TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/10/18

JUAL BENIH HIBRIDA LABU TORSTEN CEPAT PANEN

Jual benih hibrida Labu Torsten cepat panen. Benih F1 hibrida Labu Torsten dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 (SMS/WA). Juga melayani konsultasi gratis mengenai cara budidaya Labu Torsten, tanaman sayur dan buah hortikultura dan membantu mengatasi permasalahan di lapangan.


LMGA Agro menyediakan berbagai macam varietas buah dan sayur hibrida favorit di wilayah Indonesia produksi pabrik benih terpercaya. Juga menyediakan segala kebutuhan bertani Anda seperti jenis-jenis pupuk, pestisida, alat kocor, mulsa plastik hitam perak, tali salaran, alat pelubang mulsa dan masih banyak lagi.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengirim pesanan benih labu Torsten Anda dengan cepat dan tepat waktu menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.

LABU TORSTEN DARI KNOWN-YOU SEED


Benih Labu Torsten merupakan produk benih F1 Hibrida dari Known-You Seed. Bentuk buah menarik dengan warna kulit coklat     berbintik. Berat rata-rata buah adalah 1,3 kg dengan ukuran buah 16 x 9 cm.

Daging buah labu Torsten berwarna kuning jingga. Buah dapat dipanen pada umur 85 hari setelah semai. Labu Torsten merupakan jenis labu kuning yang bentuknya memanjang. Isi bersih kemasan 10 gram.

Di Indonesia, buah labu sering dimanfaatkan sebagai campuran membuat kolak terutama di bulan Puasa. Labu Torsten merupakan jenis tanaman yang mudah dibudidayakan. Bahkan tanpa dirawat secara intensif, tanaman labu masih dapat tumbuh dan menghasilkan dengan baik.

Namun demikian, buah labu di Indonesia masih jarang yang membudidayakannya. Harga jualnya relatif tidak tinggi di masyarakat, padahal bila dipahami, buah labu juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat mengkonsumsi buah labu antara lain : merawat dan menyembuhkan penglihatan kita, dapat meminimalisir tekanan darah tinggi, mengatasi sembelit, menguatkan tulang dan gigi dan dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke.

CARA MENANAM LABU TORSTEN  YANG BAIK DAN BENAR


labu torsten, tanaman labu torsten, bibit labu torsten, jual benih labu torsten, lmga agro
TANAMAN
LABU TORSTEN
Tanaman labu adalah jenis tanaman yang menginginkan ruang gerak yang luas untuk perkembangannya. Itulah yang menjadi alasan seringnya menanam labu di lahan luas dibandingkan menanam labu di pot.

Sifat pohon labu adalah menjalar atau merambat sehingga lahan yang luas menjadikan tanaman labu leluasa tumbuh. Terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk menanam labu Torsten, antara lain :
  • Areal penanaman harus bersih dari rumput liar dan gulma. Dibersihkan dengan cara manual menggunkan arit atau disemprot dengan herbisida. Rumput-rumput liar tadi harus selanjutnya dibakar hingga habis. Membiarkan gulma menumpuk justru menjadi sarang hama dan penyakit bagi tanaman.
  • Tidak ada naungan seperti pohon besar yang dapat menghalangi sinar matahari sampai ke tanaman labu.
  • Tanah menanam labu harus gembur dan memiliki daya serap air yang baik. Tanaman labu tidak menyukai air yang menggenang.

Lahan digemburkan menggunakan cangkul/traktor. Selanjutnya dibuatlah bedengan yang lebarnya 1 meter, tinggi maksimal 30 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan luas dan lebar lahan yang dipakai.

Jarak antar bedengan bisa dibuat dengan jarak 40 cm yang digunakan untuk parit lewatnya air. Selanjutnya bedengan bisa ditutup dengan mulsa plastik hitam perak agar lebih efisien dalam perawatan tanaman nantinya.

Lubang tanam dibuat dengan menggunakan alat pelubang mulsa (dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro). Lubang tanam dibuat 2 baris dalam 1 bedengan dengan jarak masing-masing lubang adalah 40 cm. Sebagai pupuk dasarnya, masukkan pupuk kandang secukupnya untuk tiap lubang.

BACA JUGA : MANFAAT DAN CARA BUDIDAYA LABU KUNING 


PENANAMAN BENIH DAN PERAWATAN LABU TORSTEN


LABU TORSTEN HARGA MURAH-LMGA AGRO
BIBIT LABU TORSTEN 
Setelah lahan tanam siap ditanami, tahap selanjutnya adalah menanam benih di bedengan lahan tetap. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jarak pemberian pupuk dengan waktu menanam. Biasanya lubang tanam setelah diberi pupuk kandang, dibiarkan 3 - 4 hari, baru benih dimasukkan ke lubang tanam.

Benih labu Torsten yang akan ditanam, dikecambahkan dulu, menggunakan kain basah. Benih diletakkan pada kain basah tersebut dan ditunggu sekitar 3 hari sampai benih berkecambah. Agar mendapatkan benih yang baik, benih sebaiknya direndam air hangat dahulu selama 2 - 4 jam.

Lubang tanam yang dibuat sedalam 3 - 5 cm dan benih dimasukkan secara berbaris menuju ketengah bedengan, Petani umumnya meletakkan 2 - 3 benih dalam 1 lubang tanam. Namun penanaman benih tidak boleh ditumpuk tetapi diletakkan berjejer dengan jarak 5 cm. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada tanaman yang mati dapat digantikan bibit dari lubang tanam yang lain.

Benih labu Torsten yang sudah ditanam, ditutup dengan campuran tanah dan pupuk organik ( kompos/pupuk kandang ). Selain menggunakan kompos, benih labu yang sudah ditanam juga dilapisi dengan jerami agar benih tidak langsung kena air dari alat kocor atau air hujan. Kurang lebih 1 minggu setelah tanam, benih labu Torsten akan tumbuh.

1. PENYULAMAN


Benih labu termasuk benih yang cepat tumbuh karena dalam 7 hari sejak ditanamkan, benih akan berkecambah dan tunas sudah tampak menyembul keluar tanah. Dan segera ganti dengan bibit yang sehat bila tampak ada benih yang tidak mau berkecambah karena mati. Sehingga diharapkan nantinya seluruh tanaman dapat serentak waktu panennya.

2. CARA PEMUPUKAN LABU TORSTEN 


Selain pemberian pupuk dasar, juga perlu diberikan pupuk susulan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dan diberikan setiap 3 bulan sekali secara rutin sejak penanaman benih.

Pupuk susulan biasanya menggunakan larutan pupuk organik dengan air,  perbandingan 1 : 1 atau 1 kg pupuk kandang dengan 1 liter air. Pupuk kandang yang dipakai adalah pupuk kandang yang telah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi biasanya dilakukan 1 minggu sebelum pemupukan.

Setelah difermentasikan, larutan pupuk organik tadi disiramkan ke lubang tanam dengan takaran 1 liter pupuk untuk 1 meter persegi luas lahan. Cara ini diberikan pada tanaman yang belum dewasa.

Tanaman labu yang dibiarkan tumbuh dan diambil produksinya hingga berumur 6 bulan lebih maka setiap 3 bulan sekali diberi pupuk. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang/kompos sebanyak 5 kg/tanaman.

3. PENYIANGAN


Penyiangan terhadap gulma terutama, harus rutin dilakukan agar kebun tampak selalu bersih. Adanya gulma dapat mengganggu perkembangan tanaman utama terutama dalam hal penyerapan unsur hara dalam tanah.

Penyiangan sebenarnya dapat dilakukan secara kimiawi dengan menyemprotkan herbisida. Namun cara ini juga dapat membahayakan tanam utama karena bisa-bisa ikut mati juga karena herbisida yang disemprotkan. Maka sebaiknya penyiangan dilakukan tidak perlu menunggu gulma yang tumbuh banyak, lakukan seminggu sekali sambil kita melakukan pengontrolan tanaman.

Bila bedengan kita ditutup mulsa plastik hitam perak, maka pertumbuhan gulma jauh lebih sedikit dibandingkan tidak ditutup mulsa. Pada musim kemarau, gulma yang tumbuh juga lebih sedikit dibandingkan bila pada musim hujan.

BACA JUGA : BENIH LABU DAN BLEWAH


4. MEMASANG LANJARAN


Tanaman labu adalah tanaman yang merambat sehingga membutuhkan lahan yang cukup luas agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. maka agar mudah dalam perawatannya, perlu dipasangkan lanjaran agar batang tanaman labu tidak menyebar tak tentu arah.

Lanjaran terbuat dari sebilah bambu yang panjangnya 2 meter, panjangnya 1,5 meter atau disesuaikan dengan tinggi badan kita. Kenapa harus disesuaikan dengan tubuh kita, yaitu agar lebih mudah dalam perawatannya nanti. Lanjaran biasanya mulai dibuat saat sulur-sulur tanaman labu belum terlalu panjang. Sulur-sulur tanaman labu kemudian dililitkan ke bambu sehingga sulurnya dapat merayap keatas lewat lanjaran.

5. PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT


Penyakit tanaman labu yang sering ditemui adalah busuk daun dan busuk bunga. Busuk daun menyebabkan daun tanaman labu berubah menjadi berwarna ungu/biru dan kemudian mati. Penyakit busuk daun terjadi karena cuaca yang lembab dan diawali dari bagian bawah daun.

Jika tidak segera dikendalikan, maka serangan penyakit ini menyebabkan kematian pada tanaman. Cara untuk mengatasi serangan penyakit ini adalah dengan memutus rantai penularan dengan cara mencabut tanaman yang sudah terkena dan dimusnahkan dengan cara dibakar di tempat yang agak jauh.

Sedangkan busuk bunga adalah menyerang bunga-bunga muda. Jadi yang rentan diserang penyakit bukan hanya tanaman labunya tetapi juga bunga-bunga tanaman labu. Gejala terjadinya busuk bunga yaitu, adanya cendawan yang lebat pada mahkota bunganya.

BACA JUGA : LABU AIR ORBIT TANAMAN LANGKA UNTUNG NYATA

Jika tampak ada mahkota bunga yang terkena maka dapat dimusnahkan atau dibuang. Oleh karena itu, cara yang tepat yaitu menggunakan benih labu hibrida seperti benih labu Torsten.

CARA PANEN LABU TORSTEN


labu torsten, benih labu torsten, labu tirsten murah, cara menanam labu torsten, budidaya labu torsten, lmga agro
BUAH LABU TORSTEN F1
Budidaya tanaman labu tidak memutuhkan waktu lama untuk segera panen. Budidaya labu Torsten dapat dipanen pada umur 85 hari setelah semai. Buah labu Torsten yang siap dipanen adalah buah labu yang berwarna cerah dan kulitnya yang sudah mengeras.

Tingkat kekerasan kulit labu ini penting karena buah labu yang dipanen bila kulitnya masih lunak akan rentan untuk busuk di kemudian hari. Pilihlah buah labu Torsten yang kulitnya cukup tebal dan keras karena kulit tersebut dapat melindungi dari gesekan saat pengangkutan atau resiko yang lain.

Batang dan sulur-sulur sekitar buah labu Torsten yang siap panen biasanya perlahan akan menjadi kering. Karena sudah mengering tersebut, akan sulit untuk dipotong sehingga harus menggunakan alat potong untuk melepas buah labu dari tangkainya. Alat yang dipakai haruslah bersih dan tajam, seperti pisau atau gunting.

Jangan memotong paksa buah labu Torsten dari tangkainya tanpa menggunakan alat karena dapat mengakibatkan buah cepat membusuk nantinya.

Buah labu Torsten yang sudah dipanen memiliki umur simpan yang tahan lama. Bahkan buah yang dipanen jauh dari pohon induknya dapat bertahan cukup lama. Setelah buah dipanen, letakkan ditempat yang kering dan teduh serta tidak lembab/basah. Jangan dimasukkan dalam lemari pendingin karena justru akan mempercepat proses pembusukan buah.

BACA JUGA : LABU MADU, BUAH MANIS DAN LEMBUT

Demikian artikel tentang benih hibrida Labu Torsten dari Known You Seed. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami juga melayani konsultasi gratis tentang cara menanam tanaman hortikultura dan permasalahan yang Anda temui di lapangan.

JUAL LABU TORSTEN HARGA MURAH


Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan semua kebutuhan pertanian Anda, mulai dari berbagai jenis varietas sayur dan buah, pupuk cair, pestisida, alat-alat pertanian seperti alat kocor, alat pelubang mulsa dan lain-lain.

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih Labu Torsten dengan cepat dan tepat waktu ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerjasama dengan jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain agar pesanan Anda sampai ditempat tujuan. Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...