TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/02/19

CARA MENANAM SEMANGKA DARI BENIH YANG BAIK

Cara menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
Benih Hibrida Cara Menanam Semangka
Cara Menanam Semangka Dari Benih yang Baik. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Benih semangka berkualitas tersedia di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Kami jual benih bibit tanaman buah dan sayur hibrida F1 bebas penyakit dan virus. Tersedia juga berbagai jenis pupuk, pestisida dan berbagai macam alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa plastik, polibag dan lain-lain.

Cara menanam semangka tidak rumit karena pada dasarnya menanam semangka mudah dalam perawatannya. Hal yang terpenting adalah selalu melakukan kontrol tanaman dan rutin melihat kondisi kebun, apakah dalam keadaan tanah kering atau adakah serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Cara menanam semangka juga harus disesuaikan dengan ketinggian tempat kita menanam semangka. Karena ada semangka yang memiliki adaptasi luas dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi, tetapi ada juga menanam semangka yang tidak cocok di dataran tinggi.

MENANAM SEMANGKA DI TANAH SAWAH


Semangka ( Citrullus lanatus ), merupakan tanaman merambat asli dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka biasa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung dalam bentuk buah segar atau diolah menjadi jus semangka.

Cara menanam semangka dapat juga dilakukan tanah sawah setelah panen padi. Cara menanam semangka cukup potensial dilakukan di dataran rendah dengan tanah yang sedikit berpasir. Cara menanam semangka juga dapat dilakukan di lahan kering namun penyiramannya harus lebih sering. Pada dasarnya, menanam semangka selama hidupnya membutuhkan banyak air tapi tidak boleh sampai berlebihan. Tanah yang terlalu basah menyebabkan tanaman menjadi layu lalu mati.

Beberapa petani padi memanfaatkan masa jeda setelah panen padi selama kurang lebih 3 bulan dengan memanfaatkan lahan sawahnya untuk menanam semangka. Setelah panen padi selesai, untuk mengisi kekosongan lahan menunggu musim tanam padi selanjutnya, petani menanam semangka. Cara yang dilakukan petani tersebut dapat menambah penghasilan atau minimal semangka yang dipanen dapat dikonsumsi atau dipasarkan sendiri.

Semangka merupakan hasil komoditi pertanian yang populer di Indonesia, karena rasa semangka yang manis, renyah dan menyegarkan. Kandungan dalam semangka memiliki persentase air yang tinggi juga kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Beberapa jenis semangka yang digemari masyarakat Indonesia adalah ada semangka merah dan semangka kuning. Juga ada semangka berbiji dan non-biji. Jenis semangka lain yaitu semangka inul atau semangka lonjong.

Cara menanam semangka cocok di daerah yang curah hujannya berkisar antara 40 - 50 mm setiap bulannya. Suhu udara yang cocok untuk cara menanam semangka adalah kurang dari 25 derajat Celcius pada siang harinya. 

Pada dasarnya, cara menanam semangka dapat dilakukan baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Untuk kelembaban udara, cara menanam semangka yang sesuai adalah di daerah yang kering dan cenderung miskin uap air. Cara menanam semangka juga sebaiknya tidak ada naungan karena tanaman semangka menyukai sinar matahari langsung mengenai tanaman.

Kurangnya cahaya matahari menyebabkan pertumbuhan terhambat juga mundurnya waktu panen. Derajat keasaman tanah juga yang cocok adalah pada kisaran 6 - 6,7. Jika belum pada kisaran tersebut maka dilakukan proses pengapuran sampai mencapai nilai pH yang diinginkan.   

MANFAAT SEMANGKA BAGI KESEHATAN TUBUH

menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
Benih Semangka F1 Menanam semangka

  • Untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Semangka kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh dan meredakan sembelit. Semua buah yang tinggi kandungan airnya seperti semangka, melon atau mentimun, dapat mengatasi sembelit dan buang air besar.
  • Bermanfaat meredakan radang sendi. Berhubungan dengan pola makan yang tinggi sayur dan buah berdampak baik dalam mengurangi gejala radang sendi ( arthritis ). Semangka juga mengandung vitamin C, vitamin B6, antioksidan, betakaroten, selenium dan zinc. Semua zat tersebut membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot.
  • Dapat mencegah kanker prostat karena semangka mengandung vitamin C, vitamin A dan antioksidan likopen. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan untuk likopen mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat.
  • Juga baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Hal ini karena semangka mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan air dalam semangka dapat menjaga kondisi tubuh terhidrasi dengan baik, vitamin C membantu produksi kolagen untuk membentuk jaringan kulit dan rambut. Vitamin A dalam semangka dapat memperbaiki sel-sel kulit yang telah aus.
  • Kandungan likopen dan vitamin C dalam semangka menyebabkan kadar antioksidan meningkat. Semangka juga dapat membantu mengurangi peradangan sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, kanker dan katarak.
  • Dapat mencegah sakit asma kambuh lagi juga dapat menjaga tekanan darah. Hal  ini berhubungan dengan kandungan air dalam buah semangka yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

PERSIAPAN PERSEMAIAN BIBIT UNTUK MENANAM SEMANGKA


menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
Pelubang tanam Menanam Semangka
Cara persemaian bibit semangka menggunakan media semai campuran pupuk kandang yang telah matang + tanah humus dengan perbandingan 1 : 2. Campuran tanah dan pupuk kandang tersebut diayak hingga halus dan bebas dari kotoran sisa sampah. Selanjutnya campuran tanah dan pupuk kandang dimasukkan kedalam polibag persemaian. Media dalam polibag disiram agar media tanah menjadi lembab dan padat.

Benih semangka yang digunakan dapat dibeli di toko pertanian seperti Toko Online pertanian LMGA Agro. Pilih benih yang baik bebas penyakit dan virus dan sesuai dengan lokasi penanaman. Benih yang sudah kita pilih, sebelum ditanam dapat direndam dalam air hangat sekitar 12 jam. Benih yang terapung adalah benih yang kurang baik. 

Setelah direndam, benih ditiriskan di atas sepotong kain lalu diikat agar benih tidak tercecer. Kemudian benih dalam kain tersebut dimasukkan dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Setelah 2 hari biasanya benih akan berkecambah dan dapat dipindahkan ke polibag yang sudah disiapkan tadi.


PERSIAPAN LAHAN UNTUK MENANAM BIBIT SEMANGKA


Setelah membuat persemaian benih dan menunggu menjadi bibit yang siap pindah tanam, lahan kebun harus dipersiapkan dulu. Untuk cara menanam semangka di lahan sawah mudah juga untuk dilakukan hanya butuh sedikit keuletan dalam mengolah tanah menjadi lahan yang diinginkan menanam semangka.

Waktu untuk menanam semangka di lahan sawah dilakukan setelah proses padi selesai. Lahan dibersihkan dulu dari sisa-sisa jerami dan adanya batang padi. Caranya adalah dengan membabat menggunakan mesin potong rumput, sisa-sisa batang padi dibiarkan kering. Setelah kering lalu dikumpulkan atau bisa dimanfaatkan sebagai mulsa. 

Setelah tanah sudah diolah dan bersih dari sisa-sisa tanaman sebelumnya maka langkah selanjutnya adalah membuat bedengan. Lebar bedengan 3 meter, panjang disesuaikan dengan ukuran lahan. Lubang tanam dibuat dengan jarak 1,5 m x 2 m. Satu bedengan terdiri dari 2 barisan tanaman. Dianjurkan untuk jarak tanam menanam semangka jangan terlalu rapat karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyulitkan dalam penyiraman atau cara pemeliharaan semangka nanti. 

Cara memindahkan bibit semangka dilakukan saat bibit semangka berumur 1 minggu atau bibit telah muncul 4 lembar daun. Selain itu pertumbuhan akar juga belum terlalu panjang sehingga akar tidak akan rusak saat pemindahan bibit ke kebun nanti.

Cara pemberian pupuk dasar diberikan 3 hari sebelum bibit semangka dipindahkan. Pupuk dasar yang digunakan adalah NPK dengan dosis 10 - 20 gram/lubang tanam. Bila perlu tambahkan juga pupuk air. Sebelum pemindahan bibit semangka, polibag semai disiram air dulu hingga basah untuk menghindari resiko pecahnya media tanah saat polibag di sobek. 

Sebelum bibit dimasukkan ke lubang tanam, lubang tanam juga harus disiram terlebih dahulu. Pupuk dasar yang dimasukkan ke lubang tanam tadi, harus ditutup dengan tanah tipis saja. Hal ini agar akar bibit tidak menyentuh pupuk. Akar yang bersentuhan langsung dengan pupuk mengakibatkan tanaman bisa seperti terbakar dan menyebabkan tanaman mati.

Setelah bibit semangka sudah dipindahkan semua, lakukan penyiraman kembali agar kondisi kelembaban stabil dan mempercepat menguapnya pupuk agar bisa diserap tanaman. Penyiraman selanjutnya dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari.
  

PUPUK SUSULAN CARA MENANAM SEMANGKA


menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
Pupuk NPK Menanam semangka
Pemupukan Pertama dilakukan pada umur 10 hari setelah pindah tanam. Menggunakan pupuk NPK Phonska dengan dosis kurang lebih 50 gram/lubang tanam. Pupuk NPK bisa dicampur dengan pupuk Kalsium yang dapat Anda beli di Toko Online pertanian LMGA Agro.

Fungsi pupuk Kalsium adalah :
  • Untuk membuat tanaman lebih kokoh.
  • Untuk mengurangi kerontokan calon buah semangka nanti.
  • Meminimalisir serangan jamur sehingga kita tidak perlu menyemprotkan fungisida.
Pupuk Kalsium sebanyak 1 kg dapat dicampur dengan 10 kg pupuk NPK. Pemberian pupuk dengan cara ditaburkan pada lubang yang dibuat melingkari  tanaman dengan jarak 7 - 10 cm dari batang tanaman. Setelah diberi pupuk, ditutup lagi dengan tanah tipis saja, untuk menghindari kontak langsung pupuk dengan tanaman akibat dari percikan air penyiraman. 

Permukaan bedengan juga perlu ditutup mulsa, baik mulsa plastik hitam perak atau mulsa jerami, untuk menghindari penguapan karena musim kering. Cara penggunaan mulsa juga untuk menjaga agar tanah disekitar tanaman tetap lembab sehingga penyiraman bisa dilakukan pada pagi hari saja jadi dapat hemat tenaga.

Saat tanaman semangka sudah berbuah sebesar telur ayam, maka disekeliling tanaman dibuat 4 atau 6 lubang kecil dengan jarak 15 cm dari pangkal tanaman. Menggunakan pupuk Phonska lalu dimasukkan pada lubang di sekeliling tanaman. Kemudian lubang ditutup dan lakukan penyiraman agar pupuk dapat segera diserap oleh akar semangka.

Pengamatan rutin terhadap perkembangan buah semangka harus selalu dilakukan. Bila buah tidak berkembang dengan baik atau tidak normal maka aplikasi pemberian pupuk perlu ditambah karena tanaman semangka termasuk jenis tanaman yang rakus akan pupuk. Saat buah seukuran kepalan tangan, pelu ditambahkan pupuk Kalsium dan disesuaikan dengan dosis anjuran pada kemasan pupuk. Cara ini menghindari busuknya buah semangka dan dapat meningkatkan daya simpan buah semangka menjadi lebih lama.



CARA PENYERBUKAN MENANAM SEMANGKA 


Begitu tanaman semangka mulai muncul bunga, saatnya proses penyerbukan terjadi. Penyerbukan adalah proses menempelnya serbuk sari ( dari bunga jantan ) ke putik ( bunga betina ). Dari hasil penyerbukan ini akan muncul buah semangka. Cara penyerbukan pada tanaman semangka adalah sebagai berikut :

  • Menanam semangka berbiji, proses penyerbukan dan pembuahan terjadi secara alami tanpa harus dikawinkan. Berbeda dengan menanam semangka non biji, penyerbukan bunga harus ada campur tangan petani. Hal ini karena bunga jantan pada menanam semangka non biji bersifat steril/mandul sehingga perlu dikawinkan dengan bunga jantan semangka berbiji.
  • Proses penyerbukan semangka non biji dilakukan dengan cara menempelkan bunga jantan yang diambil dari semangka berbiji ke bunga betina semangka non biji. Waktu yang tepat untuk penyerbukan bunga adalah pukul 6 - 9 pagi.
  • Bila penyerbukan dilakukan di musim hujan maka bunga betina yang sudah diserbuki harus segera ditutup menggunakan plastik dan langsung diikat. Setelah muncul buah, tutup plastik dapat dibuang/dibuka.
  • Buah semangka yang akan dibesarkan adalah buah kedua. Biasanya dalam 1 tanaman hanya satu buah saja yang dibesarkan agar bisa maksimal besar dan bobot buahnya. Kini sudah ada varietas semangka yang bisa dibesarkan sebanyak 2 buah/tanaman.
  • Buah yang akan dibesarkan sebaiknya diberi alas jerami untuk mencegah pembusukan sebelum matang. Buah juga harus sering dibalik-balik setiap seminggu sekali agar warna kulit semangka merata hijaunya.
Bunga mulai muncul saat semangka berumur kurang lebih 30 hari tergantung dari varietas benihnya. Pada umur tersebut, tanaman sudah menjalar sejauh 1 meter atau lebih. 

Letak bunga jantan dan bunga betina terpisah, bunga jantan lebih dulu muncul dari bunga betina dan jumlah bunga jantan jauh lebih banyak dari bunga betina. Untuk mendapatkan buah yang seragam dan menghindari bunga rontok akibat gagal penyerbukan, proses penyerbukan dapat dibantu manusia. Caranya adalah mengambil bunga jantan dan menempelkan serbuk sari ke putik bunga betina pada semangka non biji. 

Penyerbukan yang berhasil pastinya ditandai dengan ukuran putik yang semakin membesar dan menjadi buah. Penyerbukan yang gagal ditampakkan bunga betina yang menghitam dan rontok.

HAMA-HAMA PADA CARA MENANAM SEMANGKA


  1. Hama Gangsir menyerang pada malam hari memakan pangkal batang. Jika menyerang tanaman muda sampai batang terpotong. Cara mekanis melakukan sanitasi lingkungan dan melindungi saat tanaman masih kecil menggunakan gelas plastik yang berlubang. 
  2. Ulat Spodoptera litura menyerang daun sampai berlubang dan rusak. Hama ini juga mulai menyerang buah. Cara mekanis yaitu melakukan pola rotasi tanaman, menggunakn sex pheromone Ugratas Merah dan memanfaatkan musuh alaminya.
  3. Helicoverpa armigera buah digerek hingga buah menjadi busuk. Cara mekanis yaitu membuang buah yang busuk dan memanfaatkan musuh alaminya.
  4. Thrips, serangannya menyebabkan daun berubah warna seperti perunggu terutama pada daun bagian bawahnya. Kemudian lama-lama daun menjadi kering, mengeriting dan tanaman menjadi mati. Dikendalikan dengan cara melakukan pergiliran tanaman yang bukan famili Cucurbitaceae, mengatur waktu tanam yang serempak, menjaga kebersihan kebun dan memanfaatkan musuh alaminya. 
  5. Kutu Kebul Bemisia tabaci.kerusakan langsung pada tanaman dilakukan imago dan nimfa yang menghisap daun. Terdapat bercak nekrotik pada daun akibat rusaknya sel dan jaringan daun. Secara teknis lakukan sanitasi lingkungan, mengatur jarak tanam tidak terlalu rapat, rotasi tanaman, memasang perangkap kuning, memusnahkan bagian yang terserang dan menggunakan musuh alami.
  6. Lyromyza sp. Tanda serangan daun terdapat jalur korokan berbentuk guratan yang berwarna keperakan. Serangan yang parah, akan tampak di seluruh daun sehingga mengganggu proses fotosintesis akibatnya lama kelamaan tanaman akan mati. Dikendalikan dengan cara melakukan sanitasi, memusnahkan bagian tanaman yang mati, pemangkasan daun-daun yang terserang lalu dibakar.
  7. Lalat Buah Dacus sp. Buah menjadi busuk karena larva lalat buah yang menggerogoti daging buah semangka. Pengendalian dengan cara memusnahkan buah yang terserang, menggunakan musuh alami, memasang pernagkap yang dibeti Metyl eugenol.
  8. Kutu dan Aphis merupakan hama dan juga vektor penyakit. Bagian pucuk daun kering dan mengeriting terutama pucuk daun muda. Teknis pengendalian dengan cara tanam serentak, rotasi tanaman, mengurangi ragam tanaman inang hama.
  9. Kumbang daun aktif pada malam hari dan terbang dari satu tanaman ke tanaman lain. Menyerang daun hingga berlubang. Pengendalian dengan menangkapi kumbang, pergiliran tanaman, pengolahan tanah dengan baik.

PENYAKIT UTAMA PADA CARA MENANAM SEMANGKA


  1. Layu Fusarium, Fusarium oxysporum, tanaman tampak layu seperti kekurangan air. Tanaman tampak segar pada pagi dan sore hari, layu pada siang dan malam hari. Bila dibiarkan, dalam 3 hari tanaman akan layu kering, berwarna coklat dan batangnya mengkerut. Cara pengendalian menggunakan benih yang tahan layu Fusarium, pengapuran, memusnahkan bagian tanaman yang terserang, perbaikan drainase tanah, rotasi tanaman.
  2. Rebah batang menyerang bibit dan mengakibatkan batangnya coklat dan tanaman menjadi rebah. Pencegahan menggunakan pupuk kandang yang sudah matang dan mengurangi kelembaban dengan mengatur jarak tanam dan pengaturan penyiraman.
  3. Antraknosa, Colletotrichum lagenarium bercak-bercak pada daun berwarna coklat, lalu berubah kemerahan dan kemudian daun menjadi mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah yang semain lama akan meluas. Cara pengendalian yaitu melakukan pergiliran tanaman, rotasi tanaman, perbaikan drainase air dan membuang tanaman yang terinfeksi.
  4. Layu Bakteri, Erwinia, tanaman layu permanen, bila tanaman dipotong melintang tampak pembuluh xylem yang menghitam. Cara pengendalian yaitu mencabut lalu dibakar tanaman yang sudah terinfeksi.
  5. Powdery Mildew gejalanya daun atau batang muda yang tertutup semacam tepung berwarna putih. Bila seluruh daun yang terserang, daun akan berwarna coklat dan mengeriput. Pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi lemah. Dikendalikan dengan cara rotasi tanam, lokasi menanam yang jauh dari tanaman satu famili dan mengurangi kelembaban. 
  6. Penyakit virus Watermelon Virus, gejalanya daun belang-belang, melepuh, cenderung berubah bentuk, tanaman menjadi kerdil. Pengendalian dengan cara sanitasi kebun, mencabut lalu membakar tanamannya, menggunakan mulsa plastik hitam perak, rotasi tanaman dan mengendalian hama vektornya.

PANEN BUAH SEMANGKA DARI CARA MENANAM SEMANGKA YANG TEPAT


menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
Jual Benih Menanam Semangka
Panen buah semangka dilakukan bila semangka sudah cukup umur  dan benar-benar matang. Semangka sudah dapat dipanen pada umur 55 - 60 hari setelah tanam tergantung dari varietas semangka yang ditanam. 

Cara memanen semangka dengan cara memotong tangkai buahnya menggunakan pisau, gunting atau tanagn kosong. Setelah dipetik, letakkan semangka pada tempat yang sejuk dan terlindungi. Selanjutnya buah semangka siap di kemas, diangkut dan dikirimkan ke konsumen.

Ciri buah semangka yang siap panen, biasanya warna buah sudah agak pucat, tangkai buah mengecil dan sulur dekat tangkai buah sudah mengering. Hasil produksi semangka cukup tinggi, Untuk lahan sawah seluas 1000 m, jumlah tanaman sebanyak 200 tanaman, untuk panen pertama menghasilkan semangka 1,5 ton semangka daging merah. Semangka daging kuning, 100 tanaman menghasilkan 500 kg pada panen pertama.

Panen ke-2 dan ke-3 tergantung dari pemeliharaan setelah panen pertama. Apabila setelah panen pertama, tanaman tetap disiram seperti biasa dan diberi tambahan pupuk maka 10 hari lagi dapat dilakukan panen kedua. 

Demikian artikel tentang Cara Menanam Semangka dari Benih yang Baik. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online pertanian LMGA Agro jual benih bibit berkualitas buah dan sayur termasuk benih semangka hibrida baik berbiji dan non biji. Juga menyediakan berbagai jenis pupuk dan pestisida juga alat-alat pertanian sarana dan prasarana bercocok tanam. Kami siap mengirimkan pesanan anda menggunakan jasa ekspedisi JNE, POS Indonesia, TIKI, KI8 dan lain-lain dengan cepat dan sampai di alamat Anda.





1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...