TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/07/20

Budidaya Semangka Merah dan Kuning Peluang Usaha Menguntungkan

semangka,budidaya semangka,benih semangka,cara menanam semangka,buah semangka,lmga agro
Budidaya Semangka
Budidaya Semangka Merah dan Kuning Peluang Usaha Menguntungkan. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih semangka lengkap kualitas terbaik harga murah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menjadi mitra dan sahabat petani sebagai pelaku usaha pertanian seperti budidaya tanaman. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, dan alat pertanian. Semua sarana pertanian yang tersedia di LMGA Agro memiliki kualitas terbaik dan harga terjangkau bagi petani.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro memiliki kualitas terbaik karena diproduksi pabrik benih terpercaya. Sehingga benih tanaman berkualitas dan cocok digunakan petani untuk memulai usaha budidaya tanaman di lahan pertanian. Beberapa pabrik benih penghasil benih berkualitas adalah BISI, Takii Seed, East West Seed, dan lain-lain.

Pupuk dan pestisida tersedia lengkap di Toko Pertanian Online LMGA Agro dengan harga murah untuk para petani. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengirim sarana pertanian pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia bekerjasama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Jasa konsultasi pertanian juga tersedia secara gratis di Toko Pertanian Online LMGA Agro untuk membantu petani mengatasi masalah atau kendala pertanian.

Budidaya semangka merah dan kuning sangat menguntungkan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian. Hal ini dikarenakan semangka merah dan kuning termasuk dalam komoditas buah unggulan yang banyak diincar oleh para masyarakat sebagai konsumen.

Buah menjadi komoditas pangan yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari seperti vitamin dan serat. Salah satu jenis buah yang termasuk dalam kategori komoditas unggulan adalah buah semangka. Sehingga budidaya semangka menjadi peluang usaha menguntungkan bagi para pelaku usaha pertanian seperti petani.

Semangka Merah dan Kuning Jadi Idola Konsumen


Semangka atau tembikai merupakan jenis buah yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae dan memiliki nama latin Citrullus lanatus. Tanaman semangka sendiri adalah tanaman merambat yang memiliki daerah asal dari daerah Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih berkerabat dengan tanaman labu-labuan, melon, dan mentimun.

Buah semangka sendiri memiliki beberapa jenis yang sudah familiar dan tersebar luas di pasar tradisional maupun pasar modern. Jenis buah semangka yang sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai konsumen adalah semangka merah dan semangka kuning.

Semangka merah dan semangka kuning sangat mudah untuk dibedakan apabila buahnya sudah dibelah terlebih dahulu. Faktor yang membedakan antara buah semangka merah dan kuning adalah warna daging buahnya, sedangkan rasa daging buahnya tetap manis.

Buah semangka merah dan semangka kuning banyak dibutuhkan oleh masyarakat sebagai makanan pencuci mulut atau diolah menjadi minuman sehat. Selain itu buah semangka merah dan semangka kuning bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha seperti kios jus buah atau es buah. Sehingga buah semangka merah dan semangka kuning menjadi salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi para konsumen.

Buah semangka merah dan semangka kuning dapat diperoleh dari hasil panen budidaya semangka yang dilakukan oleh para petani. Kualitas buah semangka merah atau semangka kuning tergantung dari varietas benih yang ditanam dan perawatan tanaman selama budidaya.

Buah semangka merah dan semangka kuning yang memiliki kualitas terbaik dengan rasa daging buah manis dan segar sangat menguntungkan konsumen. Konsumen bisa mendapatkan keuntungan dari segi rasa daging buah semangka yang manis dan kandungan nutrisi yang lengkap.

Melihat kebutuhan buah semangka di pasaran yang selalu dibutuhkan, membuat petani membuka peluang usaha budidaya semangka. Peluang usaha budidaya semangka dapat dilakukan petani menggunakan benih semangka kualitas terbaik yang banyak tersedia di toko pertanian terdekat. Selain itu, para petani juga bisa memesan varietas benih semangka di toko pertanian online.


Peluang Usaha Budidaya Semangka Menguntungkan


budidaya semangka,benih semangka,cara menanam semangka,peluang usaha,semangka merah,semangka kuning


Usaha pertanian merupakan salah satu jenis usaha yang biasa dikerjakan oleh para pelaku usaha pertanian seperti petani. Jenis usaha pertanian yang banyak dilakukan oleh para petani untuk mendapatkan banyak keuntungan adalah melakukan budidaya tanaman.

Budidaya tanaman merupakan jenis usaha pertanian yang dilakukan dengan cara merawat tanaman dari benih hingga memasuki masa panen. Jenis budidaya tanaman yang bisa dilakukan dan dipraktekkan petani sebagai pelaku usaha pertanian adalah budidaya buah dan budidaya sayur. Salah satu budidaya tanaman buah yang menghasilkan banyak keuntungan bagi petani adalah budidaya semangka.

Budidaya semangka menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi petani karena jenis buah ini banyak diminati oleh masyarakat sebagai konsumen. Jenis buah semangka yang bisa dibudidayakan oleh petani juga beragam mulai dari semangka merah maupun semangka kuning.

Usaha budidaya semangka bisa dilakukan petani dengan memanfaatkan beberapa sarana pertanian seperti varietas benih semangka unggulan, pupuk, dan pestisida. Setelah itu, petani sebagai pelaku usaha pertanian melakukan beberapa perawatan budidaya semangka hingga masa panen tiba. Perawatan budidaya semangka yang dapat dilakukan petani diantaranya adalah pemupukan dan pencegahan hama tanaman.

Masa panen budidaya semangka dapat dilakukan petani saat tanaman telah memasuki umur yang cukup dan buah sudah siap dipetik. Bentuk buah semangka merah dan semangka kuning yang berkualitas adalah bulat atau oval dengan rasa daging buah segar dan manis.

Setelah buah semangka sudah dipetik dan dipanen maka langkah selanjutnya adalah menawarkan buah kepada para pedagang buah atau tengkulak. Hasil budidaya semangka yang berkualitas akan sangat menguntungkan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian. Selain itu kualitas hasil panen budidaya semangka bisa dijamin dari pemilihan varietas benih semangka yang tepat.

Toko pertanian terdekat bisa menyediakan semua sarana pertanian yang dibutuhkan petani untuk memulai usaha budidaya semangka. Toko pertanian online juga menyediakan sarana pertanian unggulan untuk memulai usaha budidaya semangka, seperti jenis varietas benih semangka unggulan.


Benih Semangka Unggulan Hasil Memuaskan


Budidaya semangka menjadi salah satu jenis usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Keuntungan ini tidak serta merta bisa didapatkan petani dengan mudah setelah melakukan usaha budidaya semangka di lahan pertanian. Namun perlu beberapa tahap dan pemilihan varietas benih semangka yang tepat sebelum melakukan usaha budidaya semangka.

Benih semangka bisa dibilang sebagai salah satu kunci sukses petani dalam menghasilkan buah semangka kualitas terbaik yang menjadi idola pedagang. Varietas benih semangka kualitas terbaik yang bisa dipilih petani untuk usaha ini adalah benih semangka dengan sifat hibrida.

Benih semangka hibrida menjadi pilihan utama petani dikarenakan memiliki banyak keunggulan ketika sedang dibudidayakan di lahan pertanian. Beberapa keunggulannya adalah mampu tahan terhadap hama dan penyakit tanaman yang selama ini merugikan bagi petani. Selain itu benih semangka hibrida juga memiliki pertumbuhan tanaman yang kokoh, sehingga perawatannya lebih mudah.

Benih semangka hibrida saat ini sudah banyak diproduksi oleh pabrik benih terkemuka dan terpercaya seperti BISI dan East West Seed. Sehingga kualitas pertumbuhan tanamannya sudah tidak diragukan lagi mampu menghasilkan buah semangka yang berkualitas.

Varietas benih semangka tanpa biji unggulan diantaranya adalah Amara F1, Valentino, Prime, Liberty, Classic, Arsenal F1, dan Grandmilano F1. Sedangkan benih semangka berbiji unggulan diantaranya adalah Factor, Mega Flower, Angela F1, Black Jack, dan TT Dragon. Selain itu terdapat jenis benih semangka inul unggulan seperti Gadis Manis, TM Golden, Redin, Putri Delima, dan Redin 09.

Beberapa benih semangka yang telah disebutkan diatas merupakan jenis benih semangka unggulan yang cocok dibudidayakan oleh petani. Para petani bisa mendapatkan benih semangka hibrida kualitas terbaik dengan memesannya di Toko Pertanian Online LMGA Agro.


Cara Menanam Semangka Untuk Panen Menguntungkan


cara menanam semangka,budidaya semangka,benih semangka,bibit semangka,buah semangka,lmga agro


Usaha budidaya semangka merah atupun kuning menjadi salah satu usaha pertanian yang banyak menghasilkan keuntungan bagi para petani. Keuntungan yang didapatkan petani berasal dari penjualan hasil panen buah semangka ke pedagang buah ataupun tengkulak.

Panen buah semangka kualitas terbaik tentunya diawali dengan cara menanam semangka yang baik dan benar. Sehingga cara menanam atau budidaya semangka menjadi kunci sukses petani dalam meraup banyak keuntungan. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai cara menanam semangka untuk kebutuhan usaha budidaya semangka.

Persemaian Benih Semangka


Langkah pertama dalam memulai usaha budidaya semangka adalah melakukan proses persemaian benih semangka. Persemaian benih semangka memiliki tujuan untuk menumbuhkan bibit tanaman semangka untuk selanjutnya ditanam di lahan pertanian sebagai usaha budidaya semangka.

Proses persemaian benih semangka diawali dengan menyiapkan wadah dan media tanam untuk pertumbuhan benih semangka. Wadah yang cocok untuk proses persemaian benih semangka untuk usaha budidaya semangka adalah polybag atau tray semai. Sedangkan media tanam yang cocok untuk persemaian benih semangka adalah campuran pupuk kandang dan tanah humus dengan perbandingan 2:1.

Sebelum dimasukkan ke dalam polybag, campuran antara humus dan pupuk kandang diayak hingga halus dan terbebas dari kotoran sisa sampah. Setelah itu media tanam yang telah diayak dimasukkan ke dalam polybag persemaian dan disiram agar menjadi lembab dan padat.

Proses budidaya semangka selanjutnya adalah melakukan perendaman air hangat terhadap benih semangka selama 12 jam. Hal ini dilakukan untuk memilih benih semangka terbaik, cirinya adalah apabila benih semangka terapung maka benih tersebut kurang baik.

Setelah melewati proses perendaman, benih terpilih selanjutnya akan ditiriskan di atas kain agar tidak tercecer. Kemudian benih untuk budidaya semangka akan dimasukkan kedalam wadah tertutup rapat seperti toples. Benih semangka akan mulai berkecambah setelah 2 hari dan dapat dipindahkan ke polybag yang telah berisikan media tanam.

Persiapan Lahan Budidaya Semangka


Persiapan lahan untuk budidaya semangka menjadi kegiatan penting yang harus dilakukan petani dengan baik dan benar. Proses pengolahan lahan budidaya semangka menjadi sangat penting karena menjadi tempat tanaman semangka tumbuh berkembang hingga mencapai masa panen.

Pengolahan lahan untuk budidaya semangka bisa dimulai dengan membersihkan lahan dari sisa-sisa jerami atau batang padi. Proses pembersihan ini bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin potong rumput supaya lebih cepat.

Setelah lahan pertanian bersih dari sisa-sisa jerami atau batang padi, langkah selanjutnya adalah membuat bedengan sebagai tempat penanaman bibit semangka. Ukuran bedengan dibuat dengan lebar 3 meter dan panjang disesuaikan dengan ukuran lahan. Selanjutnya buat lubang tanam dengan jarak 1.5 m x 2 m antara satu dengan lainnya agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman.

Pemindahan Bibit Tanaman Semangka


Setelah lahan pertanian sudah siap untuk usaha budidaya semangka, langkah selanjutnya adalah melakukan pemindahan bibit tanaman semangka. Proses pemindahan bibit semangka ini dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 1 minggu atau bibit sudah memiliki 4 lembar daun.

Sebelum melakukan proses pemindahan bibit untuk usaha budidaya semangka, sebaiknya diberikan pupuk dasar untuk meningkatkan kadar nutrisi dalam tanah. Pemberian pupuk dasar untuk budidaya semangka ini dapat dilakukan 3 hari sebelum bibit dipindahkan ke area tanam. Pupuk yang digunakan untuk pemupukan awal ini bisa dipilih dari jenis pupuk NPK dengan dosis 10 - 20 gram/lubang tanam.

Sebelum proses pemindahan bibit semangka dilakukan, sebaiknya polybag disiram dengan air terlebih dahulu untuk mencegah media tanam yang pecah. Selain itu, lubang tanam juga harus disiram terlebih dahulu dan pupuk yang telah dimasukkan sebelumnya ditutup dengan tanah. Penutupan pupuk dengan tanah ini bertujuan untuk mencegah akar tanaman bersentuhan langsung dengan pupuk dan beresiko mati.

Setelah proses pemindahan bibit untuk budidaya semangka telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penyiraman kembali agar tanah menjadi lembab. Proses penyiraman selanjutnya pada budidaya semangka dapat dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore hari.

Pemupukan Susulan


Proses budidaya semangka selanjutnya memasuki fase perawatan tanaman untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman semangka hingga masa panen tiba. Salah satu perawatan budidaya semangka yang dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman adalah melakukan pemupukan susulan.

Pemupukan susulan pertama dapat dilakukan petani pada budidaya semangka setelah tanaman memiliki umur 10 hari setelah pindah tanam. Pupuk yang digunakan untuk pemupukan susulan pertama ini adalah jenis NPK dengan dosis 50 gram/lubang tanam.

Proses pemupukan susulan dengan pupuk NPK di budidaya semangka dapat dicampurkan dengan pupuk kalsium untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman. Dosis pencampuran antara pupuk kalsium dan NPK adalah 1 kg pupuk kalsium dengan 10 kg pupuk NPK. Pemberian pemupukan susulan ini dilakukan dengan cara ditaburkan pada lubang yang dibuat di sekitar tanaman.

Ketika budidaya semangka telah berbuah sebesar telur ayam, maka petani bisa membuat lubang kecil dengan jarak 15 cm dari tanaman. Hal ini dilakukan untuk proses pemupukan susulan dengan memanfaatkan pupuk Phonska yang dimasukkan pada lubang di sekeliling tanaman.

Selama proses pemupukan pada budidaya semangka, petani sebaiknya melakukan pengamatan rutin terhadap perkembangan tanaman semangka. Apabila tidak ada perkembangan maka dosis pemupukan budidaya semangka bisa ditingkatkan oleh petani.

Masa Panen Budidaya Semangka


Masa panen budidaya semangka dapat dilakukan petani ketika tanaman sudah memiliki umur 55 sampai 60 hari setelah tanam. Proses pemanenan budidaya semangka dapat dilakukan petani dengan cara memotong tangkai buah semangka dan meletakkannya di tempat yang sejuk.

Ciri semangka yang sudah siap dipetik dari usaha budidaya semangka adalah memiliki warna buah agak pucat dan tangkai buah mengecil. Potensi panen dari usaha budidaya semangka ini terbilang sangat menguntungkan karena menghasilkan buah semangka berkualitas dan disukai pedagang. Sedangkan jumlah dari hasil panen budidaya semangka tergantung dari jenis varietas benih semangka yang dipilh petani.


LMGA Agro Sedia Sarana Budidaya Semangka Terbaik


Usaha budidaya semangka menjadi salah satu usaha pertanian yang banyak menghasilkan keuntungan bagi para petani. Budidaya semangka membutuhkan beberapa sarana pertanian untuk menghasilkan panen buah semangka kualitas terbaik yang disukai oleh pedagang.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai mitra dan sahabat petani menyediakan segala sarana pertanian untuk usaha budidaya semangka. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di LMGA Agro adalah benih semangka berkualitas, pupuk, pestisida, hingga alat pertanian.

Varietas benih semangka yang tersedia di LMGA Agro memiliki kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Jenis benih semangka yang tersedia di LMGA Agro juga beragam, mulai semangka non biji, semangka berbiji, hingga semangka inul.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan jasa konsultasi pertanian untuk membantu usaha budidaya semangka. Jasa konsultasi pertanian di LMGA Agro dapat dimanfaatkan oleh petani secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.


Demikian artikel tentang Budidaya Semangka Merah dan Kuning Peluang Usaha Menguntungkan. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Budidaya Semangka ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.