TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/08/16

BUDIDAYA PEPAYA DENGAN BENIH UNGGUL BANGKOK

pepaya bangkok, benih pepaya, tafung seed, benih pepaya bangkok
www.lmgaagro.web.id - Tanaman pepaya (Carica papaya L.) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Nikaragua. Pepaya termasuk jenis tanaman tropis yang keberadaannya telah tersebar luas ke seluruh negara tropis di dunia. Tanaman pepaya diketahui dapat tumbuh di daerah-daerah basah, kering, dataran rendah, serta dataran tinggi. Hanya saja, jika pepaya ditanam di dataran tinggi hasil buahnya akan kurang optimal. Tanaman ini biasa diambil buah, daun, dan bunganya untuk dikonsumsi.

Di negara kita sendiri, buah pepaya sangat digemari masyarakat dari yang anak-anak hingga orang dewasa karena buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur lunak serta kaya manfaat mulai dari buah, daun, hingga bunganya. Manfaat buah pepaya yang jelas terlihat adalah buah pepaya dapat memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Buah pepaya biasa dikonsumsi langsung saat buahnya telah matang ataupun dikonsumsi pada saat buahnya masih muda dengan dijadikan sayur, lalapan atau manisan pepaya. Hal ini sangat berbeda dengan daun dan bunganya. Di beberapa daerah tertentu daun dan bunga pepaya dikonsumsi untuk dijadikan sayur dan lalapan. Tapi hanya sedikit orang saja yang menyukainya karena katanya daun dan bunga pepaya memiliki rasa pahit. Padahal tidak, jika diolah dengan cara yang benar untuk menghilangkan rasa pahit. Walaupun pahit tapi manfaatnya juga tak kalah dengan yang manis. Manfaat daun pepaya yaitu untuk mencegah demam berdarah, kanker, emfisema, dan sakit perut. Sedangkan manfaat bunga pepaya adalah mengobati maag, mencegah kanker, serta menambah nafsu makan.
Indonesia sebagai negara tropis, menjadikan budidaya pepaya banyak dilakukan. Jenis-jenis pepaya yang sering di budidayakan pun sangat beragam ada pepaya jingga, pepaya california, orange lady, red lady, hawai, dan pepaya bangkok. Pepaya bangkok termasuk pepaya yang sudah lama berada di Indonesia. Pepaya ini memiliki ukuran jumbo, rasa dan ketahanan buah yang baik, dan harga yang lebih tinggi dibandingkan pepaya jenis lainnya. Karena hal tersebut, maka tak heran jika kebanyakan petani membudidayakan pepaya jenis ini.

Selain itu, budidaya pepaya bangkok tidak membutuhkan modal yang besar dan perawatannya juga tidak sulit. Hal ini karena, pertumbuhan pepaya bangkok tidak tergantung pada musim. Pada musim apapun pepaya bangkok bisa berbuah asalkan pertumbuhannya terjaga dengan baik. Untuk menjaga pertumbuhan pepaya bangkok agar tetap baik perlu juga diperhatikan hal-hal seperti berikut :
  •  Menentukan lokasi budidaya
Tanaman pepaya dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Pertumbuhan yang optimal dicapai pada ketinggian 200-500 m dpl, di daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup. Suhu tempat budidaya yang baik untuk pertumbuhan adalah 22-26oC.
  • Pemilihan media tanam/lahan tanam
Media tanam yang baik untuk tanaman pepaya adalah tanah yang subur, lempung berpasir dengan pH tanah netral atau sekitar 6-7. Lahan yang dipakai tidak tergenang air dan memiliki sistem drainase yang baik.
  • Persiapan lahan
Persiapan lahan meliputi pembersihan lahan dari gulma - gulma yang mengganggu, pengolahan lahan dengan penambahan pupuk kandang, pembuatan bedengan, mengatur jarak tanaman, dan membuat lubang tanam.
  • Pembibitan tanaman pepaya
Pembibitan dilakukan agar tanaman pepaya dapat tumbuh sehat, seragam dan mempunyai daya adaptasi yang baik. Tahapan pembibitan dimulai dari penyiapan media tanam, penyemaian benih, dan pemeliharaan benih. Media tanam yang dapat digunakan untuk pembibitan bisa dengan polybag ataupun tray semai.
  • Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan tanaman meliputi penyiangan dari gulma-gulma yang mengganggu, pemupukan, dan pengairan. Pemberian pupuk dapat dilakukan 3 bulan sekali. Jumlah kebutuhan pupuk pada tanaman pepaya adalah 1 kg nitrogen; 0,2 kg P2O5; dan 2,5 kg K2O untuk setiap ton buah pepaya. Pemupukan dan pengairan harus dilakukan secara rutin agar tanaman tumbuh subur. Selain itu juga perlu dilakukan pengendalian terhadap serangan hama dan penyakit

Selain cara budidaya tersebut, faktor pemilihan benih juga sangat berpengaruh. Pemilihan benih sebaiknya menggunakan benih pepaya yang berkualitas unggulan agar hasil yang diperolah bisa optimal. Karena telah berkembangnya teknik pemuliaan tanaman pepaya kini benih pepaya unggulan mudah kita temui dan tersedia dalam berbagai varian. Beberapa dari perusahaan benih pun mulai memproduksinya seperti Pepaya F1 Red Lady dari Known You Seed, Pepaya California Orange Lady, Pepaya California dari Sentra Seed, Pepaya Bangkok dari Indo Seed, dan Pepaya Unggul Bangkok dari Tafung Seed.

Untuk memulai budidaya pepaya bangkok, pemilihan benih yang tepat adalah dengan benih pepaya unggul bangkok dari Tafung Seed. Benih ini memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Pepaya Bangkok dari Tafung Seed mempunyai ketahanan terhadap virus yang tinggi
  2. Memiliki rasa buah yang manis dengan kadar gula 13 % (brix)
  3. Tanaman seragam dan mempunyai vigor kuat
  4. Dapat berbuah pada umur 7 bula dengan ketinggian 40 cm dari tanah
  5. Berat buah rata-rata 2,5 kg dengan potensi buah 35-40 buah per tanaman
  6. Kebutuhan benih tersedia dalam kemasan 5 butir/sachet ( 150 butir)
Budidaya Pepaya Dengan Benih Unggul Bangkok yaitu benih pepaya bangkok dari Tafung Seed memang sangat menguntungkan. Hal ini karena harga pepaya bangkok di pasaran lumayan tinggi dibandingkan dengan pepaya jenis lain. Selain itu, permintaan buah pepaya bangkok tidak hanya untuk kebutuhan buah konsumsi masyarakat saja tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan industri yaitu industri kecantikan.

Apabila pembaca ingin membudidayakan pepaya bangkok dan membutuhkan benihnya terutama benih pepaya bangkok dari Tafung Seed atau benih-benih pepaya unggulan jenis lainnya. Semua bisa pembaca dapatkan dengan memesan kepadaa Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...