BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/08/2013

Read

Benih Unggul Yang Di Tunggu - Tunggu Setelah Lama Kosong

Benih, Benih Unggul, Harga Benih, Clara, Melon, Lmga Agro
Kalangan petani penggunaan benih unggul terkadang masih sulit berubah. Terutama yang luas area penanamanya besar, biaya yang terbatas hingga kepemilikan lahan kecil. Padahal benih kualitas unggul kini jadi syarat utama bagaimana petani bisa meningkatkan hasil.

Hingga kini tingkat penggunaan benih unggul pada kalangan petani masih rendah. Terutama pada daerah yang lokasi tanam nya tidak produktif. 

Perlu sosialisasi hingga program yang berkelanjutan agar petani mau menggunakan benih unggul baik yang sifatnya open polinate hingga hibrida.

Nilai investasi penggunaan benih unggul atau hibrida pada aktifitas usaha pertanian ada pada sekitar 10 %. Angka 10 % ini adalah dari keseluruhan biaya yang petani kuluarkan dari total biaya dalam satu kali proses tanam. 

Namun penggunaan benih varietas unggul ini sudah tinggi pada daerah yang lahan pertanian bisa produktif serta bisa jadi lokasi tanam sepanjang tahun.

Apalagi sentra pertanian yang selama ini sering menghadapi serangan hama penyakit cukup tinggi. Penggunaan benih sudah tahan hama penyakit menjadi kebutuhan utama petani agar bisa panen dengan baik.

Karena itu pemberian informasi terhadap petani perlu dilakukan secara bersama - sama dan terintegrasi mulai dari penyuluh lapang ( PPL ) baik dari pemerintah maupun dari pabrikan yang memproduksi benih. 

Jangan sampai gara-gara pengetahuan dan informasi yang terbatas membikin petani tersesat. Bahkan bisa menjadi bahan perahan dan sasaran orang - orang yang tidak bertanggung jawab dalam usaha mendapatkan benih. 

Sebagai ilustrasi contoh saja sebagai berikut : Karena benih jagung DK yang akan ditanam kosong dari pabrikan, maka tingkat permintaan terhadap benih tersebut akan meningkat. 

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap standart penetapan harga di tingkat penjual ( menaikkan harga ) yang terkadang bisa 2 kali dari harga produsen. 

Tetapi dengan pengetahuan petani akan wawasan terhadap benih sejenis yang setara maka hal tersebut akan bisa dihindari. 

Maka petani harus punya solusi hingga benih pilihan cadangan yang bisa mereka jadikan alternatif yang tidak kalah hasilnya saat benih unggulan utama kosong.

Dengan demikian kontribusi modal berupa benih tidak telalu jauh dari 10 % dari biaya proses produksi secara keseluruhan.

Hal tersebut akan mengurangi tingkat biaya keseluruhan tanam petani dan petani akan bisa bersaing dari segi harga jual. 

Dari dasar tersebut sebenarnya petani tidak perlu menunggu terhadap varietas atau  nama benih tertentu yang justru akan menyebabkan petani itu rugi sendiri. Rev. 02/09/22.

Cara Mengindari Harga Benih Unggul Kosong Dan Mahal


Karena itu ada berapa solusi yang bisa kita tempuh untuk mengindari kejadian diatas terulang lagi. Langkah - langkah tersebut harus dikukan dan ditempuh oleh PPL dan petani itu sendiri.
  1. Tingkatkan dan sosialisakan nama benih, pabrik yang memproduksi  ( baik segi harga, kualitas  dan hasil ) dari benih yang selama ini ditanam petani.
  2. Petani harus mempunyai Channel dan hubungan langsung ke suplayer benih lebih dari satu dan lebih bervariasi.
  3. Mempunyai koneksi jaringan luar area dimana dia menanam ( bisa beda kota atau Propinsi ).
  4. Pembelian benih bisa juga dilakukan secara online di beberapa toko online yang sudah terpercaya.
  5. Perilaku brand minded petani terhadap satu produk harus kita tinggalkan.
Dengan cara seperti tersebut diatas maka diharapkan petani tidak perlu terjebak dalam lingkaran harga tinggi, stok terbatas dari suplay benih yang susah.

Jika anda masih kesulitan dengan kebutuhan usaha mandiri bisnis berkebun, silakan hubungi toko pertanian Lmga Agro. Team mandiri bisnis kami dengan senang hati akan membantu memenuhi kebutuhan usaha kebun anda.

Sebagai toko pertanian terdekat dengan petani maka kami juga memberi jaminan barang pasti datang hingga uang anda kembali 100 %

Hal ini bertujuan agar petani mudah hingga aman saat transaksi denga toko tani kami. Harapan kami kemudahan yang kami berikan bisa mampu memberi nilai tambah serta keringanan bagi petani.

Toko pertanian Lmga Agro jual berbagai macam benih unggul, hinbrida dengan jaminan original pabrik. Kami tunggu belanja online dari petani dan pembaca semua dari seluruh Indonesia.

Kami jual berbagai macam benih unggul serta hibrida lengkap. Mulai dari benih : cabe, tomat, melon, semangka, kacang panjang, buncis, oyong, pare, jagung manis serta yang lain.


Demikian sedikit tulisan kaki tersebut semoga bermanfaat dan bisa membuka wacana cari berpikir kita semua. 
 

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.