BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/05/2024

Read

Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Berkualitas Unggulan Untuk Petani

Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah,cabe,cabe rawit,bara,panah merah,lmga agro
Cabe Rawit Bara
Cap Panah Merah

Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Berkualitas Unggulan Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro adalah toko tani online di Kediri yang menjual berbagai kebutuhan tani unggul harga terjamin murah.

Lmga Agro adalah agen, reseller, distributor, serta supplier kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia.

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian serta juga mempunyai jaminan reputasi yang terjamin terpercaya.

Konsumen di seluruh penjuru Indonesia pun telah toko pertanian terdekat Lmga Agro punyai. So, Anda tentunya tidak perlu lagi jika ingin bertransaksi dengan Lmga Agro.

Ingin membeli produk pertanian berkualitas unggulan dengan harga murah ? Hubungi segera Lmga Agro lalu segera order sebelum Anda tidak kebagian !!

Benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah kini telah bisa konsumen peroleh di Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabe rawit Bara Cap Panah Merah yang diproduksi PT Eastwestseed Indonesia.

Dapatkan segera benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah harga terjangkau hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro !!

Di Indonesia, cabe ialah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap makanan kita sehari – hari. Pernyataan itu sudah terbukti mengingat masyarakat Indonesia sendiri cukup menggemari makanan dengan cita rasa pedas.

Dengan fakta seperti itu, maka cabe pun dapat menjadi salah satu kebutuhan utama yang perlu terpenuhi. Terlebih lagi, mengkonsumsi cabai pun bisa memberikan berbagai manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Namun, dengan catatan bahwa Anda mengkonsumsinya dalam jumlah tak berlebihan. Jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, sudah hampir pasti bahwa hal itu akan berdampak buruk untuk tubuh. Efek buruk itu salah satunya ialah mengakibatkan perut menjadi sakit.

Beberapa contoh manfaat mengkonsumsi cabe dalam jumlah cukup yaitu seperti :

  • Memperlancar sistem pernafasan

Kandungan nutrisi berupa vitamin A di dalam cabe telah terbukti sangat bagus untuk tubuh. Nutrisi ini memiliki beraneka manfaat untuk tubuh, contohnya seperti memperlancar sistem pernafasan (terutama bagi penderita penyakit asma).

Selain itu, kandungan vitamin A ini juga mampu memperkecil resiko tubuh terserang radang paru – paru karena terpapar asap rokok. Dengan begitu, maka kondisi sistem pernafasan tubuh akan tetap lancar dan tidak terganggu.

  • Memperkecil resiko tubuh terserang kanker

Beraneka kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh terkandung di dalam buah cabe. Beraneka macam kandungan antioksidan itu mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Dengan begitu, maka nantinya resiko tubuh terserang penyakit kanker akan semakin kecil.

Cabe Rawit Tipe Cabai Terbaik Bagi Petani

budidaya,tanaman,petani,budidaya cabe rawit,budidaya cabai rawit,lmga agro
Cabe Rawit Tipe Cabai Terbaik Bagi Petani

Ada cukup banyak varietas tanaman cabai di dunia, tetapi petani Indonesia pun biasanya hanya membudidayakan 3 tipe cabai. 3 tipe cabai itu adalah cabe merah besar, cabe merah keriting, dan juga cabe rawit.

Nah, kali ini Lmga Agro ingin membahas tentang salah satu jenis cabe tersebut, yaitu cabai rawit. Tanaman satu ini adalah tanaman asli yang berasal dari benua Amerika.

Daerah beriklim tropis menjadi tempat paling sesuai untuk pembudidayaan cabe rawit. Maka janganlah heran jika Indonesia yang punya iklim tropis sangat cocok untuk pembudidayaan tanaman bernama latin Capsicum frutescens ini.

Apabila Anda pernah membeli kudapan (contohnya seperti gorengan), umumnya penjual akan memberikan pelengkap berupa cabai rawit. Jika tidak ada cabai rawit, seolah – olah seperti ada yang kurang saat mengkonsumsi kudapan, kan??

Tingkat kepedasan cabe rawit sendiri tergolong cukup besar. Hal tersebut dapat terlihat secara jelas dari nilai tingkat kepedasannya yang berkisar sekitar ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Secara umum, cabe rawit untuk dibudidayakan di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai 500 mdpl. Tetapi, seiring waktu berjalan, telah banyak produk bibit cabai rawit yang mampu tumbuh pada dataran berketinggian > 500 mdpl.

Sejak dulu pun petani Indonesia telah banyak menanam tanaman cabe rawit. Produk bibit cabai rawit yang mereka budidayakan pun cukup beragam dan berasal dari berbagai macam produsen.

Tetapi, ada salah satu produk benih cabe rawit yang belakangan ini cukup jadi primadona & perbincangan petani Indonesia. Lalu, apakah produk tersebut ?

Baca Juga : Fungisida Starmyl 25 WP Fungisida Ampuh Atasi Penyakit Karena Jamur

Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Produk Unggul Bagi Petani

cabe rawit bara,cabe rawit bara panah merah,cap panah merah,cabai,cabai rawit,lmga agro
Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Produk Unggul Bagi Petani

Di pasaran Indonesia sudah cukup banyak beredar produk benih cabe rawit yang berkualitas terbaik. Salah satu produk yang sangat cocok petani budidayakan dengan jaminan kualitas terbaik ialah Bara F1.

Bara F1 merupakan produk bibit cabai rawit hibrida yang diproduksi oleh PT Eastwestseed Indonesia. Walaupun mempunyai jumlah pesaing yang relatif banyak, tetapi Panah Merah tidak gentar sekalipun karena telah menyiapkan produk Bara F1 Cap Panah Merah dengan sangat bagus.

Dengan begitu, produk cabe rawit Bara produksi Panah Merah sangat sesuai untuk konsumen pergunakan. Terlebih lagi, cabai rawit Bara juga mempunyai berbagai karakteristik unggul ketimbang produk pesaingnya.

Beberapa contoh karakteristik unggul yang dimiliki oleh produk Bara Cap Panah Merah yaitu seperti :

  1. Bara Cap Panah Merah mempunyai vigor yang termasuk tegak, kuat, ruasnya pendek, dan percabangannya termasuk banyak.
  2. Kemampuan adaptasi cabe rawit Bara Cap Panah Merah tergolong baik di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi ketika musim kemarau maupun musim hujan.
  3. Cabe rawit Bara Cap Panah Merah cukup toleran terhadap serangan penyakit akibat infeksi bakteri, serta juga sudah memiliki ketahanan pada serangan hama thrips, Aphids, & CMV.
  4. Tanaman cabe rawit Bara Cap Panah Merah lebih mudah serta aman karena sudah tahan serangan hama dan penyakit.
  5. Proses pembentukan buah cabe rawit Bara Cap Panah Merah termasuk mudah walaupun kondisi cuaca sedang buruk.
  6. Pembudidayaan cabe rawit Bara Cap Panah Merah lebih mudah serta aman karena telah memiliki ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).
  7. Buah cabe rawit Bara Cap Panah Merah berdiameter ± 0,4 cm, panjang ± 3 cm, dengan kulit buah berwarna hijau mengkilap saat muda serta berubah menjadi kemerahan ketika telah matang / tua.
  8. Buah cabe rawit Bara Cap Panah Merah lebih tahan simpan, pengemasan, hingga pengangkutan jarak jauh.
  9. Budidaya cabe rawit Bara Cap Panah Merah sudah bisa Anda panen saat sudah berumur ± 100 hari setelah pindah tanam.
  10. Potensi hasil panen budidaya cabe rawit Bara Cap Panah Merah tergolong cukup besar, yaitu mencapai ± 10 ton per ha.
  11. Hasil panen cabe rawit Bara Cap Panah Merah tergolong mudah terjual kepada pedagang kaki lima hingga pedagang besar.
  12. Buah cabe rawit Bara Cap Panah Merah bisa dipetik tua sebagai buah cabai rawit merah, tetapi bisa pula dipetik muda sebagai buah cabai rawit hijau.
  13. Produk benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah sudah terdaftar secara legal di Kementan RI melalui peraturan Kepmentan Nomor 874/Kpts/TP.240/7/1999.
  14. Toko pertanian online Lmga Agro menjual produk bibit cabe rawit Bara Cap Panah Merah berisikan 1100 butir.

Prospek Menjanjikan Agrobisnis Budidaya Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah

Karakteristik unggul dari produk cabe rawit Bara Cap Panah Merah menjadi daya tarik utama bagi petani Indonesia. Apalagi, harga jual buah cabe Bara Cap Panah Merah di pasaran tergolong cenderung tinggi.

Jika permintaan pasar terhadap cabai rawit Bara Cap Panah Merah semakin bertambah, maka potensi budidaya cabe ini akan semakin meningkat. Maka tidaklah salah dan mengherankan jika banyak petani tertarik dengan potensi hasil agribisnis budidaya cabe Bara Cap Panah Merah.

Budidaya cabe rawit Bara Cap Panah Merah bisa Anda lakukan di berbagai tempat. Bahkan, pekarangan rumah sekalipun yang ukuran tidak terlalu besar bisa Anda manfaatkan sebagai tempat pembudidayaan.

Dengan memanfaatkan lokasi lahan tanam yang cocok serta telah memenuhi syarat tumbuhnya maka hasil panen tentunya akan bisa diperoleh secara maksimal. Hal tersebut tentu saja sangat berdampak bagus untuk petani cabai.

Apabila Anda punya masalah keterbatasan lahan tanam, penggunaan pekarangan rumah sebagai tempat pembudidayaan cabe rawit Bara Cap Panah Merah bisa menjadi solusi paling bagus.

Di pekarangan rumah tersebut petani dapat membudidayakan benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah dengan menggunakan metode tanam hidroponik. Penggunaan metode tanam hidroponik bisa menjadi pilihan paling realistis dan memberikan beraneka keunggulan.

Keunggulan itu contohnya seperti dapat terbebas dari serangan organisme pengganggu yang berada di dalam tanah. Selain itu, metode tanam hidroponik juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat lain tersebut sebut saja seperti membuat hemat penggunaan air serta mempermudah dalam proses pemeliharaan.

Baca Juga : Katalog Benih Kacang Panjang & Buncis Terlengkap Lmga Agro

Ketahanan Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Terhadap OPT

Salah satu keunggulan utama dari produk cabe rawit Bara Cap Panah Merah adalah mempunyai ketahanan terhadap serangan opt (organisme pengganggu tanaman).

Serangan organisme pengganggu tentu saja berakibat kerugian bagi petani, entah dalam jumlah sedikit maupun banyak. Nah, dengan menggunakan produk benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah maka kerugian tersebut bisa dihindari.

Beberapa contoh opt tersebut yaitu seperti :

  • Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) adalah seekor hama serangga yang mempunyai tubuh berwarna kekuning – kuningan . Sang betina mampu bertelur sebanyak 50 butir serta berbentuk kacang berwarna putih kelabu, biasanya di dalam daun muda dan bersayap.

Seiring bertambahnya jumlah populasi, berikutnya mereka juga akan memilih permukaan daun dewasa. Masa inkubasinya berlangsung selama 3 sampai dengan 8 hari.

Ukuran nimfa yang baru menetas ukurannya termasuk kecil, dengan tubuh berwarna kemerahan yang kemudian berubah menjadi berwarna coklat kekuningan.

Nimfa dan kutu daun dewasa memakan bagian bawah daun muda. Mereka menyerang dengan memarut dan menembus jaringan lalu menghisap cairan yang keluar.

Daun yang terinfeksi akan memunculkan bercak berwarna coklat muda hingga perak dan mungkin menunjukkan tanda – tanda deformasi (keriting).

Dalam kasus parah, terjadi pengeritingan parah pada daun dan daun pun mengalami kerontokan sebelum waktunya dari tanaman. Bekas gigitan pada bunga terlihat berupa goresan kelopak dan mampu menyebabkan bunga mengering serta rontok.

Bercak, keropeng, dan juga bentuk buah yang berubah akan menyebabkan nilai jual buahnya di pasaran. Meskipun serangan umumnya terjadi di sepanjang tahun, tetapi puncaknya terjadi selama bulan – bulan kemarau dan di tanah yang diberikan pupuk nitrogen berlebihan.

  • Patek

Patek atau antraknosa merupakan salah satu penyakit yang cukup sering menyerang tanaman cabe rawit. Patogen jamur dari genus Colletotrichum adalah penyebab utama terjadinya penyakit ini.

Cendawan ini menginfeksi tanaman mulai dari fase vegetatif, fase generatif, sampai mencapai masa panen. Mereka mampu bertahan hidup dalam biji, sisa – sisa tanaman, sampai ke inang alternatif.

Mereka pun juga mampu melahirkan perkembangan baru pada jaringan transplantasi tanaman yang telah terinfeksi sebelumnya.

Patogen jamur Colletotrichum bisa tumbuh secara subur (baik dalam periode hangat dan basah). Cendawan ini juga bisa menyebar ke tanaman lain lewat perantara air hujan maupun air irigasi.

Infeksi pada buah dapat terjadi pada suhu 10° sampai 30° C, namun suhu optimal untuk perkembangannya berkisar ± 23° sampai 27° C.

Jika permukaan buah basah, maka penyakit antraknosa akan semakin parah. Selain itu, pada buah pun akan muncul luka melingkar ataupun bersudut basah yang lalu menjadi lunak serta sedikit cekung.

Warna bagian tengah luka kecoklatan atau oranye akan berubah warna menjadi hitam. Sementara itu, jaringan di sekitarnya berwarna lebih cerah.

Buah yang masih hijau (masih belum matang) bisa mengalami infeksi tersembunyi serta tidak memperlihatkan gejala apa – apa sampai buah matang.

Gejala pada daun dan juga bagian buah muncul sebagai bintik berukuran kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan bagian tepi coklat tua. Saat akhir musim, buah yang telah matang akan membusuk kemudian cabangnya mengalami kematian pucuk.

  • Aphid

Aphid atau orang sering juga menyebutnya sebagai kutu daun merupakan salah satu hewan serangga musuh utama petani. Ukuran tubuhnya tergolong kecil (hanya berkisar ± 0,5 mm – 2 mm) serta bertekstur lunak.

Tipe Aphid sendiri termasuk sangat beragam, tetapi tipe yang paling mendominasi adalah tipe Aphid yang tak memiliki sayap. Sementara tipe yang jumlahnya lebih sedikit adalah tipe Aphid bersayap.

Aphid memanfaatkan bagian ovipositornya supaya mampu menembus jaringan tanaman bertekstur lunak serta juga untuk menyerap cairan.

Beberapa spesies Aphid pun juga dapat membawa virus – virus tanaman, sehingga dapat menyebabkan penyakit karena virus menjadi berkembang.

Kerumunan Aphid dalam jumlah banyak mampu menyebabkan daun serta pucuk pun menjadi lau, berkerut, menguning, dan juga menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman.

Ketika memakan tanaman, hama Aphid berikutnya akan menghasilkan kotoran berupa embun madu. Pada beberapa kasus, embun madu itu sering mengakibatkan infeksi tambahan pada tanaman.

Madu itu mampu memikat gerombolan – gerombolan semut. Bahkan, Aphid dalam jumlah sedikit pun mampu menularkan virus dari satu tanaman ke tanaman lain secara terus – menerus.

Baca Juga : Jual Pupuk Susulan Cabai Musim Hujan Bambu Ijo

Jual Benih Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Harga Terjangkau

Jika pembaca tengah mencari produk benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah, jawabannya tentu saja adalah Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabe rawit Bara Cap Panah Merah dengan jaminan kualitas unggul.

Lmga Agro merupakan supplier, agen, distributor, serta reseller berbagai kebutuhan pertanian dengan harga terjangkau dan juga promo.

Toko pertanian terdekat Lmga Agro juga menjual berbagai macam produk pertanian terlengkap bagi konsumen. Contohnya saja seperti zpt, pupuk, benih, pestisida, dan lainnya. Semua kebutuhan pertanian tersebut tersedia paling lengkap hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Mitra pengiriman terpercaya Lmga Agro gandeng untuk mengirimkan pesanan produk benih cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah. JNT, KI8, Pos Indonesia, & JNE adalah beberapa nama – nama mitra pengiriman terpercaya rekanan Lmga Agro.

Seluruh pesanan konsumen dari toko pertanian terdekat Lmga Agro tentu terjamin pasti akan sampai hingga ke alamat konsumen.

Ingin membuktikan kualitas produk bibit cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah ? Segera hubungi Lmga Agro kemudian order benih cabe rawit Bara Cap Panah Merah harga murah sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel dengan topik bahasan cabe rawit Bara Cap Panah Merah ini kami tulis juga sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah Berkualitas Unggulan Untuk Petani ini, hubungi segera Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai bertemu kembali dalam artikel terbaru Lmga Agro selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.