TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/03/21

Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Rimbun 3 F1 Cap Kapal Terbang

cara menyemai bibit, cabe keriting rimbun 3, cap kapal terbang, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Keriting Rimbun 3 F1
Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Rimbun 3 F1 Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida F1 Rimbun 3, produk bagus Cap Kapal Terbang. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul untuk bibit sayuran dan buah. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami melayani konsultasi gratis pertanian seperti cara menyemai bibit cabe keriting hingga pemeliharaan cabe keriting Rimbun 3. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Cara menyemai bibit cabe Rimbun bentuk cabe keriting dari benih produk PT BISI International. Deskripsi cabe Rimbun 3 cap Kapal Terbang tanaman kokoh. Tanaman ruas pendek, tegak dan banyak memiliki cabang. 

Cara menyemai bibit cabe keriting mudah. Media semai cabe keriting Rimbun 3 menyukai tanah subur, gembur dan kaya unsur hara. Cara menyemai bibit cabe keriting menggunakan tanah dicampur arang sekam dan kompos.

Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 beradaptasi tumbuh baik di dataran menengah. Tanaman mampu tumbuh baik dan menghasilkan di musim hujan dan musim kemarau. Tanaman tahan hama dan penyakit dengan baik. 


Keunggulan Bibit Benih Cabe Keriting Rimbun 3


Cabai keriting Rimbun 3 benih hibrida F1 merk Cap Kapal Terbang produk berkualitas terbaik dan bagus dari PT BISI International. Deskripsi benih cabe Rimbun 3 adalah vigor tanaman kokoh, ruas pendek, tegak dan banyak percabangan. 

Tanaman cabai keriting Rimbun 3 dapat tumbuh baik di dataran menengah baik di musim penghujan maupun kemarau. Keunggulan benih yaitu tahan serangan hama dan penyakit. Antara lain tahan terhadap serangan hama thrips, aphid dan mite. 

Benih cabe Rimbun 3 juga tahan serangan penyakit. Tanaman tahan terhadap penyakit layu bakteri, Fusarium dan medium resistant terhadap Gemini virus. Benih cabe keriting Rimbun 3 than virus banyak dicari petani. 

Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 mudah dan aman karena tahan hama dan penyakit. Bibit cabe keriting Rimbun 3 akan mudah membentuk buah dan mudah jadi. 

Buah cabe Rimbun 3 berukuran panjang kurang lebih 16 cm dan diameter kurang lebih 0,7 cm. Kulit buahnya berwarna hijau gelap. Buah semakin tua akan menjadi merah mengkilat dan rasanya pedas. 

Buah cabe Rimbun 3 cukup lentur membuat cabe tidak mudah rusak saat pengepakan, pengangkutan dan pengemasan. Buah rusak berjumlah sedikit sehingga menguntungkan petani. Inilah alasan petani menyukai menanam cabe keriting Rimbun 3. 

Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 mudah dan dijual pun cepat laku karena mudah diterima pedagang kecil, kaki lima hingga pengepul besar. Umur panen cabe keriting Rimbun 3 genjah, yaitu sekitar 83 hari setelah tanam. Potensi hasil panen sekitar 23 ton/ha. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis tentang benih Rimbun 3 cap Kapal Terbang. Termasuk konsultasi mulai cara menyemai bibit cabe keriting, pemeliharaan, pengendalian hama dan penyakit, pemupukan dan panen. 




Bibit Cabe Rimbun 3 Tahan Penyakit


cara menyemai bibit cabe keriting, cabai rimbun 3, cabai merah keriting, menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Keriting Rimbun 3 Diminati Petani

Benih bibit cabe Rimbun 3 dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan hasil paling tinggi dan terbaik. Walaupun sebenarnya dapat ditanam juga di dataran rendah namun hasil kurang baik. 

Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 juga tetap mendapatkan hasil baik meski ditanam di lokasi cukup endemi virus. Serangan penyakit terutama virus saat menjelang pemetikan cabe atau buah merah, cukup kecil persentase serangannya. 

Bila dibandingkan varietas lain dengan Rimbun 3, serangan virus selain cabe Rimbun 3 mulai terjadi umur 20 hari setelah tanam. Kejadian serangan virus terparah terjadi pada umur 60 HST. 

Bagi pemula atau baru belajar cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 cocok untuk dicoba. Karena perawatan cabe keriting Rimbun 3 mudah. Apalagi benih Rimbun 3 juga memiliki daya adaptasi tinggi. 

Pemupukan dengan komposisi kandungan Fosfor dan Kalium tinggi akan memberikan hasil baik pada cara menyemai bibit cabe keriting. Tanaman cabe keriting dengan cara pemupukan yang tepat dosisnya, menjadi lebih tahan serangan virus. 

Jarak tanam ideal menanam cabe Rimbun 3 yaitu 70 x 70 cm untuk musim hujan. Bila di musim kemarau, jarak tanam cabe lebih rapat yaitu 65 x 65 cm. Hal ini karena tanaman cabe Rimbun 3 berkarakter vigor tanaman kuat dan segar. 

Harga cabai keriting Rimbun 3 cukup stabil dan mudah diterima pedagang besar dan pengepul. Buah cabainya juga hanya susut sedikit selama pengangkutan atau pengiriman jarak jauh. Buah cabai Rimbun 3 tidak mudah patah saat daingkut. 

Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 dapat dilakukan baik di musim hujan maupun kemarau pada dataran menengah. Bobot per buah 6 - 7 gram. Panjang buah 16  - 17 cm. Biasanya cara menyemai bibit cabe keriting membutuhkan benih sejumlah 100 - 150 gram per hektar. 


Baca Juga : Cara Sukses Menanam Cabai Baja Hasil 29 Ton


Cabe Rimbun 3 Produktivitas Tinggi


Tanaman cabe keriting Rimbun 3 menghasilkan buah dalam kondisi rimbun dan subur. Tanaman juga menyenangkan karena akan tumbuh menghasilkan buah terus menerus. Sehingga menguntungkan buat petani bila menanam cara menyemai bibit cabe keritmg Rimbun 3. 

Hasil panen bisa melimpah meski hanya menanam 2000 tanaman. Hasil panen mencapai 1 kilogram perbatangnya. Beberapa petani yang baru mencoba menanam cabe Rimbun 3 tetarik menambah jumlah tanaman Rimbun 3 di musim tanam berikutnya. 

Perawatan cabe keriting Rimbun 3 mudah dan tidak merepotkan namun bisa mendapatkan hasil panen memuaskan. Tinggi pohon cabe Rimbun 3 bisa mencapai 2 meter dan tidak berhenti berbuah. Harga jual cabe keriting bisa mencapai Rp. 30.000 - Rp. 40.000 per kilogram. Biaya perawatan sekitar hanya mencapai 7 jutaan. 

Hasil panen cabai Rimbun 3 lebih banyak dua kali lipat dibandingkan varietas cabe keriting lainnya. Panen cabe keriting umumnya 20 kali pemetikan. Namun dengan cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3, pemetikan mencapai hingga 40 kali panen. Hingga pembungaan kedua, bentuk dan ukuran buah seragam dan tidak berbeda dibandingkan panen pada pembungaan pertama. 

Selain produktivitas tinggi, keunggulan cabai Rimbun 3 yaitu umur panen yang genjah. Sedangkan varietas selain Rimbun 3, umur panen mulai 100 hari setelah tanam. Produktivitas tinggi karena tanaman cabe keriting Rimbun 3 unggul pada fisik percabangan yang banyak dan ruas pendek. Masing-masing ruas muncul bunga dan buah sehingga hasil panen melimpah. 

Tanaman cabe Rimbun 3 mampu bertahan baik terhadap kondisi hujan maupun kekeringan. Hal ini penting karena dibutuhkan benih yang tumbuh baik di kondisi cuaca yang makin sulit diprediksi. 

Tanaman cabe Rimbun 3 masih dapat bertahan meski musim ekstrim, curah hujan tinggi dan dilanjutkan cuaca kering tanpa hujan selama 1 bulan. Varietas cabe keriting lain dimungkinkan banyak yang rusak karena layu dengan cuaca ekstrim demikian. Namun tidak dengan benih cabe Rimbun 3.  


Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Benih Berkualitas


cara menyemai bibit cabe keriting, cabai rimbun 3, benih cap kapal terbang, budidaya cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai untuk Menyemai Bibit
Pemilihan benih berkualitas menjadi langkah awal untuk cara menyemai bibit cabe keriting. Benih berkualitas cabe keriting Rimbun 3 dapat tumbuh optimal dan beradaptasi luas. Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih cabe merah keriting berkualitas. 

Untuk menunjang keberhasilan budidaya, selain benih berkualitas juga perlu adanya teknik cara menyemai bibit cabe keriting. Teknik penyemaian yang tepat bertujuan mendapatkan bibit tanaman yang bagus. 

Bibit yang bagus saat dipindah tanam ke lahan, bibit tidak stres dan tumbuh optimal. Cara menyemai bibit cabe keriting bertujuan agar diperoleh keseragaman bibit. Serta pertumbuhan hingga panen kompak dan seragam. 

Cara menyemai bibit cabe keriting sebaiknya menggunakan wadah polybag kecil. Karena bila cara menyemai bibit cabe keriting sistem tabur maka dikhawatirkan banyak benih tidak tumbuh. 

Cara tabur membuat benih cabe keriting Rimbun 3 saling melekat dan tidak dapat tumbuh atau ditanam lagi. Apalagi benih hibrida dan berkualitas dari toko pertanian harganya cukup mahal. Jadinya disayangkan bila benih ditabur dan saling melekat dan tidak bisa tumbuh. 

Cara menyemai bibit cabe keriting sebaiknya dilakukan di daerah beriklim tropis. Umumnya cabe keriting tumbuh di daerah dengan suhu 16 - 23 derajat Celcius. Jenis tanah ideal adalah tanah subur, gembur dan kaya bahan organik. Tanah memiliki pH 5,5 - 6,8.

Begitu juga media untuk cara menyemai bibit cabe keriting harus subur, gembur dan kaya bahan organik. Berikan banyak pupuk organik agar unsur hara untuk bibit bersifat alami.  




Media Semai Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting


Cara menyemai bibit cabe keriting menggunakan media semai dari campuran tanah, arang sekam dan kompos. Perbandingan tanah, arang sekam dan kompos adalah 2 : 1 : 1. Jika tidak ada arang sekam, media semai cara menyemai bibit cabe keriting dapat menggunakan tanah dan kompos saja. 

Dengan perbadingan 1 : 1 dan sebelum semua media dicampur, tanah, arang sekam dan kompos diayak hingga halus. Tujuan diayak untuk mendapatkan media semai yang halus dan gembur. Sehingga memudahkan akar bibit tumbuh baik. 

Media semai umumnya menggunakan bahan alami dan tanpa ada campuran unsur kimia. Arang sekam dan kompos sering dipilih sebagai media untuk cara menyemai bibit cabe keriting. Dibawah ini akan dijabarkan komposisi dan karakteristik arang sekam dan kompos serta pupuk organik lainnya. 


Arang Sekam


Arang sekam atau sekam bakar sering dimanfaatkan sebagai campuran media tanam atau dipakai murni arang sekam saja tanpa campuran lainnya. Arang sekam digunakan sebagai media tanam hidroponik dan campuran tanam berbasis tanah. 

Sebagai media tanam, arang sekam cukup baik karena mengandung SiO2 52% dan C 31%. Unsur lainya ada Magnesium, Mangan, Kalium, Kalsium dan Kupri sedikit. Arang sekam juga mengandung N 0,32%, Phospat 0,15%, Kalium 0,31% dan masih banyak lagi. 

Karakteristik arang sekam ringan, kasar, tidak berbau dan sirkulasi udara tinggi. Porositasnya baik dan kemampuan menyerap air rendah sehingga tidak mudah menggenang. Arang sekam mengandung Silika ( Si ) yang tidak penting bagi tanaman dan bukan unsur hara. 

Namun Silika diketahui dapat memperbaiki sifat fisik tanah dan berpengaruh terhadap kelarutan P dalam tanah. Bila unsur silika kurang dari 5% maka tanaman mudah roboh ( tidak kuat ). Manfaat dari arang sekam sebagai media dalam cara menyemai bibit cabe keriting. Antara lain : 

- Arang sekam memiliki porositas tinggi dan ringan sehingga dapat menjaga tanah tetap gembur. 

- Memacu tumbuhnya mikrorganisme proliferation yang berguna bagi tanaman. 

- Sanggup mengatur pH pada kondisi tertentu. 

- Menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi tanaman. 

- Menekan jumlah mikroba patogen. 

- Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air. 

- Cocok sebagai media tanam hidroponik. 

Sekam padi dibakar dapat meningkatkan kandungan karbon dan unsur hara dalam sekam padi. Pembakaran menggunakan teknik tidak sempurna sehingga dihasilkan arang sekam bukan abu sekam. Pembakaran sempurna menghasilkan abu sekam dan justru menghilangkan kandungan hara sekam padi. 

Arang sekam sebagai media semai digunakan campuran untuk tanah dan kompos. Fungsinya dapat mengikat air dan menjaga tanah tetap gembur. Arang sekam dapat dibeli dalam bentuk jadi dan dikemas plastik.


Pupuk Organik


Pupuk organik juga dijadikan campuran bersama tanah untuk media semai cara menyemai bibit cabe keriting. Pupuk organik merupakan pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman atau hewan. 

Proses pembuatan pupuk organik melalui rekayasa dan berbentuk padat atau cair. Manfaat pupuk organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organik mendukung sifat tanah sebagai media semai. Pupuk organik yang sering dipakai ada kompos, pupuk kandang dan pupuk hijau. 

Pupuk hijau berasal dari hasil pelapukan tanaman baik dari sisa panen maupun tanaman sengaja ditan untuk diambil hijauannya. Pupuk hijau biasanya menggunakan dari jenis kacang-kacangan ( leguminosa ) dan tanaman air ( azola ). Kedua jenis tanaman ini memiliki unsur hara Nitrogen tinggi dan cepat terurai dalam tanah. 

Pupuk kandang juga banyak dipakai sebagai campuran media tanah untuk cara menyemai bibit cabe keriting. Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan unggas, sapi, kerbau dan kambing. Pupuk kandang juga sering dipakai sebagai pupuk dasar karena pupuk kandang tersedia cukup banyak di petani. Ketersediannya melimpah dan proses pembuatannya gampang. 

Kompos adalah pupuk dari pelapukan bahan organik melalui proses biologis dan dibantu organisme pengurai. Organisme pengurainya berupa mikroorganisme bakteri, jamur atau kapang. Caning tanah adalah mikroorganisme populer sebagai pengurai. Pupuk kompos dapat Anda buat sendiri dari limbah rumah tangga atau membeli jadi sudah dalam kemasan.  

Ada empat manfaat pupuk organik, yaitu : 

- Sebagai sumber nutrisi lengkap untuk tanaman mengandung N, P, K, S, Ca, Mg dan unsur mikro. 

- Untuk memperbaiki struktur tanah pasir dan lempung menjadi bersifat menyimpan air dan gembur. 

- Meningkatkan kapasitas tukar kation sehingga tanah mempu menyediakan unsur hara. 

- Meningkatkan daya simpan air dan aktivitas biologi tanah agar mikroorganisme bertambah. 




Perawatan Bibit Cabe Merah Keriting Rimbun 3


cara menyemai bibit cabe keriting, cabai rimbun 3, benih cap kapal terbang, budidaya cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Benih Hibrida dan Unggul

Cara menyemai bibit cabe keriting
diawali dengan perlakuan benih yaitu merendam benih dalam air hangat selama 3 jam. Gunakan benih yang tenggelam untuk dijadikan cara menyemai bibit cabe keriting. Benih hibrida berkualitas menghasilkan benih hampir seluruhnya tenggelam. 

Benih yang ditiriskan dapat dikecambahkan dulu dalam kain basah. Persiapan media semai cara menyemai bibit cabe keriting setelah diayak lalu dicampur merata. Dimasukkan dalam polybag dan didiamkan semalaman. Siapkan benih yang telah dikecambahkan untuk ditanam dalam polybag. 

Benamkan bibit dalam polybag kedalaman 0,5 cm lalu tutup dengan kompos dan beri sedikit air agar tetap lembab. Tempat cara menyemai bibit cabe keriting harus diberi naungan untk melindungi dari sinar matahari langsung dan air hujan. Naungan berbentuk jaring dapat melindungi bibit dari hama serangga. 

Penyiraman cara menyemai bibit cabe keriting rutin dilakukan setiap hari. Waktu penyiraman setiap pagi dan sore sambil melakukan pengamatan tanaman. Untuk menjaga kelembaban bibit baru tanam, tutup dengan kertas koran. Buka kertas koran bila bibit sudah tumbuh sekitar 3 hari. 

Perawatan cara menyemai bibit cabe keriting sampai umur 21 - 24 hari atau telah muncul 3 - 4 helai daun. Dan saat tersebut bibit telah siap dipindahkan ke lahan tetap sampai tumbuh besar dan panen. 


Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Dengan Tisu


Cara menyemai bibit cabe keriting menggunakan tisu mudah dan benih cabe keriting Rimbun 3 cepat berkecambah. Bahan-bahannya adalah : kertas tisu, alat semprot kecil/sprayer, wadah tempat semai dan benih pastinya. 

Langkah-langkah cara menyemai bibit cabe keriting menggunakan tisu  : ambil kertas tisu lalu lipat menjadi 2 - 3 lembar. Dua lembar dibawah dan 2 lembar sebagai penutup. Tata rapi kertas tisu lalu lembabkan menggunakan air dalam sprayer. Cukup lembab saja dan jangan sampai menggenang atau sangat basah. Agar benih nanti tidak busuk. 

Ambil benih cabe Rimbun 3 dan tata berjarak rapi tidak berhimpitan agar mudah nanti diambil saat sudah berkecambah. Lembabkan lagi tisu pada bagian penutupnya menggunakan sprayer. 

Beri wadah semai dengan media semai lalu tutup plastik dan letakkan di tempat teduh. Usahan tidak kena sinar matahari langsung. Dalam 4 - 7 hari biasanya benih berkecambah dan segera tanam di wadah semai tanpa menunggu benih lain berkecambah. 

Tanah yang baik untuk cara menyemai bibit cabe keriting adalah tanah memiliki pH 5 - 7. Tanah pH asam atau basa ( pH tinggi ) tidak baik untuk cara menyemai bibit cabe keriting. 

Agar bibit cepat tumbuh, media tanah semai perlu diberi pupuk. Tanah yang kaya unsur hara organik membuat bibit tumbuh subur, segar dan kuat, tidak stres saat nanti dipindah tanam ke lahan tetap. 

Jenis pupuk untuk cara menyemai bibit cabe keriting menggunakan pupuk kandang atau pupuk NPK 16-16-16. Gunakan pupuk kandang telah matang atau pupuk kandang yang sudah lama dan kering ( mirip tanah ). Pupuk tersebut sudah mengalami proses fermentasi. Pupuk ditaburkan merata ke media semai secukupnya. 


Bibit Benih Cabe Rimbun 3 Menguntungkan


Cara menyemai bibit cabe keriting Rimbun 3 menguntungkan karena benih tahan serangan virus Genini. Gemini virus menyebabkan daun tanaman cabe menjadi menguning, keriting dan stunting ( tanaman kerdil ). Hingga kemudian tanaman tidak mampu berbuah. 

Budidaya menggunakan benih Rimbun 3 aman dari virus gemini. Tanaman masih tumbuh dan berbuah normal. Serangan virus Gemini kini tidak lagi mengenal musim. Baik di musim hujan maupun kemarau, intensitas serangannya sama tinggi. 

Karena serangan virus Gemini ini sangat ganas, beberapa tanaman pasti ada yang kena namun tanaman masih mampu tumbuh. Tumbuh untuk terus berbunga dan berbuah normal. Inilah menanam cabe keriting Rimbun 3 menguntungkan. 

Selain petani, pedagang jual cabe keriting Rimbun 3 juga turut diuntungkan karena karakter dari buah cabe Rimbun 3. Karakternya tipe keriting sejati dan bentuk buahnya banyak diminati pasar fdan konsumen. 

Demikian artikel Kami judul : Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Rimbun 3 F1 Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. 

Tersedia juga melayani online untuk pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian. Kami juga mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang cara menyemai bibit cabe keriting benih cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang. Cara menyemai bibit cabe keriting mudah terutama bagi pemula. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.