TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/03/19

CARA MENANAM CABE RED LAVA F1 PRODUK TAKII-SEED


cara menanam cabe, cara menanam cabe red lava, cabai, budidaya cabai, jual benih murah, lmga agro
CABE HIBRIDA
RED LAVA
Cara Menanam Cabe Red Lava F1 Produk Takii-Seed. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah benih bibit hibrida cabe keriting Red Lava F1. Cabe adalah produk terbaik dari Takii-Seed Jepang.


Toko Online Pertanian LMGA Agro tersedia lengkap dan jual berbagai varietas benih hibrida buah dan sayur, jenis-jenis pupuk, pestisida, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami juga melayani gratis konsultasi Pertanian.

Konsultasi mengenai cara menanam cabe dan tanaman lainnya baik tanaman pangan, buah atau sayuran. Kami siap mengirim apapun pesanan Anda bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu, JNE, TIKI, KI8, POS dan jasa pengiriman ekspress lainnya.

Cara menanam cabe  dapat dilakukan di mana saja asalkan persyaratan tumbuhnya terpenuhi. Banyak masyrakat yang mulai mencoba cara menanam cabe di rumah untuk memenuhi kebutuhan sendiri karena cabe banyak digunakan untuk bumbu masakan.

Cara menanam cabe hidroponik juga beberapa dipilih untuk budidaya cabe karena terbatasnya tanah atau ketersediaan air yang berlebihan. Cara menanam cabe di ladang umum dipilih petani, namun petani juga melakukan pola tanam dengan menanam cabe di sawah.

DESKRIPSI TENTANG CABE HIBRIDA RED LAVA


Cabe Hibrida Red Lava adalah produk dari Takii-Seed Jepang, merupakan jenis cabe merah keriting dengan bentuk buah yang memanjang. Kulitnya saat muda hijau mengkilat dan berubah menjadi merah mengkilat saat tua dengan permukaan yang bergelombang.

Benih cabe Red Lava merupakan golongan varietas hibrida yang dikemas berisi bersih seberat 10 gram. Tinggi tanaman 47,4 cm - 96,0 cm, pertumbuhan kuat dan adaptasi baik di dataran rendah - menengah.

Cara menanam cabe Red Lava umur panen yang genjah yaitu dapat dipetik mulai umur 66 - 90 HST. Tanaman mulai berbunga pada umur 23 - 31 HST dengan potensi produktivitas panen adalah 0,9 - 1,2 kg/tanaman.

Cabe Hibrida Red Lava ukuran buahnya panjang 16 - 18 cm dan diameter 0,7 - 1 cm. Posisi tangkai buah horisontal dengan tangkai buah yang lurus dan ujung buah runcing. Cara menanam cabe Red Lava dalam 1 ha jumlah populasinya adalah 33.333 - 40.000 tanaman.

Cabe atau cabai atau " lombokCapsicum annum L. adalah tanaman berbunga dari keluarga Solanaceae. Cabai adalah spesies asli dari Amerika dimana tanaman ini dibudidayakan selama ribuan tahun.

Jenis dan varietas cabe sangat banyak namun hanya beberapa jenis saja yang ditanam secara luas. Di Indonesia, cara menanam cabe hanya mengenal 3 jenis cabe yang banyak dipilih yakni cabe besar, cabe rawit dan cabe hibrida.

Cabe keriting adalah cabe merah sama dengan cabe merah besar dengan bentuk yang panjang. Diameter cabe keriting  lebih kecil, ujungnya lancip dan cenderung runcing. Kulit buahnya bergelombang atau keriting. Bila dibandingkan dengan cabe besar, kulit buah cabe keriting lebih tipis.

CARA MENANAM CABE HIDROPONIK


Cara menanam cabe secara hidroponik dipilih karena kurangnya lahan untuk menanam cabe. Petani memilih budidaya cabe secara hidroponik karena tidak perlu menggunakan lahan yang luas.

Dalam cara menanam cabe hidroponik, Anda perlu menyiapkan media tanam yang khusus untuk cara menanam cabe dan tempat hidroponik. Media tanam yang biasa digunakan adalah cocopeat dan campuran arang sekam. Untuk tempat menggunakan potongan pipa dan botol minuman.

Kemudian cara menanam cabe dengan cara memindahkan bibit beserta medianya. Media semainya dengan cara tanah direndam air sehingga tanah terpisah dari akarnya. Kemudian bibit ditanam dalam pot yang sudah disiapkan dan beri air secukupnya.

Pot yang berisi bibit cabe tadi diletakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 5 - 7 hari. Setelah itu dapat diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara menanam cabe hidroponik membutuhkan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman cabe. Tambahan nutrisi juga untuk menjaga dan menunjang pertumbuhan cabe secara maksimal.

Pemberian nutrisi tambahan sebaiknya tidak pada tanaman yang baru saja dipindah karena beresiko merusak cabe. Cabe akan kaget dengan masuknya unsur hara yang tiba-tiba. Pemberian nutrisi diberikan dengan dosis yang tepat.

Pemberian nutrisi awal dalam jumlah 600 - 700 ppm atau 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B lalu dicampur air 1 liter. Setelah beberapa hari tanaman akan beradaptasi dan dosis bisa ditambah dengan interval pemberian 10 hari sekali.

Perawatan pemeliharaan cara menanam cabe hidroponik dengan rutin kontrol pemberian nutrisinya. Kelembaban lingkungan juga dijaga dengan melakukan pemangkasan cabang-cabang yang tidak penting untuk merangsang berbuah secara optimal.


CARA MENANAM CABE SENDIRI DI RUMAH


Cara menanam cabe di rumah dapat dilakukan di polibag atau pun  pada tanah kebun atau pekarangan rumah yang biasanya tidak begitu luas. Menanam dirumah atau kebun pekarangan pastinya untuk dikonsumsi sendiri.  Sehingga populasi tanaman juga hanya beberapa tanaman saja.

Persemaian bibit tanaman cabe dan penanamannya dilakukan dalam polibag karena lebih praktis, efisien apalagi jumlah tanamannya juga hanya sedikit saja. Untuk menyemai bibit cabe menggunakan polibag ukuran kecil.

Media semai menggunakan campuran tanah dan pupuk yang sebelumnya harus diayak hingga halus. Masukkan kedalam polibag sampai penuh lalu letakkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan panas matahari selama 1 minggu.

Tanamkan benih cabe hibrida Red Lava pada media polibag lalu tutup dengan tanah  tipis. Bila benih sudah berkecambah, dapat dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bibit dirawat hingga umur 4 minggu dan saat itu bibit sudah siap pindah ke pot/polibag pembesaran.

Pot ukuran besar disiapkan beserta tanah yang sudah gembur dicampur dengan pupuk organik. Polibag yang digunakan berdiameter minimal 30 cm. Perlu kehati-hatian untuk melepas bibit dari polibag semainya agar akar tidak rusak.

Perawatan cara menanam cabe dalam polibag dengan rajin memberikan pupuk. Lebih baik bila menggunakan pupuk kompos agar cabe lebih organik dan lebih aman apalagi untuk konsumsi sendiri.

Penyiraman dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Lingkungan penanaman juga harus bersih dari rumput gulma yang mengganggu cabe. Bila ada hama ulat dapat dihilangkan secara mekanis dengan mengambilnya dan dimatikan langsung.


CARA MENANAM CABE DI SAWAH


cara menanam cabe, jual benih murah, cabai, lmga agro
ALAT KOCOR
CARA MENANAM CABE
Cara menanam cabe di sawah dilakukan petani setelah panen padi dan sebagai cara melakukan pola tanam padi-padi-palawija. Palawija inilah petani dapat menanam buah dan sayuran semusim seperti cara menanam cabe.

Cara menanam cabe memerlukan tanah yang gembur, tidak liat, tidak porous, tanah kaya organik dan bersifat remah. Pemberian pupuk organik seperti pupuk kandang, kompos dan lain-lain dapat menambah bahan organik dalam tanah.

Cara menanam cabe di sawah jangan dilakukan saat musim hujan. Karena sulit sekali untuk pengolahan tanahnya. Sedangkan saat cara menanam cabe di ladang atau tegalan tidak dilakukan saat musim kemarau.

Saat musim kemarau yang sangat panas, tanah tegalan akan semakin keras dan kering sulit sekalu tanah diolah atau dicangkul. Kecuali bila terdapat sistem irigasi yang dapat menyediakan aiar dengan berlebih.

Persiapan tanam cara menanam cabe di sawah kita harus membakar dan membabat habis sisa jerami sisa panen padi sebelumnya. Sawah dicangkul atau dapat menggunakan bajak agar tanah dapat gembur. Selanjutnya membuat bedengan lalu diberi pupuk dasar.

Pengolahan tanah cara menanam cabe di sawah dengan membalik tanah dan menukar tanah bagian atas yang kaya nutrisi ke bagian bawah, tanah bagian bawah menjadi ke atas. Seresah dan sisa tanaman juga berpindah ke bagian bawah.

Pengolahan tanah dilakukan sampai bongkahan tanah menjadi kecil-kecil atau tidak ada bongkahan lagi. Setelah tidak berbongkah, tanah menjadi gembur lalu lakukan perataan menggunakan garu.

Bedengan dibuat beserta parit sekeliling lahan. Parit digunakan untuk menampung air hujan yang mengalir turun ke parit. Air hujan akan dapat menghemat proses penanaman cabai. Jika air tidak mengalir akan menimbulkan genangan dan tanaman menjadi membusuk.

MENANAM CABE MERAH KERITING HIBRIDA RED LAVA

cara menanam cabe, cabai, jual benih murah, lmga agro
ALAT PELUBANG
MULSA PLASTIK

  1. Lebar bedengan tanaman adalah 100 cm, tinggi 20 cm dan panjang menyesuaikan panjang dan luasan lahan. Jarak antar bedengan adalah 100 cm.
  2. Setelah pengolahan lahan dan membuat bedengan selesai, tahapan selanjutnya adalah melakukan pemupukan awal.
  3. Berikan pupuk organik yaitu pupuk kandang dan kompos. Untuk cara menanam cabe dibutuhkan 20 ton/ha. Tambahkan pupuk Urea sebanyak 350 kg/ha.
  4. Pemasangan mulsa plastik hitam perak untuk memaksimalkan menanam cabe. Mulsa dapat mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan ladang dan pengendalian gulma. Juga menahan erosi tanah bedengan.
  5. Setelah mulsa plastik terpasang, buat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam yang dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Lubang tanam dibuat 2 baris setiap bedengan dan dengan jarak antar baris 70 cm dan antar lubang 60 cm.
  6. Lubang tanam dibuat pola zig zag. Pola ini mempengaruhi sirkulasi angin dan pencahayaan matahari. Diameter lubang tanam 10 cm.

Cara menanam cabe di polibag dapat menggunakan beberapa kombinasi komposisi media tanam, yaitu anatara lain :

  1. Campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2 : 1.
  2. Campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  3. Campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1.

Media tanam yang digunakan harus sehalus mungkin dengan cara mengayaknya. Lalu beri sekitar 3 sendok makan pupuk NPK setiap polibag. Aduk campuran media sampai benar-benar rata. Bagian bawah polibag dilapisi sabut kelapa, pecahan genteng atau pecahan styrofoam.


PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN CARA MENANAM CABE


Pemupukan diberikan sebanyak 1 sendok makan NPK per polibag setiap bulannya. Untuk cara menanam cabe secara organik menggunakan pupuk organik cair pada masa pertumbuhan daun dan buah.

Saat tanaman akan berbuah, tambahkan kompos atau pupuk kandang satu genggam tangan per tanaman. Ditaburkan disekeliling tanaman lalu ditutup tanah agar tidak hanyut bila terkena air hujan atau air penyiraman.

Penyiraman untuk cara menanam cabe dilakukan paling lambat 3 hari sekali namun bila kondisi cuaca panas maka penyiraman dilakukan setiap hari.

Pemasangan ajir dari bilah bambu dapat dilakukan setelah tinggi tanaman sekitar 20 cm. Pemasangan ajir berguna untuk menopang tegaknya tanaman cabe.

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas-tunas muda yang tumbuh di ketiak daun. Pemangkasan tunas tersebut dimulai pada hari ke-20 setelah tanam. Pemangkasan dilakukan sebanyak 3 kali sampai tebnetuk cabang utama.

Untuk pengendalian hama dan penyakit, cara menanam cabe menggunakan pestisida bila tampak tanaman diserang hama dan penyakitatau sakit. Untuk cara menanam cabe secara organik dapat menggunakan pestisida alami. Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi mengenai pengendalian hama dan penyakit.


HAMA DAN PENYAKIT CARA MENANAM CABE DAN PENGENDALIANNYA


1. Thrips ( Thrips parvispinus Karny ) ( Thripidae : Thysanoptera )

Gejala serangan : hama menyerang dengan cara menghisap cairan permukaan bawah daun ( terutama daun-daun muda ). Terdapat bercak berwarna perak. Daun yang terserang menjadi berwarna coklat tembaga, mengeriting atau keriput dan akhirnya mati.

Serangan berat menyebabkan daun, tunas atau pucuk menggulung ke dalam dan muncul benjolan seperti tumor, pertumbuhan terhambat, tanaman menjadi kerdil sampai matinya pucuk cabe.

Hama juga merupakan vektor penyakit virus mosaik dan penyebab daun keriting. Perkembangan hama sangat cepat di musim kemarau dan populasinya bisa tinggi. Di musim hujan, populasi hama Thrips berkurang karena banyak hama yang mati karena tercuci air hujan.

Pengendalian mekanis ( 1 ). menggunakan kenikir kuning sebagai tanaman perangkap, ( 2 ). memakai mulsa plastik hitam perak, ( 3 ). sanitasi lingkungan dan memotong bagian yang diserang thrips.

2. Lalat Buah ( Bactrocera sp. )

cara menanam cabe, cabai, jual benih murah, lmga agro
PERANGKAP LALAT BUAH
YELLOW TRAP
Lalat buah menyerang buah cabai muda maupun yang sudah matang. Buah akan membusuk lalu jatuh ke tanah. Gejala awal munculnya titik hitam di pangkal buah. Titik hitam muncul karena lalat buah dewasa memasukkan telurnya dalam buah cabai.

Selanjutnya telur akan menetas dan berkembang menjadi larva. Larva dalam buah merusak dari dalam, buah menjadi kuning pucat dan layu. Sehingga cabe akan rusak dan menurunkan hasil panen karena cabe menjadi tidak layak dipasarkan.

Serangan lalat buah yang berat terjadi di musim hujan. Bekas tusukan ovipositor serangga betina disukai jamur perusak sehingga buah membusuk lalu jatuh ke tanah. Cara mengatasinya dengan memusnahkan cabe yang diserang atau pembungkusan cabe.

3. Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )


Daun yang terinfeksi muncul bercak nekrotik karena sel-sel dan jaringan daun yang rusak akibat serangan nimfa dan serangga dewasa. bila populasinya banyak dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Embun madu yang dikeluarkan oleh kutu disukai oleh jamur sehingga menimbulkan jelaga berwarna hitam. Kutu menyerang berbagai stadia tanaman. Adanya embun jelaga menutupi daun sehingga mengganggu proses fotosintesis pada daun.

Apabila kondisi lingkungan mendukung, populasi hama ini meningkat. Ianang tanamannya adalah tanaman kentang, timun, labu, terong, cabai, lettuce dan brokoli. Selain imago dan nimfa kutu kebul yang merusak, juga merupakan hama vektor pembawa virus yang mematikan dan merugikan banyak tanaman budidaya.

Cara pengendalian Kutu kebul yang dilakukan petani adalah :

  • Memanfaatkan musuh alaminya seperti predator, parasitoid dan patogen serangga.
  • Menggunakan perangkap lalat buah Yellow trap.
  • Melakukan sanitasi lingkungan.
  • Tumpangsari tanaman cabe dengan Tagetes  dan menanam jagung disekitar tanaman sebagai perangkap.
  • Melakukan rotasi ( pergiliran ) tanaman denga yang bukan inangnya seperti kentang dan mentimun.
  • Penyemprotan pestisida yang tepat dan sesuai dosisnya pada kemasan. Konsultasikan hal ini kepada Toko Pertanian Online LMGA Agro.

4. Kutu Daun Persik (Myzus persicae)


Kutu daun menetap pada permukaan daun bagian bawah, menghisap cairan daun muda dan bagian lainnya. Daun yang terserang akan muncul bercak hingga daun menjadi keriting. Pada bagain yang diserang terdapat kutu yang bergerombol.

Serangan yang berat, daun akan berkerut, pertumbuhan kerdil, daun menguning, daun terpuntir, menggulung kemudian layu dan mati.

Populasi akan meningkat di musim kemarau dan menurun populasinya di musim hujan. Pengendalian diutamakan pada hamanya menggunakan insektisida bila serangan sudah tinggi. Memanfaatkan pasitoid dan hama predator untuk mengendalikan kutu.


5. Kutu Daun  

Serangan berat terjadi musim kemarau. Nimfa dan imago kutu daun menyerang pucuk tanaman dan daun muda. Daun tang terinfeksi akan mengkerut, mengeriting dan melingkar sehingga pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi kerdil.

Kutu daun dapat mengeluarkan cairan manis seperti madu dan disukai semut juga jamur sehingga jelaga jamur menutupi permukaan daun dan mengganggu proses fotosintesis. Kualitas buah dapat menurun.

Kutu daun menyebar luas dan cepat terutama di daerah tropis. Tanaman inangnya juga cukup luas seperti tanaman kacang-kacangan, Solanaceae, Cucurbitaceae dan Asteraceae. 

6. Tungau (Polyphagotarsonemus latus danTetranychus sp.)


Menyerang daun-daun muda dengan cara menghisap cairan tanaman, menyebabkan kerusakan berupa perubahan bentuk menjadi abnormal. Perubahan warna daun menebal dan berubah warna menjadi coklat.

Daun menjadi kaku, melengkung ke bawah, menyusut dan keriting. tunas dan bunga gugur. Serangan berat terjadi pada musim kemarau dan biasanya bersamaan dengan serangan Thrips dan kutu daun.
Pengendalian melakukan sanitasi kebun, memanfaatkan musuh alaminya dan menyemprotkan akarisida yang sesuai dan tepat serta aman.

7. Penyakit Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum sp. )


Gejalanya daun akan layu mulai daun paling bawah, menguning dan menjalar ke atas ke ranting muda tan selanjutnya tanaman menjadi layu. Jaringan akar dan batang berwarna coklat. Luka infeksi tertutup hifa putih seperti kapas.

Bila serangan terjadi pada tanaman yang sudah maksimal pertumbuhannya maka tanaman dipastikan dapat terus berbuah. Namun bila menyerang sampai pada batang, buahnya akan kecil-kecil dan rontok.

Pengendalian dengan selalu menjaga kebersihan kebun, mencabut dan memusnahkan tanaman yang sakit, menggunakan agen antagonis Trichoderma spp. Dan menyemprotkan fungisida pada hama vektornya.

8. Penyakit Layu Bakteri Ralstonia ( Ralstonia solanacearum )


Penyakit layu bakteri yang menyerang tanaman tua, kelayuan pada daun yang terletak bagian bawh tanaman. Sedangkan pada tanaman muda, gejala layu tampak pada daun bagian atas tanaman.

Setelah beberapa hari, kelayuan akan menyerang seluruh bagian tanaman dan menjadi permanen. Warna daun tetap hijau dan sedikit kekuningan. Jaringan vaskuler batang bagian bawah dan akar menjadi coklat.

Serangan pada buah menyebabkan warna buah kekuningan dan busuk. Infeksi terjadi melalui lentisel dan berkembang cepat bila ada luka mekanis. Penyakit berkembang cepat pada musim hujan.

Penyakit disebabkan bakteri Pseudomonas solanacearum yang ditularkan melalui tanah, benih, bibit, sisa-sisa tanaman, pengairan, nematoda juga bisa dari alat-alat pertanian. Bakteri mampu bertahan selama bertahun-tahun dalam tanah dan tidak aktif.

Pengendalian dengan melakukan kultur teknis, menggunakan benih hibrida bebas penyakit layu dan melakukan sanitasi memusnahkan dan mencabut tanaman yang sakit. Memanfaatkan agen antagonis Trichoderma spp. saat pemupukan dasar. Penyemprotan menggunakan bakterisida.

9. Penyakit Busuk Buah Antraknosa ( Collectrotichum gloeospoiroides )


Gejala awal penyakit ditandai dengan adanya bercak agak mengkilap, sedikit cekung dan berair, berwarna hitam, oranye dan coklat. Bila lingkungan lembab, buah terdapat jamur yang berwarna hitam, warna buah oranye atau merah muda.

Luka yang terjadi semakin lama akan melebar dan membentuk lingkaran konsentris dengan diameter 30 mm atau lebih. Dalam waktu yang singkat, buah menjadi coklat kehitaman dan membusuk.

Perkembangan penyakit sangat cepat pada musim hujan. Serangan yang berat menyebabkan buah keriput dan mengering. Menyerang buah cabe baik yang muda maupun yang siap dipetik.

Pengendalian dengan mencegahnya selalu membersihkan lahan dan mencabut tanaman yang terserang agar tidak menyebar. Menggunakan benih hibrida tahan penyakit, melakukan kultur teknis yaitu pergiliran tanaman, mencabut tanaman yang sakit dan memusnahkannya. 

10. Penyakit Virus kuning (Gemini Virus)


Gejalanya pada helai daun mengalami vein clearing mulai dari daun bagian pucuk. Daun berwarna kuning terang, tulang daun menebal dan daun menggulung ke atas. Gemini virus menyebabkan daun mengecil, berwarna kuning terang, tumbuh kerdil dan tanaman tidak berbuah.

Pengendalian dengan mengendalikan hama vektornya yaitu kutu kebul, memanfaatkan musuh alaminya predator atau jamur patogen serangga, menggunakan benih hibrida tahan virus dan penyakit.

Melakukan sanitasi lingkungan, pemupukan tambahan untuk meningkatkan daya tahan tumbuh tanaman agar tetap dapat berproduksi meskipun terserang virus. Kultur teknik mulai perlaukan benih, memasang mulsa plastik dan menanam tanaman pembatas seperti jagung dan tagetes.

11. Penyakit Bercak Daun (Cercospora sp.)


Menyerang pada daun, batang dan akar, akibat serangan akan muncul bercak bulat berwarna coklat pada daun dan kering. Pusat bercak berwarna putih dan bagian tepi lebih tua. Bercak yang tua akan menimbulkan lubang.

Daun yang terserang akan layu dan rontok. Bercak daun juga dapat menyerang bibit di persemaian tapi lebih banyak menyerang tanaman tua. Serangan berat pada tanaman akan rontok semua daunnya.

Hujan yang turun terus menerus mempercepat perkembangan penyakit Bercak daun. Di musim panas dan lahan berdrainase baik, penyakit ini kurang berkembang.

Pengendalian dengan melakukan sanitasi dengan cara mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang. Bibit bebas virus dan penyakit, perlakuan benih sebelum ditanam dan melakukan perbaikan drainase.

Dianjurkan untuk cara menanam cabe di musim kemarau juga memiliki drainase yang baik. Cara menanam cabe bergiliran dengan tanaman bukan famili Solanaceae. Pengendalian dengan menyemprotkan fungisida yanng dapat Anda konsultasikan pada Toko Pertanian Online LMGA Agro.

PANEN CARA MENANAM CABE HIBRIDA RED LAVA


Cabe Hibrida Red Lava berumur genjah, dapat dipetik mulai umur 66 - 90 HST. Masa panen terbaik saat buah belum penuh berwarna merah dan masih ada garis hijaunya. Berat buahnya sudah cukup optimal dan dapat bertahan 2 - 3 hari tetap segar sebelum dipasarkan.

Kekuatan daya simpan cabe hibrida Red Lava yaitu pada suhu 27 - 34 °C selama 7 - 8 hari setelah panen. Waktu panen yang baik dilakukan pagi hari setelah tidak lagi tampk embun. Dianjurkan cara memetik cabe beserta tangkainya agar cabai dapat disimpan lama.

Cara memetik pada cabe yang rusak, busuk atau layu akibat serangan hama penyakit cabe, buah tetap dipanen agar tidak menyebar ke tanaman lainnya. Dan saat pemetikan, wadah dipisahkan antara cabe yang baik dan yang rusak.

Cara memetik cabe jangan dicabut atau ditarik ke atas melainkan buah dipelintir searah jarum jam. Cara memetik cabe yang ditarik ke atas menyebabkan bunga-bunga berguguran sebelum bunga melakukan penyerbukan.

Demikian artikel tentang Cara Menanam Cabe Red Lava F1 Produk Takii-Seed. Hubungi HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah dan lengkap benih bibit tanaman buah dan sayur, pupuk, pestisida dan alat-alat Pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani juga gratis konsultasi tentang cara menanam cabe juga tanaman lainnya. Juga membantu mencari solusi permasalahan Anda tentang menanam tanaman budidaya di lapangan. Semoga artikel Kami bermanfaat bagi Pembaca.



1 komentar:

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi website kami juga di http://tokoasri-karanganbungajogja.com/ Semoga sukses selalu :)

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...