TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/09/18

JUAL BENIH CABE KERITING TM 999 TAHAN LAYU DI LMGA AGRO

CABE KERITING TM 999, CARA MENANAM CABE TM 999, JUAL BENIH CABE TM 999, LMGA AGRO
Jual benih cabe keriting TM 999 F1 Hibrida dari Tani Murni. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Cabe keriting TM 999 F1 merupakan bibit cabai keriting hibrida tahan penyakit.


Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai kebutuhan berkebun dan budidaya tanaman meliputi benih hibrida sayur dan buah berbagai varietas, alat-alat pertanian dan sarana prasarana. Kami juga menerima layanan gratis konsultasi mengenai cara menanam dan budidaya tanaman buah dan sayur.

LMGA Agro mengirim segala pesanan Anda dengan cepat dan tepat waktu dimanapun alamat Anda menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8.


CABE KERITING TM 999 TAHAN LAYU DAN ANTRAKNOSA


CABE KERITING TM 999, CARA MENANAM CABE TM 999, JUAL BENIH CABE TM 999, TANAMAN CABE TM 999, LMGA AGRO
CABE KRITING - GAMBAR
Cabe keriting TM 999 merupakan cabe keriting hibrida yang pertumbuhannya sangat kuat dan cocok di tanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman sanggup berbunga secara terus menerus sehingga menghasilkan buah yang lebat dan waktu panen yang panjang.

Berat buah sebesar 6 - 7 g/buah, panjang buah 15 - 17 cm dan diameter buah 0,6 - 0,8 cm. Cabe keriting TM 999 berasa sangat pedas dan cocok untuk digilingkan dan dijadikan cabe kering. Produktifitas hasil panen berkisar 0,81 - 2 kg. Saat matang cabe keriting TM 999 berwarna merah tua. 

BACA JUGA : CABAI KERITING TM 999 DARI TM SEEDS

Umur panen adalah 80 - 100 hari setelah tanam. Buahnya keras dan padat sehingga dapat tahan saat pengangkutan jarak jauh.  Benih memiliki keunggulan toleran terhadap penyakit Antraknosa dan layu. Kebutuhan menanam cabe keriting TM 999 per hektar benih sebanyak 150 - 300 gram.

Cabe keriting merupakan jenis cabe yang cukup digemari dan pada beberapa daerah di wilayah Indonesia, lebih menggemari cabe keriting dibandingkan cabe merah besar. Hal ini karena tingkat kepedasan cabe keriting lebih tinggi dibandingkan cabe besar.

Cabe keriting juga sekarang mudah ditemui di pasar tradisonal. Permintaan pasar akan cabe keriting juga makin meningkat karena rasa pedasnya yang unik dan dapat menghasilkan warna merah alami pada masakan. Harga cabe keriting di pasaran juga cenderung lebih murah dibandingkan cabe besar.

Cabe keriting memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang lengkap. Cabe keriting merupakan bahan pokok yang harus ada pada setiap masakan di Indonesia. Cabe keriting diolah dengan cara digiling atau dihaluskan sesuai selera.

Cabe keriting mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C dalam cabe dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Cabe keriting juga mengandung unsur Kalsium dan Fosfor yang baik untuk kesehatan tulang kita. Konsumsi cabe dapat mengurangi nyeri kepala, menghilangkan rasa dingin, mengencerkan lendir dan merangsang nafsu makan.


BUDIDAYA CABE KERITING TM 999 BERBUAH LEBAT


Budidaya cabe keriting TM 999 terdapat 2 hal utama yang harus diperhatikan yaitu iklim dan jenis tanahnya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, menanam cabe keriting TM 999 harus pada iklim yang sesuai kebutuhan tanaman.

Wilayah Indonesia berada pada garis khatulistiwa sehingga sebagian besar wilayah Indonesia beriklim tropis. Dan budidaya cabe keriting sangat tepat dilakukan di Indonesia dan dapat ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi sesuai varietasnya.

Suhu udara ideal menanam cabe keriting TM 999 adalah 16° - 23 °C. Jenis tanah yang baik menanam cabe keriting adalah tanah yang subur, gembur, kaya bahan organik dan memiliki pH 5,5 - 6,8.


PERSIAPAN LAHAN DAN PERSEMAIAN BUDIDAYA CABE KERITING TM 999


Persiapan lahan dan persemaian budidaya cabe keriting TM 999 dilakukan bersamaan untuk menghemat waktu. Persiapan lahan dimulai 30 hari sebelum tanam. Lahan yang dipilih adalah lahan yang bukan bekas pertanaman satu famili, yaitu tanaman terong, tomat, kentang dan beberapa jenis rumput. Dan pastinya bukan bekas tanaman cabe.

Persiapan lahan diawali dengan membersihkan gulma, bisa menggunakan cara penyemprotan herbisida sistemik. Aplikasi penyemprotan herbisida dapat menghemat biaya tenaga kerja dan waktu. Penyemprotan herbisida akan efektif bila gulma tumbuh aktif, cuaca tidak sedang hujan ( maksimal 2 jam sebelum hujan ) dan menggunakan air bersih sebagai pelarutnya. 

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE HAI-LUX TAHAN VIRUS DAN THRIPS

Persiapan lahan berupa pembajakan tanah, bertujuan untuk menggemburkan tanah, mengangkat lapisan bawah tanah yang sifatnya lebih subur untuk dibawa ke bagian atas, untuk memutuskan siklus hidup organisme pengganggu dalam tanah dan memberikan ruang bagi udara untuk menempati rongga tanah dan melakukan oksidasi dalam tanah.

Tanah dicangkul sedalam 20 - 40 cm, tanah dibersihkan dari gulma, bebatuan dan sisa-sisa tanaman. Setelah bersih dan tanah gembur, selanjutnya membuat bedengan yang harus tinggi yaitu 50 cm dan lebarnya 1 m. Jarak antar bedengan 60 cm. Saluran air dibuat dengan baik karena tanaman cabe keriting tidak tahan genangan air.

Persemaian menggunakan media tanah dicampur kompos yang diayak dulu hingga halus dan di dalam wadah polybag. Benih cabe keriting TM 999 pilihan terbaik karena memiliki banyak keunggulan, dibenamkan pada media. Perawatan semai bibit adalah penyiraman setiap hari, bibit diletakkan di tempat yang teduh dan dilindungi oleh naungan.

Bibit siap dipindahkan ke bedengan pada umur 20 - 24 hari setelah tanam. Memiliki 3 - 4 helai daun sejati dan dipilih bibit yang segar, kokoh dan tegak.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE LADO F1 TOLERAN BACTERIAL WILT


CARA MERAWAT TANAMAN CABE KERITING TM 999


Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman dalam budidaya cabe keriting terutama cabe keriting TM 999.

  1. Penyiraman dilakukan secara rutin dan merata untuk semua tanaman dengan kadar air yang sama. Agar dapat efektif, pemberian air dapat memanfaatkan saluran air yang sudah dibuat. Penggenangan air dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu.
  2. Pengontrolan penampilan dan kondisi tanaman dilakukan secara rutin juga. Bila ditemui terdapat tanaman yang rusak, segera dicabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar di tempat yang agak jauh.
  3. Menancapkan tongkat kayu yang disebut ajir/lanjaran. Biasanya juga terbuat dari bambu yang panjangnya kurang lebih 2 meter. Tujuannya untuk menopang tegaknya tanaman dan ditancapkan hari ke-7 setelah penanaman bibit ke bedengan. Bila tanaman sudah tinggi, diikatkan pada ajir mengguankan tali salaran ( dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro ).
  4. Pemangkasan dan perempelan cabe keriting TM 999 dilakukan pada tunas dan daun-daun di bawah percabangan. Tunas air biasanya muncul pada ketiak daun setelah tanaman berumur sekitar 10 hari.  Pemangkasan dilakukan sebanyak 2 - 3 kali selama musim tanam. Tujuan pemangkasan untuk mendapatkan tanaman dapat tumbuh kuat dan kokoh dan berbuah lebat.
  5. Penyiangan dilakukan sebulan sekali atau bila gulma tumbuh. Bedengan yang tertutup mulsa plastik, gulma tidak banyak tumbuh. Penyiangan dilakukan pada rumput-rumput yang tumbuh di antara bedengan/pada paritnya.

PEMUPUKAN CABE KERITING TM 999


CABE KERIRING TM 999, PUPUK CABE TM 999, CARA PEMUPUKAN CABE TM 999, LMGA AGRO
PUPUK CABE 
Pemupukan cabe dapat diberikan dengan cara dikocor atau ditabur tergantung dengan cuacanya. Cara dikocor dilakukan pada musim kemarau dan aplikasi ini lebih efektif karena pupuk cepat terserap karena diberikan sudah bentuk larutan. Cara kocor juga dapat hemat waktu dan biaya karena diberikan bersamaan penyiraman.

Pupuk cabe susulan diberikan saat cabe keriting TM 999 berumur 10 hari setelah pemindahan bibit dan diberikan setiap 7 hari sekali hingga penen dan tanaman tidak berproduksi lagi. Dapat menggunakan pupuk organik ( kompos ) atau pupuk cair (tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro).

Cabe keriting TM 999 sampai umur 2 bulan, dapat diberikan pupuk Phonska Cair. Cara membuat pupuk Phonska cair :

  • Siapkan dan campur pupuk SP 1 kg, 1 kg KCl dan 2 kg Phonska.
  • Siapkan beberapa ember dan air bersih.
  • Isi ember dengan 8 liter air dan masukkan ketiga jenis pupuk tersebut.
  • Pupuk Phonska siap dipakai, caranya yaitu ambil 1 liter dari 8 liter tadi. Dari 1 liter yang diambil tadi dicampurkan ke 20 liter air bersih. Jadi 8 liter larutan pupuk Phonska Cair akan menjadi 160 liter pupuk dan air.

Pencampuran dengan 20 liter air bersih tiap 1 liter pupuk dimaksudkan sekaligus penyiraman tanaman. Pupuk Phonska terbukti dapat menjadikan tanaman cabe menjadi lebat buahnya dan lebih subur dibandingkan tanpa pupuk cair Phonska.

Pemupukan cabe keriting TM 999 juga bisa menggunakan pupuk NPK 4 kg per 1000 tanaman.  Dicampurkan dalam 250 liter air dan dikocorkan ke tiap tanaman sebanyak 250 ml ( gelas aqua ). Pemupukan dilakukan setiap 7 hari sekali dan ditambahkan pupuk Za, KNO Putih, TSP dan MKP. Pupuk diatas dapat diberikan dengan cara ditabur 15 cm dari pangkal batang tanaman atau pada lubang pupuk.

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT CABE KERITING


Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit pada cabe keriting adalah :

  1. Melakukan sanitasi lahan dengan penyemprotan insektisida secara berkala. Insektisida berbahan aktif imidakkloprid dan provenovos dengan konsentrasi 0,5 gram per liter. Dapat digunakan untuk mencegah serangan hama kutu-kutuan seperti Aphids, Thrips dan Tungau juga hama Spodoptera litura ( ulat grayak ).
  2. Tutuplah bedengan dengan mulsa plastik hitam perak untuk menekan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pokok, yaitu dalam hal ini cabe keriting TM 999. Jika ada gulma yang tumbuh segera cabut.
  3. Penanaman cabe tidak berdekatan dengan lahan penanaman cabe yang telah tua umurnya.
  4. Tidak menanam di lahan yang sebelumnya juga menanam cabe atau yang satu famili seperti tanaman tomat, kentang dan terong.
  5. Menjaga tanaman agar tidak kekeringan/kurangnya pemberian air yang dapat menyebabkan tanaman terserang hama tungau.
BACA JUGA : SUKSES DENGAN TANAMAN CABAI KERITING KIYO


PEMANENAN CABE KERITING


CABE KERITING TM 999, CARA MENANAM XABE KERITING TM 999, JUAL BENIH CABE KERITING TM 999, LMGA AGRO
BENIH CABE TM 999
Pemanenan merupakan tahapan akhir dari budidaya tanaman, dalam hal ini tahap akhir dari menanam cabe keriting TM 999. 

Pemanenan dilakukan pada umur 80 - 100 hari. Waktu panen tanaman cabe keriting tergantung varietas, kondisi tanah, iklim dan teknik budidaya yang digunakan.

Buah cabe keriting TM 999 yang panen berada pada kisaran tingkat kematangan 80 - 90%. Waktu panen yang baik adalah pada pagi hari. 

Buah cabe yang dipanen disertakan tangkainya untuk menjaga ketahanan daya simpan yang lebih lama. Cabe keriting yang telah disimpan, diletakkan di tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung dan air hujan.

Panen cabe keriting TM 999 dilakukan berkali-kali dengan interval 3 - 5 hari sekali setelah panen pertama. Panen cabe biasanya dapat dilakukan hingga 30 - 40 kali tergantung dari kondisi tanaman. 

Namun beberapa petani ada yang memanen tanpa jeda hari karena tuntutan dan situasi pasar. Panen dilakukan berlangsung hingga tanaman tidak berproduksi lagi. 

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE MERAH OR BEAUTIFUL ORIENTAL SEED

Demikian artikel tentang cabe keriting TM 999, benih hibrida dari Tani Murni. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) 08125222117 (SMS/WA). 

Kami juga melayani gratis konsultasi tentang cara menanam tanaman budidaya terutama menanam cabe keriting TM 999.

LMGA Agro menyediakan benih sayur dan buah hibrida seperti benih cabe keriting TM 999, benih terbaik produksi pabrik benih terkemuka dan terpercaya di wilayah Indonesia. Juga terdapat berbagai macam jenis pupuk dan pestisida, alat pertanian dan sarana prasarana budidaya tanaman.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...