TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/06/21

Manfaat Timun Benih Hibrida Chin Chang T-2015 Known You Seed

manfaat timun,benih chin chang, known you seed, timun, cara menanam timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Timun Chin Chang F1
Manfaat Timun Benih Hibrida Chin Chang T-2015 Known You Seed. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih mentimun hibrida Chin Chang T-2015. Benih terbaik berkualitas dari Known You Seed. 

Toko pertanian online LMGA AGRO meneydiakan kebutuhan bercocok tanam mulai benihm pupuk, pestisisda, ZPT hingga alat pertanian. Kami juga menerima konsultasi gratis tentang cara menanam tanaman buah atau sayuran hasil maksimal. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta sebagai dropship dan reseller Toko Pertanian LMGA AGRO. 

Mentimun dari jenis benih hibrida Chin Chang T-2015 produk berkualitas buah timun Known You Seed. Buah timun Chin Chang T-2015 memiliki berat buah 70 - 75 gram per buah. Rasa manis dan mengandung banyak air sehingga manfaat timun yang baik untuk kesehatan badan. 

Manfaat timun sangat baik bagi kesehatan. Namun sebaiknya tidak berlebihan makan timun karena ada efek sampingnya. Beberapa kondisi kesehatan tidak dianjurkan makan mentimun. Benih Chin Chang T-2015 timun tidak pahit. 

Kandungan mentimun lengkap sehingga memiliki manfaat timun yang banyak. Manfaat timun banyak digunakan sebagai sayur lalapan dan acar timun. Banyak manfaat timun berguna untuk tubuh kita. Manfaat timun menyegarkan karena kandungan airnya sampai 95% dari berat buah. 

Manfaat timun dapat dinikmati dengan banyak bentuk sajian dan yang paling terkenanl adalah timun sebagai sayur lalapan bersama sayur kobis, kemangi dan kacang panjang. Mentimun juga biasanya diolah sebagai acar, jus atau es timun. 


Timun dari Benih Chin Chang F1 Known You Seed


Nama latin timun adalah Cucumis sativus, L. Benih hibrida timun Chin Chang T-2015 produk Known You Seed memiliki bobot buah 70 - 75 gram per buah. Ukuran buahnya panjang yaitu 11 x 3,3 cm. Warna kulit buah yaitu hijau keputihan. 

Bentuk buah timun Chin Chang menarik dan mengkilap. Daging buahnya berasa renyah dan manis dengan kandungan manfaat timun yang tinggi. 

Setelah dipetik, mentimun Chin Chang T-2015 dapat tahan lama selama penyimpanan. Mentimun Chin Chang F1 juga tahan selama pengangkutan untuk dipasarkan pada jarak jauh atau dekat.   

Manfaat timun mengandung banyak air segar dan biasanya digunakan sebagai minuman menyehatkan dan kaya gizi. Manfaat timun mengandung air sebanyak 95% dan baik sebagai minuman pencegah dehidrasi. 

Manfaat timun kaya akan vitamin dan baik bagi tubuh. Terutama kandungan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah timun seringnya dimakan langsung atau mentah oleh kebanyakan orang. 

Manfaat makan timun mentah antara lain : dapat menurunkan kadar gula tinggi dalam tubuh. Timun mentah aman dikonsumsi karena memiliki nutrisi tinggi yang baik juga untuk kesehatan tulang. 

Manfaat makan timun mentah dapat melindungi otak dari penyakit neurologis dan mencegah dehidrasi tubuh. Dapat menurunkan gula darah, melawan peradangan, mengurangi resiko kanker dan mempertahankan berat badan ideal. 




Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh 


manfaat timun, benih chin chang, kandungan timun, bahaya timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online
Manfaat Timun
Manfaat Timun Bagi Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut 
 

Manfaat timun bagi kesehatan kulit dan rambut membantu mengurangi iritasi kulit akibat seringnya terpapar sinar matahari terutama bagi para petani. Mentimun digosokkan pada bagian kulit teriritasi menjadikan kulit terasa dingin. 

Manfaat timun mengandung sulfur dan silikon baik untuk kesehatan rambut. Irisan mentimun mampu meringankan bengkak pada bawah mata. 


Manfaat Timun Sebagai Pengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat timun bagus dikonsumsi penderita diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darahnya. Minum jus timun meningkatkan hormon khusus yang diperlukan sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.  


Manfaat Timun melawan Penyakit Kanker

Buah timun Chin Chang T-2015 mengandung 3 lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol, secoisolariciresinol. Ketiganya membantu mengurangi resiko penyakit kanker seperti kanker ovarium, payudara, kanker prostat hingga kanker rahim. 


Manfaat Timun Menurunkan Kolesterol

Mentimun diketahui ternyata mengandung sterol. Yaitu senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.  


Manfaat Timun Pengontrol Tekanan Darah

Buah timun mengandung magnesium, kalium dan serat sebagai pengontrol tekanan darah tubuh kita. Sehingga tekanan darah tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. 


Manfaat Timun Meredakan Nyeri Sendi dan Encok

Mentimun Chin Chang F1 sumber nutrisi silika yang berfungsi untuk memperkuat jaringan sendi. Minuman jus buah timun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium dan vitamin. Bila rutin meminumnya setiap hari dapat mengurangi nyeri sendi, encok dan menurunkan kadar asam urat.  


Makan Timun Mengurangi Sakit Kepala

Mengunyah beberapa iris buah timun dapat mengurangi nyeri sakit kepala. Hal ini karena manfaat timun mengandung vitamin B, gula dan kandungan elektrolit yang penting bagi tubuh. 


Mentimun Rendah Kalori

Sebagai makanan rendah kalori, mengkonsumsi mentimun baik sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan Anda. Manfaat timun mampu menurunkan berat badan berlebih atau minimal mencegah berat badan bertambah. Mentimun membantu mencapai berat badan ideal.  


Efek Samping Mentimun Bila Dimakan Setiap Hari


Manfaat timun juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai terutama bila dimakan setiap hari. Efek samping buah timun dapat mengganggu proses pembekuan darah karena kandungan vitamin K timun cukup tinggi. 

Manfaat timun dapat mengundang reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu timun mengandung senyawa yang bisa beracun. Karena itu sebelum di konsumsi sebaiknya harus dicuci bersih dengan air mengalir. 

Bagi beberapa orang, manfaat timun dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi menyebabkan rasa tidak enak pada perut bagi penderita gangguan lambung. Diantaranya menyebabkan perut kembung. 

Manfaat timun bila dikonsumsi setiap hari sebenarnya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui cairan urine. Mengkonsumsi mentimun setiap hari baik karena mengandung vitamin dan mineral. Manfaat timun membantu menjaga kesehatan ginjal dan kondisi kandung kemih. 

Asalkan sekali mengkonsumsi cukup beberapa iris saja dan tidak berlebihan. Tidak dijadikan mentimun sebagai makanan utama setiap hari menggantikan nasi. Karena efek sampingnya tidak baik bagi tubuh setelah berjalan beberapa hari. 

Mentimun mengandung cucurbitacin. Yaitu senyawa yang menyebabkan terganggunya sistem pencernaan terutama bila sistem pencernaannya sensitif. Cucurbitacin membuat perut kembung bila mengkonsumsi buah timun berlebihan. 

Namun demikian, manfaat timun sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh karena kaya antioksidan. Pastinya bila Anda mengkonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan. Di Indonesia, orang makan buah timun sehari-hari sebagai sayur lalapan. 




Bahaya Timun pada Orang dengan Kondisi Tertentu


Bahaya timun selain manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh namun tidak baik bagi beberapa kondisi ini. Bahaya timun bisa berakibat fatal bila tetap dilanggar. Beberapa kondisi yang dianjurkan tidak mengkonsumsi mentimun, antara lain :


1. Pengidap Hiperkalemia

Pengidap hiperkalemia adalah seseorang dengan kondisi kelebihan kalium pada tubuhnya. Manfaat timun sebagai sumber kalium tentu tidak baik bagi penderita kelebihan kalium. Kalium dapat mengontrol tekanan darah, baik buat jantung, mencegah gangguan ginjal dan bagus untuk sistem saraf. 

Setelah mengkonsumsi buah timun, hiperkalemia akan merasakan perut kembung, kram perut, buang gas di usus dan gangguan perut lainnya. Bila tetap mengkonsumsi mentimun, kondisi akan memburuk dan mengganggu fungsi sistem ginjal. 


2. Punya Masalah pada Pernapasan

Mentimun tidak boleh dikonsumsi penderita sinusitis dan penyakit pernapasan kronis lainnya. Hal ini karena manfaat timun memberikan efek mendinginkan. Dimana efek mendinginkan semakin memperburuk pernapasan hingga mengakibatkan komplikasi pada pernapasan. 


3. Bahaya Timun Bagi Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau hipoglikemia sebaiknya tidak mengkonsumsi mentimun. Karena manfaat timun membantu mengurangi kadar gula darah tinggi. Terutama bagi penderita komplikasi diabetes. Namun jika gula darah rendah justru membuat semakin rendah dan membahayakan kesehatan. 


4. Bahaya Timun Bagi Perut yang Sensitif

Kandungan cucurbitacin dalam manfaat timun ternyata membuat rasa tidak nyaman perut sensitif. Kandungan tersebut dapat memicu gangguan pencernaan bagi penderita perut sensitif dan bisa semakin parah. 


5. Alergi

Bagi seseorang yang punya riwayat alergi sebaiknya tidak mengkonsumsi buah timun. Karena buah timun didalamnya juga dapat menyebabkan reaksi penderita alergi. 


6. Dehidrasi

Biji dalam manfaat timun merupakan sumber cucurbitin dikenal memiliki sifat diuretik bawaan. Meski sifatnya ringan namun kurang baik bagi yang sedang mengalami dehidrasi. 

Manfaat timun jika dicerna dalam jumlah besar akan mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh. Kondisi tersebut dapat menghambat keseimbangan elektrolitik. Sehingga menyebabkan dehidrasi semakin parah.  




Kandungan Timun yang Harus Anda Ketahui


Kandungan timun varietas Chin Chang T-2015 sangat komplek karenanya sangat baik bagi kesehatan. Dalam 300 gram buah timun belum dikupas kulitnya terdapat kandungan karbohidrat 11 gram, protein 2 gr dan serat 2 gr. 

Selain itu juga terdapat vitamin C, K, unsur magnesium, mangan dan kalium. Agar kandungan gizinya maksimal, disarankan mengkonsumsi mentimun tanpa dikupas. 

Manfaat timun dengan kalori rendah dan kandungan serat tinggi cocok sebagai penurun berat badan. Kandungan timun yaitu sekitar 45 kalori. Kadar kalium atau disebut potassium manfaat timun adalah sekitar 152 mg. Kalium berkhasiat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko sakit stroke dan jantung. 

Vitamin C mentimun setiap berat 100 gram memtimun mengandung 10 mg vitamin C. Untuk timun suri sebanyak 100 g mengandung 24,86 mg. Peran vitamin C dalam manfaat timun yaitu meningkatkan sel-sel darah putih dalam melawan penyakit seperti influenza. 

Manfaat timun mengandung kalori yang rendah, mengandung banyak air dan serat larut. Kandungan timun antara lain 0,65% protein, 0,1% lemak dan 2,2% karbohidrat. Dalam mentimun juga terdapat kandungan timun kalsium, zat besi, magnesium, fosforus dan vitamin A, B1, B2 serta C. 

Biji mentimun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti dan berkhasiat mengobat penyakit cacingan pada anak-anak. 





Manfaat Timun Untuk Wajah


Timun Chin Chang T-2015 disebut juga ketimun yaitu jenis buah-buahan tergolong dalam suku Cucurbitaceae. Manfaat timun masuk kategori sayuran atau makanan penyegar. 

Mentimun dikategorikan sebagai buah karena memiliki kulit sebagai lapisan paling luar ( eksocarp ). Lapisan tengah disebut daging buah ( mesocarp ) dan lapisan pembungkus biji ( endocarp ) dan biji mentimun. 

Mentimun Chin Chang F1 dapat dimakan langsung atau segar tanpa perlu dimasak sebagai minuman jus atau proses pemanasan. Mentimun Chin Chang F1 diyakini berasal dari Asia Selatan dan telah dibudidayakan di banyak negara. 

Manfaat timun untuk wajah yaitu meringankan mata bengkak, mengobati kulit terbakar karena iritasi atau terbakar sinar matahari. Timun Chin Chang F1 dimanfaatkan sebagai masker wajah anti penuaan. 

Cara membuat manfaat timun untuk wajah yaitu cuci bersih setengah potong buah tanpa dikupas lalu dihaluskan/diblender. Juga bisa dengan cara diparut. 

Selanjutnya saring airnya dan pisahkan dari ampasnya. Lalu air sari mentimun Anda oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. 

Manfaat timun untuk wajah dapat menghilangkan flek-flek hitam dalam waktu singkat. Manfaat timun membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus memberikan efek pendinginan dan melembabkan kulit. Manfaat timun untuk wajah digunakan sebagai pengompres mata dan sebagai masker wajah. 

Timun Chin Chang F1 mengandung anti-inflamasi. Kandungan antioksidan dan nutrisi vitamin C dan asam folat sangat baik menutrisi kulit. Manfaat timun mampu mengurangi bengkak, jerawat dan iritasi kulit. Manfaat timun mampu mencegah penuaan dini dan dapat melembabkan kulit. 


Cara Menanam Timun Chin Chang F1 Mudah


manfaat timun, cara menanam timun, benih chin chang, jual benih timun, toko pertanian, toko online,lmga agro
Pupuk Berkualitas NPK 

Panen pertama timun Chin Chang F1 dilakukan setelah tanaman umur sekitar 75 - 85 hari setelah tanam. Masa panen mentimun berlangsung 1 - 1,5 bulan dan panen dilakukan setiap hari. Biasanya setiap panen dipetik 1 - 2 buah per pohon timun setiap kali petik. 

Waktu memulai tanam timun sebaiknya menunggu tanah menghangat dahulu. Artinya awal di musim kemarau sekitar mulai bulan April atau Mei. Tetapi tergantung dari musim di daerah lokasi tanam timunnya. Tanam timun dimulai saat cuaca mulai menghangat. Suhu tanah sekitar 18,2 derajat Celcius. 

Pemupukan tanam timun dilakukan dengan cara pengocoran pada lubang tanam timun. Pemupukan cara menanam timun dilakukan 5 - 6 kali yaitu umur 12, 15, 18, 22 dan 25 hari setelah tanam. 

Cara menanam timun Chin Chang T-2015 hibrida yaitu menggunakan jarak tanam baris dengan jarak antar tanaman yaitu 30 x 40 cm. Jarak tanam ini dipakai baik menanam menggunakan rambatan tunggal atau ganda. Lubang tanam dibuat berupa alur. 

Untuk menanam varietas lokal kebanyakan dipanen pada umur 2 - 3 bulan setelah tanam. Namun dengan benih hibrida Chin Chang F1 produk Known You Seed panen bisa lebih cepat. Yaitu sekitar 42 hari setelah tanam. Timun suri dipanen setelah matang. 

Langkah awal cara menanam timun adalah melakukan pengolahan lahan terlebih dahulu. Lahan tanam diolah menggunakan cangkul sampai tanah olahan menjadi gembur. 

Selanjutnya tanah dibuat bedengan berukuran ideal yaitu 1 x 5 meter. Tinggi bedengan dibuat 30 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. 

Cara menanam mentimun menggunakan pupuk Urea, TSP. KCl dan NPK dengan perbandingan dosisnya adalah 2 : 1/2 : 1/2 : 1. Pohon timun akan mulai berbunga pada umur 20 hari setelah tanam. Mulai berbuah setelah umur 40 hari setelah tanam. Panen pertama umur 75 hari setelah tanam.   


Acar Timun Olahan Menyehatkan Mentimun Chin Chang F1


Acar adalah timun karena terbuat dari buah timun segar yang direndam air garam. Bahan lain juga ditambahkan dalam membuat acar timun seperti cuka, gula, bawang merah hingga cabe rawit untuk menambah rasa. 

Membuat acar timun harus pintar-pintar memilih dan jangan sampai mendapatkan timun yang pahit dan lembek. Karena dapat mempengaruhi hasil acar timunnya. Penyebab timun pahit bisa karena pemberian pestisida terlalu banyak atau cara penyimpanan tidak benar. Timun pahit sebaiknya tidak perlu dikonsumsi. 

Acar timun biasanya dicampur dengan wortel. Pertama kupas mentimun dan buang bijinya. Potong buah timun memanjang seperti korek api. Campurkan bawang merah dan cabe rawit. Beri perasa yaitu gula, cuka dan air hangat lalu aduk rata. Acara siap disajikan. 

Acar timun dapat disimpan minimal 30 menit di kulkas sebelum disajikan. Tujuannya agar bumbunya meresap pada acarnya. Lama penyimpanan buah timun pada suhu ruang bertahan 1 - 2 hari. Mentimun yang baik adalah berwarna terang, tidak kusam dan berkeringat. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Manfaat Timun Benih Hibrida Chin Chang T-2015 Known You Seed. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih hibrida timun Chin Chang T-2015 dari Known You Seed. 

Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan sarana prasarana menanam di lahan. Kami menerima layanan konsultasi gratis cara menanam dan permasalahan di lahan. 

Kami sipa kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat timun bagi kesehatan kita. Cara menanam timun mudah dilakukan dan tidak sulit. Selamat mencoba, salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.