TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/02/19

MELON KUNING TAK KALAH MANIS DAN RENYAH DARI MELON HIJAU


melon kuning, menanam melon, jual benih melon hibrida, lmga agro
Benih Melon Kuning Hibrida
Melon Kuning Tak Kalah Manis dan Renyah dari Melon Hijau. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih buah dan sayur. Melon Kuning juga tersedia di sini, hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 (SMS/WA). Menyediakan konsultasi gratis pertanian mengenai seluk beluk budidaya dan permasalahan yang ada di lapangan.


Melon kuning juga bisa ditanam di Indonesia meskipun buah ini bukan asli buah lokal Indonesia. Budidaya melon kuning sama dengan budidaya melon hijau yang lebih akrab dengan masyarakat Indonesia. Perbedaan fisik antara melon kuning berbeda dengan melon kuning. Namun demikian melon kuning tak kalah rasa manis karena memiliki kadar gula yang tinggi, daging buahnya juga keras dan renyah.

Melon kuning lokal Indonesia lebih aman untuk dikonsumsi seiring dengan maraknya melon impor yang mengandung bakteri Listeria. Melon impor dari Australia di negara asalnya telah menimbulkan korban karena buah melon impor mengandung bakteri yang mematikan.

MELON KUNING INDONESIA AMAN UNTUK DIKONSUMSI


Maraknya pemberitaan bahwa melon kuning berbahaya untuk dikonsumsi sangat meresahkan masyarakat Indonesia. Hal ini karena tidak sedikit penggemar melon kuning di Indonesia.

Untuk mengatasi keresahan di masyarakat, Kementerian Pertanian RI membuat pernyataan bahwa Indonesia aman dari ancaman bakteri Listeria monocytogenes yang sedang ramai dibicarakan tersebut. Sebenarnya bakteri ini tidak hanya ada di buah melon saja namun di semua buah impor pun mengandung bakteri ini. Sehingga peristiwa ini tepat bila saatnya kita hanya mengkonsumsi buah lokal Indonesia bukan buah impor.

Pemerintah Indonesia melakukan usaha untuk menyaring kemungkinan masuknya buah melon impor terutama dari Australia. Dan disarankan bahwa masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan ancaman bakteri mematikan yang baru ditemukan pada melon impor Australia. Karena pemerintah Indonesia tidak membuka kebijakan buah impor rockmelon dari Australia.

Agar melon impor ini tidak masuk Indonesia yang kemungkinan dibawa oleh wisatawan mancanegara atau yang pulang berlibur dari Australia, maka penjagaan ketat dilakukan di bandara-bandara. Juga semua pintu masuk yang menuju ke Indonesia.

Untuk lebih amannya dan untuk menjaga kesehatan maka dihimbau kepada masyarakat untuk terbiasa mengkonsumsi buah lokal atau melon kuning lokal. Buah lokal tidak kalah masalah kualitas dan rasa dibandingkan buah impor. Bahkan dengan kita mengkonsumsi buah lokal, kita mengetahui mulai dari pengendalian dan pola tanam yang diterapkan semua sehat.

Listeria adalah nama bakteri yang terdapat pada makanan, tidak menimbulkan penyakit namun berbahaya bagi lansia, penderita diabetes, kanker dan bagi wanita hamil.

Gejala terkena bakteri Listeria mirip seperti sakit flu, yaitu demam, menggigil, nyeri otot, mual dan diare. Gejala akan tampak dalam beberapa hari atau berminggu-minggu setelah memakan buah yang terkontaminasi bakteri tersebut.

MANFAAT MELON KUNING BAGI TUBUH KITA

melon kuning, menanam melon, budidaya melon, jual  benih melon, lmga agro
MENANAM MELON KUNING
Melon kuning atau disebut juga melon musk seperti honeydew merupakan buah yang manis dan segar, enak dikonsumsi. Melon kuning mengandung banyak asam folat yang memiliki efek anti-koagulan. Manfaat melon kuning sangat banyak sehingga inilah yang menjadi alasan mengkonsumsi melon kuning yang lezat dan manis ini.

  • Melon kuning dapat meredakan kram otot saat menstruasi. Melon kuning mengandung banyak asam folat yang memiliki efek anti-koagulan. Bermanfaat membantu dalam melarutkan gumpalan darah, mengurangi retensi air dan mengurangi kram otot. Sehingga mengkonsumsi melon kuning terhindar dari rasa sakit.
  • Melon Kuning dapat mempertajam penglihatan karena mengandung vitamin A cukup tinggi yang hadir dalam bentuk beta-karotene. Beta-karotene baik untuk penglihatan dan mencegah penyakit katarak. Vitamin A bermanfaat untuk sel-sel epithel kulit dan membuat mata sehat.
  • Melon Kuning meningkatkan kekebalan dan mencegah penuaan dini karena mengandung vitamin C. Membantu meningkatkan kekebalan dengan merangsang dan meningkatkan sel darah putih penghancur virus dan bakteri.
  • Melon kuning dapat mencegah terjadinya sembelit. Di musim panas dengan naiknya suhu udara dapat menyebabkan terjadinya stroke panas dan gangguan perut. Banyaknya makanan berlemak yang kita konsumsi hingga menimbulkan masalah saluran pencernaan dapat menyebabakan gangguan sembelit. Kandungan serat melon kuning membantu menambah jumlah makanan dan mengurangi konstipasi.
  • Konsumsi melon kuning dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit. Karena kecenderungan kita yang berkeringat di musim panas. Dan hal ini dapat menyebabkan hilangnya banyak mineral dalam tubuh. Kandungan natrium dan kalium dalam melon kuning dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  • Melon kuning bermanfaat untuk membersihkan ginjal dan mencegah terjadinya batu ginjal. Melon kuning mengandung Oksulin melindungi dari batu ginjal dan gangguan ginjal. Melon kuning mengandung banyak air bermanfaat membersihkan ginjal.
  • Melon kuning bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung adenosin bertindak sebagai pengencer darah dan pemecah gumpalan sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Dianjurkan setiap hari konsumsi 250 - 300 gram melon kuning setiap hari. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya kurang dari 100 - 150 gram dan buah jangan terlalu matang.

MELON KUNING HIBRIDA F1 TAHAN PENYAKIT DAN VIRUS

  • Benih Melon kuning F1 ALISHA produk unggulan Cap Panah Merah. Kulit melon Alisha tanpa net dan daging buah berwarna orange/kemerahan. Direkomendasikan untuk dataran rendah dan di musim kemarau. Tanaman ini tahan virus Gemini. Umur panen 68 - 72 hst. Potensi hasil 49 - 54 ton/ha. Rasa buah renyah dan manis.
  • Benih melon kuning F1 APOLLO produk unggulan dari Known-you Seed Taiwan. Kulit melon Apollo tanpa net, pertumbuhan tanaman kuat dan tegap, dianjurkan ditanam menggunakan penyangga. Berat buah mencapai 2,5 kg/buah. Kadar gula buah 14% Brix, daging buah berwarna putih dan berasa manis dan renyah. Umur panen 65 hst.
  • Benih Melon kuning F1 KINANTI kulit tanpa net dan warna daging buah jingga. Memiliki pertumbuhan yang kuat dan cepat, bentuk buah yang lonjong dengan berat buah 1,5 - 2,5 kg. Kadar manis 13 - 16% Brix, rasa renyah dan manis. Umur panen 65 - 70 hari setelah pindah tanam.
  • Benih melon kuning F1 LUNA 2427 produk unggulan dari Known-You Seed Taiwan. kulit buah berwarna kuning tanpa net, pertumbuhan tanaman kuat dan tegap sehingga dianjurkan ditanam menggunakan penyangga. Berat buah mencapai 2,5 kg/buah. Kadar gula 15% Brix, buah manis dan renyah juga keras. Daging buah berwarna orange, panen umur 65 hst.
  • Benih Melon kuning F1 URANUS produk unggulan Cap Panah Merah. Melon kulit kuning tanpa net, pertumbuhan tanamn kuat dan tegap sehingga dianjurkan ditanam menggunakan penyangga. Berat buah mencapai 2,5 kg/buah. Kadar gula 15% Brix, rasa buah renyah dan manis, daging buah berwarna orange dan keras. Umur panen 65 hst.


CARA MENANAM MELON KUNING DI POLIBAG


melon kuning, menanam melon kuning, budidaya melon, jual benih melon, lmga agro
MELON KUNING F1 KINANTI
Menanam melon kuning di polibag dapat Anda lakukan di pekarangan rumah yang tidak membutuhkan kebun yang luas. Dengan adanya menanam melon kuning sendiri, kita dapat menikmati buah melon  sebagai buah meja atau dijadikan campuran es buah.

Melon kuning merupakan tumbuhan merambat yang menjalar, bentuk daun menjari dan batang yang tidak berkayu. Tanaman melon salah satu produk hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Menanam melon kuning di polibag cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam pertanian.

Bila ingin menanam melon kuning, kita sebaiknya memenuhi dulu syarat tumbuh dari melon kuning agar pertumbuhannya baik dan dapat menghasilkan buah yang bagus dan sehat. Melon kuning tumbuh baik pada ketinggian 250 - 800 meter dpl dan iklim hujan yang ideal adalah antara 1500 - 2500 mm/tahun. Kelembaban udara yang baik adalah antara 50 - 70%. Jenis tanah yang cocok untuk melon kuning adalah tanah liat berpasir ( andosol ) yang banyak mengandung bahan organik penting bagi tanaman.

Menanam melon kuning dalam polibag atau pot plastik prinsip dasarnya sama seperti menanam tanaman lain dalam polibag seperti semangka, tomat dan lain-lain. Terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan bila kita menanam dalam polibag.

Yang pertama adalah siapkan polibag yang berukuran sedang atau sekitar 40 x 50 cm atau 37 x 40 cm. Selanjutnya siapkan lahan pekarangan rumah kita yang akan digunakan untuk meletakkan polibag. Tanah dibersihkan dahulu dari rumput-rumput liar. Kemudian siapkan juga lanjaran atau ajir yang akan ditancapkan pada media tanam. Panjang ajir 1,5 - 2 m, paku ukuran 2 inch. tali rafia, gunting dan pisau pemotong.

PERSIAPAN BIBIT DAN MEDIA TANAM MELON KUNING DALAM POLIBAG


Persiapan bibit melon kuning dengan memilih benih hibrida F1 yang dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Tersedia juga selain benih melon kuning, benih melon hijau berdaging putih dan melon berdaging merah/orange. Rendam benih dalam air yang sudah diberi fungisida, biarkan selama 1 malam atau ± 12 jam. Setelah itu, benih ditiriskan di atas kertas koran.

Kemudian benih melon kuning disimpan dalam tempat gelap selama 12 - 14 hari hingga berkecambah dan berdaun 4 helai daun lalu dipindah ke media semai polibag. Media semai dapat dibuat dengan cara mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Media yang sudah dibuat tadi langsung dimasukkan polibag.

Benih ditancapkan pada media tanam, benih yang runcing menghadap ke bawah. Media disiram dengan air 2 hari sekali untuk menghindari tanah kering. Juga hindari paparan sinar matahari langsung. Polibag juga dihindari dari turunnya air hujan langsung.

Media tanam juga bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 2 : 3. Media yang sudah dicampur tadi dimasukkan dalam polibag, tambahkan 5 gram Furadan, 20 gram NPK dan 1 liter humic acid. Lalu aduk rata.

Dengan bahan media tanam seperti demikian diharapkan benih akan bekecambah dan tumbuh tanpa gangguan dari penyakit tanaman. Sebagai pengganti pupuk kandang dapat menggunakan Trichoderma dan Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT ) organik dicampurkan 3 bahan media tadi. Pupuk dasar diberikan NPK Mutiara sebanyak 15 gram per polibag.


PENANAMAN BIBIT MELON KUNING PADA POLIBAG


melon kuning, menanam melon, jual benih melon hibrida, lmga agro
Benih Melon Kuning Hibrida
Bibit melon kuning dapat mulai ditanam atau dipindahkan ke polibag setelah berumur sekitar 2 - 3 minggu saat bibit tingginya sekitar 10 cm. Bibit lalu dipindahkan ke polibag yang sudah dipersiapkan lebih dahulu. Sebelum bibit dipindahkan, media tanam disiram air hingga basah untuk memudahkan penanaman bibit. Penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari dan harus selesai dalam 1 hari agar umur panen nya sama.

Setelah pemindahan bibit selesai, pada hari ke-3 sampai ke-5 dapat dipasangkan ajir atau lanjaran. Ajir sebagai penyangga batang melon kuning karena pertumbuhan tanaman yang kuat dan tegap. Ajir digunakan sebagai tempat merambat dan menjalar sambil diatur arah rambatannya.

Pemangkasan cabang dilakukan pada tanaman melon ditujukan untuk memilih bakal buah yang akan dibesarkan. Pemangkasan ini penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pemangkasan dilakukan setiap hari karena cabang melon cepat sekali pertumbuhannya dan dilakukan saat cabang belum terlalu besar.

Seleksi calon buah dipilih dari cabang ke-7 sampai ke-12, calon buah dipilih yang baik dan yang ingin dibesarkan dan cabang yang lainnya dipangkas. Pemangkasan juga pada cabang yang muncul dari ketiak daun pertama sapai yang ke-8. Dan untuk daun yang ke-9 sampai yang ke-13, cabangnya dibiarkan dan dipelihara samapai besar. Setelah daun ke-13, cabangnya tidak perlu dipelihara dan pada daun ke-17, batangnya dipotong.

PUPUK LANJUTAN HINGGA PANEN MELON KUNING DI POLIBAG

Setelah melakukan pemangkasan, melon kuning diberikan pupuk lanjutan menggunakan NPK 16:16:16 dan KNO3 dengan cara ditaburkan di sekeliling tanaman. Atau bisa dengan cara dilarutkan dengan air lalu dikocorkan tidak langsung ke tanaman. Pemberian pupuk susulan NPK 16 diberikan pada hari ke-14, ke-24, ke-34, ke-44 setelah tanam dan dengan dosisi 10 gram per polibag. Sedangkan pada hari ke-54, tanaman melon kuning diberi pupuk KNO3 sebanyak 1 gram/liter tiap per polibag.

Pengendalian hama dan penyakit menanam melon kuning di polibag dengan membuang hama bila tampak secara manual pada bagain tanaman yang dihinggapi. Bila serangan semakin parah, untuk hama disemprotkan insektisida dan mencegah penyakit digunakan fungisida sistemik dan kontak yang disemprotkan secara berselang-seling sesuai petunjuk pada kemasan. Bila turun hujan, pemberian fungisida bisa ditambahkan perekat agar zat kimia dalam fungisida dapat melekat pada daun.

Umur 20 hari setelah tanam buah sudah bisa diseleksi dan pada hari ke-60, buah melon kuning sudah dapat dipanen. Ciri-ciri buah yang siap dipanen warna kulitnya putih kekuningan, tangkai buahnya terdapat cincin, lingkaran mulai retak-retak dan sudah tercium harum pada buah sebelum dikupas.

Banyak sekali yang bisa kita ambil keuntungan dalam menanam melon kuning di polibag. Dengan menanam melon kuning di pot di halam rumah kita maka sekaligus dapat menjadi penghias halaman rumah. Pot polibag mudah dipindahkan lokasinya, pemeliharaan mudah, pemberian pupuk dan penyiraman lebih praktis, mudah dalam pengendalian hama dan penyakit yang menyerang sampai pada mudah dalam memetik buahnya saat panen.

PEMANGKASAN PADA TANAMAN MELON KUNING


Melon kuning, menanam melon, jual benih melon hibrida, lmga agro
Tanaman Melon Kuning
Pemangkasan penting dilakukan dan diketahui caranya karena tanaman melon kuning adalah tanaman semusim yang pertumbuhannya merambat dengan cepat. Untuk mendapatkan jumlah buah yang melimpah dan berkualitas, perlu dilakukan perawatan yang intensif. Salah satunya adalah pemangkasan.

Pemangkasan juga dikenal dengan purining, yaitu proses menghilangkan bagian dari tanaman seperti cabang atau ranting sehingga tanaman dapat tumbuh rapi sesuai yang kita inginkan. Tanaman melon adalah tanaman dengan banyak cabang dan cabang-cabangnya tumbuh di setiap ketiak daun melon.

Banyaknya cabang tanaman melon kuning maka perlu dilakukan pemangkasan cabang-cabang. Dengan melakukan pemangkasan akan mudah mendeteksi hama dan penyakit. Pemangkasan juga dengan mengurangi daun, ranting bahkan buah yang terlalu lebat sehingga tanaman dapat kuat menopang tubuhnya. Buah yang dihasilkan nanti juga dapat lebih berkualitas baik bobot buah maupun penampilan buahnya.

Selain untuk mendapatkan kualitas buah yang baik, pemangkasan juga untuk mendapatkan kondisi lingkungan yang ideal bagi tanaman melon kuning seperti kelembaban, cahaya, udara dan suhu lingkungan. Kondisi lingkungan yang baik menyebabkan proses fotosintesis berjalan baik. Daun-daun atau cabang yang sudah tua harus dipangkas untuk merangsang pembentukan daun dan cabang yang baru.

Pemangkasan tidak dilakukan pada semua cabang. Pemangkasan harus menyisakan 20 - 24 helai daun. Dan daun-daun yang sudah dipangkas bisa kita jadikan pupuk organik.

CARA PEMANGKASAN CABANG MELON KUNING


Pemangkasan cabang dapat kita mulai dari ruas ke-1 sampai ruas ke-6. Yang kita pertahankan adalah satu cabang utama agar sirkulasi udara disekitar areal kebun menjadi lancar. Untuk cabang pada ruas ke-7 sampai ruas ke-10 kita pelihara dengan tujua sebagai tempat bakal tumbuhnya buah.

Tujuan dari pemangkasan cabang ini adalah agar proses fotosintesis saat mulai muncul buah hanya difokuskan untuk pembentukan buah saja. Bila tidak dilakukan pemangkasan cabang dan tunas-tunas maka hasil fotosintesis akan terbagi ke seluruh pembentukan cabang-cabang yang baru. Sehingga bakal buah yang ada akan menghasilkan buah yang kecil dan kurang maksimal.

Bila tanaman melon tidak dilakukan pemangkasan, dalam satu pohon melon menghasilkan 10 - 20 buah dan setiap cabang tunas lateral menghasilkan 1 - 2 bakal buah. Dalam satu pohon tanaman melon kuning bisa bercabang sampai 15 - 20 cabang.

Dan bila dibiarkan bakal buah semua tumbuh, tidak semua berhasil menjadi buah. Sebagian justru akan rontok karena belum sempat diserbuki dan sebagian lagi rontok karena adanya persaingan nutrisi antar tanaman.

Karena itu, untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik ukuran, bobot buah dan penampilan buah maka dilakukan seleksi buah. Buah diseleksi dan dipilih 2 - 3 buah yang terbaik saja. Buah yang tidak dipilih dibuang dan buah yang sudah dipilih, dipelihara samapai matang dan siap dipetik.

Biasanya petani memilih buah yang bentuknya bulat, agak lonjong dan ukuran buah melon kuning sebesar telur ayam. Setelah melakukan seleksi, buah yang tidak dipilh dipetik dan dibuang. Cabang yang buahnya dipelihara, daun-daunnya dipangkas sampai tersisa 3 helai daun diatasnya. Sedangkan cabang yang buahnya tidak dipilih, daun-daunnya dipangkas dan disisakan 1 helai daun saja.

Bila tanaman melon kuning sudah mencapai ketinggian pada cabang ke-20 sampai ke-25 maka pemagkasan dapat dihentikan. Karena biasanya tanaman tidak menghasilkan cabang lagi.

CARA PENCEGAHAN SERANGAN PENYAKIT MELON KUNING


Beberapa usaha dapat kita lakukan untuk mencegah buah yang sudah kita pilih untuk dibesarkan mendapat serangan hama dan penyakit. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan menutup buah melon menggunakan karung goni atau dengan plastik.

Namun saat buah melon sudah mulai tumbuh berukuran besar, karung goni atau plastik harus dilepas/dibuka. Hal ini untuk memberi kesempatan buah untuk berkembang dan bernapas bebas. Tutup karung goni atau plastik tidak boleh terlalu rapat, harus ada sela-sela udara keluar bergantian, sehingga buah tidak berkeringat yang bisa mengakibatkan buah menjadi busuk.

Saat buah melon dibungkus dengan karung goni atau plastik, batang tanaman yang ada di dekat buah yang dibungkus tadi juga harus dipangkas. Hal ini dilakukan agar proses perkembangan buah tidak terganggu dengan adanya batang tanaman disekitar buah tersebut.

Bila tampak ada daun, ranting atau pun buah yang terserang hama dan penyakit maka harus segera dipangkas atau dibuang. Hal ini untuk menghindari tertularnya kepada bagian tanaman lain yang tidak terkena. Atau bila perlu dan serangan sudah tinggi maka dapat dilakukan penyemprotan pestisida sesuai serangan hama dan penyakitnya dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan botol.



HARGA JUAL MELON KUNING


Dibandingkan dengan melon hijau, untuk melon kuning dan melon golden ( melon madu ) memiliki harga jual yang lebih tinggi di pasaran. Hingga saat ini, harga jual melon kuning bisa dua kali lipat dari harga jual melon hijau. Tampilan kulit buah melon kuning yang berwarna kuning mulus, daging buah yang tebal dan rasa buah yang manis dan renyah menjadikan harga jual melon kuning lebih tinggi dari melon hijau.

Di pasar tradisional atau di kios buah, harga jual melon kuning adalah sekitar Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,-. Namun bila masuk swalayan atau supermarket/pasar modern, harga jual melon kuning bisa melambung tinggi menjadi Rp. 30.000,-. Tak heran bila banyak petani melon kuning yang bisa meraup keuntungan berlipat-lipat saat panen melon kuning.

Biasanya untuk pemasaran, petani melon ditawari kerja sama mitra oleh tengkulak atau juragan buah yang bermodal besar untuk membeli hasil panen melon kuning dengan harga beli yang sama-sama menguntungkan dan disetujui kedua belah pihak.

Agar budidaya melon kuning ini bisa berhasil karena juga melon kuning termasuk buah yang eksklusif maka yang terpenting adalah pemilihan bibit berkualitas, tekun dan teliti dalam melakukan budidaya. Kita harus tekun dan ulet mulai dari proses pembibitan, penanaman, pemeliharaannya sampai masa panen melon kuning tiba.

Dengan benih dari varietas unggul menghasilkan bibit tanaman yang baik dibarengi ketekunan dalam usaha budidaya menanam melon kuning, tidak tertutup kemungkinan bahwa hasil panen dapat maksimal dan kita mendapatkan untung yang cukup besar.

Demikian artikel Melon Kuning Tak Kalah Manis dan renyah dari Melon Hijau. Semoga bermanfaat. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih melon berbagai varietas unggul, bebas penyakit layu dan virus Gemini. Hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Kami juga melayani konsultasi gratis mengenai cara bercocok tanam pertanian dan permasalahan yang Anda temui selama di lapangan. Semoga informasi ini ada manfaatnya bagi Anda dan selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...