TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/07/19

MENTIMUN, MANFAAT DAN PANDUAN PRAKTIS BUDIDAYANYA

mentimun, timun, budidaya mentimun, manfaat mentimun, jual benih, lmga agro
Manfaat Mentimun
Untuk Kesehatan
Mentimun, Manfaat dan Panduan Praktis Budidayanya. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro membantu Anda menyediakan berbagai benih timun hibrida F1. Kami juga jual murah harga bersaing jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Membantu petani tentang cara bercocok tanam terutama mentimun. Juga tentang manfaat mentimun bagi tubuh kita. Membantu mengatasi masalah di lapangan.

Mentimun, orang biasa menyebutnya timun, biasa dijadikan pelengkap pada lalapan, dibuat acar atau salad. Meski hanya sebagai pelengkap, mentimun memiliki manfaat banyak bagi kesehatan tubuh.

Mentimun juga punya sebutan lain yaitu ketimun ini banyak dikonsumsi tanpa melalui proses pemanasan. Artinya bahwa timun ini lebih sering dimakan mentah saja, seperti untuk bahan rujak. Banyak mengkonsumsi ketimun memberikan khasiat yang baik bagi tubuh.

MANFAAT UNTUK KESEHATAN DAN KANDUNGAN TIMUN


Nama latin dari mentimun atau timun atau ketimun adalah Cucumis sativus. Buah ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh.
Mentimun mengandung :
  • 0,65% protein.
  • 0,1% lemak.
  • 2,2% karbohidrat.
Buah timun ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Mentimun adalah buah berbiji, mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti. Berfungsi untuk mengobati anak-anak  menderita cacingan. Biji mentimun bermanfaat meredakan radang tenggorokan.

Anda cukup mencampur biji timun dan sedikit garam. Lalu dibuat untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

Timun termasuk jenis sayuran dalam keluarga tanaman labu dan semangka. Dalam satu famili yaitu Cucurbitaceae.  Mentimun, begitu juga pada buah semangka, memiliki kandungan air tinggi.

Ketimun mengandung rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, dalam 1 cangkir timun irisan plus kulit yaitu sekitar 119 g. Didalamya mengandung 115 gram Air, 16 kalori, 0,8 gram Protein, 0,2 Lemak dan 2,9 gram Karbohidrat ( 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula ).

Secangkir ketimun tersebut sudah mencukupi kebutuhan harian akan vitamin dan mineral. Yaitu 11% dari vitamin K, 4% vitamin C, Magnesium, Kalium dan Mangan. Sebanyak 2 % vitamin A, Thiamin, Riboflavin, B6, Folat, Asam Pantotenat, Kalsium, zat besi, Fosfor, Seng dan Tembaga.

MANFAAT MENTIMUN UNTUK WAJAH


budidaya mentimun, timun, manfaat mentimun, jual benih murah, lmga agro
Mentimun, Manfaat dan Budidayanya
Manfaat Mentimun tidak diragukan lagi untuk wajag karena sudah lama mentimun dujadikan bahan untuk masker wajah. Mentimun juga bermanfaat bagi bagian wajah lainnya seperti mata.

Manfaat mentimun ini paling umum diketahui yaitu mengobati mata bengkak. Mata bengkak bisa disebabkan tidur terlalu larut atau mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer.

Caranya iris tipis mentimun, lalu taruh dikedua mata. Lakukan sambil berbaring selama 15 menit.


Mentimun sering dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk kulit berjerawat. Manfaat timun berguna bagi kulit karena mengandung vitamin B5 efektif untuk menghilangkan jerawat.

Mentimun mengandung antioksidan dan silica  dan telah terbukti dapat menghilangkan lingkaran hitam sekitar kulit mata. Caranya mudah, cukup meletakkan 2 irisan timun di bagian mata dan diamkan selama 30 menit.


Manfaat mentimun dapat mencerahkan dan pemutih wajah. Cukup menghaluskan timun dan dicampur perasan air lemon secukupnya. Oleskan pada wajah selama 30 menit lalu bilas air bersih.

Masker mentimun bermanfaat pula untuk mengecilkan pori-pori wajah. Memang tidak langsung mengecilkan tapi paling tidak pori-pori besar akan tersamarkan dan mudah tertutup.

Manfaat mentimun juga dapat mengatasi masalah kulit sensitif, kulit wajah kering dan penuaan dini. Wajah sensitif rentan sekali mengalami peradangan. Wajah akan mudah memerah, mengelupas dan sampai pada muncul jerawat.

Manfaat mentimun didalamnya terdapat vitamin C dan caffeic acid. Memberikan manfaat untuk mencegah penuaan dini. Dipercaya mampu menghilangkan keriput wajah dan melindungi kulit wajah dari sinar UV.

MANFAAT MENTIMUN UNTUK HIPERTENSI


Hipertensi atau penyakit darah tinggi paling banyak disebabkan karena buruknya pola makan dan pola hidup tidak sehat. Mirisnya kini, anak muda banyak mengalami tekanan darah tinggi.

Penyakit hipertensi ini sebenarnya bisa ditanggulangi menerapkan pola makan sehat, kaya serat dan penuh nutrisi. Mentimun dikenal sayuran buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mentimun mengandung unsur magnesium, kalium, serat dan banyak kandungan air. Kandungan kalium dalam manfaat mentimun dapat mempertahankan kadar sodium dalam tubuh. Fungsinya untuk mencegah aterosklerosis dan dapat mempengaruhi pengaturan tekanan darah.


Manfaat mentimun adanya kandungan serat didalamnya berfungsi meminimalkan kolesterol. Serat dalam manfaat mentimun sebagai pengatur tekanan darah sehingga tidak naik dan tidak terkontrol. Serat dalam manfaat mentimun juga dapat menurunkan berat badan.

Manfaat mentimun dapat menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah pada level normal. Hal ini diyakini benar karena mentimun mengandung mineral yaitu potassium, magnesium dan fosfor. Mineral ini bermanfaat meningkatkan pembuangan urine dan mengandung air cukup banyak. Sehingga tekanan darah dapat turun.

Potassium sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Dari penelitian yang dilakukan menggunakan sampel penderita hipertensi usia 40 - 50 tahun. Rutin mengkonsumsi jus timun 250 cc selama 3 hari berturut-turut menunjukkan angka tekanan darah yang turun.


MANFAAT MENTIMUN UNTUK DIET


Manfaat mentimun mengandung 95% air dan rendah kalori. Mentimun mengandung pula serat tinggi cocok sebagai camilan yang membuat kita kenyang. Konsumsilah 3 buah timun sehari untuk mencegah dehidrasi dan tubuh tetap sehat.


Selulit dipastikan menimpa ibu-ibu baru melahirkan karena lemak berlebih dan terjadi penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu. Manfaat mentimun dapat menyingkirkan selulit menumpuk. Sekaligus dapat memadatkan kolagen di kulit.

Manfaat mentimun tinggi nutrisi dan rendah kalori, sangat ampuh meredakan stress dan memberikan rasa rileks. Irisan mentimun yang dimasukkan dalam air mendidih dapat memberikan aroma menenangkan. Senyawa kimia dan nutrisi dalam timun akan bereaksi dalam air panas, lalu melepaskan uap yang merilekskan.




MANFAAT MENTIMUN UNTUK TULANG, GINJAL HINGGA JANTUNG


Manfaat mentimun mengandung unsur silikon, fluorin dan Kalium. Kadar kalori timun rendah. Sehingga manfaat mentimun dapat membantu merangsang ginjal membuang sisa metabolisme dan lemak dalam tubuh.

Manfaat mentimun dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Timun mengandung 95,2% air, berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Berarti bahwa sekitar 26% asupan air harian terpenuhi dengan mengkonsumsi timun.

Potongan mentimun dapat dimasukkan dalam segelas air sebagai minuman infused water. Adanya rasa tambahan dari ketimun, membuat kita meminum air putih lebih banyak.

Sebagai sumber vitamin K  tinggi, manfaat mentimun baik untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dikaitkan terjadinya risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang baik bagi tulang.

Manfaat mentimun mengandung unsur lignan dan cucurbitacun mampu melindungi tubuh dari kanker. Flavonoid fisetin dalam manfaat mentimun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Flavonoid dalam manfaat mentimun merupakan antioksidan, dapat memberikan perlindungan dari serangan jantung. Biji mentimun bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dengan kandungan LDL buruk dan meningkatkan HDL baik.

MENTIMUN DAN BUDIDAYANYA


budidaya mentimun zatavy, timun, manfaat mentimun, jual benih mentimun, lmga agro
Mentimun Hibrida Zatavy
Habitus mentimun berupa herba lemah melata dan setengah merambat. Mentimun merupakan tanaman semusim. Tanaman setelah berbunga dan berbuah, akan mati.

Pembungaannya berumah satu ( monoecious ), bunga jantan dalam satu rumah dan bunga betina hermaprodit ( kelamin ganda ). Bunga pertama keluar saat berumur 4 - 5 minggu adalah bunga jantannya. Bunga-bunga selanjutnya akan muncul bersifat hermaprodit.

Dalam satu tumbuhan, dapat muncul hingga 20 buah. Namun dalam budidayanya, jumlah buah dibatasi agar buah muncul dapat berukuran besar. Mentimun, buah berwarna hijau ketika muda memiliki larik-larik putih kekuningan.

Semakin buah masak, warna kulitnya berubah menjadi hijau pucat sampai berwarna putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologis. Buah masak, biasanya mengering, biji mentimun saat panen berwarna hitam.

Lahan yang cocok budidaya timun adalah tanah sawah berpengairan teknis, ketinggian tempat antara 0 - 1000 m dpl. Musim yang tepat untuk budidaya mentimun adalah pada musim kemarau. Mentimun membutuhkan lokasi dengan suhu udara 22 - 30 °C.

Lokasi  ideal adalah dataran rendah, memiliki tanah yang kaya akan humus dan subur. Memiliki kadar keasaman atau pH 6 - 7. Mentimun ( Cucumis sativus ) mudah beradaptasi pada berbagai jenis iklim.

Menanam mentimun di musim kemarau dilaksanakan sekitar bulan Maret atau bulan Agustus. Pengolahan tanah menggunakan cangkul, dibuat bedengan ukuran lebar 80 - 90 cm dan tinggi 30 cm. Saluran air dibuat lebarnya > 70 cm.



MENGENAL MACAM DAN JENIS MENTIMUN



Macam buah mentimun secara garis besar dibagi menjadi 2 golongan, yaitu :


1. Mentimun/Timun
dimana buah timun ini terdapat bintil-bintil seperti jerawat. Terutama pada bagian pangkal buahnya. Jenis timun ini ada 3 macam yaitu : ( 1 ) Mentimun biasa, memiliki kulit tipis dan lunak. Buah saat muda berwarna hijau keputih-putihan. Setelah tua mentimun berwarna coklat. Jenis ini banyak ditanam petani dan masuk kategori timun unggul.

( 2 ) Mentimun watang , memiliki kulit tebal dan agak keras. Buah saat muda berwarna hijau keputih-putihan dan setelah tua berwarna kuning tua. ( 3 ) Mentimun wuku, mempunyai kulit agak tebal. Buah saat muda berwarna agak coklat.

2. Mentimun Krai

Buahnya halus dan tidak berjerawat. Buahnya berwarna kekuning-kuningan dan bergaris-garis putih. Ada 2 macam jenis timun krai, yaitu : ( 1 ) Timun Suri atau bonteng suri. Di Jawa Barat dikenal dengan sebutan timun puan.

Timun suri mempunyai buah yg besar sekali, hampir 10 x lipat dari timun biasa. Bentuknya lonjong ( Oval ). Timun suri sering dibuat campuran es sirup. ( 2 ) Krai ukuran besar. Buah dan rasa mentimun ini sama dan mirip timun biasa.

Dari jenis-jenis mentimun tersebut, jenis hibrida adalah paling banyak untuk dibudidayakan. Mentimun hibrida lebih cepat umur panennya, buah yang dipetik berkualitas dan diminati oleh pasaran. Terpenting adalah mentimun hibrida ini lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Terdapat 3 jenis varietas mentimun Hibrida dan paling sering dibudidayakan petani karena produksinya tinggi. Di bawah ini akan Kami jabarkan satu persatu benih-benih mentimun hibrida dan pastinya memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

1. Mentimun Hibrida METAVY


budidaya mentimun metavy, timun, manfaat mentimun, jual benih murah, lmga agro
Mentimun Hibrida Metavy
Mentimun Metavy Cap Panah Merah mempunyai ukuran cukup panjang. Yaitu sekitar 27 cm, kulit buah hijau gelap. Bila ditanam di musim hujan, mentimun akan cenderung berwarna agak hijau keputihan.

Apalagi bila mentimun ternaungi daun, warna kulitnya hijau keputihan dan kurang disukai konsumen. Pasar kurang bisa menerima mentimun tersebut.

Mentimun Metavy kadang keluar rasa pahitnya. Maka agar tidak pahit, disarankan setelah mentimun dipetik, mentimun dibalik agar getahnya ke arah bawah. Sehingga rasa pahit akan berkurang. Pemakaian pupuk sebaiknya tidak menggunakan pupuk Nitrogen, yaitu Urea dan ZA.




2. Mentimun Hibrida ZATAVY


Mentimun Zatavy sangat tahan terhadap virus. Umumnya mentimun tahan virus, buah akan pahit pada bagian pangkalnya. Namun mentimun Zatavy tidak pahit pada pangkal buahnya.

Mentimun tetap berwarna hijau gelap meskipun ternaungi daun atau pencahayaan kurang. Batang mentimun Zatavy kuat dan kokoh. Batang sangat kuat menahan hembusan angin. Buah yang dihasilkan banyak.

Mentimun Zatavy memiliki potensi hasil sangat tinggi. Bila varietas lainnya berkisar 45 - 50 ton/ha maka mentimun Zatavy berpotensi panen sebesar 60 - 70 ton/ha.

3. Mentimun Hibrida KOMANDAN


Mentimun Komandan adalah benih mentimun hibrida produk dari Bintang Asia. Tahan virus, buah tidak pahit dan cocok disegala musim. Cocok ditanam di dataran rendah. Dapat tumbuh baik di musim kemarau mupun musim hujan.

Mentimun Komandan dapat hidup meskipun di daerah endemik virus Gemini. Tahan virus Gemini dan tahan penakit kresek daun ( Downey mildew ).

Bentuk buahnya siliner, ujung tumpul dan kulitnya berwarna hijau gelap. Ukuran buah 24 x 4,5 cm, tahan disimpan agak lama dan buahnya tidak pahit. Potensi hasil panen mentimun Komandan 70 - 80 ton/ha.

CARA BUDIDAYA MENTIMUN PRAKTIS DAN MUDAH



Mentimun Hibrida Monas
Pengolahan tanah dilakukan menggunakan cangkul. Membuat bedengan lebar 80 - 90 cm dan tinggi 30 cm. Antar bedengan digunakan sebagai saluran air dibuat lebar ± 70 cm.

Pemberian pupuk menggunakan pupuk kandang ( pupuk organik lain ) yang sudah matang ± 200 gram ( 8000 kg/ha ). Pemberian pupuk pada lubang tanam untuk menanam benih. Jarak lubang tanam 60 x 40 cm. Penanaman benih menggunakan cara tugal dan jumlah benih 2 - 3 biji per lubang.

Pupuk buatan ( an-organik ) menggunakan NPK Phonska, Urea/ZA, TSP, KCL dan pupuk daun. NPK 150 kg/ha, Urea/ZA 100 kg/ha, TSP 50 kg/ha dan KCl 50 kg/ha.

Pemberian pupuk dilakukan dengan 2 cara yaitu :
  • Pupuk dilarutkan dalam air lalu disiramkan di sekitar tanaman. Interval pemberian 7 hari sekali sebanyak 7x.
  • Pupuk diberikan pada larikan atau sistem tugal berjarak sekitar 5 - 10 cm dari tanaman sebanyak 3x pemberian pupuk.

Perawatan lain dalam budidaya mentimun yaitu pemberian atau pengaturan air. Keberadaan air harus selalu tersedia pada salauran tetapi tidak sampai merendam guludan.

Perlakuan penyiangan dilakukan secara intensif agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu. Pemasangan ajir dilakukan setelah sulur mentimun mulai keluar.

Untuk mengendalikan jamur yang menyerang tanaman, menggunakan fungisida seperti Dithane. Untuk jenis serangan hama disemprot menggunakan insektisida seperti Supracide.



PENJABARAN CARA PENYEMAIAN BENIH MENTIMUN


Penyemaian akan membuat tanaman tidak sulit untuk beradaptasi di lahan tetap dan luas. Tingkat kematian bibit baru dipindah juga dapat diminimalisir. Ada beberapa tahap cara menyemai benih yang dapat dilakukan.

  1. Sehari sebelum benih disemai, sebaiknya benih direndam dalam air. Pilihlah benih yang tenggelam dan buanglah benih mengambang karena benih tersebut berkualitas buruk.
  2. Buat media tanam dari campuran tanah halus ( sudah diayak ) dan pupuk kandang halus ( sudah diayak dan matang ).
  3. Campurkan merata hingga gembur lalu masukkan dalam polybag semai ( ukuran kecil ). Sebelumnya lubangi dulu bagian dasar polybag untuk aerase air dan udara.
  4. Letakkan polybag di tempat teduh dan ternaungi.
  5. Buat lubang tanam pada media semai sedalam 0,5 - 1 cm menggunakan tangan.
  6. Tanam/benamkan benih pada lubang tanam. Setiap polybag satu benih.
  7. Siram dan tutup menggunakan daun-daun kering untuk merangsang perkecambahan.
  8. Setelah 4 - 5 hari, benih berkecambah maka tutup dapat dibuka/buang.
  9. Pemeliharaan benih samapai menjadi bibit berumur 2 minggu dan menjadi siap untuk dipindahkan ke lahan tanam.

PERAWATAN LENGKAP BUDIDAYA MENTIMUN


  1. Pemasangan ajir dilakukan setelah mentimun berumur 1 - 2 minggu setelah pindah tanam. Ajir dibuat dari bahan bambu yang kokoh namun ringan.
  2. Susunlah ajir dalam bentuk dan pola seperti huruf V terbalik. Lalu pasangkan benang nilon dari ujung ajir yang satu ke ajir sebelahnya di setiap bedengan.
  3. Fungsi benang nilon adalah merambatkan tanaman. Benang nilon dapat diganti menggunakan tali salaran ( dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro ).
  4. Talikan batang mentimun pada ajir agar pertumbuhan tanaman mengikuti panjang ajir.
  5. Pemupukan pertama dilakukan pada uur 12 HST. Pemberian pupuk adalah Urea/ZA, KCl, TSP, DAP dan KNO3. Pemberian dosis masing-masing adalah 100 : 100 : 100 : 100 : 25  ( satuan gram ) dan larutkan dalam 10 liter air.
  6. Pemberian pupuk cara dikocor pada lubang pupuk samping tanaman. Pengocoran pupuk dilakukan 5 - 6 kali. Yaitu pada umur 12, 15, 18, 20, 23, 26 HST.
  7. Setelah berumur 29 HST pupuk diberikan dengan sistem tabur pada lubang pupuk dekat tanaman. Pupuk yang diberikan Urea, TSP, KCl dan NPK dengan perbandingan dosis 2 : ½ : ½ : 1.
  8. Penyiraman dilakukan sejak saat awal masa tanam. Penyiraman dilakukan bersamaan pemupukan sistem kocor. Penyiraman rutin pada awal masa tanam minimal 2 kali sehari. Namun bila cuaca sedang hujan atau tidak terlalu terik, intensitas penyiraman dapat dikurangi.


PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT MENTIMUN


Hama mentimun utama adalah kutu daun/kutu kebul ( Bemicia tabaci ), Thrips dan Aphids, Ulat grayak ( Spodoptera litura ), Pengerek daun ( Liriomyza sp. ), Tungau/mite/cambuk merah dan Kumbang daun.

Kutu daun menyerang tanaman mentimun, menimbulkan gejala berupa daun mengeriting dan menggulung. Pertumbuhan tanaman terganggu dan tidak normal.

Ulat grayak menyerang daun dan buah mentimun masih muda. Ulat menyerang masih stadium larva.
Ulat tanah merusak tanaman saat penyemaian atau saat awal pindah tanam. Ulat merusak bagian bawah tanaman.

Pengerek/pengorok daun merusak daun dengan cara mengorok dan meninggalkan bekas korokannya. Daun yang diserang tampak ada alur tak beraturan. Menyebabkan gangguan pada pertumbuhan daun dan tanaman secara keseluruhan hingga tanaman menjadi kering dan mati.

Tungau/mite atau cabuk merah menyerang daun hingga daun menjadi keriting. Daun menjadi berwarna kuning dan akhirnya kering.

Kumbang daun menyerang dan memakan bagian atas dan bawah daun hingga daun tampak berlubang-lubang.

Penyakit Tanaman Mentimun


Penyakit mentimun yang sering menyerang adalah Dumping off ( rebah semai ), layu Fusarium, Layu bakteri, Downy mildew ( embun bulu ), Powdery mildew ( embun tepung ) dan Gummy stem blight.

Dumping off atau rebah semai dalam Bahasa Indonesia, disebabkan oleh jamur Phytium sp. Gejala serangan terdapat bercak coklat melingkar pada pangkal batang. Cara mencegahnya yaitu melakukan penyemprotan fungisida pada bibit yang disemai. Juga mencelupkan bibit pada larutan fungisida sebelum pindah tanam.

Layu fusarium ditunjukkan adanya gejala layu pada tanaman mulai dari bawah. Daun dan batang layu, selanjutnya mengering dan akhirnya mati. Pengendalian dengan cara dikocor menggunakan fungisida. Pengocoran dilakukan pada lubang tanam.

Layu bakteri pada mentimun menyebabkan tanaman layu secara mendadak dan lalu mati. Pengendalian menggunakan bakterisida yang tepat dengan cara dikocorkan pada lubang tanam.

Downy mildew ( embun bulu ) menyerang tanaman dengan meninggalkan bercak daun kuning berwarna coklat. Bagian bawah daun terdapat spora. Pengendalian dan pencegahannya yaitu menyemprotkan fungisida.

Powdery mildew ( embun tepung ) menyebabkan timbulnya bercak putih bagian bawah daun. Lalu berkembang ke atas permukaan daun sehingga daun akan terlapisi tepung putih. Bagian bawah daun sering terserang terlebih dahulu karena disitu terdapat stomata ( mulut daun ). Pencegahan dan pengendalian yaitu menyemprotkan fungisida.

Gummy Stem Blight akan muncul bila kondisi lingkungan panas namun kelembabannya tinggi. Serangan dimulai dari batang ruas bawah, ditandai munculnya blendok atau gummy berwarna coklat pada batang yang pecah.

Pencegahan penyakit ini yaitu rutin selalu melakukan sanitasi lahan dan menggunakan benih tahan penyakit. Cara mengendalikannya yaitu mengoleskan fungisida di batang yang busuk.

Langkah untuk mencegah serangan hama dan penyakit mentimun adalah menggunakan benih tahan penyakit. Benih hibrida mentimun sudah mendapat perlakuan pestisida sehingga dapat tahan serangan hama dan penyakit. Di Toko Pertanian online LMGA Agro tersedia benih hibrida terpercaya bebas serangan hama dan penyakit.

Apabila terjadi serangan sampai pada ambang batas, lakukan penyemprotan sesuai OPT dan dosis sesuai yang tertera pada label kemasan. Gunakan pestisida secara bijak dan menurut saran dari produsen pestisida.

PANEN MENTIMUN


Panen mentimun dilakukan setelah umur 42 HST. Beberapa varietas mentimun juga ada yang dapat dipanen umur 35 HST. Selain dilihat dari umur tanaman, waktu panen juga dapat dilihat dari ukuran buahnya.

Bila sudah tampak ukuran buah cukup besar, sebaiknya mentimun segera dipanen. Dengan cara dipetik berikut tangkainnya. Interval panen mentimun setiap 5 - 6 hari sekali. Hasil panen yang diperoleh tergantung dari varietasnya masing-masing. Rata-rata sekitar 40 - 50 ton/ha.

Panen mentimun bisa dilakukan bertahap selama 1 bulan atau lebih. Saat pagi hari, kita bisa memetik buah yang sudah matang. Setiap panen, tanaman bisa menghasilkan 2 - 3 buah mentimun.

Setelah dipanen, letakkan mentimun ditempat sejuk dan teduh agar kandungan air mentimun bertahan lama. Kulitnya juga tidak mudah rusak. Sehingga perlu hati-hati saat mengemas mentimun dalam wadah. Mentimun bisa dipasarkan dengan menggunakan wadah karung atau plastik berlubang-lubang untuk jalan lewatnya udara.

Demikian artikel tentang Mentimun, Manfaat dan Panduan Praktis Budidayanya. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan jual benih hibrida berbagai varietas buah dan sayur. Kami menjual juga jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menerima layanan konsultasi tentang manfaat mentimun dan cara budidayanya agar mendapatkan hasil panen banyak. Membantu menentukan varietas mentimun yang sesuai dengan lokasi lahan tanam. Membantu bila ada permasalahan di lapangan mengenai bercocok tanam budidaya pertanian.

Semoga artikel tentang Manfaat mentimun dan cara budidayanya dapat bermanfaat bagi pembaca. Kami siap mengantar pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat dan harga bersaing. Bersama jasa ekspedisi seperti JNE, KI8, POS INDONESIA, TIKI dan lain-lain, barang dijamin samapi di tempat tujuan. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...