TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/02/20

Jual Benih Kubis Summer Autumn 633 Know You Seed

jual benih kubis summer autumn 633, manfaat kubis, budidaya kubis, toko pertanian, online, lmga agro
Jual Benih Kubis
Summer Autumn 633
Jual Benih Kubis Summer Autumn 633 Know You Seed. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual harga promo. Benih Kubis Summer Autumn 633 terbaru. Benih produk dari Known You Seed.


Toko pertanian LMGA Agro melayani secara online shop dan berpengalaman menjadi supplier pertanian. Jual benih kubis Summer Autumn 633 dan menyediakan segala kebutuhan untuk petani maupun para hobi berkebun. Seperti berbagai varietas benih hibrida tahan penyakit, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian jual benih kubis Summer Autumn 633. Kami siap membantu dan menjawab permasalahan Anda tentang pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Jual benih kubis Summer Autumn 633 Known You Seed adalah salah satu komoditi sayuran banyak ditanam. Kubis banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kubis dikenal menjadi bahan olahan banyak masakan di Indonesia.

Jual benih kubis Summer Autumn 633 Known You Seed merupakan sayuran familiar di Indonesia. Budidaya kubis merupakan peluang usaha menguntungkan dan menjanjikan di masa depan.

Deskripsi Sayuran Kubis


Kubis disebut juga dengan kol, kobis atau kobis bulat. Sayuran ini banyak ditemui di Indonesia namun kubis merupakan asli dari Eropa Selatan dan Eropa Barat. Tanaman kubis dipanen di bagian daun saat tua.

Sayuran kubis berbentuk crop ( kepala ) dengan rata-rata berat 2 - 4 kg. Bentuk crop kubis bulat atau bulat gepeng. Crop merupaka daun yang akan menggulung dan membentuk bulatan keras.

Daun crop akan berwarna agak gelap apabila daun ditutup. Sehingga crop tidak kena sinar matahari langsung. Selama pembentukan crop, kubis memerlukan vernalisasi untuk pembungaan.

Vernalisasi yaitu suhu dingin selama proses pembentukan crop. Apabila tidak mendapatkan suhu dingin, kubis tidak mau membentuk crop.

Jual benih kubis Summer Autumn 633 merupakan sayuran dengan banyak kandungan gizi. Antara lain : vitamin A, B, C dan E bermanfaat untuk mengobati keluhan sakit sariawan.

Kandungan mineral kubis Summer Autumn 633 antara lain Kalium, Kalsium, Fosfor, natium dan Besi. Zat mineral kubis bermanfaat penting bagi tubuh kita yaitu dapat menon-aktifkan zat beracun.

Kubis Summer Autumn 633 dapat dimakan segar sebagai lalapan maupun diolah atau dimasak. Sebagai sayur lalapan, kubis digunakan untuk melengkapi sambal dan lauk bakar seperti ayam atau ikan.

Masakan olahan, kubis dimasak untuk dijadikan orak-arik atau capcay. Daun kubis direbus akan menjadi lunak, tipis dan transparan. Sayuran kubis yang dimasak dapat dijadikan sayur sup atau masakan lain.



Jual Benih Kubis Summer Autumn 633


Deskripsi jual benih kubis Summer Autumn 633 produk perusahaan benih dari Taiwan yaitu Known You Seed. Jual benih kubis Summer Autumn 633 cocok untuk ditanam di daerah ketinggian 300 - 1200 m dpl.

Crop kubis Summer Autumn 633 termasuk jenis crop gepeng, berwarna hijau tua dengan berat 3 kg. Crop keras dan padat sehingga tidak mudah rusak bila didistribusikan jarak jauh.

Rasa kubis Summer Autumn 633 manis, tekstur kubis crispy sehingga sangat disukai konsumen maupun pedagang. Jual benih kubis summer autumn 633 tahan serangan busuk bakteri.

Kubis kuat tunda panen saat harga sayuran kubis murah. Jual benih kubis Summer Autumn panen umur 70 HST. Kemasan 15 g/sachet. Kebutuhan benih 200 gr untuk luasan per hektar.

Produksi kubis di dunia kebanyakan ditanam di China dan di sana kubis menjadi sayur brassica paling populer.  Kunis dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Kubis dapat diacar, difermentasi, dikukus, direbus, ditumis atau dimakan mentah.

Nama latin kubis adalah Brassica oleracea, anggota dari genus Brassica dan famili Brassicaceae. Kubis memiliki ciri khas membentuk crop. Pertumbuhan awal ditandai dengan pembentukan daun secara normal.

Semakin dewasa, daun-daun kubis melengkung ke atas dan tumbuh sangat rapat. Pada kondisi ini, oleh petani daun-daun diarahkan menutup crop agar warna crop menjadi pucat. Apabila crop sudah cukup besar, kubis siap dipanen.



Sayuran Bermanfaat Kubis Summer Autumn 633


jual benih kubis, kubis summer autumn 633, manfaat kubis, budidaya kubis, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Kubis Hibrida | LMGA Agro
Sayuran kubis mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin A, beberapa B, C, E dan K. Vitamin C dalam kubis cukup tinggi dan bermanfaat mencegah skorbut ( sariawan akut ). Kubis juga mengandung asam folat, belerang, kalsium, kalium, zat besi dan magnesium.

Kubis tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya. Kubis juga sangat rendah kalori. Dalam 70 gram kubis mengandung  :

  • 15 kalori
  • 4,3 karbohidrat
  • 2,2 g serat
  • 0,1 g lemak
Namun demikian kubis mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung. Keadaan ini akan menimbulkan rasa kembung pada perut kita.

Daun kubis juga mengandung kelompok glukosinolat. Glukosinolat ini dapat menyebabkan daun kubis menjadi agak pahit.

Pada umumnya kubis berwarna hijau sangat pucat dan disebut forma alba ( pucat ). Namun ada pula jenis kubis berwarna hijau ( forma viridis ) dan ungu kemerahan ( forma rubra ).

Berdasarkan bentuk crop, ada 2 macam kubis yaitu kol bulat dan kol gepeng ( bulat agak pipih ). Pasar kubis di Indonesia membedakan kubis berdasarkan bentuk crop kubisnya. 

Bagi penggemar lalapan, kubis selalu ada disamping mentimun, daun kemangi dan selada. Kubis merupakan anggota keluarga tumbuhan Brassica. Selain tanaman kubis, keluarga Brassica yaitu brokoli, kembang kol dan kale.



Manfaat Sayuran Kubis Summer Autumn 633


Menyehatkan Jantung

Kubis merah bermanfaat untuk kesehatan jantung karena kaya Anthocyanin. Zat ini memberikan warna merah kubis dan berpengaruh pada risiko penyakit jantung. Asupan Antocyanin tinggi mencegah serangan jantung pada perempuan. Antocyanin bermanfaat menekan inflamasi yang mengarah pada penyakit kardiovaskular.

Kubis Merupakan Asupan Sehat Untuk Otak

Vitamin K pada kubis merupakan nutrisi penting untuk otak kita. Secangkir kubis hijau mentah ( 89 gram ) mengandung 85% vitamin K. Vitamin K golongan vitamin larut lemak dan bermanfaat untuk fungsi mental dan konsentrasi. Berpadu dengan Antocyanin kubis merah dapat mencegah kerusakan syaraf. serta meningkatkan pertahanan terhadap penyakit Alzheimer dan Demensia.

Menjadi Menu Program Diet

Kubis bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk penurunan berat badan. Kubis mengandung serat tinggi. Dalam secangkir kubis mentah terdapat 2 gram serat.  Konsumsi kubis cukup banyak selama 7 hari bersama sayuran lain.

Mencegah Kanker

Kubis bermanfaat untuk mencegah kanker karena mengandung sulforaphane. Komponen sulfur menyebabkan kubis sedikit pahit namun memiliki kemampuan melawan kanker.

Menurut penelitian, apigenin berfungsi dapat menurunkan ukuran tumor saat sel berkembang agresif menjadi sel kanker. Dan zat apigenin ini ditemui ada pada kubis, seledri dan parsley.

Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Kubis mengandung zat lutein dan berkontribusi pada kesehatan mata. Lutein bersama komponen antioksidan lain dapat memproteksi retina dan lensa mata dari sinar UV.

Vitamin C juga berkontribusi mengatasi masalah penglihatan. Vitamin C bisa membantu regenerasi vitamin E dalam mata.

Peluang Usaha Kubis Summer Autumn 633


Peluang usaha kubis tumbuh baik di tanam di dataran tinggi yaitu antara 1000 - 1300 m dpl. Di kota Malang, Karo dan Wonosobo banyak ditanami kubis. Kubis menyukai tanah yang sarang dan tidak becek.

Meskipun relatif tahan di tanam di suhu tinggi, kubis juga berproduksi baik di daerah pegunungan ( > 400 m dpl ) di daerah tropis. Di dataran rendah, ukuran krop mengecil dan tanaman rentan terkena serangan ulat pemakan daun Plutella.

Peluang usaha kubis tentang harga jualnya ditentukan dari penampilan fisik kubis. Sering dijumpai, petani di Indonesia melakukan penyemprotan insektisida secara berlebihan.

Petani beranggapan bahwa penyemprotan berlebihan dapat mencegah daun kubis tidak berlubang-lubang akibat serangan ulat. Jadi, para konsumen harus memperhatikan hal ini. Segera cuci kubis yang baru dibeli dan saat sebelum diolah.

Peluang usaha menanam kubis cukup tinggi. Karena kubis salah satu sayuran paling potensial untuk dibudidayakan saat ini. Kubis juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sebagai bahan sayuran dan lalapan.

Kubis bisa diolah juga sebagai oseng-oseng kubis, sup, sayur bening, siomay dan jenis masakan lainnya.  Peluang usaha menanam kubis cukup besar karena kini banyak rumah makan menjadikan menu lalapan di tempat mereka.

Lalapan tidak akan lengkap tanpa ada sayur kubis didalamnya. Hal ini menjadikan permintaan sayuran kubis meningkat dari hari ke hari. Dan ini menjadikan petani banyak berminat untuk budidaya kubis secara komersil.



Cara Penyemaian Kubis Benih Summer Autumn 633


jual benih kubis, benih summer autumn 633, manfaat kubis, budidaya kubis, toko pertanian, online shop, lmga agro
Tray Semai Benih 
Jual benih kubis Summer Autumn 633 bisa ditanam di ketinggian tempat 300 - 1200 m dpl. Lokasi lahan harus cukup asupan udara dan curah hujan. Penanaman benih kubis Summer Autumn 633 cocok ditanah gembur dengan pH 6 - 6,5.

Persemaian bertujuan agar kita mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Persemaian dapat menggunakan ploybag plastik atau nampan dari kayu. Anda juga bisa melakukan persemaian di tray semai. Tray semai dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro.

Benih dapat ditanam di tempat persemaian. Dan media tanamnya adalah campuran dari tanah dan pupuk kandang ( 1 : 1 ). Setelah itu, biarkan media selama 3 - 4 hari kena sinar matahari sebelum benih ditanam.

Pembibitan benih sebaiknya dibuatkan naungan dari plastik UV. Tujuannya untuk melindungi benih dari turunnya air hujan dan teriknya sinar matahari. Lakukan penyiraman rutin untuk menjaga kelembaban media tanam. Cukup 1 kali sehari dengan aliran air yang kecil.

Bibit siap dipindahkan ke lahan tetap saat berumur 3 - 4 minggu dan mulai berdaun 5 helai.

Persiapan Lahan benih Kubis Summer Autumn 633


Sistem perakaran kubis adalah serabut. Karena itu saat pengolahan tanah lakukan sampai kedalaman 30 cm. Tujuannya agar tanaman mudah menyerap nutrisi untuk pertumbuhannya.

Pengolahan tanah bertujuan untuk memperbaiki porositas tanah dan membersihkan lahan dari gulma. Lalu biarkan lahan setelah digemburkan tadi selama 2 hari agar kena sinar matahari.

Berikan pupuk kompos 10 ton/ha. Taburkan di permukaan tanah lalu bolak balik kembali tanah dan pupuk ditutup dengan tanah. Bila perlu, beri juga pupuk kimia berupa : 50 kg urea, 125 kg ZA, 125 kg TSP dan 100 kg KCl.

Buatlah bedeng dengan ukuran lebar 1,2 m, tinggi 30 cm dan panjang 10 m atau sesuaikan luas lahan. Biarkan bedeng selama 1 minggu sambil menunggu bibit siap dipindahkan.

Sehari sebelum menanam bibit, buatlah lubang tanam dengan jarak tanam 50 x 60 cm. Bibit siap dan kuat ditanam di lahan terbuka saat umur 3 - 4 minggu. Masukkan bibit kubis di persemaian ke dalam lubang yang sudah dibuat.

Budidaya kubis juga bisa ditumpang sari bersama tanaman tomat. Yaitu sebanyak 2 baris kubis dan 1 baris tanaman tomat. Tomat ditanam lebih cepat 1 bulan lalu kubis ditanam. Jangan lupa ajir ditancapkan untuk menopang tegaknya tanaman tomat.



Perawatan Tanaman Kubis Summer Autumn 633


jual benih kubis, kubis Summer autumn 633, manfaat kubis, budidaya kubis, lmga agro, online shop
Alat Siram Kocor Tanaman
Perawatan mulai dilakukan begitu setelah penanaman di lahan terbuka. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan hati-hati. Ganti tanaman yang mati dengan bibit sehat dan segar.

Pantau dan kontrol terus perkembangan kubis. Pada umur awal begini, pengendalian hama dilakukan secara mekanis. Yaitu dengan mengambil hama dan langsung dimatikan menggunakan jari ( pithesan ).

Pertumbuhan kol cepat sehingga harus selalu diimbangi asupan nutrisi dan kelembaban tanah yang cukup. Selama pertumbuhannya, tanaman kubis harus mendapat suplai air yang mencukupi. Sehingga baiknya menanam kol di awal musim hujan atau awal musim kemarau.

Penyiraman dilakukan dua kali sehari pagi dan sore. Penyiraman disesuaikan dengan kondisi tanaman di lahan. Penyiangan dengan mencabut rumput-rumput dilakukan agar tidak ada persaingan dalam menyerap nutrisi dalam tanah. Penyiangan dilakukan saat umur kubis 2 - 4 minggu.

Pembumbunan  atau penggemburan tanah dilakukan saat kubis memasuki umur 2 - 4 minggu. Lakukan bersamaan penyiangan gulma. Pembumbunan dilakukan bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi udara dalam tanah.

Tutuplah krop dengan daun-daun dibawahnya. Proses penutupan krop ini akan membuat warna krop lebih pucat. Dan warna krop pucat biasanya lebih banyak peminatnya dibandingkan krop lebih hijau/gelap.

Perempelan cabang atau tunas-tunas samping dilakukan awal mungkin. Tujuannya agar pembentukan bunga bisa optimal.

Pemberian pupuk pada budidaya kubis dimuali umur 28 hari. Dosisnya adalah 50 kg/ha Urea, 175 kg/ha ZA dan 100 kg/ha KCl. Pupuk diberikan dengan cara ditugal dengan jarak 5 cm dari tanaman.

Fase ini sangat menentukan pertumbuhan tanaman kedepannya. Bila tampak ada hama, dilakukan pengendalian secara mekanis. Yaitu hama di ambil lalu dimatikan.

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kubis


Tanaman kubis peka terhadap serangan hama dan penyakit saat di fase umur 35 HST yaitu fase pembentukan krop. Hama yang sering menyerang adalah ulat krop kubis. Pengamatan rutin 2 kali seminggu terbukti dapat menekan dan mencegah serangan lebih parah lagi.

Hama-hama ulat utama tanaman kubis antara lain ulat tanah ( Agrotis ipsilon Hufn. ), ulat daun kubis ( Plutella xylostella L. ). Juga ada hama ulat krop kubis ( Crocidolomia binotalis Zell. ) dan ulat krop bergaris ( Hellula undalis F. ).

Populasi ulat paling tinggi di awal musim kemarau. Cara pengendalian melakukan sanitasi lingkungan dan mengambil hama lalu dimatikan.

Saat bibit di persemaian yang mati karena penyakit rebah kecambah ( Rhizoctonia solani Kuhn. ). Bibit dicabut dan digantikan dengan bibit baru dan sehat.

Pengendalian hama ulat kubis menggunakan kultur teknis, pestisida nabati atau pestisida kimia. Penggunaan pestisida kimia bila serangannya sudah parah. Pestisida kimia tidak diperbolehkan bersamaan kultur teknis dan pestisida nabati.

Jenis penyakit yang ditemukan pada tanaman kubis adalah rebah semai, penyakit busuk daun, penyakit busuk hitam dan penyakit akar bengkak. Pengendalian dapat dengan melakukan pergiliran tanaman dan penyemprotan fungisida.



Nama Hama dan Penyakit Kubis


  1. Ulat Daun, tergantung pada bagian bawah daun. Ulat berukuran kecil ± 5 mm dan berwarna hijau. Pengendaliannya hama diambil lalu dipencet sampai mati. Penyemprotan insektisida bila ditemukan ada 5 ekor per 10 tanaman.
  2. Ulat Grayak ( Spodoptera litura ) pengendaliannya sama dengan ulat daun.
  3. Ulat krop kubis menyerang titik tumbuh kubis. Ulat berwarna hijau dan ukurannya lebih besar dari ulat daun. Jika disentuh tidak segera bergerak. Bila telur ulat daun letaknya menyebar, maka telur ulat kubis dalam bentuk berkelompok.
  4. Ulat Tanah berwarna hitam. Menyerang dengan cara memotong tanaman saat masih kecil. Pengendalian dengan membongkar tanah dengan hati-hati di lokasi terpotongnya tanaman. Bila tampak banyak ulat, beri Karbofuran, Furadan atau Korator.
  5. Penyakit akar gada/akar bengkak. Disiang hari tanaman layu seperti kekurangan udara namun di pagi dan malam hari segar kembali. Akar bengkak dan ada bercak-bercak. Tanaman menjadi kerdil, tidak membentuk bunga lalu akhirnya mati.
  6. Penyakit busuk lunak berair menyebabkan pertumbuhan terhambat, tanaman membusuk lalu mati. Menyerang batang, daun menguning, layu dan rontok. Daun ada lendirnya. Pengendalian menggunakan benih berkualitas dan rotasi tanaman.
  7. Rebah kecambah menyebabkan bercak-bercak kebasahan pada pangkal batang. Batang membusuk hingga mengakibatkan batang rebah dan mudah putus. Cara mencegahnya menggunakan benih hibrida bebas penyakit dan pergiliran tanaman selain tanaman kubis-kubisan.
Secara umum cara mencegah hama dan penyakit kubis adalah menggunakan benih hibrida berkualitas seperti benih kubis Summer Autumn 633. Pemilihan dan persiapan benih benar-benar harus cermat dan teliti. Persemaian dilakukan di tempat yang bebas wabah penyakit.

Kelompok famili Brassicaceae rentan terhadap hama dan penyakit. Maka dari itu, untuk mencegahnya adalah melakukan pergiliran tanaman. Setelah menanam kubis, selanjutnya sebaiknya tidak menanam famili yang sama. Sayuran dari famili Brassicaceae adalah kubis bunga, brokoli, kubis tunas, kolrabi dan kailan.

Panen Kubis Summer Autumn 633


Budidaya kubis Summer Autumn 633 umur panen ± 70 HST. Berat krop kubis ± 3 kg dan berwarna hijau tua. Dengan perawatan maksimal, potensi panen untuk 1 hektarnya sebanyak 20 - 40 ton.

Pemanenan kubis Summer Autumn 633 sebaiknya di pagi hari saat cuaca cerah. Pilih kubis yang sudah tua dan siap dipetik. Krop kubis semakin tua semakin mudah retak dan membusuk. Sehingga sebaiknya tidak terlambat melakukan pemanenan.

Cara panen menggunakan pisau tajam dan bersih. Ciri kubis siap panen adalah daun paling tepi telah melengkung ke luar dan tampak berwarna keunguan. Krop kubis lebih padat. Pastikan tidak ada bagian kubis yang busuk seperti busuk lunak dan busuk hitam. 

Buang 4 helai daun paling tua juga bagian daun yang rusak. Lalu krop dipotong pada bagian batang pangkal kubis. Sertakan beberapa helai daun hijau untuk melindungi kubis saat pengangkutan. Pemanenan harus dilakukan hati-hati agar kubis tidak memar dan luka.

Panen kubis secara teratur dimulai dari kubis sehat dan dilanjutkan kubis yang terinfeksi patogen ( kubis jelek ). Pisahkan kubis busuk dari kubis segar karena bisa menular ke kubis sehat.

Letakkan kubis-kubis yang sudah dipetik di tempat teduh. Hindarkan dari sinar matahari langsung. Kubis lalu dimasukkan ke dalam waring atau karung jaring sayur.

Kubis dengan kadar air rendah dapat bertahan hingga 12 bulan. Sedangkan kubis dengan kadar air tinggi tahan disimpan selama 4 - 6 bulan.


Demikian artikel kami judul : Jual Benih Kubis Summer Autumn 633 Known You Seed. Hubungi kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian online LMGA Agro jual segala keperluan bertani.

Semoga artikel kami bermanfaat dan membantu dalam cara menanam benih kubis Summer Autumn 633 dari Known You Seed. Selamat mencoba dan salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.