TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/01/21

Tanam Cabe Merah Keriting Sios Tavi Benih F1 BISI Hasil Melimpah

tanam cabe, tanaman cabe, cabe merah, cabe keriting, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Merah Keriting 
F1 Sios Tavi
Tanam Cabe Merah Keriting Sios Tavi Benih F1 BISI Hasil Melimpah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida cabai merah keriting Sios Tavi dari BISI. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan beragam varietas benih berkualitas buah dan sayuran. Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT hingga alat-alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis cara tanam cabe merah keritng dan permasalahan lainnya di lahan Anda. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami terpercaya jasa ekspedisi JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami juga mengajak kerjasama Anda sebagai dropship dan reseller pertanian.  

Toko pertanian LMGA Agro jual benih cabe merah keriting Sios Tavi produk PT BISI International. Tanam cabe merah keriting Sios Tavi dikenal sebagai benih merk Cap Kapal Terbang berkualitas dari BISI International.

Tanam cabe merah keriting hasil melimpah di depan mata. Benih cabe keriting benih F1 Sios Tavi Cap Kapal Terbang produk PT Bisi International. Cocok untuk dataran rendah hingga tinggi dan tahan Genini Virus. 

Cabe merah keriting memiliki pertumbuhan yang kuat dan seragam. Benih tahan Gemini virus sehingga tanam cabe merah keriting menjadi lebih aman dan efisien. Tanam cabe merah keriting Sios Tavi dapat tumbuh baik meski kekurangan Kalsium. 

Tanam cabe merah keriting umur panen cepat dan hasil melimpah. Benih berkualitas dan tahan virus merupakan salah satu langkah agar mendapatkan hasil panen melimpah. Cabe merah keriting Sios Tavi Cap Kapal Terbang cocok untuk dataran rendah hingga tinggi. 


Deskripsi Cabe Merah Keriting Sios Tavi 


Benih cabe merah keriting Sios Tavi dari PT BISI International dengan merk dagang Cap Kapal Terbang. Benih memiliki pertumbuhan yang kuat dan seragam. Benih tahan Gemini Virus juga tahan kekurangan Kalsium. 

Cabe merah benih hibrida Sios Tavi bentuk cabe keriting. Umur panen tanam cabe merah keriting 85 - 88 hari setelah pindah tanam. Tanam cabe merah keriting Sios direkomendasikan untuk dataran rendah hingga tinggi. 

Cabe keriting ( Capsicum annum L. ) merupakan jenis cabe merah yang berwarna hijau saat muda dan berubah berwarna merah saat tua. Bentuk buahnya keriting dan bergelombang, rasa tidak sepedas cabe rawit namun biasanya lebih pedas dari cabe merah besar. 

Cabe keriting salah satu komoditas pertanian sangat menjanjikan meski terkadang harga cabe merah melambung tinggi. Juga tiba-tiba harga cabe merah bisa merosot tajam. Karena itu budidaya cabe keriting tidak mudah karena dihadapkan pada harga cabe yang fluktuatif. 

Cuaca tidak menentu dan tanaman yang rentan serangan hama dan penyakit. Biaya produksi budidaya cabe keriting juga sangat tinggi. Sehingga agar berhasil, kita harus merawat tanaman dengan baik dan benar. 

Tanam cabe keriting berasal dari Benua Amerika dengan iklim tropis dan sub-tropis. Tanaman cabe menyebar ke seluruh negara-negara penjuru dunia hingga sampai di Indonesia. 

Tanam cabe keriting dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran dengan tinggi mencapai 2000 m dpl. Iklim paling cocok dan disukai tanaman cabe yaitu iklim tropis dan suhunya lembab. Suhu ideal sekitar 16 - 23 derajat Celcius. 

Tanah ideal adalah kaya bahan organik, gembur, subur dan air tidak mudah menggenang. Tanah juga sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Nilai pH tanah sekitar 5,5 - 6,8. 





Tanam Cabe Keriting Hasil Melimpah


tanam cabe, cabe merah, cabe keriting, manfaat cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanam Cabe Kering Hasil Melimpah

Sebagai pelaku usaha budidaya pertanian dan bercocok tanam baik luasan kecil maupun luas, pasti menginginkan hasil melimpah. Hasil panen melimpah dan optimal tidak diperoleh dengan keberuntungan. 

Hasil melimpah bercocok tanam salah satunya harus melakukan pengolahan tanah sebelum penanaman benih atau bibit. Tujuan pengolahan tanah adalah menggemburkan struktur tanah sehingga akar mudah bergerak. Akar akan bergerak masuk dalam tanah menyerap unsur hara dalam tanah. 

Selain pengolahan tanah, agar hasil melimpah gunakan benih /bibit yang sudah jelas kualitasnya. Benih berkualitas telah bersertifikat dan hanya ada di toko-toko pertanian salah satunya Toko Pertanian LMGA Agro. 

Benih tidak bermutu biasanya benih tidak tumbuh dan rentan serangan penyakit. Benih merupakan varietas unggul dan bermutu secara genetis. Bermutu fisiologis atau memiliki kemampuan daya hidup yang tinggi. Mutu fisik penampilan benih adalah baik. Benih hibrida bebas penyakit.  

Nutrisi saat pertumbuhan juga harus diberikan secara baik, benar, tepat berimbang. Nutrisi diberikan lewat pemupukan penting untuk tumbuh, berkembang dan berproduksi. Pastikan bahwa pupuk yang diberikan berkualitas tinggi dan dibeli dari produsen terpercaya. 

Perawatan tanaman harus dilakukan dengan rutin dan tekun. Umumnya tanaman menyukai sinar matahari. Bersihkan lahan dari gulma dan sampah. Kebersihan kebun menyebabkan lahan terbebas hama dan penyakit. 

Tanam cabe merah keriting perlu dikenali terus agar mendapatkan hasil yang baik. Cabe keriting di Indonesia banyak disukai dan digunakan sebagai salah satu bumbu wajib. Cita rasa pedas cabe keriting diminati di Indonesia. Cabe keriting sering dijadikan cabe kering dan cukup laku di pasaran. 





Tanam Cabe Keriting Benih Sios Tavi


Benih cabe merah keriting Sios Tavi merupakan bibit berkualitas karena memiliki banyak keunggulan. Pertumbuhan tanaman kuat dan seragam. Selain itu bibit juga tahan Gemini virus. Bila bibit kurang berkualitas, dapat menjadi salah satu faktor gagalnya tanam cabe Anda. 

Pemilihan bibit harus disesuaikan dengan daerah lokasi tanam cabe. Bila sesuai pasti akan memudahkan dalam proses tanam cabe keriting hingga panen nanti. Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi jenis bibit tanam cabe keriting sesuai tempat tinggal Anda. 


Proses Persemaian Benih


tanam cabe, cabe merah, cabe keriting, manfaat cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Pembibitan 

Setelah mendapatkan benih sesuai tempat tinggal anda, selanjutnya adalah pembibitan. Benih sebaiknya direndam dalam air hangat selama minimal 3 jam. Sambil menunggu, kita melakukan persiapan wadah semainya. 

Wadah semai bibit tanaman cabe bisa menggunakan polybag, tray semai atau pada bedeng semai. Cara menyemai benih cabe sebaiknya tidak ditaburkan karena benih sering saling menempel dan tidak  akan tumbuh. Sedangkan harga benih cabe hibrida sangat mahal sayang bila tidak tumbuh. 

Jadi sebaiknya ditanam secara terpisah di polybag atau tray semai, kemungkinan benih akan tumbuh 100%. Media semai menggunakan tanah, arang sekam dan kompos ( 2 : 1 : 1 ). Atau bisa menggunakan tanah dan kompos saja ( 1 : 1 ). Pasang naungan pada lokasi persemaian untuk melindungi dari serangga, cahaya matahari dan air hujan.  

Setelah benih ditiriskan, benamkan di media semai dengan kedalalaman 0,5 cm dan tutup menggunakan pupuk kompos. Lalu lakukan penyiraman hingga tanah basah. Penyiraman dilakukan setiap hari, setelah disiram, tutuplah menggunakan kertas koran. 




Pengolahan Tanah Tanam Cabe


Sambil menunggu bibit tumbuh, selanjutnya dilakukan pengolahan tanah dan pemindahan bibit. Tanah perlu dicangkul hingga gembur. Tanah dicangkul sampai kedalaman 20 - 40 cm. 

Selanjutnya membuat bedengan tanam cabe dengan tinggi 30 - 40 cm dan lebar 1 meter. Jarak antar bedengan 60 cm dan panjang maksimal 15 m untuk memudahkan pemeliharaan nanti. 

Setelah membuat bedengan, lakukan pemupukan dasar tanam cabe sebelum ditutup mulsa plastik hitam perak. Biasanya pemberian pupuk dasar disesuaikan musim tanam cabe merah keriting Sios Tavi. 

Tanam cabe di musim hujan, pupuk dasar yaitu pupuk TSP 400 kg/ha, ZA 150 kg/ha dan KCl 400 kg/ha. Pupuk Dolomit 3 ton/ha dan pupuk kandang 6 ton/ha. 

Tanam cabe di musim kemarau, pupuk dasar menggunakan pupuk TSP 350 kg/ha, ZA 200 kg/ha dan KCl 350 kg/ha. Tambahkan kapur Dolomit 2 ton/ha dan pupuk kandang 5 ton/ha. 

Pupuk dasar diberikan merata di permukaan bedeng lalu tanahnya diaduk sampai kedalaman 15 - 30 cm. Biarkan pupuk selama 2 - 3 minggu biar meresap dalam tanah. Baru setelah 2 minggu, dipasang mulsa plastik untuk menutup bedengan. 

Bedeng ukuran lebar 50 cm dan panjang 10 meter membutuhkan satu gulung mulsa plastik. Pemakaian mulsa dapat menyimpan air dan menjaga kelembaban tanah. Pembuatan lubang tanak 2 - 3 hari sebelum pemindahan bibit. Jarak tanam cabe adalah 30 x 40 cm. 


Penanaman Bibit Cabe Merah Keriting Sios Tavi


tanam cabe, cabe merah, cabe keriting, manfaat cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Gulungan Mulsa Plastik Hitam Perak 

Penanaman bibit harus ditentukan jadwal pelaksanannya dan dikerjakan saat cuaca bagus, tidak sedang mendung apalagi hujan. Sebaiknya penanaman bibit dilakukan sore hari saat cuaca tidak panas. Bila di pagi hari, bibit yang baru ditanam perlu beradaptasi menghadapi terik matahari siang harinya. 

Bibit diambil dari polybag dengan hati-hati dan sertakan tanahnya juga. Jaga agar tanah media semai tidak pecah agar perakaran tanaman tidak rusak. Bibit baru pidah tanam sebaiknya diberi kayu penyangga disamping batang. Tujuannya agar tanaman tidak mudah jatuh atau patah batangnya akibat kena hujan atau angin kencang. 

Kayu penyangga dibuat dari belahan batang bambu atau dahan kayu. Kayu penyangga harus kuat dan lurus. Panjang kayu adalah 30 - 40 cm disesuaikan tinggi tanaman hingga dewasa. Kayu ajir ditancapkam sedalam 10 - 15 cm di setiap titik tanaman lalu diikat pada batang. 

Setelah semua bibit ditanam maka lakukan penyiraman air sedikit demi sedikit hingga lembab. Penyiraman dilakukan setiap hari tergantung kondisi tanah lembab atau tidak. Lakukan pengamatan juga setelah penanaman bibit setiap hari. Selanjutnya lakukan perawatan tanaman agar tanaman tumbuh sehat dan terhindar serangan hama dan penyakit.  




Pemupukan Susulan Tanam Cabe Keriting Sios Tavi


Pemupukan susulan tanam cabe merah keriting Sios Tavi Cap Kapal Terbang dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara kocor dan cara tabur. Aplikasi kedua cara tersebut disesuaikan dengan kondisi cuaca. Musim kemarau, pemupukan cara kocor lebih efektif. Sedangkan musim hujan, pemupukan cara tabur lebih efektif. 

Cara kocor yaitu dengan membuat lubang di sisi tanaman berjarak 15 cm dari batang tanaman. Sedangkan pemupukan cara tabur yaitu pupuk ditaburkan di sekeliling tanaman dan berjarak 15 cm dari batang utama. 

Pemupukan susulan pertama mulai dilakukan umur tanaman 10 HST menggunakan cara kocor. Yaitu 4 kg pupuk NPK 16-16-16 dilarutkan dalam 250 liter air dan dikocorkan pada lubang pupuk sebanyak 250 ml/tanaman. 

Pemupukan susulan II umur 17 HST cara kocor. Dosis dinaikkan sedikit yaitu 6 kg NPK 16-16-16 dilarutkan dalam 250 liter air. Kocorkan ke lubang pupuk sebanyak 250 ml/tanaman. 

Pemupukan susulan III umur 24 HST cara tabur dan dosis ini untuk 1000 tanaman. Yaitu Urea 1 kg, NPK 4 kg. KNO Putih 1 kg, TSP 1 kg dan MKP 1 kg. 

Pemupukan susulan IV umur 30 HST cara tabur dan dosis untuk 1000 tanaman. Yaitu Urea 1 kg, NPK 4 kg, KNO Putih 2 kg, TSP 2 kg dan MKP 1 kg. 

Pupuk Susulan V umur 40 HST cara tabur dan dosis pupuk per 1000 tanaman. Yaitu 6 kg Urea, 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP dan 2 kg MKP. 

Pupuk susulan VI umur 50 HST dan selanjutnya setiap 10 hari sekali dosis 1000 tanaman. Yaitu 8 kg NPK, 2 kg KNO Putih 2 kg, 3 kg TSP dan 2 kg MKP. Pemupukan diteruskan sampai panen ke-7 setelah itu pemupukan berhenti. Hal ini karena hasil panen sudah menurun. 


Pupuk Tanam Cabe Keriting


Pemupukan untuk tanam cabe dapat menggunakan dosis lain yang hampir sama. Pupuk dasar saat pengolahan lahan menggunakan pupuk ayam karena kandungan N tinggi. 

Aplikasi pemberian dengan cara disebar sebanyak 10 - 20 ton/ha. Tambahkan kapur Dolomit dosis 100 kg/ha secara merata di permukaan bedeng. Biarkan 1 minggu. Lalu tambahkan pupuk kimia 500 kg/ha Urea, 250 kg/ha TSP dan 250 kg KCl. 

Pemupukan susulan menggunakan NPK dosis 100 kg/ha dengan konsentrasi sebanyak 5 gram dan dilarutkan dalam 1 liter air. Pupuk dalam bentuk larutan lalu dikocorkan ke lubang pupuk samping tanaman. 

Pemupukan susulan dilakukan setiap minggu mulai umur 7 HST selanjutnya setelah panen pertama diberikan 2 minggu sekali. Agar tanah lebih bersifat organik, dapat diberikan pupuk kompos. Umur 1 bulan berikan pupuk kompos 500 - 700 gram/tanaman. 

Penyiraman harus dilakukan setiap hari terlebih di musim kemarau dimana kondisi tanah yang kering. Tanah terlalu kering bisa menyebabkan tanah mati. Bedengan bisa kita leb sebagai proses pengairan 2 minggu sekali. 

Penyiangan gulma dilakukan bersamaan penyiraman dan pembumbunan sekaligus menata kembali bentuk bedengan dan drainase. Turunnya hujan dan siraman air lama kelamaan dapat membuat tanah bedengan longsor dan merubah bentuk parit aliran air. 

Tanam cabe keriting juga perlu ditancapkan lanjaran untuk menopang tanaman agar berdiri tegak. Lanjaran terbuat dari tongkat bambu sepanjang kurang lebih 2 meter. Jarak penancapan lanjaran sekitar 4 cm dari pangkal batang. 

Penyemprotan pestisida baik insektisida atau fungisida biasanya dilakukan selalu setiap tanam cabe merah keriting. Pengendalian terpadu dilakukan intensif untuk lahan tanam cabe. Frekuensi penyemprotan dapat dilakukan 2 hari sekali saat tanaman usia muda. 


Pemanenan Cabe Keriting Sios Tavi 


Cabe keriting Sios Tavi Cap Kapal Terbang umur panen 85 - 88 HST. Pemetikan cabe sebaiknya pada pagi hari sekitar pukul 5 - 7 pagi. Panen cabe merah keriting dengan memetik hingga tangkainya. 

Buah cabe yang dipetik memiliki tingkat kematangan 80 - 90%. Proses pemanenan diulang lagi dengan interval 2 - 5 hari sekali. Setiap selesi panen, sebaiknya tanaman dipupuk kembali. 

Harga cabe keriting memang kadang naik dan tiba-tiba bisa merosot tajam. Biasanya harga cabe merah keriting turun karena jumlah pasokan cabai cukup bahkan lebih di pasaran. Harga semua jenis cabe tidak sama karena harga cabe keriting naik namun harga cabe rawit justru malah turun. 

Biasanya harga cabe keriting akan terjun bebas setelah lebaran. Namun akan berbeda bila cabe rawit justru masih tinggi. Tingginya harga cabe biasanya karena jumlah pasokan menurun disebabkan ketidak pastian cuaca. Musim kemarau kadang dapat menyebabkan tanaman tampak layu.

Bila pasokan banyak, harga cabe cenderung turun dan tentu saja kondisi ini disambut baik oleh pedagang dan pembeli. Penurunan harga cabe bisa mencapai 20% atau Rp. 10.000 per kilogramnya. Pasokan banyak karena hasil panen melimpah dan cuaca mendukung sehingga kualitas cabe juga bagus. 

Demikian artikel Kami judul : Tanam Cabe Merah Keriting Sios Tavi Benih F1 BISI Hasil Melimpah. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis dan siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami dibantu mitra jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga mengajak Anda sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang tanam cabe merah keriting. Tanam cabe keriting benih F1 Sios Tavi cap Kapal Terbang hasil melimpah menjadi usaha pertanian menjanjikan. Salam sukses.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.