TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/03/20

Jual Cabe Rawit DOMBA IJO Murah Benih INTI Tahan Patek

cabe rawit domba ijo, jual benih hibrida, benih tahan penyakit, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit Domba Ijo
Jual Cabe Rawit DOMBA IJO Murah Benih INTI Tahan Patek. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabe rawit Domba Ijo. Kemasan 10 gram. Cabe rawit Domba Ijo Benih Inti tahan penyakit.

Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi gratis pertanian. Kami telah berpengalaman menjadi supplier produk pertanian bagi petani. Toko pertanian online LMGA Agro didukung perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia.

Toko pertanian online LMGA Agro membuka kerjasama dropship, reseller dan online shop. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan pasti sampai tujuan. Kami bekerjasama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Jual cabe rawit Domba Ijo Benih Inti tahan penyakit patek. Tanaman kokoh dan beradaptasi baik di dataran rendah sampai tinggi. Umur tanaman cabe rawit Domba Ijo genjah sehingga petani dapat segera panen menikmati keuntungan.

Peluang usaha menanam cabe rawit Domba Ijo menguntungkan. Cabe rawit merupakan komoditas sayuran populer di Indonesia. Karena cabe rawit banyak dikonsumsi masyarakat beserta berbagai cara, yaitu baik dimakan segar atau diolah dulu. Baik cabe muda maupun sudah matang, laris di pasaran.

Karakteristik Cabe Rawit Domba Ijo


Cabe rawit Domba Ijo memiliki vigor tanaman kokoh, beruas pendek, tegak dan banyak percabangan. Tanaman dapat beradaptasi baik di dataran rendah sampai tinggi. Baik di musim hujan maupun kemarau.

Cabe rawit Domba Ijo Benih Inti tahan penyakit antraknosa, tahan hama Thrips dan Aphids. Cabe rawit Domba Ijo tipe buah merunduk, berukuran panjang ± 5 - 7.5 cm, diameter ± 1 - 1.4  cm dan berat buahnya ± 2.5 - 5 gram/buah.

Cabe rawit Domba Ijo kulit buah berwarna hijau tua, berwarna merah cerah saat tua dan cabe memiliki rasa sangat pedas. Buah tahan dalam penyimpanan dan pengepakan serta pengangkutan jarak jauh.

Cabe rawit Domba Ijo dipanen umur genjah yaitu ± 80 hari setelah pindah tanam. Cabe rawit Domba Ijo memiliki potensi hasil panen ± 1.5 kg/tanaman.

Tekstur cabe rawit Domba Ijo kuat dan baik berkualitas. Dapat dijadikan sebagai peluang usaha budidaya cabe. Cabe rawit Domba Ijo menjadi favorit pedagang di pasar induk. Dapat dipetik saat muda sebagai cabe rawit hijau dan banyak disukai masyarakat.

Cabe rawit Domba Ijo merupakan cabe rawit hijau terbaik produk Benih Inti dan sudah banyak ditanam oleh petani. Cabe rawit Domba Ijo termasuk jenis cabe rawit setan karena rasa pedasnya sangat pedas.


Cabe rawit Domba Ijo menjadi peluang usaha menjanjikan di Sumatera dan banyak dilakukan petani sayuran di sana. Kebutuhan benih menanam cabe rawit Domba Ijo adalah 90 gram/ha. Jarak tanam 60 x 60 cm. Kemasan benih 10 gram.



Cara menanam cabe baik dan benar perlu dikuasai oleh petani Indonesia agar sukses dalam usaha bisnis pertanian cabe. Rekomendasi untuk selalu melakukan pemupukan cabe baik dan benar. Serta menggunakan pupuk organik, pupuk NPK ditambah pupuk daun berkualitas.


Cabe Rawit Domba Ijo, Sayuran Populer Indonesia

cabe rawit domba ijo, jual benih hibrida, benih cabe tahan penyakit, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit Sayuran Populer
Jual cabe rawit Domba Ijo produk Benih Inti dari PT Dinasty Inti Agrosarana.  Tanaman berbatang kokoh, percabangan banyak dan pembungaan kontinyu. Cabe rawit Domba Ijo tanaman produktif dan buah sangat lebat.

Cabe atau cabai rawit disebut juga cabai kathur merupakan tanaman genus Capsicum.Di Indonesia menjadi cabe rawit adalah sayuran populer. Begitu juga sama di negara-negara Asia Tenggara lainnya dijadikan sebagai bumbu masakan.

Cabai rawit juga ada di negara Malaysia dan Singapura dinamakan cili padi. Di Filipina, cabe disebut siling labuyo dan di Thailand disebut phrik khi nu. Di India, masakan tradisional olahan cabe rawit disebut khantari mulagu. Dan dalam bahasa Inggris dinamakan Thai pepper atau bird's eye chili pepper.

Cabe rawit Domba Ijo berukuran lebih kecil dari varietas cabai lainnya seperti cabai merah, cabai keriting dan lain-lain. Namun dianggap memiliki tingkat kepedasan cukup tinggi mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville.

Manfaat cabe rawit Domba Ijo dapat antara lain : meningkatkan sirkulasi darah, membantu neyri otot dan membantu detoksifikasi.

Cabe rawit Domba Ijo dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sambal. Selain itu juga enak sebagai campuran dalam sayur tumis hingga sayuran berkuah. Cabe rawit umumnya memiliki ragam nutrisi menyehatkan. Karena cabe rawit mengandung banyak nutrisi antara lain Fosfor, Vitamin C, Kalsium dan masih banyak lagi.

Manfaat Cabe Rawit Domba Ijo Bagi Kesehatan


1. Sebagai Anti Inflamasi

Cabe rawit Domba Ijo sebagai anti inflamasi obat herbal mengatasi penyakit gula darah atau dibetes. Anti inflamasi ini juga baik untuk penderita kerusakan syaraf dan berhubungan dengan penyakit akibat virus seperti herpes.

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Mengkonsumsi cabai maka terjadi proses pemanasan artinya telah terjadi proses detoksifikasi. Konsumsi cabe rawit membuat tubuh memproduksi keringat banyak dan keluar bersama racun-racun dalam tubuh.

3. Meningkatkan Produksi Liur

Produksi air liur meningkat dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Cabe rawit dapat menstimulasi produksi air liur lebih banyak. Sehingga baik untuk proses pencernaan dan mampu menjaga kesehatan dalam mulut.

4. Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Pembekuan darah akan menyebabkan arteri tersumbat. Sehingga bisa menyebabkan serangan jantung hingga serangan stroke. Pembekuan darah menyebabkan darah tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh. Konsumsi cabai dapat mengurangi pembekuan darah dan atherosklerosis dalam tubuh.

5. Melancarkan Proses Metabolisme

Manfaat cabe rawit mampu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Percepatan ini juga berdampak baik dalam hal penurunan berat badan.

6. Menumbuhkan Rambut

Manfaat cabe rawit Domba Ijo membantu meningkatkan sirkulasi udara pada kulit kepala. Bila sirkulasi udara menurun maka terjadi kerusakan rambut seperti rambut rontok.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat cabe rawit Domba Ijo dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Capsaicin dalam cabe rawit dapat melancarkan peredaran darah. Serta mengurangi pembentukan gumpalam penyebab terjadi penyumbatan di arteri jantung.

8.Meredakan Pilek

Bila Anda mengalami pilek dan hidung tersumbat, cobalah mengkonsumsi cabe rawit. Karena cabe rawit mengandung capsaicin yang dapat membuat lendir dalam hidung lebih encer. Sehingga lendir yang menyumbat tadi mudah keluar dari hidung.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin B2 cabe rawit bagus untuk menjaga kesehatan mata kita. Sehingga mata akan selalu sehat dan jernih pandangan kita.

10. Mencegah Penyakit Beri-Beri

Cabe rawit Domba Ijo mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk mencegah gangguan penyakit beri-beri.

11. Mengobati Infeksi

Cabe rawit bersifat anti jamur dan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pertumbuhan infeksi. Vitamin C dalam cabe rawit dapat membantu mempercepat kesembuhan infeksi. Untuk mengobati penyakit karena infeksi, Anda dapat mengkonsumsi cabe rawit.

12. Membantu Mengatasi Nyeri Sendi

Capsaicin dalam cabe rawit dapat membantu mengatasi nyeri sendi. Cara kerja capsaicin yaitu meredakan otot kejang. Cabe rawit sering dijadikan bahan utama pembuatan obat oles/balsem untuk nyeri sendi.

13. Anti Kanker

Capsaicin cabe rawit juga bermanfaat sebagai anti kanker. Cabe rawit dipercaya dapat menghilangkan sel kanker dalam tubuh dan tidak merusak sel normal. Namun, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi cabe rawit secara berlebihan.

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat cabe rawit dapat meningkatkan nafsu makan. Saat kita mengkonsumsi cabe rawit atau masakan pedas, dipastikan nafsu makan kita meningkat. Cabe rawit mengandung capsaicin yang bisa meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon ini dapat merangsang otak untuk meningkatkan nafsu makan kita.

Peluang Usaha Menanam Cabe Rawit Domba Ijo


Cabe rawit merupakan salah satu sayuran populer di Indonesia. Ini terbukti di pasar tradisional, cabe rawit selalu dibeli oleh masyrakat. Karena cabe rawit sering dipakai masyarakat untuk bahan masakan hampir setiap hari.

Saat harga cabe naik, perekonomian pasar langsung bergejolak terutama bagi pemilik warung-warung makan. Apalagi bila terjadi kelangkaan cabe maka dapat dipastikan harga cabe akan melesat jauh. Saat harga cabe mengalami kenaikan, cabe bak makanan mewah yang sulit didapat.

Peluang usaha budidaya cabe rawit selalu menarik minat petani terutama bila harga cabe sedang naik. Maka toko pertanian banyak diburu petani. Petani banyak memanfaatkan situasi menanam cabe rawit saat harga cabe naik.

Terkadang, kondisi harga cabe tinggi terjadi selama satu musim lebih. Terutama saat bulan Ramadhan atau memasuki hari besar atau hari raya.

Cabe rawit Domba Ijo memiliki tingkat kepedasan tinggi yaitu 50.000 - 100.000 skala Scoville. Ukuran skala Scoville mengukur tingkat kepedasan cabe. Cabe atau dari genus Capsicum mengandung Capsaicin.

Capsaicin merupakan bahan kimia dan dapat merangsang ujung saraf penerima panas di lidah. Satuan pedas Scoville menunjukkan jumlah Capsaicin yang ada.

Usaha pertanian budidaya cabe rawit sangat menggiurkan dan menjanjikan keuntungan tinggi. Apalagi bila saat panen, harga cabe rawit sedang tinggi. Maka keuntungan akan menjadi berlipat-lipat.

Biasanya untuk mendapatkan hasil skala besar, modal yang harus dikeluarkan juga besar. Karena itu bagi pemula dan belum profesional,  bisa dicoba dulu menanam cabe rawit Domba Ijo secara kecil-kecilan.

Usaha kecil-kecilan menanam cabe rawit Domba Ijo dapat menjadi langkah memperdalam pengetahuan. Terutama tentang cara menanam cabe rawit secara baik dan benar. Usaha kecil-kecilan budidaya cabe rawit Domba Ijo dapat dijadikan usaha sampingan di rumah Anda.

Cabe Rawit Domba Ijo Dalam Polybag


cara menanam cabe, budidaya cabe, benih domba ijo, cabe rawit, toko pertanian, lmga agro
Cabe Rawit dalam Pot
Agar dalam cara menanam cabe rawit di polybag berhasil baik maka pilihlah benih berkualitas seperti benih Domba Ijo dari benih Inti.

Untuk skala kecil, benih hibrida mungkin terlalu mahal. Anda dapat mengusahakan membuat benih dari cabe yang baik. Lalu rendam biji cabe ke dalam air. Buang biji yang terapung. Biji tenggelam dapat dijadikan benih cabe rawit menanam di rumah.

Bungkus benih dalam kertas atau kain lembab selama 3 hari sebelum disemai. Siapkan polybag untuk persemaian benih. Polybag berukuran 8 x 10 cm dan media tanamnya menggunakan tanah halus ditambah pupuk organik ( 1 : 1 ).

Biarkan media tanam selama 1 minggu. Selanjutnya setelah 1 minggu, benih dibenamkan lalu tutup tanah. Lakukan penyiraman secara hati-hati karena benih masih lemah.

Pemeliharaan berupa penyiraman sesuai kondisi media dan tanaman. Sebaiknya penyiraman dilakukan setiap hari. Lakukan penyiraman secara hati-hati karena tanaman masih kecil.

Setelah bibit tumbuh lebih kuat dan sudah muncul daun 6 helai, dapat dipindah ke polybag lebih besar. Media tanam polybag sama pada saat persemaian. Hati-hati saat memindahkan bibit ke polybag baru, usahakan tanah tidak pecah.

Selama masa pertumbuhan dan perkembangan, rutinlah untuk melakukan pengamatan. Pemupukan menggunakan pupuk kompos/organik agar tanaman menjadi organik. Letakkan polybag di tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Penanaman di rumah berarti Anda dapat menyediakan kebutuhan cabe rawit Domba Ijo sendiri. Usaha kecil-kecilan ini sebagai trik menghadapi harga cabe tinggi dan kelangkaan cabe di pasaran.

Kandungan Gizi Cabe Rawit Domba Ijo


Cabe rawit Domba Ijo rasanya sangat pedas. Dibalik rasa pedas seperti rasanya lidah terbakar ini karena ada zat Capsaicin.

Rasa pedas pada buah cabai disebabkan adanya zat diberi nama capsaicin. Cabe rawit juga mengandung betakaroten ( pro-vitamin A ), vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Selain itu juga ada kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, zat besi dan kalium.

Vitamin B2 untuk meningkatkan ketajaman mata kita. Vitamin B1 mampu mencegah terjadinya penyakit beri-beri. Vitamin C mampu menambah daya imun/tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Capsaicin dapat membakar lemak dan kemudian akan keluar bersama keringat. Mempercepat metabolisme tubuh kita sekaligus cepat menurunkan berat badan.


Baca Juga : Cabe Kitaro Unggul di Daerah Panas dan Tahan Virus

Jarak Tanam Cabai Rawit


Jarak tanam menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jarak tanam cabe menentukan penetrasi cahaya matahari dan kelembaban lingkungan. Lingkungan yang terlalu lembab akibat jarak tanam terlalu rapat menyebabkan penyakit mudah datang.

Jarak tanam cabai rawit harus dtentukan sebelum tanam. Persiapkan juga alat sarana dan prasarana membuat jarak tanam. Di Indonesia, petani menggunakan jarak tanam cabai rawit yang berbeda-beda.

Petani cabe rawit di Pare kediri, jarak tanam lebar 1.25 m, jarak antar baris 0.5 m dan jarak dalam baris 0.8 m. Namun ada juga menggunakan jarak tanam antar barisan 1.5 m dan dalam barisan 1 m.

Petani di Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah membuat bedengan lebar 1.2 m. Jarak antar barisan 80 cm atau sekitar 15 - 20 dari pinggir bedengan. Jarak tanam dalam baris 50 cm.

Sesuaikan untuk kebutuhan Anda. Bila ingin tumpangsari maka otomatis bedengan harus diperlebar. Beberapa petani juga memakai jarak tanam 70 x 100 cm. Jarak dari bedengan adalah 25 cm. Hal ini dikarenakan tanaman cabai tinggi dan besar sehingga jarak harus lebar untuk menghindari terlalu lembab.

Jarak tanam cabai harus benar-benar diperhitungkan. Tanaman cabai harus mendapatkan sinar matahari cukup. Namun bila jarak tanam terlalu lebar malah akan memboroskan lahan dan jumlah tanaman tidak bisa maksimal.

Persiapan Menanam Cabe Rawit Domba Ijo


Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah dilakukan bertujuan untuk menghilangkan siklus hidup organisme pengganggu tanaman ( OPT ). Seperti jamur, bakteri dan lain-lain yang kemungkinan masih ada dalam tanah.

Pengolahan tanah yaitu menggemburkan tanah. Penggemburan tanah ini dilakukan secara yaitu dibajak atau cara manual yaitu menggunakan cangkul.

Dianjurkan, penggemburan tanah dilakukan jauh-jauh hari sebelum bibit ditanam. Tujuannya untuk memberi kesempatan tanah terjemur sinar matahari. Proses penjemuran akan membuat bibit-bibit penyakit dalam tanah akan mati.

Pengecekan pH Tanah dan Pengapuran

Setelah penggemburan selesai, selanjutnya adalah mengecek pH tanah. Tujuannya untuk memastikan bahwa pH tanah sudah ideal untuk budidaya cabe rawit Domba Ijo.

Jika pH < 5.5 maka taburkan Dolomit ( kapur pertanian ). Kemudian cek lagi pH sampai di angka ideal untuk cabe rawit. Jamur dan bakteri menyukai tanah asam ( pH < 5.5 ).

Bedengan Tanaman Cabe Rawit

Bedengan cabe rawit dimaksudkan untuk menghindari tergenangnya air saat hujan tiba. Air hujan akan menyebabkan lahan menjadi becek dan lembab. Lahan terlalu basah disukai bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Saat musim hujan, bedengan dibuat lebih tinggi.

Pupuk Organik

Pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos digunakan sebagai pupuk dasar tanaman cabai. Pupuk organik yang dipakai harus difermentasi terlebih dahulu sebelum ditaburkan. Cara untuk fermentasi pupuk kandang bisa menggunakan bakteri EM4 atau Trichoderma sp.

Untuk mencegah serangan penyakit layu akibat dari jamur maka sebaiknya fermentasi menggunakan Trichoderma sp. Manfaat Trichoderma sp. membantu menekan perkembangan jamur patogen dalam tanah.

Cara Membuat Bibit Cabe Rawit


tray semai, cabe rawit domba ijo, perawatan cabe rawit, budidaya cabe rawit, toko pertanian, lmga agro
Tray Semai Untuk Pembibitan
Cara membuat bibit cabe rawit Domba Ijo menggunakan media dari tanah gembur dan kaya unsur hara. Media baik adalah campuran tanah, pupuk organik dan sekam padi. Sebelum digunakan sebagai media, tanah, pupuk dan sekam padi diayak hingga halus.

Bibit cabe rawit Domba Ijo dibuat dalam polybag. Pembibitan juga bisa dilakukan dalam baki semai ( tray semai ) atau petakan bedeng di lahan sendiri.

Menanam benih di petakan bedeng beresiko besar karena saat pemindahan bibit, bibit dicabut. Bila tidak hati-hati, akar bisa putus saat ditarik dari tanah. Menanam bibit sertakan tanahnya juga.

Wadah polybag/plastik lebih aman dalam penanaman nanti. Bibit mudah dipindahkan karena tinggal merobek plastiknya. Bibit beserta tanahnya dimasukkan ke lubang tanam.

Media tanam yang sudah disiapkan harus diayak sampai halus. Alat untuk mengayak dapat dibuat sendiri atai menggunakan kain strimin ukuran 0.5 cm.

Masukkan media tanah dan lain-lain tadi ke dalam polybag tanpa dipadatkan. Jika terlalu padat, benih sulit tumbuh secara maksimal. Siram menggunakan air hingga basah lalu benih ditanam.

Setelah benih ditanam, media disiram lagi secukupnya. Membuat bibit ini harus dilebihkan 10% dari jumlah kebutuhan tanaman. Tutupi polybag dengan dedaunan agar air yang disiramkan tidak kena benih langsung.

Saat benih sudah berkecambah ( ± 7 hari ), daun-daun penutup tadi dapat disingkirkan. Selanjutnya lakukan penyiraman secara hati-hati setiap hari.

Sampai bibit umur 4 minggu atau telah muncul 3 - 4 helai daun sejati. Bibit telah kuat dan kokoh untuk tumbuh di lahan terbuka dan kena sinar matahari langsung. Pindahkan bibit ke lahan yang sudah diolah tadi.

Persiapan Lahan Cara Menanam Cabe


Persiapan lahan dilakukan 1 minggu setelah pembibitan cabe rawit Domba Ijo dimulai. Pengolahan tanah yaitu caranya dicangkul atau menggunakan traktor atau bajak. Tanah dibolak balik sampai kedalaman 40 cm. Tanah bagian bawah ( subsoil ) akan berpindah ke atas.

Selanjutnya cek pH tanah. Tanah pH < 5 maka perlu diberikan kapur Dolomit sebanyak 2 - 3 ton/ha. Lalu tanah dibajak lagi. Kemudian biarkan selama 1 minggu sampai tercapai pH netral.

Setelah pengapuran, lahan diberi pupuk kandang sebanyak 1 - 2 ton/ha. Dicampurkan merata ke seluruh tanah. Tanah dibolak balik kembali kemudian biarkan 1 minggu agar pupuk meresap dalam tanah.

Setelah 1 minggu, dilanjutkan membuat bedengan lebar ± 1 m, tinggi 30 cm dan panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedeng dibuat lebar 50 - 80 cm berfungsi sebagai parit.

Setelah membuat bedengan selesai, selanjutnya ditutup menggunakan mulsa plastik hitam perak. Pemasangan mulsa dilakukan di siang hari. Karena saat siang yang terik, mulsa mudah ditarik dan bisa menutup erat ke bedengan.

Setelah mulsa dipasang, segera dibuat lubang tanam pada permukaan mulsa. melubangi mulsa menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli secara online di Toko pertanian Online LMGA Agro. Alat pelubang mulsa ada 2 jenis berdasar diameter lubangnya.

Lubang tanam dibuat 2 baris dengan jarak antar baris 70 cm dan jarak dalam baris 60 cm. Lubang tanam dibuat model zig-zag. Model zig-zag akan berpengaruh pada sirkulasi udara/angin dan penetrasi sinar matahari.


Baca Juga : Jenis Mulsa dan Manfaatnya

Cara Menanam Bibit Cabe Rawit


Saatnya tiba menanam bibit cabe rawit Domba Ijo ke lahan tetap. Setelah berumur 4 minggu dan muncul 4 - 5 helai daun. Pilih bibit segar, kokoh dan sehat. lalu tanam di lubang tanam yang sudah disiapkan.

Penanaman bibit dilakukan pagi dan sore hari. Sebelum bibit ditanam, lubang tanam dan bibit disiram dulu hingga basah. Polybag bibit disram agar mudah bibit dipindahkan. Penanaman bibit ini harus selesai dalam satu hari.

Selesai dimasukkan ke lubang tanam, tutup dan padatkan dengan tanah/pupuk kandang. Siram dengan air hingga basah. Adanya mulsa plastik kelembaban akan terjaga dan tanaman tidak kekeringan.

Setelah selesai penanaman, selanjutnya pengamatan terus dilakukan selama 7 hari kedepan. Bila ada tanaman mati, layu atau tumbuh abnormal segera dicabut. Lalu ganti dengan bibit baru dan sehat dari pembibitan. Kegiatan ini disebut penyulaman.

Penyulaman dilakukan sampai hari ke-7 agar panen nanti dapat serentak dan hasilnya seragam. Bila lebih dari hari ke-7 ada yang mati, tidak perlu dilakukan penyulaman. Tanaman mati dicabut lalu dibakar. Jangan dikubur karena menyebabkan jamur dan bakteri dapat pindah ke tanah dan menetap disana.


Baca juga : Cabai F1 Imola Senjata Petani Menghadapi Serangan Virus

Pemasangan Ajir Cabe Rawit Domba Ijo


jual alat pertanian, tali salaran, cabe rawit domba ijo, budidaya cabe rawit, toko pertanian, lmga agro
Tali salaran - LMGA Agro
Ajir atau lanjaran fungsinya untuk menopang tanaman agar tidak mudah roboh bila ada hujan dan angin. Pemasangan ajir dilakukan 3 - 4 hari setelah penanaman bibit. Juga boleh bila ditancapkan sebelum bibit ditanam.

Ajir terbuat dari kayu atau bambu lurus  dan panjangnya 125 cm dan sepanjang 25 cm ditancapkan di tanah. Ajir disamping lubang tanam dan berjarak 5 cm. Jika tanaman sudah tinggi, ajir dipasang posisi miring yaitu sudut kemiringan 30 - 45 °C. Tujuan kemiringan ini agar ajir tidak merusak akar tanaman.

Ajir satu dan ajir lainnya dihubungkan menggunakan bilah bambu dan berjarak 80 cm dari permukaan tanah. Cabe rawit Domba Ijo dalam polybag juga perlu diberi ajir agar dapat berdiri tegak terutama bila sudah berbuah nanti.

Batang tanaman nanti akan melengkung karena menahan berat buah cabe. Batang cabe rawit Domba Ijo diikat pada ajir menggunakan tali khusus dan halus. Tujuannya agar tali tidak melukai kulit batang cabe rawit Domba Ijo. Tali halus ini adalah tali salaran di jual di toko pertanian online LMGA Agro.

Cara Pemangkasan Cabe Rawit Domba Ijo


Pemangkasan cabe rawit Domba Ijo disebut juga dengan perempelan. Pemangkasan cabe rawit Domba Ijo tidak hanya pada daun yang secara alami akan gugur sendiri.

Terdapat perbedaan signifikan dari tanaman cabe rawit yang dipangkas dengan tidak dipangkas. Cabe rawit Domba Ijo dipangkas akan menghasilkan tanaman yang baik, bagus, sehat dan subur. 

Pemangkasan akan merangsang hormon auksin membentuk batang, munculnya bunga lebih cepat. Serta pertumbuhan buah menjadi lebih lebat.

Perempelan cabe rawit Domba Ijo merangsang tanaman tumbuh lebih cepat, lebih sehat, kuat dan tahan serangan hama dan penyakit. Secara fisik, penampilan tanaman lebih sehat, subur, banyak muncul bunga dan buah. Sehingga meningkatkan hasil panen.

Beberapa hal ini perlu diperhatikan dalam melakukan perempelan. Yaitu waktu pemangkasan sebaiknya sore hari. Atau saat cuaca sejuk dan tidak terlalu panas. Pemangkasan efektifnya dilakukan saat umur 60 - 70 HST ke atas. Atau sebelum memasuki masa pembungaan. Pemangkasan ini dilakukan pada tunas samping yang tidak efektif.

Alat untuk memangkas menggunakan pisau dan gunting pangkas. Alat harus tajam dan steril. Selain itu ada wadah/karung untuk tempat hasil pemangkasan. Bagian tanaman yang dipangkas juga harus dibersihkan menggunakan sapu lidi.

Gunting pangkas harus tajam. Digunakan untuk memotong tunas-tunas samping dan daun-daun dan daun-daun. Pemangkasan untuk mengurangi agar tanaman tidak terlalu lebat sehingga kelembaban meningkat.

1. Pemangkasan Tunas Samping


Dalam budidaya cabe rawit Domba Ijo, tunas samping ini tidak efektif bagi pertumbuhan tanaman. Bila dibiarkan tumbuh dan tidak dipangkas maka berakibat buruk untuk pertumbuhan tanaman.

Unsur hara akan diserap tunas-tunas tersebut. Tanaman cabe rawit akan kekurangan unsur hara untuk pertumbuhannya. Terjadi persaingan dalam penyerapan unsur hara dalam tanah.

Tunas-tunas liar ini tumbuh di bawah cabang sekunder. Bila tidak dipangkas maka dapat mengurangi unsur hara untuk cabang yang produktif. Tunas-tunas liar dipangkas pada umur 7 - 20 HST. Pemangkasan dilakukan sampai 2 - 3 kali.

Tunas-tunas liar muncul di ketiak daun pada umur 8 - 12 HST untuk di dataran rendah. Di dataran tinggi muncul umur 15 - 20 HST. Pemangkasan bertujuan agar tanaman menjadi kokoh dan kuat sebelum memasuki fase generatif ( pembungaan ).

2. Pemangkasan Bunga Pertama


Bunga pertama pada sela-sela cabang pertama harus dipangkas. Pemangkasan bunga pertama bertujuan merangsang pertumbuhan tunas dan cabang di bagian atasnya. Dengan tumbuhnya tunas dan cabang di bagian atas menyebabkan bunga muncul lebih banyak.

Pemangkasan bunga ini dilakukan untuk penanaman di dataran rendah dan menengah. Khusus untuk di dataran tinggi, pemangkasan bunga sampai bunga ke-2 dan ke-3 tergantung dari kesuburan tanaman.

Bila tanaman subur/sehat, pemangkasan bunga pertama sampai pada bunga ke-2 saja. Sedangkan bila tanaman tampak kurus, pemangkasan bunga sampai bunga ke-3.

Pemangkasan bunga dimaksudkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif dengan menunda pertumbuhan generatif. Caranya yaitu dengan memangkas bunga-bunganya. Jumlah daun akan bertambah dan hasil fotosintesis akan dimanfaatkan tanaman mengoptimalkan pertumbuhan generatif.

Setelah 7 - 14 hari nanti berjalan, akan terbentuk cabang diatasnya. Bunga yang tumbuh di cabang ini harus dipelihara. Karena tanaman sudah cukup kuat untuk masuk fase pembungaan.

3. Pemangkasan Daun


Pemangkasan daun dilakukan minimal umur 75 HST untuk daran rendah. Dan dataran tinggi pada umur 90 HST. Daun-daun di bawah cabang utama sebaiknya dipangkas. Tujuan pemangkasan untuk mendapatkan pertumbuhan tajuk tanaman secara optimal.

Pemangkasan dilakukan untuk semua daun dan dahan dari pucuk dan disisakan 4 - 10 daun saja. Daun-daun nanti akan membentuk tajuk tanamn dan menutup seluruh ruangan pertumbuhan tanaman. Tajuk-tajuk antar tanaman akan bertemu satu sama lain antar baris.

Pemangkasan juga dilakukan pada daun tua dan tidak produktif. Bila tidak dipangkas, daun-daun tersebut akan menyerap zat makanan hasil fotosintesis. Daun-daun tua tadi juga berpotensi membawa penyakit.

Cara Pemupukan Susulan Cabe Rawit Domba Ijo


jual pupuk, toko online, toko pertanian, cabe rawit domba ijo, lmga agro
Pupuk Berkualitas
Pemupukan susulan diberikan untuk menambah unsur hara bagi tanaman setelah penanaman bibit. Pemupukan susulan menggunakan pupuk daun dengan cara disemprotkan ke tanaman. Pupuk daun dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Penyemprotan pupuk daun setiap 10 - 14 hari sekali atau dapat melihat petunjuk pada kemasan. Pupuk daun diberikan saat memasuki fase vegetatif. Juga untuk pemupukan pertumbuhan bunga dan buah.

Pemupukan cabe rawit Domba Ijo untuk pertumbuhan bunga dilakukan pada umur 50 HST. Pupuk menggunakan NPK ( Phonska 15-15-15 ). Dosis pemupukan 250 kg/ha atau 5 sendok makan dan diberikan diantara 4 tanaman. Sebelumnya buat lubang untuk pupuk diantara 4 tanaman tersebut.

Pupuk dimasukkan dalam lubang lalu tutup dengan tanah. Siram dengan air secukupnya. Bila kondisi tanaman kurang sehat karena penyakit maka dosis NPK sebanyak 4 - 5 kg dilarutkan dalam 200 liter air. Kemudian kocorkan ke tanaman sebanyak 300 - 500 cc atau tergantung kebutuhan.

Untuk cabe rawit Domba Ijo dalam polybag, pupuk NPK diberikan sebanyak 5 - 6 gram per polybag. Pupuk diberikan dengan cara dikocor menggunakan air bersih. Pupuk dikocorkan pada pagi hari agar tanaman tidak layu.

Pemupukan susulan ini dapat dilakukan sampai panen nanti. Biasanya benih hibrida cabe rawit, panen cabai dapat terjadi berkali-kali. Agar setiap panen menghasilkan banyak maka setiap selesai panen beri pupuk NPK atau campuran ZA, Urea, TSP dan KCl ( 1 : 1 : 1 : 1 ).


Baca Juga : Tanki Elektrik CBA Kuat dan Tahan Lama Disukai Petani

Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Rawit


Hama yang biasa menyerang cabe rawit adalah ulat grayak, ulat tanah, tungau, thrips, aphids/kutu daun, jangkrik, bekicot dan lalat buah. Sedangkan untuk penyakit cabe rawit adalah layu fusarium dan bakteri, patek/antraknosa, veirus gemini, bercak daun dan penyakit busuk.

Usaha pengendalian dibawah ini dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir seangan hama dan penyakit. Yaitu antara lain :

  • Penyiangan terhadap gulma yang tumbuh. Gulma dapat menjadi tanaman inang berkembangnya hama dan penyakit.
  • Pengawasan rutin dan berkala. Cara ini kita dapat mengetahui lebih dini adanya serangan hama dan penyakit. Sehingga dapat dicegah serangan lebih parah lagi.
  • Jarak tanam tidak terlalu rapat. Agar lingkungan tidak terlalu lembab dan merangsang pertmbuhan jamur/bakteri dan virus.
  • Kultur teknis secara alami dengan memanfaatkan musuh alaminya atau penggunaan Trichderma sp. saat pengolahan tanah.

Tindakan pengendalian dengan mengusir, mengambil hama dan lain-lain merupakan usaha pengendalian dan pencegahan. Tujuannya mencegah populasi lebih membesar dan menyebabkan kerusakan melebihi ambang batas.

Beberapa usaha dalam kultur teknis antara lain :

  • Pergiliran/rotasi tanaman dengan tujuan memutus rantai kehidupan organisme pengganggu tanaman.
  • Pengolahan tanah dilakukan dengan baik dan benar untuk mematikan siklus hidup OPT.
  • Pemangkasan tanaman sebagai upaya mencegah serangan lebih parah lagi. Pemangkasan membuat telur-telur tungau terbuang/rusak. Hasil pemangkasan harus dibakar.
  • Pemupukan berimbang dan tepat dosis. Cara pemupukan juga harus yang tepat. Jangan menambah dosis pupuk dengan maksud agar panen melimpah. Hal tersebut keliru dan pemborosan, karena justru dapat meningkatkan populasi hama.
  • Sanitasi kebun yaitu membersihkan lahan dari gulma dan sampah/kotoran lainnya.


Hama Cabe Rawit


Ulat

Gejala serangan : daun berlubang. Jenis ulat Grayak ( Spodoptera litura ) dapat memakan habis seluruh daun hingga tinggal tulang-tulangnya. Ulat menyerang malam hari atau saat cuaca teduh. Siang hari terik, ulat bersembunyi di pangkal tanaman atau di balik mulsa. Sehingga kurang efektif bila penyemprotan dilakukan siang hari.

Pengendalian secara teknis dengan mencari hama serempak di malam hari. Juga memasang perangkap imago hama, menjaga kebersihan kebun dan penyiangan gulma. Penyemprotan insektisida di lakukan malam hari.

Tungau

Gejala serangan : daun mengeriting, menggulung ke bawah seperti sendok terbalik. Daun menjadi tebal, kaku hingga pucuk tidak terbentuk. Daun lama kelamaan coklat lalu mati.

Pengendalian teknis dengan mencabut tanaman yang terserang parah. Pucuk-pucuk dipotong. Tanaman dicabut lalu dibakar agar tanaman lain tidak tertular. Tidk berdekatan dengan tanaman singkong karena tungau juga hama utama tanaman singkong. Pengendalian kimia menggunakan akarisida.

Kutu Daun

Kutu daun dari jenis Myzus persicae, menghisap cairan pada daun. Hingga daun menjadi kering dan permukaannya bergelombang/keriting. Kutu Myzus pembawa virus. Gigitannya meninggalkan cairan berwarna kuning kehijauan dan disukai semut karena manis. Serangan cendawan meninggalkan jelaga hitam di permukaan daun.

Pengendalian teknis dengan memetik daun terinfeksi dan dibakar. Jangan berdekatan dengan kebun tanaman semangka, melon dan kacang panjang. Pemakaian mulsa plastik hitam perak efektif menekan perkembangan kutu Myzus. Penyemprotan insektisida di sore hari.

Lalat Buah


Gejala serangan ; buah cabe rontok sebelum sempat dipanen. Saat buah dibelah tampak larva lalat. Bila buah sudah rontok sebaiknya segera dibakar agar larva tidak berubah menjadi pupa lalu masuk ke tanah dan menetap lama disana.

Pengendalian teknis dengan memusnahkan bauah cabe yang rontok. Tidak berdekatan degan kebun tanaman belimbing, pisang, jeruk. Pasang perangkap lalat buah menggunakan atraktan mengandung methyl eugenol pada umur 1 bulan. Penyemprotan insektisida dilakukan di pagi hari saat lalat mulai berkeliaran daun masih berembun.

Thrips

Thrips menyerang daun sampai terlihat garis-garis keperakan, terdapat bercak-bercak kuning hingga kecoklatan. Tanaman tumbuh kerdil. Serangan hebat terjadi di musim kemarau. Thrips hama yang mudah menyebar juga berperan sebagai vektor virus.

Pengendalian teknis dengan memanfaatkanmusuh alami/predatornya seperti kumbang dan kepik. Pemasangan mulsa plastik hitam perak efektif menekan perkembangan thrips. Penyemprotan insektisida dilakukan di sore hari.


Baca Juga : Arashi Manjur Mencegah dan Mengobati Akar Gada

Penyakit Cabe Rawit


Rebah semai

Menyerang tanaman saat di persemaian. gejalanya pangkal batang dekat akar busuk menyusut lalu patah. Penyebabnya adalah infeksi oleh jamur. Dikendalikan dengan penyemprotan fungisida kontak.

Layu Fusarium

Menimpa tanaman yang baru dipindah tanam ke lahan tetap. Penyebabnya adalah infeksi jamur patogen fusarium pada akar cabe. Akibatnya tanaman menjadi layu disiang hari namun kembali segar malam harinya. Bila berlangsung terus berhari-hari, tanaman akan kering dan layu meskipun daun tampak hijau.

Dapat dicegah dengan menerapkan aplikasi Trichoderma sp. saat pemupukan dasar. Lalu dikocorkan pada hari ke-4 dan ke-5 setelah tanam. Trichoderma adalah jamur baik dan bersimbiosis dengan akar tanaman. Trichoderma sp. membunuh jamur patogen dalam tanah yaitu Fusarium sp.

Layu Bakteri

Sama dengan layu fusarium, fase menyerangnya cepat. Hanya dalam 3 hari saja, tanaman bisa menjadi kering. Seluruh daun akan meranggas rontok dan akhirnya tanaman mati kering/gosong.

Penyebabnya adalah bakteri patogen dalam tanah dan menginfeksi daerah perakaran tanaman.  Pengendaliannya menggunaka bakterisida sistemik berbahan aktif streptomycin.

Daun Mengeriting

Gejala mengeriting daun terjadi di musim kemarau. Penyebabnya beragam, antara lain, defisiensi Nitrogen, serangan kutu daun dan infeksi virus Gemini.

Mengeritingnya daun paling banyak disebabkan virus Gemini. Bila daun sudah berkering sulit untuk disembuhkan. Pencegahan dengan memberantas hama vektornya yaitu hama Thrips, kutu kebul dan Aphids.  Dengan melakukan penyemprotan insektisida sesuai petunjuk di kemasan.

Daun Bulai


cabe rawit domba ijo, hama dan penyakit cabe, budidaya cabe, toko pertanian, lmga agro
Penyakit Bulai
Gejala awal penyakit ini adalah bercak kuning pada daun cabe. Dan semakin lama bercak akan meluas hingga daun menjadi keriting. Kondisi daun demikian meneybabkan klorofil rusak dan mengganggu proses fotosintesis.


Penyebabnya adalah virus Gemini dan dibawa oleh hama vektor Aphids, Thrips dan Kutu Kebul. Virus juga bisa terbawa oleh benih dari tanaman yang sudah terinfeksi virus. Karena itu penting sekali penggunaan benih bebas virus. Pengendalian dilakukan terhadap hama menggunakan insektisida.



Patek ( Antraknosa )

Merupakan penyakit khas pada cabe di musim hujan. Menyarang pada buahnya karena yang paling rentan terkena penyakit patek. Bagian dalam buah menjadi busuk, lesi hitam dan melingkar. Makin lama makin menyebar dan memusukkan isi buah.

Penyebabnya adalah jamur dan berkembang biak dengan cepat di musim hujan. jamur ini sulit dikendalikan namun dampaknya dapat ditekan dengan beberapa tindakan pencegahan.  Antara lain benih hibrida tahan penyakit, jarak tanam diatur, mengurangi pupuk N di musim hujan, pemberian Kalium dan Kalsium serta aplikasi Trichoderma sp.

Pemanenan Cabe Rawit Domba Ijo


Cabe rawit Domba Ijo dipanen umur genjah, yaitu 80 hari setelah penanaman bibit. Panen selanjutnya dilakukan 1 minggu sekali atau lebih tergantung kesehatan dan kesuburan tanaman. Tanaman cabe rawit yang dirawat baik dan benar dapat dipanen hingga berumur 1 - 2 tahun.

Perawatan setelah panen adalah melakukan pemangkasan dan pemupukan kembali. Setiap selesai panen, pemupukan yaitu menggunakan pupuk organik yang sudah matang. Pemangkasan pada daun, cabang dan ranting yang tidak produktif juga merupakan usaha peremajaan tanaman.

Pasca panen cabe rawit, yaitu penyimpanan di suhu 4 °C dan kelembaban 95 - 98% akan bertahan selama 4 minggu. Untuk penyimpanan suhu 10 °C, cabe rawit akan tetap segar selama 16 hari.

Pemetikan cabe rawit untuk panen sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah embun mengering. Setelah panen, beri juga pupuk daun agar cabe rawit tetap menghasilkan secara optimal. Dan tidak lupa untuk selalu melakukan penyiraman tanaman.

Demikian artikel kami judul : Jual Cabe Rawit DOMBA IJO Murah Benih INTI Tahan Patek. Hubungi nomer kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami Toko pertanian LMGA Agro melayani jual produk pertanian secara online. Mengajak juga kerjasam dropship, reseller dan online shop pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan pasti sampai tujuan. Produk kami lengkap, terbaru, murah dan harga bersaing. Kami juga melayani gratis konsultasi pertanian.

Semoga artikel kami dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang budidaya cabe rawit. Terutama tentang benih cabe rawit Domba Ijo dari benih Inti Tahan Patek/Antarknosa. Semoga dapat membantu dalam membuka peluang usaha menanam cabe rawit dan selamat mencoba. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.