TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/01/21

Manfaat Terong Ungu dari Benih F1 Prince Epa Cap Kapal Terbang

manfaat terong ungu, terong ungu, cara menanam terong ungu, benih cap kapal terbang, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong Ungu Prince Epa F1
Manfaat Terong Ungu dari Benih F1 Prince Epa Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida terong ungu Prince Epa cap Kapal Terbang. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis cara bercocok tanam dan permasalahan selama di lapangan. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani online siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami juga mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian.

Manfaat terong ungu dapat diperoleh dengan mengkonsumsi terong ungu Prince Epa secara rutin. Banyak kandungan gizi lengkap dalam manfaat terong ungu hibrida Prince Epa. 

Manfaat terong ungu baik dan sangat besar bagi kesehatan. Kandungan gizi lengkap yaitu vitamin, mineral, serat hingga antiokidan. Menanam terong ungu Prince Epa panen cepat dan hasil panen tinggi. Benih bebas virus Gemini. 

Manfaat terong ungu Prince Epa cap Kapal Terbang produk unggulan benih F1 dari PT BISI International. Tanaman direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. Tanaman tahan penyakit layu sehingga manfaat terong ungu dapat maksimal dinikmati sehari-hari. 

Manfaat terong ungu beragam untuk kesehatan dan salah satunya mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak mengandung vitamin dan mineral lengkap dan khasiatnya masing-masing. Cara menanam terong ungu tidaklah sulit dan dapat ditanam di halaman rumah. 


Terong Ungu Benih F1 Prince Epa 


Menanam terong ungu Prince Epa cocok di dataran rendah sampai menengah. Tanaman tegap dan tahan penyakit layu. Buah terong ungu Prince Epa berwarna ungu dan kelopak ujung atas berwarna hijau. 

Manfaat terong ungu terkandung dalam buah Prince Epa bentuk buah panjang silindris. Ukuran panjang manfaat terong ungu ini adalah 23 - 26 cm. Diameternya 5,2 - 5,3 cm dan bobot buah yaitu kurang lebih 230 gram per buah. 

Cara menanam terong ungu Prince Epa dipanen umur 53 - 57 hari setelah pindah. Potensi hasil panen cukup tinggi yaitu 2,5 - 3,2 kg per tanaman. Cara menanam terong ungu hibrida Prince Epa membutuhkan jumlah benih kurang lebih 200 gram per hektar. Jarak tanam 70 x 60 cm.  

Manfaat terong ungu dapat dinikmati lewat menu masakan sehari-hari. Rasanya unik dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satumanfaat terong ungu adalah mengurangi risiko sakit jantung. 

Manfaat terong ungu ini karena merupakan sayuran padat nutrisi. Manfaat terong ungu tidak hanya mengandung vitamin. Namun ada mineral dan serat menjadikannya sebagai sumber manfaat sayur-sayuran. 

Satu porsi terong ungu sekitar 80 gram mempunyai 20 kalori, 3 gram serat, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat dan 5% folat rekomendasi harian. Kalsium 5% rekomendasi harian, mangan 10%, vitamin K 4% dan 3%  vitamin C rekomendasi harian. 





Lengkap Kandungan Gizi, Inilah Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan


1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat terong ungu membantu menjaga kesehatan jantung karena peran dari kandungan serat, kalium, vitamin C dan B6 serta fitonutrien. Manfaat terong ungu Prince Epa F1 mengandung antocyanin. Peran antosianin ini mampu menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. 


2. Sebagai Pengontrol Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi terong ungu setiap hari dalam menu harian kita mempercepat menurunnya kadar gula dan semakin terkontrol. Serat dalam terong ungu berperan menghambat pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan menjadi lambat menjadikan kadar gula darah stabil. 


3. Menurunkan dan Menstabilkan Berat Badan

Manfaat terong ungu mengandung kalori rendah dan serat yang tinggi. Kombinasi tersebut membuat manfaat terong ungu ideal dan cocok dipilih untuk menurunkan berat badan. Sayuran terong bisa dipilh untuk menggantikan bahan makan lain yang lebih tinggi kalori.  


4. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat  terong ungu mengandung polifenol memberikan efek antikanker. Komponen lain dalam terong ungu berperan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Serangan radikal bebas dapat menyebabkan pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker. 


5. Menstabilkan Kadar Kolesterol Tubuh

Manfat terong ungu satu ini diperoleh karena peran kandungan asam klorogenik di dalamnya. Namun demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat terong ungu ini. 


6. Bermanfaat Untuk Kesehatan Organ Hati

Manfaat terong ungu baik untuk kesehatan organ  hati karena memiliki kandungan antioksidan terutama antosianin. Antosianin dimiliki jenis terong ungu berkhasiat melindungi hati dan racun-racun penyebab penyakit dalam tubuh. 


7. Manfaat untuk Kesehatan Otak

Manfaat terong ungu Prince Epa F1 mengandung antioksidan dan mampu melindungi sel-sel otak akibat radikal bebas. Antioksidan mampu mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf dan membantu memperlancar aliran darah ke otak. 


Budidaya Terong Ungu Prince Epa F1


manfaat terong ungu, menanam terong ungu, benih cap kapal terbang, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Menanam Terong Ungu
Prince Epa F1

Tanaman terong
memiliki nama latin Solanum melongena adalah termasuk jenis tanaman sayuran tahunan semusim. India disebut sebagai asal tanaman terong namun Indonesia juga diyakini asal tanaman terong. Karena di hutan-hutan Indonesia banyak ditemui tanaman terong liar.  

Pertanaman terong kini semakin luas karena orang juga semakin menggemari sayuran terong. Manfaat terong ungu juga semakin diketahui masyarakat luas. Jenis terong yang dibudidayakan di Indonesia mulai terong lokal hingga terong impor. 

Terong lokal ada terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medan dan teron jepang ( impor ). Bentuk dan warna terong, ada putih, hijau hingga ungu. Bentuk terong bulat, lonjong besar, lonjong saja hingga lancip. Ukuran kecil bulat, sangat kecil ( terong pokak ) hingga panjang silindris. 

Tanah ideal untuk menanam terong ungu adalah tanah lempung berpasir dan pH tanah 6,5 - 7. Suhu ideal maksimal 22 - 30 derajat Celcius. Terong ungu Prince Epa F1 menyukai sinar matahari cukup sehingga cocok ditanam di musim kemarau. 

Manfaat terong ungu ini masih satu keluarga dengan cabe, tomat dan kentang. Artinya, hama dan penyakit satu keluarga adalah sama sehingga dianjurkan untuk tidak menanamnya berdekatan. Begitu juga bila melakukan rotasi tanaman, bukan dari satu famili. 

Manfaat terong ungu diperoleh lewat persemaian benih F1 Prince Epa cap Kapal Terbang. Benih hibrida, berkualitas dan bebas penyakit memiliki daya tumbuh di atas 75%. Kebutuhan benih menanam terong ungu Prince Epa mencapai 300 - 500 gram per hektar. 

Cara menanam terong ungu langkah pertamanya yaitu menyiapkan persemaian benih. Dan langkah-langkahnya dijabarkan dibawah ini sampai pengolahan tanah dan pemindahan bibit ke lahan.




Proses pembibitan Benih Terong Ungu Prince Epa F1


Persemaian terong ungu dibuat di bedengan lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Media untuk semai campuran tanah, arang sekam dan kompos ( perbandingan 1 : 1 : 1 ). Pasang naungan untuk melindungi bibit dari panas, hujan dan angin. 

Sebelum disemai, benih terong ungu Prince Epa direndam dalam air hangat 10 - 15 menit. Setelah itu tiriskan dalam kain basah dan biarkan selama 24 jam. 

Siapkan alur pada bedeng semai dan jarak antar alur adalah 5 - 10 cm lalu tebarkan benih. Setelah benih tertata, tutup menggunakan tanah tipis saja. Tutup bedengan menggunakan daun pisang, karung goni atau koran basah. Siram tanpa membuka penutup dan biarkan air menetes membasahi bibit. 

Setelah benih ditanam, dalam 2 - 3 hari kemudian akan tumbuh menjadi tanaman. Buka penutup bibit tadi agar tanaman dapat tumbuh besar. Lakukan penyiraman setiap hari. Setelah umur 10 - 15 HST mulai dipindahkan ke polybag kecil berukuran 9 x 10 cm. 

Satu polybag untuk satu bibit tanaman. Media dalam polybag yaitu tanah + kompos ( perbandingan 1 : 1 ). Siram setiap hari bibit yang baru dipindah ke polybag tadi setiap hari. Setelah berjalan 1 - 1,5 bulan dan telah muncul daun minimal 4 helai daun, bibit bisa dipindah tanam ke lahan. 

Sembari menunggu bibit besar dan siap ditanam di kebun, kita melakukan persiapan lahannya. Persiapan lahan yaitu melakukan pengolahan tanah yaitu tanah dicangkul atau dibajak. Kedalaman tanam dicangkul yaitu 30 cm. 

Bersihkan tanah dari rumput-rumput liar dan kerikil. Setelah bersih, dilanjutkan membuat bedengan. Bedeng menanam terong ungu Prince Epa lebarnya 1 meter dan tinggi 30 cm. Panjang bedeng disesuaikan bentuk lahan. Jarak antar bedeng dibuat lebar 40 cm. 




Persiapan Tanam Manfaat Terong Ungu Prince Epa F1



manfaat terong ungu, cara menanam terong, benih cap kapal terbang, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran | LMGA Agro 
Sebelum bibit ditanam, bedeng diberi pupuk dasar. Pupuk dasar menggunakan kompos atau pupuk kandang sebanyak 15 ton/ha. Pupuk kandang ditaburkan di atas bedeng lalu aduk merata yaitu caranya dicangkul. 

Menanam terong ungu menghendaki pH 5 - 6 dan bila kurang dai 5 maka lakukan pengapuran. Yaitu bedeng ditaburkan kapur Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/ha. Pengapuran sebaiknya dilakukan 1 minggu sebelum penanaman. 

Sehari atau dua hari sebelum penanaman, siapkan lubang tanam untuk manfaat terong ungu. Lubang tanam dibuat secara berbaris dan jarak antar lubang adalah 60 cm. Jarak antar baris adalah 70 cm. Lebar lubang dan kedalamannya sesuai dengan ukuran polybag pembibitan.  

Setelah selesai membuat lubang tanam, biarkan selama 1 hari. Sebelum proses pemindahan bibit ke lahan tetap, siram dahulu bedeng dengan air hingga lembab. Hal tersebut karena tanaman terong ungu cenderung tidak tahan kekeringan. Penyiraman untuk mencegah bibit stres setelah pemindahan tanam. 

Pindahkan satu bibit terong ungu Prince Epa untuk satu lubang tanam. Pemindahan bibit harus dilakukan hati-hati dan jaga agar akar tanaman tidak rusak. Usahakan tanah media dari polybag tidak pecah dan masukkan beserta tanahnya ke lubang tanam. 




Pemeliharaan dan Perawatan Budidaya Terong Ungu Prince Epa 


Pemeliharaan manfaat terong ungu yaitu pertama melakukan penyulaman setelah pemindahan tanam dilakukan. Cabutlah tanaman bila ditemui ada tanaman tampak layu, tidak sehat dan pertumbuhannya abnormal. 

Tanaman dicabut beserta tanahnya menggunakan alat sekop kecil lalu ganti menggunakan bibit baru. Jumlah bibit sebaiknya lebih banyak 10% dari jumlah kebutuhan tanam terong ungu. 

Selanjutnya lakukan pemupukan susulan atau tambahan setelah 2 minggu dari pemindahan tanam. Pupuk susulan menggunakan Urea sebanyak 80 kg/ha dan KCl 45 kg/ha. 

Budidaya terong ungu organik dapat diberikan pupuk kompos atau pupuk kandang masing-masing satu genggam tangan atau sekitar 0,5 kg per tanaman. Pemupukan susulan kedua yaitu pada minggu ke-5 dan dilanjutkan minggu ke-7. 

Penyiangan gulma dilakukan bersama saat pemupukan dan penyiraman sehingga bisa efisien waktu dan tenaga. Bersihkan rumput-rumput yang tumbuh di bedengan dan sekitar tanaman yaitu menggunakan tangan dan sekop kecil bila perlu. 

Tanaman terong ungu Prince Epa perlu juga dipasangkan ajir untuk menopang tegaknya tanaman. Pemasangan ajir dilakukan setelah tanaman berumur 3 minggu. Pemasangan ajir sebaiknya berjarak 5 - 7 cm dari pangkal batang. 

Hati-hati saat menancapkan ajir, jangan sampai mengenai akar tanaman karena bila akar terluka menyebabkan serangan penyakit. Ikat tanaman pada ajir menggunakan tali yang lembut. Tali salaran khusus untuk mengikat tanaman pada ajir. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Apabila tidak turun hujan, hendaknya penyiraman dilakukan 3 hari sekali sampai tanaman berbunga. Setelah tanaman terong ungu muncul bunga, frekuensi penyiraman ditambah menjadi 2 hari sekali. 


Hama dan Penyakit pada Tanaman Terong Ungu


manfaat terong ungu, cara menanam terong, benih cap kapal terbang, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama 


1. Kumbang Daun ( Epilachna spp. ) 

Hama menyerang daun dan membuat permukaan daun tidak rata, menjadi berlubang, berwarna kuning dan layu. Menyerang daun pada fase vegetatif dan generatif. Baik larva maupun imagonya dapat merusak tanaman dan memakan lapisan epidermis bawah daun. 

Hama kumbang aktif makan di pagi hari dan siang hari menurun aktivitasnya. Aktif kembali di sore hari dan malam hari menurun lagi. Hama lebih menyukai tanaman muda sebelum berbunga. Di fase berbunga, populasi hama menurun saat turun hujan terus menerus dan umur tanaman semakin tua. 

Pengendalian hama kumbang dapat dilakukan secara manual, diambil langsung dari tanaman lalu dimatikan. Secara kimiawi menggunakan insektisida sesuai dosis anjuran. 


2. Kutu Daun ( Aphis spp. )

Kutu daun merusak daun yang masih muda. Ukuran kutu antara 1 - 6 mm dan sering menyerang di musim kemarai. Hama ini juga menyerang cabe, timun, semangka, kubis dan kailan. Serangan aphis menyebabkan munculnya embun jelaga sehingga mengganggu proses fotosintesis. 

Pengendalian sebagai usaha pencegahan yaitu pengaturan jarak tanam dan menanam sesuai kebutuhan tanaman. Kebun harus selalu dibersihkan dan membunuh langsung hama di lapangan. 


3. Tungau ( Tetranynichus spp. )

Hama menyerang permukaan daun hingga daun berbintil coklat kehitaman. Daun menjadi berlubang dan layu. Pengendalian yaitu melakukan sanitasi lahan, penjarangan tanaman dan benih dilarutkan dalam fungisida. 


4. Ulat Buah ( Helicoverpa armigera )

Ulat menyerang buah baik muda maupun tua hingga buah berlubang lalu membusuk bagian dalam. Pengendalian : buang buah busuk dan bersihkan selalu kebun. Penyemprotan menggunakan insektisida sesuai dosis anjuran.     


5. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn. )


Hama ulat menyerang tanaman muda dan waktu pembibitan hingga mengakibatkan tanaman membusuk lalu mati. Pengendalian yaitu menggunakan benih berkualitas dan tahan serangan hama. Kabun harus selalu dibersihkan dari gulma. 


6. Ulat Grayak ( Spodoptera litura

Hama ulat grayak menyerang daun muda dan tua hingga daun menjadi berlubang dan bentuknya tidak beraturan. Cara pengendalian manual yaitu ulat diambil dan dimatikan. Kebun harus selalu bersih dari gulma. Bila serangan parah, semprotkan insektisida yang sesuai. 


7. Kutu Kebul 

Kutu kebul menyebabkan daun menjadi mengkerut, keriting dan tanaman menjadi kerdil. Lakukan pencegahan dengan melakukan rotasi tanaman, sanitasi lahan dan memanfaatkan tanaman inangnya. Penyemprotan menggunakan akarisida. 


Penyakit


1. Bercak Daun

Penyebab bercak adalah cendawan Cercospora sp. menyebabkan timbulnya bercak coklat kehitaman di permukaan daun hingga daun menjadi layu lalu kering. Pencegahan penyakit dengan menggunakan benih hibrida bebas penyakit dan sanitasi lahan. Penyemprotan menggunakan fungisida. 


2. Busuk Buah

Penyakit busuk buah disebabkan oleh cendawan Phytopyhora sp. hingga buah timbul bercak coklat kehitaman lalu buah akan busuk dan rontok. Buah busuk harus segera dipangkas agar tidak menularkan ke buah yang sehat. Penyemprotan menggunakan fungisida yang sesuai.


3. Antraknosa

Disebabkan oleh cendawan Gloesporium melongena hingga permukaan daun terdapat bercak coklat kehitaman, menjadi keriting dan menggulung. Pencegahan sebagai upaya pengendalian yaitu menggunakan benih berkualitas bebas penyakit dan menjaga kebersihan kebun. Penjarangan tanaman, pemangkasan dan penyemprotan fungisida. 


4. Rebah Semai

Disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani dan Phythium spp serta menyerang saat pembibitan. Bibit terserang akan menguning, layu dan mati. Pengendalian yaitu menjaga kebersihan lahan dan benih berkualitas. Penyemprotan menggunakan fungisida.  


5. Layu Bakteri

Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum hingga tanaman menjadi layu dan mati. Pengendalian dengan selalu membersihkan kebun dan penyemprotan menggunakan bakterisida. 


Pemanenan Terong Ungu Prince Epa


Manfaat terong ungu dapat panen cepat yaitu umur 53 - 57 HST dan panen Prince Epa F1 dapat diulang kembali setiap 3 - 7 hari sekali. Biasanya satu kali musim tanam terong ungu, panen bisa sampai 13 - 15 kali atau lebih. 

Manfaat terong ungu dipanen waktu pagi atau sore hari saat cuaca cerah. Buah dipetik beserta tangkainya karena terong tidak tahan lama. Begitu selesai dipanen harus segera dipasarkan. Sortasi terong ungu berdasarkan ukuran dan kondisi buah. 

Selain ada manfaat terong ungu, mengkonsumsi berlebihan dapat menimbulkan rsisikonya. Beberapa gangguan muncul seperi penyerapan zat besi menjadi terganggu. hal ini karena manfaat terong ungu mengandung nasunin. Nasunin dapat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel. 

Jadi konsumsi terong baik bila orang tersebut kelebihan zat besi. Juga manfaat terong ungu mengandung solanin yang dapat memicu peradangan jaringan atau inflamasi. Konsumsilah terong ungu sewajarnya dan tidak berlebihan agar manfaat terong ungu menjadi terasa. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Terong Ungu dari Benih F1 Prince Epa Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih hibrida berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.  

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh Indonesia bersma JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama secara dropship dan reseller. 

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan tentang manfaat terong ungu dan cara menanam terong ungu. Benih berkualitas hibrida terong ungu Prince Epa produk Cap Kapal Terbang. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.