TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/04/21

Pemupukan Cabe Ampuh dengan Mamigro Super N ( 25-6-6 ) Tanindo

pemupukan cabe, mamigro, tanindo, pupuk daun, cabai, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mamigro Super N
Pemupukan Cabe
Pemupukan Cabe Ampuh dengan Mamigro Super N ( 25-6-6 ) Tanindo. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual Mamigro 25-6-6 Super N dari Tanindo. Pupuk daun untuk pemupukan cabe yang sangat ampuh untuk pertumbuhan tanaman. 

Toko pertanian LMGA AGRO jual online berbagai varietas benih cabe hibrida dan unggul. Menyediakan pula benih tanaman lain, juga pupuk berkualits, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis cara pemupukan cabe yang baik dan benar.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak juga menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Mamigro 25-6-6 Super N merupakan pupuk daun dengan kandungan utama Nitrogen. Pupuk daun sangat baik untuk pemupukan cabe selama pertumbuhan di masa fase vegetatif. Mamigro Super N produk dari PT Tanindo mengandung unsur hara mikro yang baik untuk pemupukan cabe. 

Pemupukan cabe ampuh dengan pupuk daun Mamigro Super N kandungan N 25%, P 6% fan K 6%. Cocok diberikan saat fase vegetatif meningkatkan kesuburan daun dan tunas tanaman. Pemberian dalam bentuk larutan lebih efektif. 

Pemupukan cabe merupakan salah satu proses pemeliharaan dan perawatan tanaman cabe yang sangat penting. Banyak jenis pupuk yang cocok digunakan untuk pemupukan cabe. Ada 3 unsur hara makro dalam pupuk yang dibutuhkan tanaman cabai yaitu Nitrogen ( N ), Fosfat ( P2O5 ) dan Kalium ( K2O ). 

Ketiga unsur makro tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk pertumbuhan tanaman cabai sampai panen nanti. Panen cabe yang berkali-kali menyebabkan pemberian nutrisi begitu penting dalam budidaya cabe. Setelah panen pertama masih ada hingga 20 kali panen dan setiap selesai panen, tanaman cabai harus diberi pupuk. 


Mamigro Super N ( 25-6-6 ) Pupuk Daun  


Mamigro Super N ( 25-6-6 ) produk PT Tanindo mengandung unsur makro : Nitrogen 25%, Fosfat 6% dan Kalium 6%. Mamigro pupuk daun dan disemprotkan ke daun. Berfungsi merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman seperti tunas. 

Pupuk Mamigro juga merangsang pertumbuhan daun dan mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman. Bermanfaat dalam meningkatkan terbentuknya klorofil daun sehingga daun akan tampak lebih hijau dan tebal. 

Karakteristik pupuk Mamigro ( 25-6-6 ) adalah berbentuk tepung sehingga cepat larut dalam air. Kandungan unsur haranya mudah diserap sempurna oleh tanaman.

Pupuk Mamigro untuk pemupukan cabe dianjurkan pemakaiannya sebanyak 15 - 25 gram pupuk dilarutkan dalam 10 liter air. Pemupukan cabe menggunakan Mamigro dengan cara disemprotkan merata ke semua permukaan daun. 

Penyemprotan juga ke bagian-bagian lain sejak masa vegetatif hingga fase generatif ( pembungaan ). Waktu penyemrotan pemupukan cabe sebaiknya pada pagi atau sore hari. Penyemprotan diulang kembali dengan interval 7 - 10 hari sekali. 

Mamigro Super N pupuk daun yang dapat dicampur pestisida dengan catatan bukan pestisida yang bersifat alkalis kuat. Lebih jelas tentang pemupukan cabe menggunakan Mamigro dapat berkonsultasi dengan Toko pertanian LMGA AGRO. 


Waktu yang Tepat Pemupukan Cabe Setelah Tanam


pemupukan cabe, mamigro super n, tanindo, pupuk untuk cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Swan
Pemupukan Cabe

Tanaman cabe cocok ditanam di ketinggian antara 0 - 500 m dpl. Bila ditanam > 500 m dpl tidak jauh beda namun waktu panen lebih lama. Tanaman cabe menyukai tanah gembur, kaya bahan organik dan pH tanah netral ( 6 - 7 ). 

Pemupukan cabe disesuaikan dengan kondisi lahan lokasi tanam. Pemberian pupuk organik setelah tanam berasal dari kotoran ayam diberikan setelah dipindahkan ke lahan tetap. Yaitu sekitar umur 28 hari setelah pembibitan menggunakan polybag. 

Kebutuhan pemupukan cabe meliputi pupuk kandang, Urea 200 - 300 kg/ha, TSP/SP-36 dan KCl. Pupuk dasar pemupukan cabe diberikan pupuk kandang dan kapur pertanian saat pembuatan bedengan. 

Pupuk dasar diberikan sebelum mulsa plastik hitam perak dipasang. Pupuk dasar diberikan setengah dari dosis pemupukan cabe. 

Pupuk susulan dalam pemupukan cabe bertujuan untuk memenuhi nutrisi bagi tanaman sejak setelah dipindahkan sampai panen. Pemberian Mamigro pupuk daun mengandung Nitrogen tinggi diberikan 30 hari setelah tanam. 

Mamigro sebagai pupuk daun diberikan dengan cara dicairkan terlebih dahulu. Pemupukan cabe dalam betuk larutan membuat unsur hara dalam pupuk cepat tersedia dan cepat diserap tanaman. Sehingga pertumbuhan tanaman lebih baik dan sehat. 

Pemupukan cabe pupuk susulan diberikan saat tanaman berumur 1 - 4 minggu dari sisa pupuk dasar sebanyak setengah dosis. Pupuk diberikan dengan cara dikocor sebanyak 200 ml per tanaman. Membuat larutan pupuk yaitu mengencerkan 1,5 - 3 kg pupuk kimia per 100 liter air. 

Pemupukan cabe menggunakan pupuk NPK diberikan setiap minggu setelah tanaman umur 7 HST dan  diberikan 2 minggu sekali. Dosis pupuk yaitu 15 - 30 gram per 1 liter air.  




Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe


Pemupukan cabe terdiri dari 2 kali pemberian yaitu pemupukan cabe sebelum tanam ( pupuk dasar ) dan pemupukan cabe setelah tanam ( pupuk susulan ). Pupuk dasar dilakukan saat persiapan tanam cabe yaitu saat pengolahan tanah. Pupuk susulan diberikan setelah bibit pindah tanam. 

Pupuk yang cocok untuk tanaman cabe antara lain : 

- Pupuk Kandang

- Pupuk NPK

- Pupuk kompos

- Pupuk daun

- Pupuk buatan/kimia

Pemberian pupuk bertujuan agar tanaman cabai berkualitas baik. Pupuk kandang merupakan jenis pupuk organik dan sangat disarankan untuk diberikan saat menanam cabai. Tujuannya untuk mendapatkan produktivitas tanaman cabai. 

Pemupukan cabe sebenarnya cukup mudah karena Anda dapat memebri pupuk tergantung kondisi persediaan pupuk yang ada. Bila ada kotoran ternak ayam atau sapi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang asal pupuk kandang sudah matang. Bila tersedia cukup sisa sayuran atau daun dan bahan organik lain dapat dibuat kompos. 

Kegiatan pemupukan cabe sangat penting karenanya harus diperhatikan waktu, dosis dan cara pemberiannya. Pupuk kandang kotoran kambing dan kompos mengandung unsur N tinggi. Sebagai pelengkap, Anda bisa gunakan pupuk NPK 16-16-16 dengan interval 1 minggu sekali. Pemupukan cabe menggunakan pupuk NPK lebih praktis. 

Bila pupuk yang ada adalah pupuk tunggal Urea, TSP dan KCl, Anda harus mencampurnya dahulu. Mamigro Super N mengandung unsur N, P dan K baik untuk pertumbuhan vegetatif tanaman karena kandungan N lebih banyak. 

Pupuk N berlebihan dapat membuat panas tanaman seperti terbakar. Bila sudah diberikan pupuk kandang atau kompos, tanaman masih membutuhkan pupuk kimia atau  an-organik. Karena kandunga unsaur hara dalam pupuk organik terkadang belum mencukupi untuk tanaman. 


Jadwal Pemupukan Cabe


pemupukan cabe, mamigro super n, tanindo, pupuk untuk cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pemupukan Cabe 
di Atas Mulsa
Pemberian pupuk
tanaman cabe bertujuan agar tanaman subur. Dianjurkan untuk melakukan pemupukan cabe 2 minggu sekali setelah pindah tanam. Berikan pupuk pada awal 2 minggu setelah pindah tanam. Berikan pupuk organik, an-organik dilengkapi dengan pupuk daun Mamigro Super N saat fase vegetatif. 

Penyiraman lakukan satu kali sehari. Namun bila cuaca sangat panas, boleh penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Dan bila di musim hujan, penyiraman tidak harus dilakukan setiap hari tergantung kondisi lahan. 

Usahakan jangan sampai air menggenang disekitar tanaman cabai karena dapat membuat akar busuk dan mudah terserang jamur. Air cucian beras dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman cabai. 

Cara pemberian pupuk tergantung musim, bila musim kemarau pupuk diberikan dengan cara tabur mengelilingi tanaman atau membuat lubang tanam 10 cm dari pangkal tanaman. Setelah pupuk disebar tutup menggunakan tanah agar tidak menguap sebelum diserap tanaman. 

Setelah melakukan pemupukan cabe, biasanya melakukan penyiangan atau membersihkan kebun dari gulma. Membersihkan gulma menggunakan alat sekop atau bisa dicabut langsung. Penyiangan dilakukan sambil Anda melakukan penggemburan sekitar perakaran. 

Lahan dibersihkan dari daun-daun kering, gulma dan sampah yang sering berterbangan. Pemnagkasan terhadap daun-daun tua atau layu menguning. Penyiangan gulma dilakukan 3 hari sekali. 

Pemangkasan dilakukan agar tanaman tampak bersih dan mengurangi kelembaban di kebun bila tanaman dibiarkan rimbun. Pemangkasan menggunakan gunting bersih dan tajam. Gunting bagian tanaman secara perlahan dan hati-hati. 

Perawatan dan pemeliharaan salah satunya pemupukan cabe bertujuan untuk kesehatan tanaman. Agar terhindar dari hama penyebab tanaman busuk. Untuk mencegah serangan organisme pengganggu bisa semprotkan pestisida di waktu sore menjelang malam.


Baca Juga : Cabai Besar F1 Pilar Raja Cabai Dataran Tinggi


Pemupukan Cabe Menggunakan Pupuk Urea


Pupuk Urea bagus untuk tanaman cabai asal pemberiannya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Pupuk Urea adalah sumber unsur Nitrogen untuk tanaman cabai. Manfaat utama pupuk Urea adalah membantu pembentukan akar, batang dan daun cabe. Bila pupuk Urea cukup maka dipastikan tanaman dapat berbunga dan berbuah dengan baik. 

Pupuk Organik seperti pupuk kandang dan kompos juga mengandung Nitrogen namun lebih sedikit dari pupuk Urea. Tanaman yang cukup unsur hara Nitrogen akan tumbuh dengan baik, stabil, batang ideal, cabang banyak dan daun rimbun. 

Pemupukan menggunakan Urea bermanfaat agar tanaman dapat memproduksi bunga dan buah secara maksimal. Namun pemberian urea harus hati-hati karena bila berlebihan mengakibtkan gangguan pada tanaman. 

Kelebihan unsur N bisa mengakibatkan kekurangan unsur K ( Kalium ). Kekurangan unsur K menyebabkan tanaman tidak maksimal dalam pembentukan dinding sel. Penyakit akan mudah masuk bila dinding sel tanaman cabai tidak kuat. Menyebabkan produktivitas buah berkurang. 

Urea merupakan sumber Nitrogen dalam pemupukan cabe. Nitrogen diperlukan setiap tanaman terutama di masa pertumbuhan. Mamigro Super N mengandung Nitrogen 26% dapat membantu metabolisme tanaman. 

Fungsi unsur hara Nitrogen dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan cabang. Meningkatkan jumlah anakan pada tanaman padi dan membuat daun cabe lebih segar, hijau dan rimbun. 

Urea pupuk buatan untuk pemupukan cabe bentuknya berupa butiran-butiran seperti kristal berwarna putih. Pupuk Urea bertekstur sedikit kasar namun mudah larut dalam air. Pemupukan cabe menggunakan Urea biasanya bersamaan dengan penyiraman sehingga bisa hemat tenaga dan waktu. 

Urea mudah berikatan dengan air atau higroskopis. Jadi sebaiknya disimpan di tempat kering dan tertutup rapat. Peran Urea juga meningkatkan jumlah kandungan protein dalam tanaman. Pupuk Urea cocok untuk semua jenis tanaman mulai tanaman pangan, hortikultura sampai tanaman perkebunan. 


Baca Juga : Cabe Merah Keriting Tumbuh Lebat Karena Cara Tanam yang Tepat


Proses Pemupukan Cabe


pemupukan cabe, mamigro, pupuk daun, tanindo, pupuk untuk cabe, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Pemupukan Cabe
Proses pemupukan cabe tentu saja berbeda dengan tanaman lain namun dosis pemupukan cabe hampir sama untuk semua jenis cabe. Pemupukan cabe disesuaikan dengan kesuburan tanahnya. 

Disarankan untuk tanaman cabe umur kurang dari 30 hari setelah tanam sebaiknya banyak menggunakan pupuk organik. Pupuk organik bisa dari kompos dan pupuk kandang kotoran ayam bila Anda memiliki hewan ternak ayam. 

Pupuk kandang bertujuan memperbaiki struktur tanah dan aman bagi tanaman muda. Gunakan pupuk kandang yang sudah matang atau jadi. Teksturnya menyerupai tanah. 

Memasuki umur 30 hari setelah tanam mulai diberikan pupuk kimia. Pemupukan cabe menggunakan cara pupuk ditanam dekat batang atau disemprotkan ke tanaman. Dosis setiap 1000 tanaman adalah 1 kg Urea, 4 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP dan 1 kg MKP. Total 10 kg lalu larutkan dalam 250 liter air. 

Umur 40 hari setelah tanam dosis sama untuk 1000 tanaman adalah 6 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP dan 2 MKP. Larutkan semua pupuk dalam 250 liter air. 

Umur 50 hari setelah tanam untuk 1000 tanaman adalah 8 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 3 kg TSP, 2 kg MKP. Larutkan dalam 250 liter air. Selanjutnya interval 10 hari dosisnya sama. 





Mamigro Super N  Nama Pupuk Daun Untuk Cabe 


Mamigro Super N kandungan N, P dan K 25-6-6 merupakan nama Pupuk Daun untuk cabe. Mamigro buatan PT Tanindo. Pupuk daun diberikan melalui daun yaitu disemprotkan ke daun. Cara ini menyebabkan pupuk cepat diserap tanaman dibandingkan pupuk akar. 

Pupuk daun cepat diserap tanaman karena unsur haranya langsung masuk lewat mulut daun atau stomata. Kandungan dalam pupuk daun Mamigro Super N lengkap. Selain ada unsur makro N, P dan K juga ada unsur hara mikro. Mamigro Super N juga berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh ( ZPT ). 

Pupuk daun merupakam pupuk susulan pada pemupukan cabe. Pemupukan cabe menggunakan Mamigro Super N digunakan pada fase pertumbuhan vegetatif aktif ( daun dan tunas ).  

Interval penyemprotan pupuk daun yaitu 10 - 14 hari sekali dan dosis serta konsentrasinya sesuai pada label kemasannya. Fase generatif yaitu pertumbuhan bunga dan buah, menggunakan pupuk daun yang mengandung P dan K tinggi. 

Untuk memacu pertumbuhan bunga dan buah yaitu saat umur 50 HST, pemupukan cabe dapat menggunakan NPK. Atau bisa dari campuran pupuk tunggal ZA, Urea, TSP dan KCl perbandingan sama 4 sendok makanan per tanaman.  

Pemupukan cabe menggunakan pupuk daun dengan cara disemprotkan menggunakan spray berukuran medium hingga besar. Alat semprot spray besar untuk hemat waktu dan tidak membuang-buang pupuk. Penyemprotan hingga daun terlihat basah. 

Pupuk daun bisa dicampur pestisida untuk lebih efisien namun hindari pestisida yang memiliki zat perekat di dalamnya. Alat semprot diarahkan tepat di bagian daun yang menghadap ke bawah. Dosis pupuk daun sesuai anjuran pada kemasan produk. 

Waktu penyemprotan dilakukan pagi hari pukul 8 - 10 pagi atau sore pukul 3 - 6 sore. Bila cuaca mendung dan akan turun hujan, sebaiknya penyemprotan pupuk daun ditunda dulu. 


Fungsi Pupuk KCl untuk Pemupukan Cabe


Pupuk KCl merupakan jenis pupuk tunggal an-organik dan konsentrasi tinggi. Dalam pupuk KCl terkandung unsur hara Kalium yang bermanfaat menghasilkan kualitas buah yang baik. Seperti menjadikan buah lebih besar, lebih berat dan rasa lebih baik. 

Pupuk KCl mengandung 60% K2O ( Kalium Klorida ) dapat diterapkan pada tanah dengan cadangan kalium tanah kurang memadai. Kalium bisa diterapkan sebagai pupuk lansung atau bagian yang dicampur dengan Nitrogen dan Fosfor. 

Manfaat Pupuk KCl bagi tanaman cabe yaitu : 

- Meningkatkan hasil panen. Pupuk mengandung Kalium dapat membantu meningkatkan hasil panen. Yaitu dengan meningkatkan resistensi penyakit pada tanaman. 

- Unsur Kalium pemupukan cabe dapat meningkatkan kualitas panen cabe. Bobot cabe tinggi dan kulit keras tidak mudah pecah. Kalium membantu proses transformasi glukosa dalam tanah sehingg mengoptimalkan cabe. 

- Mampu memperkuat batang tanaman menjadi makin kokoh dan kuat. Sehingga tanaman tidak mudah roboh sampai nanti buah cabe muncul. 

- Tanaman lebih tahan stres dan serangan hama dan penyakit. Kalium juga membuat tanaman toleran terhadap kekeringan. Manfaat pupuk KCl mampu mencukupi kebutuhan tanaman untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit. 

- Aplikasi pupuk KCl sangat tepat di masa tanaman muncul bunga. Sehingga membantu meningkatkan aktivitas pembentukan buah. Dapat juga mengurangi resiko buah cabe rusak saat pengangkutan dan penyimpanan. 


Pemupukan Cabe Yang Baik dan Benar


Pemupukan cabe hendaknya dilakukan saat cuaca sedang cerah. Saat akan memberi pupuk, lihat dulu cuaca, jika mendung sebaiknya ditunda dulu. Air hujan membuat pupuk yang dikocorkan hilan terbawa air dan menjadi sia-sia. 

Pastikan media tanam menanam cabe itu kering. Sehingga saat pupuk dapat diserap langsung oleh tanaman dalam hitungan menit. Pemupukan cabe dalam bentuk larutan lebih efektif dan hasilnya nyata saat disiramkan. 

Pemupukan cabe dengan cara ditaburkan lama diserap tanaman. Bila menggunakan cara ditaburkan cocok di musim kemarau, segera lakukan penyiiraman. 

Demikian artikel Kami judul : Pemupukan Cabe Ampuh dengan Mamigro Super N ( 25-6-6 ) Tanindo. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih berkulitas terbaik, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. 

Kami menerima konsultasi pertanian gratis tentang pemupukan cabe dan tentang Mamigro Super N ( 25-6-6 ) dari Tanindo. Kami siap kirim pesanan Anda bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawan seputar pemupukan cabe. Mamigro Super N pupuk daun dengan kandungan N tinggi untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman di fase vegetatif. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.