewat toko pertanian kami. Team mandiri bisnis toko pertanian Lmga Agro memberi jaminan barang pasti datang dan aman.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.