TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/03/19

TANAMAN SEMANGKA INUL EKSOTIK DAN MUDAH BUDIDAYANYA

tanaman semangka, menanam semangka, budidaya semangka, jual benih, lmga agro
BENIH TANAMAN SEMANGKA INUL
Tanaman Semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah dan lengkap benih bibit tanaman semangka inul, biji dan non biji. Menerima layanan konsultasi pertanian.


Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah dan lengkap jenis-jenis pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian sarana prasarana bercocok tanam. Begitu juga dengan bercocok tanam tanaman semangka semua tersedia kebutuhan Anda seperti untuk persemaian, pengolahan tanah, perawatan hingga panen.

Tanaman semangka adalah salah satu komoditi unggulan yang sangat banyak memiliki penggemar. Tanaman semangka menghasilkan buah yang segar dan banyak manfaatnya bagi kesehatan kita.

Tanaman semangka memiliki adaptasi yang luas, dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi. Apalagi sekarang banyak terdapat benih untuk tanaman semangka yang memiliki sifat unggul diantaranya tahan penyakit dan virus.

TANAMAN SEMANGKA INUL UNIK DAN EKSOTIK


Tanaman semangka inul memang istimewa, unik dan eksotik. Dari segi bentuknya, semangka inul tidak berbeda dengan semangka umumnya. Namun bila kita sudah merasakan buahnya, kita dipastikan merasakan sensasi yang berbeda.

Karena selain rasanya lebih manis juga terasa agak berbutir atau lebih dikenal dengan agak masir. Budidaya tanaman semangka umumnya rata-rata memakan waktu tanam 75 hari hingga masa panen.

Menanam semangka sangat cermat memperhatikan kualitas buahnya mulai dari kuncup buah hingga tiba memetik semangka. Walaupun tinggal panen saja, pemetikan buah semangka harus menggunakan teknik khusus.

Tanaman semangka cenderung menyukai cuaca panas dan ketersediaan air yang selalu ada. Lebih ideal lagi bila lahan yang digunakan sangat subur karena berada di Daerah Aliran Sungai ( DAS ). Petani biasanya menanam tanaman semangka bergantian setelah panen padi atau kedelai.

Tanaman semangka Inul tampilan buahnya tidak bulat melainkan lonjong, montok dan segar. Keunggulan tanaman semangka inul adalah memiliki daya tahan dari penyakit. Juga rasa buahnya lebih manis menyegarkan sehingga masyarakat banyak yang suka.

Semangka inul mudah dibawa dan penyimpanannya tidak menghabiskan ruang karena ukuran buahnya yang sedang-sedang saja. Nama latin semangka inul Citrullus lanatus bentuknya panjang dan lebih mirip timun suri dibandingkan semangka yang berbentuk bulat.

Budidaya tanaman semangka dengan luas 1 ha bisa panen hingga 10 ton dan jika harga sedang baik, bila dirupiahkan bisa mencapai Rp. 30 juta-an. Kendala cuaca seperti musim hujan cukup menyulitkan dalam budidaya tanaman semangka.

Bila hujan turun cukup tinggi, tanaman semangka tidak bisa tumbuh besar dan buah yang dihasilkan berkurang bobotnya. Biasanya di musim kering berat buah mencapai 5 - 6 kg, bila turun hujan berat buah menjadi 4 - 5 kg/buah.



TANAMAN SEMANGKA DI LAHAN KERING


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
SEMANGKA INUL F1 REDIN
Budidaya tanaman semangka di lahan kering ternyata menghasilkan semangka yang rasanya lebih manis dan daging buah yang renyah. Warna dagingnya lebih merata.

Tanaman semangka biasanya ditanam oleh Petani di musim kemarau sedangkan memasuki musim hujan lebih banyak menanam padi. Pola tanam yang diterapkan adalah padi-padi-palawija dan saat palawija ini Petani menanam tanaman semangka.

Sistem tanam kering, tanaman semangka tidak menggunakan mulsa, juga tidak membuat bedengan atau guludan. Tanah sebagai media tanam cukup dilubangi menggunakan cangkul dan jarak tanam semangka adalah 65 cm x 5 m.


Dalam hal pengendalian gulma, budidaya tanaman semangka di lahan kering mengandalkan herbisida kontak saat persiapan tanam. Dan biasanya gulma tidak tumbuh lagi dan penyemprotan dilakukan hanya 1 kali sepanjang musim tanam.

Bibit semangka yang sudah disiapkan di persemaian dan lahan yang sudah siap juga, maka bibit dapat langsung ditanam tanpa ada perlakuan khusus. Bibit semangka akan tumbuh dengan sendirinya meskipun di lahan kering.



Akar tanaman cepat beradaptasi untuk mencari air atau tempat yang dingin dalam tanah. Itulah mengapa di lahan kering, akar tanaman cenderung panjang-panjang. Tanaman semangka juga lebih tahan terhadap kondisi cuaca karena pergerakan akar yang dalam.

Di lahan kering, budidaya tanaman semangka bisa hemat juga dalam hal pemberian pupuk. Di lahan kering modalnya hanya menyediakan air yang lebih banyak. Bila penyiramnnya bagus maka hasil panenya juga bagus.


Pupuk dasar di lahan kering gunakan Phonska 500 kg/ha atau satu sendok makan per lubang. Bila tanah sudah tampak subur dan kandungan Nitrogen cukup tinggi maka tanah tidak perlu diberi pupuk organik.

Pemupukan lanjutan diberikan dengan sistem kocor di lubang tanam saat tanaman berumur 4 hari setelah pindah tanam menggunakan KNO5 dan Ultradap. Dosis masing-masing adalah 1 sendok makan per 5 liter air.

Selang seminggu kemudian, pupuk Phonska diberikan dengan dosis yang sama seperti pupuk dasar tetapi diletakkan di lubang pupuk disamping batang tanaman. KNO3 dan Ultradap juga diberikan dan pengocorannya terus dilakukan samapai tanaman semangka berbuah sebesar telur ayam.


SEMANGKA INUL BENIH HIBRIDA BERDAGING MERAH


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
SEMANGKA INUL
LEGIMO F1

  1. Semangka F1 GADIS MANIS dari Known You Seed Taiwan Rasa manis dan tidak mudah pecah. Berat buah 5 - 6 kg/buah dan panen umur 60 hst. Jarak tanam 60 x 300 cm.
  2. Semanka F1 PUTRI DELIMA ( SF 3609 ) dari Known You Seed Taiwan. Berat buah 5 kg/buah dan umur panen 60 hari. Bisa dibuahkan 3 - 4 buah/tanaman. Jarak tanam 60 x 300 cm.
  3. Semangka F1 TORPEDO dari BISI International. Berat buah 5 - 6 kg/buah dan dibuahkan 2 buah. Umur panen 60 hari. Jarak tanam 60 x 300 cm.
  4. Semangka F1 REDIN dari BISI International. Berat buah 4 kg atau dibuahkan 2 buah. Panen umur 58 hari. Jarak tanam 60 x 300 cm.
  5. Semangka F1 INNOLE 21 dari Agrosid. Tanaman seragam, berat 3,5 kg/buah dan panen umur 60 hst. Jarak tanam 60 x 300 cm.
  6. Semangka F1 BLACK SWEET dari Tunas Seed rasa manis, tidak mudah pecah, berat 4 - 5 kg. Panen 60 hst.
  7.  Semangka F1 BIG SWEET dari Diamond Seed ( Cap Kujang ) Dibuahkan 1 per tanaman, berat 5 kg/buah. Umur panen 60 hst.
  8.  Semangka F1 GONZALES dari Bintang Asia cocok sebagai pejantan tanaman semangka non biji. Panen umur 60 hst dan dipelihara 2 buah.
  9. Semangka F1 WINDA dari Agri Makmur Pertiwi tanaman seragam dan buah mudah jadi. Umur panen 60 hst dan berat 4 kg/buah.
  10. Semangka F1 TM KING dari Tani Murni. Rasa manis, tidak mudah pecah dan berat 6 kg/buah.Jarak tanam 60 x 300 cm.
  11. Semangka F1 JENERAL HITAM dari Known You Seed buah tidak mudah pecah dan tahan penyimpanan. Berat 9 - 12 kg/buah panen 60 hst.
  12. Semangka F1 JENAR dari Tunas Seed kulit berwarna kuning, daging buah berwarna merah. Berat 4 kg/buah panen 60 hst. Rasa manis 13% Brix.
  13. Semangka F1 LEGIMO dari Aura Seed Indonesia. Kulit berwarna kuning dan daging buah berwarna merah. Manis 14,5% Brix. Berat 3-5 kg/buah.

SEMANGKA INUL BENIH HIBRIDA BERDAGING KUNING


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
SEMANGKA INUL
LEGYTA F1

  1. Semangka F1 SF-5656 dari Known You Seed panen umur 70 hst. Berat 4-5 kg/buah. Potensi hasil 20-23 ton/ha. Buah tahan simpan.
  2. Semangka F1 LEGYTA Cap Panah Merah sangat produktif dan mudah perawatannya. Cocok di dataran rendah. Potensi hasil 34 ton/ha.
  3. Semangka F1 JAMANIKU dari Cap Mutiara Bumi. Cocok di dataran rendah sampai menengah. Tahan Penyakit Downey mildew.
  4. Semangka F1 TM GOLDEN dari Tani Murni. Berat 3-4 kg/buah, tahan penyakit busuk batang dan disimpan lama.
  5. Semangka F1 SUN BAO dari Known You Seed Taiwan. Dapat dibesarkan 2 buah per tanaman dan cocok sebagai sumber bunga jantan.
  6. Semangka F1 KIDUNG dari Tunas Seed. Rasa manis 14% Brix. Berat 5 kg/buah. Buah tidak mudah pecah dan panen 60 hst.
  7. Semangka INNOLE KUNING 175 dari Agrosid. Tanaman tahan layu dan buah mudah jadi. Berat 3,5 kg/buah, jarak tanam 60x300 cm.
  8. Semangka F1 PATAYA dari Diamond Seed Cap Kujang. Rasa manis 14% Brix. Berat 4 kg/buah dan panen 65 hst.
  9. Semangka F1 MADURI dari Bintang Asia. Berat 5 kg/buah, manis dan tidak mudah pecah. Panen 57 hst dan jarak tanam 60x300 cm.


SYARAT MENANAM TANAMAN SEMANGKA YANG BAIK


Tanaman semangka dapat ditanam di lahan kering, lahan sawah, lahan kebun mulai di dataran rendah - menengah dan di musim kemarau. Curah hujan yang baik adalah sekitar 40 - 50 mm setiap bulannya.

Suhu yang diinginkan adalah sekitar 25 °C saat siang hari. Daerah yang cocok untuk tanaman semangka adalah daerah kering yang miskin uap air. Pada lahan tanaman semangka usahakan tidak ada naungan, lahan harus terbuka dan tidak menghalangi sinar matahari sampai ke tanaman.

Tanah yang baik untuk tanaman semangka adalah tanah gembur yang memiliki unsur hara tinggi. Tanah memiliki pH berkisar antara 6 - 6,7, bila tanah masih bersifat asam, beri kapur Dolomit sampai pH tanah sesuai untuk tanaman semangka.

Tanaman semangka Inul adalah komoditas buah yang menguntungkan terutama untuk petani yang membudidayakannya. Tanaman semangka memiliki daya tumbuh yang sangat baik, pertumbuhan kuat dan tanaman produktif.

Tanaman semangka tumbuh baik pada dataran rendah sampai pada ketinggian 400 meter dpl. Buah semangka tahan penyakit dan jamur serta tidak cepat busuk. Sehingga dapat dikirim dan dijual pada tempat yang jauh tanpa kuatir buah membusuk di jalan atau samapai di lokasi pemasaran.

Tanaman semangka inul tahan di cuaca apapun. Bahkan petani seringkali menanam semangka di lahan sawahnya untuk mensiasati perubahan cuaca yang tidak menentu. Petani seringkali mengeluhkan cuaca akhir-akhir ini yang sulit diprediksi sehingga sulit menentukan akan bercocok tanam apa di lahan sawah mereka.

TANAMAN SEMANGKA ANALISA BUDIDAYANYA


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
SEMANGKA INUL
PUTRI DELIMA F1
Tanaman semangka banyak digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Dan ini menjadi peluang analisa budidaya tanaman semangka juga untuk jenis semangka Inul yang rasa manisnya lebih manis dari jenis lainnya.

Harga semangka inul di pasaran lebih mahal dari jenis semangka lainnya perbedaanya sekitar Rp 1000 lebih mahal. Potensi hasil analisa budidaya semangka inul juga tinggi. Beberapa jenis semangka inul benih hibrida dapat panen antara 20 - 30 ton/ha dan berat hingga 6 kg/buah.

Petani menanam semangka di lahan sawah setelah menanam padi adalah juga untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit yaitu hama klowor dan wereng. Bentuk semangka inul yang lonjong tampak unik dan mudah dibawa daripada bentuk yang bulat.

Perawatan semangka inul lebih mudah dengan waktu panen antara 57-60 hst. Panen semangka inul dapat dilakukan hingga 3 kali dalam satu kali musim tanam.

Budidaya tanaman semangka memiliki prospek keuntungan hingga 100% dari total produksi. Tentunya peluang ini patut untuk dicoba melihat cara perawatan tanaman semangka yang mudah dan masa panen yang cepat. Untuk mengetahui lebih dalam tentang budidaya semangka, Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis.



TANAMAN SEMANGKA DI LAHAN SAWAH


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
POLIBAG SEMAI
Semangka, Citrullus lanatus merupakan tanaman merambat asli dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Menanam semangka di sawah dapat dilakukan setelah panen padi.

Tanaman semangka dapat dibudidayakan di dataran rendah dan tekstur tanah yang sedikit berpasir. Menanam semangka di sawah setelah panen padi memanfaatkan waktu berselang kurang lebih selama 3 bulan. Dan untuk memanfaatkan lahan agar tidak kosong setelah panen padi.

PERSIAPAN MEDIA PERSEMAIAN

Media semai menggunakan campuran pupuk kandang yang telah matang dan tanah humus ( perbandingan 1 : 2 ). Campuran tanah dan pupuk kandang diayak untuk mendapatkan media yang halus dan bebas dari sampah atau bebatuan.

PEMBIBITAN

Untuk membuat bibit semangka pilihlah benih semangka hibrida karena dijamin akan berhasil dan berpeluang tanaman tumbuh baik hingga panen. Meskipun dengan harga benih yang mahal namun setara dengan hasil yang diperoleh nantinya.
Sebelum benih ditanam, direndam dalam air hangat sekitar 12 jam. Benih yang terapung di permukaan air adalah benih yang kurang baik. Tiriskan benih menggunakan kain lalu kain diikat agar benih tidak berceceran.
Benih yang dibungkus kain tadi disimpan dalam toples atau wadah lainnya yang tertutup rapat. Dalam 2 hari benih akan berkecambah menjadi bibit yang siap ditanam di polibag persemaian.
Bibit ditanam dalam polibag dan rutin dilakukan penyiraman setiap hari. Bibit yang ditanam dalam polibag diletakkan di tempat yang teduh dan terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung. Untuk mencegah serangan hama, beri naungan dari plastik bening.

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA TANAMAN SEMANGKA


Persiapan lahan mulai kita lakukan sambil menunggu bibit kuat untuk dipindahkan di lahan sawah yaitu sampai muncul 3 - 4 helai daun. Persiapan lahan di sawah sebenarnya tidak sulit, hanya butuh sedikit keuletan.
Bersihkan lahan yang akan dipakai dari sisa-sisa jerami atau batang padi. Membersihkan menggunakan cangkul atau mesin pemotong rumput. Sisa-sisa batang padi dibiarkan kering lalu dikumpulkan dan dapat dimanfaatkan untuk mulsa.
Setelah selesai, selanjutnya adalah membuat bedengan dengan lebar ± 3 meter dan panjang disesuaikan ukuran lahan. Jarak lubang tanam semangka 60 x 300 cm atau sesuai keinginan. Satu bedengan terdapat 2 baris tanaman. Dianjurkan jarak tanaman semangka tidak terlalu rapat untuk memudahkan perawatan tanaman.

PEMINDAHAN BIBIT DI KEBUN

Proses pindah tanam dilakukan saat bibit berumur 1 minggu atau bibit telah muncul 4 lembar daun dan pertumbuhan akar belum panjang. Akar yang belum panjang akan memudahkan bibit untuk dilepas dari polibagnya.

Pemberian pupuk dasar adalah 3 hari sebelum pindah tanam menggunakan pupuk NPK Phonska. Dosisnya 10 - 20 gram per lubang tanam. Dapat juga ditambahkan pupuk Cair dengan dosis sesuai pada kemasan.

Sebelum bibit dipindahkan, polibag semai harus disiram air hingga lembab agar akar bibit tidak rusak dan tanahnya tidak pecah. Lubang tanam yang sudah diberi pupuk dasar harus diberi tanah untuk menghindari kontak langsung pupuk dengan akar bibit semangka yang baru dipindahkan.



PEMUPUKAN TANAMAN SEMANGKA DI LAHAN SAWAH


Pemupukan susulan yang pertama diberikan saat tanaman berumur 10 hari setelah pindah tanam menggunakan pupuk Phonska dosis 50 gram/lubang tanam. Pupuk dapat dicampur dengan pupuk Kalsium yang dapat Anda beli di toko Pertanian.

Fungsi dari pupuk Kalsium adalah membuat tanaman lebih kokoh dan untuk mencegah rontoknya calon buah semangka nantinya. Pupuk Kalsium juga dapat meminimalisir serangan jamur sehingga dapat mengurangi pemakaian fungisida.

Pemberian 1 kg pupuk Kalsium dicampur dengan 10 kg pupuk NPK. Aplikasi pemberian dengan cara ditaburkan disekeliling tanaman semangka. Setelah selesai, pupuk ditutup dengan tanah agar tidak kontak langsung dengan tanaman saat terpercik air siraman atau air hujan.

Untuk mengurangi penguapan, dapat diberikan tumpukan jerami sebagai mulsa sehingga tanah tetap lembab. Tidak perlu melakukan 2 kali penyiraman dalam satu hari sehingga dapat hemat tenaga.

PENYERBUKAN TANAMAN SEMANGKA


Biasanya tanaman semangka mulai berbunga pada umur kurang dari 30 hst atau sesuai dengan varietas semangka yang kita tanam. Pada saat muncul bunga, tanaman semangka sudah menjalar sepanjang 1 meter bahkan lebih.
Tanaman semangka yang non biji perlu adanya penyerbukan karena tidak mempunyai bunga jantan alias mandul. Keberhasilan dari penyerbukan semangka tergantung dari serangga kumbang. Penyerbukan oleh serangga karena letak bunga jantan yang terpisah dari bunga betina.
Bunga jantan juga lebih dulu muncul dari bunga betina sehingga beberapa bunga jantan menjadi rontok. Untuk mendapatkan buah yang seragam dan rontoknya bunga karena gagal melakukan penyerbukan, maka penyerbukan buatan bantuan manusia alternatif yang dipilih.
Caranya dengan mengambil bunga jantan, mengambil serbuk sarinya dan ditempelkan pada putik bunga betina. Proses penyerbukan yang berhasil ditandai dengan membesarnya bunga betina menjadi calon buah. Bila gagal, tampak bunga betina yang menghitam lalu rontok.
Pemupukan tambahan dilakukan saat tanaman semangka sudah berbuah sebesar telur ayam. Di sekeliling tanaman dibuatkan 4 atau 6 lubang kecil dengan jarak 15 cm dari batang semangka. Masukkan pupuk Phonska pada lubang-lubang tersebut lalu tutup dengan tanah. Tanaman disiram agar pupuk cepat larut.
Perkembangan buah harus senantiasa dicek dengan rutin. Apabila perkembangan buah lambat dan bentuk buah tampak kurang normal maka perlu penambahan pemberian pupuk. Tanaman semangka termasuk tanaman yang rakus pemakaian pupuk.
Bila buah semangka sudah sebesar kepalan tangan orang dewasa maka tambahkan pupuk Kalsium sesuai dosis pada kemasan. Hal ini bertujuan untuk mencegah buah busuk dan untuk meningkatkan daya tahan buah saat penyimpanan jangka lama nanti.

SERANGAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SEMANGKA


tanaman semangka, menanam semangka, jual benih hibrida, lmga agro
PERANGKAP LALAT BUAH
Serangan dari penyakit akibat jamur dan bakteri dapat dikurangi dengan aplikasi pemberian pupuk Kalsium. Karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tanaman dari penyakit. Namun bila sudah sulit dikendalikan dapat menggunakan fungisida dan dapat Anda konsultasikan ke Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Serangan dari lalat buah dapat diatasi dengan memasang perangkap petrogenol saat mulai tanam sampai panen selesai. Perangkap petrogenol dapat dibuat sendiri dari botol plastik bekas atau dibeli di Toko Online pertanian LMGA Agro.

Serangan hama ulat daun hijau sangat sulit dikendalikan. Hama ini seringkali menyebabkan struktur daun menjadi rusak, bopeng bahkan daun berhenti pertumbuhannya. Hama lalat buah dan busuk buah menyebabkan buah membusuk sebelum buah matang.
Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium dan bercak jamur yang terjadi pada akar dan batang. Pemakaian benih hibrida telah memiliki keunggulan benih toleran dari penyakit dan virus sehingga dapat meringankan petani dalam budidaya semangka menggunakan benih hibrida.



PANEN PADA BUDIDAYA TANAMAN SEMANGKA


Semangka dipanen pada umur rata-rata 60 hari setelah tanam atau tergantung dari jenis varietas tanaman semangka yang kita budidayakan. Ciri-ciri buah yang siap dipanen adalah warna buah yang agak pucat, tangkai buahnya sudah mengecil dan sulur yang dekat tangkai buah sudah mulai kering.

Untuk panen kedua dan ketiga tergantung dari pemeliharaan setelah panen yang pertama. Agar panen kedua baik maka setelah panen pertama, hendaknya tanaman tetap disiram dan ada penambahan pupuk. Maka dengan cara tersebut, dalam 10 hari kedepan panen kedua dapat dilakukan.

Buah semangka yang berukuran lebih kecil pun, masih bisa laku di pasaran dan banyak yang berminat meskipun harga jualnya tidak sama dengan ukuran buah yang besar. Sehingga berarti dengan menanam tanaman semangka, keuntungan yang diperoleh terus mengalir sampai tanaman tidak berbuah.

Demikian artikel Tanaman Semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Hubungi Toko Online Pertanian LMGA Agro jual lengkap dan harga murah benih hibrida unggul bibit tanaman sayur dan buah.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi pertanian tentang budidaya tanaman seperti semangka inul dan tanaman buah dan sayuran lainnya. Jual murah berbagai jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian sarana prasarana bercocok tanam.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melalui jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8, POS dan lain-lainnya siap mengirim pesanan Anda dengan cepat dan dijamin sampai pada tujuan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba bercocok tanam tanaman semangka.

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...