TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Senin, 14 Desember 2015

TERONG F1 HIJAU KUAT, SI KUAT DI MUSIM PENGHUJAN


           
benih terong, terong hijau, hijau kuat, known you seed
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Terong/terung mempunyai nama ilmiah Solanum melongena L., tanaman asli daerah tropis ini cukup dikenal di Indonesia sebagai salah satu sayuran favorit. Bisnis sayuran ini masih menjajikan bagi petani karena permintaan pasar yang cukup besar. Sayuran ini memiliki beberapa nama daerah diantaranya terong (Jawa), torung (Batak), cuang, taung (Bali), dan nasubi (Jepang). Umumnya terong dapat dikonsumsi setelah dimasak , tapi beberapa jenis terong dapat dimakan mentah sebagai lalapan.


            Konsumsi terong ini tidak hanya sebagai sayuran, melainkan sebagai obat tradisional antara lain gatal pada kulit, obat sakit gigi, wasir, tekanan darah tinggi, pelancar air seni, dan memperlancar proses persalinan jika sering dikonsumsi saat hamil.

            Petani Indonesia sebagian besar melakukan budidaya terong menggunakan benih dari hasil seleksinya sendiri, sehingga tanaman yang dihasilkan  dan tipe buah sangat beragam. Hal ini tentu saja berakibat pada nilai jualnya tidak bisa maksimal. Agar mendapatkan hasil ekonomi yang maksimal, kemurnian benih sangat penting untuk sitem budidaya yang berkelanjutan. Sehingga buah terong yang dihasilkan seragam dan sesuai deskripsi varietas. Agar sesuai dengan deskripsi varietas maka perlu benih yang bersertifikat.

            Berikut ini deskripsi beberapa jenis terong asli Indonesia :

1.     Terong Kopek Putih
Buahnya berukuran besar dan lonjong dengan bagian ujung buah bulat tumpul seperti buah alpukat atau pir. Saat muda buah memiliki beragam warna yaitu ungu muda, kuning susu, dan hijau keputih-putihan, sedangkan saat tua buah akan berwarna ungu keputihan. Buah yang muda biasa digunakan untuk asinan, sedangkan buah yang telah masak digunakan bahan sayur.

2.     Terong Kopek Ungu
Buahnya berbentuk bulat panjang dengan ujung meruncing. Warna buah terong saat muda adalah ungu muda, sedangkan warna buah saat telah masak adalah ungu tua. Saat buah telah masak selain dikonsumsi sebagai sayur, terong kopek ungu juga bisa dijadikan asinan dan manisan.

3.     Terong Bogor (Terong Kelapa)
Buah yang telah masak berbentuk bulat besar seukuran bola tenis dengan warna putih atau hijau keputih-putihan. Memiliki rasa yang renyah, manis, dan sedikit getir. Konsumsi terong bogor ini dengan cara dilalap

4.     Terung Gelatik
Buah yang masak bentuknya bulat kecil seukuran bola ping pong, warna kulit buahnya ungu atau putih keunguan. Mempunyai rasa yang renyah dan manis, tidak getir seperti terung bogor.

5.     Terung Telunjuk
Bentuknya bulat panjang berwarna hijau atau bebercak putih. Mempunyai diameter kurang lebih 1-1.5 cm dan panjang 10-15 cm. Terong jenis ini jarang ditemui di pasar tradisional, biasanya tersedia di swalayan.

            Kali ini kami akan mengenalkan jenis terong unggulan yang digemari oleh konsumen dan petani. Terong ini memiliki keungulan yaitu tahan genangan, sehingga cocok ditanam saat menjelang musim hujan seperti sekarang ini. Terong hibrida F1 Hijau Kuat adalah benih terong jenis kulit Hijau Produk Known You Seed Taiwan yang banyak di tanam petani dan mempunyai hasil yang tinggi di banding jenis terong lainnya. Tanaman terong  hibrida F1 Hijau Kuat ini mempunyai percabangan yang banyak dan produktif, dengan persentase terbentuknya buah relatif  tinggi. Panjang buah kurang lebih  28 cm dengan diameter 45 cm dan memiliki bentuk buah  yang silindris. Tanaman terong F1 Hijau Kuat ini toleran terhadap genangan, serangan bakteri dan tahan virus. Umur panen 60 HST. Tekstur daging keras dan renyah. Kebutuhan benih 200 gram / ha dan tersedia dalam kemasan 5 gram /sachet. 

            Terong hibrida F1 Hijau Kuat  ini berpotensi panen baik dan memiliki rasa yang enak. Kelemahan dari terong jenis ini adalah harga benih yang relatif lebih mahal yaitu  hampir 3 kali lebih mahal dari benih yang lain yang ada di Indonesia. Namun beberapa fakta dilapangan telah kami dapatkan bahwa terong jenis ini menguntungkan bagi petani, diantaranya adalah :

  • Terong hibrida F1 Hijau Kuat mempunyai potensi hasil bisa mencapai 6 kg / pohon dalam satu siklus tanam
  • Terong hibrida F1 Hijau Kuat mempunyai rasa yang gurih, renyah dan tidak pahit serta getar seperti halnya terong yang lain
  • Tanaman terong hibrida F1 Hijau Kuat produk dari Known You Seed ini di kenal sebagai tanaman terong yang tahan genangan, layu jamur dan bakteri serta tahan terhadap virus
  • Buah terong hibrida F1  Hijau Kuat  mempunyai bentuk buah yang panjang dan ramping dengan berat buah 300 gram / buah, dimana buah keras dan tahan simpan
  • Tanaman terong  hibrida F1 Hijau Kuat bisa berproduksi sampai 12 bulan dengan hasil yang stabil dengan catatan tercukupi kebutuhan pupuk dan intensif dalam pemeliharaan.
  • Tanaman terong  hibrida F1 Hijau Kuat ini mempunyai percabangan yang banyak dan produktif, dengan persentase terbentuknya buah relatif  tinggi.
Dengan potensi hasil yang dimiliki Terong Hijau, disertai kemampuannya yang tahan terhadap genangan sehingga persentasi keberhasilan tanam cukup tinggi, maka sekalipun dengan harga benih yang lebih tinggi dibandingkan benih terong lainnya, apabila dihitung, menunjukkan keunggulan ekonomi Terong Hijau Kuat dibandingkan terong yang lain.

Benih Terong F1 Hijau Kuat dari Known You Seed bisa anda dapatkan di Toko On Line LMGA AGRO.  Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim keseluruh wilayah Indonesia. Kami juga melayani konsultasi Gratis budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...