TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/04/21

Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Bambu Ijo Pupuk Cair PT Bio

pupuk susulan cabe musim hujan, bambu ijo, pupuk cair, pemeliharaan cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Cair Lengkap Bambu Ijo

Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Bambu Ijo Pupuk Cair PT Bio. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual pupuk cair lengkap Bambu Ijo dari PT Bio Agritech Nusantara. Pupuk cair lengkap ZPT sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. 

Toko pertanian online LMGA AGRO jual beragan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang pupuk susulan cabe musim hujan dan lengkap budidaya cabe. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia secara online dibantu jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Bambu Ijo, pupuk organik cair ( POC ) lengkap dapat sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. Bambu Ijo salah satu pupuk organik cair yang lengkap dan ada campuran atau resep khusus dari China. POC Bambu Ijo bisa diberikan tanaman semusim seperti tomat, cabe, melon, bawang dan lain-lain. 

Pupuk susulan cabe musim hujan menggunakan pupuk organik cait Bambu Ijo meningkatkan pertumbuhan tanaman. Persentase buang muncul dan menjadi buah meningkat. Pupuk bertujuan menambah nutrisi bagi tanaman cabe. 

Juga cocok untuk tanaman keras seperti kelapa sawit, kakao, kopi, teh, tembakau hingga tanaman buah apel. Pupuk organik cair Bambu Ijo juga cocok untuk tanaman hias yaitu tanaman mawar, anggrek, melati juga tanaman hias daun. 

Bambu Ijo diberikan sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. Bambu Ijo berwarna coklat tua dan kental. Bisa juga dipakai untuk merendam benih sebelum disemai. Pupuk susulan cabe musim hujan diberikan setelah bibit ditanam di lahan. Tanaman cabe dipupuk mulai umur 2 minggu setelah semai. 


Pupuk Organik Cair Bambu Ijo


Bambu Ijo pupuk susulan cabe musim hujan produksi PT Bio Agritech Nusantara. Komposisi didalamnya antara lain : NPK ( 12% ). Mengandung senyawa organik juga sebanyak 15,26%. Bambu Ijo pupuk susulan cabe musim hujan memiliki unsur mikro di dalamnya antara lain : Cu, Fe, Zn, Mn dan mengandung unsur zat perangsang tumbuh ( ZPT ).

Bambu Ijo dipakai sebagai salah satu pupuk susulan cabe musim hujan karena dapat meningkatkan pertumbuhan cabe. Cara aplikasi pupuk susulan cabe musim hujan yaitu dengan melarutkan Bambu Ijo karena berbentuk cair. Bambu Ijo 1 ml dimasukkan kedalam 8 liter air. 

Satu botol Bambu Ijo 12 ml pupuk susulan cabe musim hujan untuk dilarutkan dalam 100 liter air dan untuk luasan 2000 m2. Satu tetes pupuk Bambu Ijo dilarutkan dalam 1 liter air. Pupuk susulan cabe musim hujan Bambu Ijo dosis kecil untuk hasil maksimal.    

Dosis untuk tanaman sebanyak 2,5 ml per tangki 16 liter. Untuk tanaman padi disemprotkan saat pembentukkan anakan dan awal pembentukan bunga dan buah. Tanaman kacang-kacangan di masa pertumbuhan atau pembungaan dan pengisian polong. 

Dosis sebanyak 2 ml per tangki untuk pupuk susulan cabe musim hujan. Juga untuk tanaman melon, semangka dan Timun. Pupuk susulan cabe musim hujan disemprotkan sebelum berbunga, saat pertumbuhan buah dan sebelum buah masak. Pupuk susulan cabe musim hujan untuk tanaman sayuran diberikan interval 1 minggu sekali. Catatan ukuran tangki 15 liter. 


Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Bambu Ijo Pupuk Organik Cair


pupuk susulan cabe musim hujan, bambu ijo, pupuk organik cair, pemupukan cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bambu Ijo POC lengkap dengan ZPT

Bambu Ijo
diberikan sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. Karena saat musim hujan, tanaman harus mendapatkan pupuk seimbang sebagai daya tahan menghadapi cuaca ekstrim, Setiap tanaman membutuhkan nutrisi pupuk susulan cabe musim hujan untuk tumbuh maksimal. 

Bambu Ijo merk pupuk organik cair lengkap ada ZPT juga. Merupakan pupuk tanaman racikan khusus buatan China yang sudah terpercaya sejak dulu. Pupuk Bambu Ijo cair membuat tanaman tumbuh maksimal. 

Pupuk susulan cabe musim hujan harus diberikan pada waktu dan cara yang tepat. Demikian juga bila memberikan pupuk organik cair. Bambu Ijo mengandung unsur lengkap NPK dan diberikan sebagai pupuk susulan. 

Pupuk susulan cabe musim hujan bentuk cair disemprotkan pada pagi hari sekitar pukul 6 - 9 pagi. Atau sore hari pukul 4 - 6 sore. Penyemprotan pupuk susulan cabe musim hujan merata di permukaan bawah tanah. Dosis biasanya digandakan bila menyemprot batang dan akar tanah. 

Pupuk susulan cabe musim hujan diberikan setelah penanaman bibit di lahan tetap. Untuk merangsang pertumbuhan daun Bambu Ijo pupuk organik cair disemprotkn saat tanaman baru muncul tunas. Penyemprotan juga pada fase generatif bertujuan untuk merangsang pertumbuhan buah, biji atau umbi. 

Interval penyemprotan pupuk cair bila di musim kemarau seminggu sekali. Namun penyemprotan bisa 3 hari sekali untuk pupuk susulan cabe musim hujan. Pemupukan musim hujan lebih diintensifkan karena pupuk sering tercuci oleh air hujan. 




Pupuk Bagus Untuk Cabe Sebagai Pupuk Susulan


1. Pupuk Kandang

Jenis pupuk organik ini disarankan untuk menujang produktivitas tanaman cabai. Pupuk kandang diberikan saat pemupukan dasar dan juga sangat penting sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan ternak. 

Tujuan diberikan pupuk kandang untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. Jenis pupuk organik yang sama dengan pupuk kandang adalah kompos dan pupuk hijau. Bambu Ijo juga pupuk organik bentuk cair lengkap karena mengandung zat perangsang tumbuh.  

Zat hara pupuk kandang tergantung dari bahan baku pupuk tersebut dari kotoran apa. Manfaat pupuk kandang adalah mempertahankan struktur fisik tanah sehingga memudahkan akar tumbuh dengan baik. Pupuk kandang dari hewan ternak besar kaya akan Nitrogen, Magnesium, Kalium dan Kalsium. Sedangkan pupuk kandang ayam kaya akan Fosfat. 

Pupuk kandang sebagai pupuk susulan cabe musim hujan harus sudah matang dan mengalami proses fermentasi secara sempurna. Pupuk kandang belum matang tidak bisa dipakai pupuk karena membahayakan tanaman. 




2. Pupuk Larutan Phonska Cair

Pupuk Phonska merupakan salah satu pupuk anorganik yang sering digunakan untuk pupuk susulan cabe musim hujan. Pupuk Phonska disubsidi oleh Pemerintah sehingga harganya terjangkau oleh petani. Bentuknya butiran atau granul berwarna merah muda. 

Pupuk Phonska adalah pupuk NPK majemuk dan mengandung banyak unsur hara utama. Kandungan dari Phonska adalah 15% N, 15 % P, 15% K, 10% S dan 2 % kadar air maksimal. Pupuk Phonska oleh petani sebagai pupuk susulan cabe musim hujan dilarutkan dulu menjadi pupuk cair. 

Pupuk cair sangat baik untuk pertumbuhan tanaman cabe karena akan cepat diserap tanaman. Manfaat pupuk Phonska dapat memacu pertumbuhan akar, pertumbuhan bunga dan mempercepat panen. Ukuran cabe menjadi besar, batang menjadi besar da kuat. Meningkatkan daya tahan tanaman dari hama penyakit. 

Karena mengandung NPK maka menggunakan Phonska membuat daun cabe lebih hijau dan segar. Pupuk Phonska ( 2 kg ) dibuat bentuk larutan dicampurkan pupuk TSP ( 1 kg ) dan KCl ( 1 kg ) dimasukkan dalam 8 liter air. 

Pupuk susulan cabe musim hujan Phonska diencerkan dulu agar tanaman tidak merasa panas saat disemprotkan larutan pupuk. Selain disemprotkam menggunakan alat semprot, dapat juga disiramkan langsung ke tanaman menggunakan gayung sebanyak setengah saja. 

Pupuk susulan cabe musim hujan diberikan 2 kali yaitu saat persemaian atau dibawah umur 20 HST dan umur 1 bulan keatas. 


3. Pupuk Kompos dan Pupuk Daun


pupuk susulan cabe, bambu ijo, pupuk organik cair, pemupukan cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Gandasil D
Pupuk Daun

Pupuk kompos adalah pupuk organik yang fungsinya sama dengan pupuk kandang yaitu memperbaiki struktur tanah. Kompos berasal dari sampah rumah tangga organik seperti daun kering, potongan sayur dan lain-lain. 

Kompos juga harus difermentasikan sampai matang dan bisa dijadikan pupuk susulan cabe musim hujan. Pupuk daun juga diberikan sebagai pupuk susulan cabe musim hujan. Pupuk daun diberikan untuk membuat sehat daun cabe. 

Pupuk daun ada yang organik dan ada yang non-organik. Diberikan ke tanaman lewat mulut daun atau stomata dengan cara disemprotkan. Pemberian pupuk daun harus sesuai dosis dan frekuensi berdasarkan anjuran dari kemasan produk. Pupuk daun juga diberikan sesuai waktunya. 

Karena disemprotkan lewat mulut daun maka waktu stomata membuka sempurna yaitu jam 8 - 9 pagi atau 3 - 4 sore. Disemprotkan tipis saja, tepat dan tidak over dosis. Nozzle tidak terlalu dekat ke daun dan menyemprot tidak di atas permukaan daun.

Bambu Ijo pupuk cair organik dapat diberikan sebagai pupuk daun. Pupuk daun dalam bentuk semprotan harus diatur nozle atau ujung semprotan dari alat semprotnya. Agar cairan pupuk yang keluar lebih halus. 


4. Pupuk Buatan

Yaitu pupuk kimia seperti Urea, KCl, ZA dan TSP dari jenis pupuk tunggal. Pupuk buatan bahan kimia ada juga dalam bentuk majemuk seperti NPK. Pemberiannya harus seimbang dan tidak berlebihan. Pupuk susulan cabe musim hujan disarankan utuk mengurangi unsur Nitrogennya. Karena di musim hujan, unsur Nitrogen cukup tinggi di udara bebas. 

Unsur Nitrogen berlebihan merugikan tanaman cabe. Tanaman akan mudah terkena penyakit dan menjadi bersifat sukulen. 




Pemupukan Cabe


Pemupukan cabe dilakukan secara bertahap yaitu umur 20 HST diberikan pupuk organik, baik pupuk kandang atau kompos. Umur 30 HST diberikan pupuk KCl. Umur 45 HST diberikan pupuk Urea. 

Pupuk susulan cabe musim hujan selanjutnya diberikan umur 60 HST menggunakan pupuk TSP atau NPK. Umur lebih dari 60 HST diberikan pupuk larutan Phonska Cair hingga panen tiba. 

Pupuk susulan cabe musim hujan diberikan umur 1 - 4 minggu setelah tanam dari sisa pupuk dasar. Cara pemberian yaitu dikucurkan dan setiap tanaman sebanyak 200 ml karutan pupuk. Pupuk susulan cabe musim hujan yaitu mengencerkan 1,5 - 3 kg pupuk buatan ke dalam 100 liter air. 

Bambu Ijo diberikan setelah pupuk buatan. Pupuk susulan cabe musim hujan pertama menggunakan pupuk NPK sesuai dosis anjuran. Diulang kembali tiap 2 minggu sekali. Pupuk susulan cabe musim hujan juga bisa ditambahkan MSG Ajinomoto bertujuan menyuburkan tanaman. 

MSG mengandung unsur Natrium membuat daun lebih hijau, buah menjadi lebat dan tanaman lebih sehat tidak mudah sakit. MSG sebagai pupuk susulan cabe musim hujan bermanfaat mencegah tanaman cabe dari kekerdilan.  

Upaya untuk membuat tanaman cabe berbuah lebat yaitu dilakukan sejak awal dalam proses persemaian menggunakan polybag atau tray semai. Media selama pembibitan harus gembur agar akar tumbuh dengan baik. Lakukan perawatan benih hingga menjadi bibit dan lakukan kontrol tanaman. 

Perlakuan penyiangan dan pendangiran dapat membuat cabe berbuah lebat, tumbuh subur dan sehat. Penyiangan terhadap gulma dapat mempengaruhi perkembangan tanaman. Gulma menjadi tanaman inang hama dan penyakit sehingga menginfeksi tanaman cabe. Pendangiran membuat tanah sekitar selalu gembur dan akar tumbuh baik.  


Panen Cabe Buah Lebat Dengan Bambu Ijo Pupuk Cair Lengkap


pupuk susulan cabe, bambu ijo, pupuk organik cair, pemupukan cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pemupukan Membuat Buah Cabe Lebat

Pemupukan cabe untuk membuat buah cabe lebat yaitu pupuk susulan cabe musim hujan. Intensifkan juga penyiraman dan pupuk susulan cabe musim hujan baik pupuk organik dan an-organik.

Agar buah lebat, kontrol secara rutin pertumbuhan tanaman untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Lakukan sanitasi kebun, memperbaiki drainase dan penyemprotan fungisida cabe di musim hujan yang sesuai. 

Buah cabe akan mulai berbuah dan dapat dipetik setelah umur 2,5 - 3 bulan setelah penanaman bibit. Periode panen cabe selama 6 bulan bahkan bisa lebih dan maksimal umur 24 bulan. Frekuensi panen cabai rawit bisa dilakukan hingga 18 kali. 

Cara merawat tanaman cabai agar dapat berbuah lebat yaitu pemberian pupuk susulan cabe musim hujan. Nutrisi diberikan baik pupuk dasar dan pupuk susulan cabe musim hujan. Pemupukan di musim hujan harus lebih telaten dan intensif mengingat rentan serangan penyakit. 

Pupuk susulan cabe musim hujan merupakan nutrisi penting dan untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman. Pupuk paling baik bagus adalah pupuk organik, tambahkan juga pupuk buatan atau kimia. Bambu Ijo pupuk organik cair yang lengkap karena mengandung ZPT untuk meningkatkan produktivitas tanaman. 

Merawat tanaman cabai juga dengan selalu menjaga kelembaban media tanam lewat rutin menyiram, jarak tanam tidak rapat dan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Bersihkan selalu kebun dari gulma-gulma dan serangan hama. Memonitor dan kontrol tanaman untuk melihat pertumbuhan cabai. 

Pohon cabe berbuah selama minimal 6 bulan dan maksimal 24 bulan. Petani cabe dapat memanen buah pohon cabe hingga 15 - 18 kali bahkan bisa lebih bila pertumbuhan tanaman sehat. 


Baca Juga : Cabai Panex 100 F1


Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Meningkatkan Panen


Budidaya cabai bukan rahasia lagi selalu menantang dan disukai Petani karena hasil menguntungkan. Penanaman di musim hujan bila dilakukan dengan tepat hasilnya bisa tinggi karena harga cabe biasanya naik tergantung persediaan cabe di pasar. Bila beruntung, harga cabe jual hingga Rp. 100.000 per kg di musim hujan. 

Waktu tanam cabai berdasarkan musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Masing-masing musim terdapat kelebihan dan kekurangannya. Beberapa tempat atau daeran memulai menanam cabai di awal musim hujan. 

Masa tanam cabai adalah 4 bulan. Biasanya panen dilakukan 4 hari sekali dalam satu bulan. Hasil per hektarnya sekali panen hingga 4 kuintal. Bila dalam satu bulan dan panen berulan-ulang bisa menghasilkan sebanyak 28 kuintal per hektar. 

Pohon cabe berbuah lebat bila perawatannya tepat mulai dari pembibitan, penanaman bibit, pemupukan dan panen. Dalam satu pohon cabe menghasilkan cabe rawit rata-rata 10 kg per tanaman tergantung varietasnya.  

Umur panen tanaman cabe rawit hibrida lebih cepat yaitu umur 90 - 120 HST. Namun pohon cabe rawit siap dipetik umur 65 - 70 HST. Hasil panen satu batang pohon 1 - 2 kg cabai rawit hibrida. Anda bisa menanam cabe dalam polybag dengan diameter minimal 30 cm hingga panen. 

Pupuk susulan cabe musim hujan panen cabe merah umur 75 - 85 hari setelah tanam. Proses panen cabe merah berkali-kali tergantung jenis varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan. Panen cabe merah setiap 2 - 5 hari sekali tergantung kematangan buah dan permintaan pasar. 


Cabe Merah Musim Hujan


Menanam cabe di polybag dapat Anda pilih di musim hujan. Langkah menanam cabe di polybag dimulai dengan menyemai benih cabe. Pilih benih sehat dan berkualitas di Toko Pertanian LMGA AGRO. Persiapkan tempat penyemaian menggunakan polybag plastik bening yang berdiameter kecil. 

Bibit benih harus direndam selama 3 jam lalu tiriskan dan tanam di polybag plastik. Tutup dengan tanah sedalam 1 cm dan tunggu hingga benih berkecambah. Setelah 7 hari benih berkecambah mulai pelan-pelan diperkenalkan sinar matahari.  

Cabe keriting satu pohon bisa menghasilkan sampai 1,5 kg. Lahan setengah hektar sekali panen produksi mencapai 120 kg cabe merah keriting asal diberi pupuk susulan cabe musim hujan. Masa panen dilakukan umur 3 bulan kurang 10 hari. Pemetikan buah cabe kisaran kematangannya yaitu 80 - 90%. Biasanya panen dilakukan 3 - 5 hari sekali dilihat buahnya. 

Jarak tanam cabe disesuaikan dengan musim saat menanamnya karena terkait dengan kelembaban lahan. Jarak tanam cabai di musim kemarau lebih dekat yaitu 40 x 50 cm. Jarak tanam di musim hujan 50 x 60 cm. Jumlah tanaman dalam luasan tertentu tergantung dari jarak tanam dan lebar bedengan. 

Demikian artikel Kami judul : Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Bambu Ijo Pupuk Cair PT Bio. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO menerima konsultasi pertanian gratis tentang pupuk susulan cabe musim hujan dan cara menanam cabe. 

Kami menyediakan benih cabe hibrida dan unggul juga tanaman lainnya. Tersedia pupuk organik cair Bambu Ijo harga murah dan pupuk lainnya. Tersedia pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan cara menanam cabe dan pemberian pupuk susulan cabe musim hujan. Bambu Ijo pupuk organik cair cocok untuk cabe dan tanaman sayuran lain untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.