TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/07/20

Jual Benih Semangka Jamaniku F1 Inul Terbaik Cap Mutiara Bumi

semangka jamaniku, semangka inul, semangka kuning, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Semangka Jamaniku F1
Jual Benih Semangka Jamaniku F1 Inul Terbaik Cap Mutiara Bumi. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro online shop jual benih hibrida semangka Jamaniku. Semangka inul Kuning Cap Mutiara Bumi. Kemasan 20 gram.


Toko pertanian LMGA Agro, toko online jual segala kebutuhan bercocok tanam pertanian. Produk lengkap, harga terjangkau dan murah. Produk terbaik dan berkualitas. Kami juga menerina layanan konsultasi tentang budidaya dan cara menanam buah dan sayur. Serta permasalahan Anda di lapangan.

Kami telah berpengalaman lama sebagai distributor produk benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Serta pupuk berkualitas, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat-alat pertanian. Kami didukung perusahan benih dan pabrik pertanian terkemuka dan sudah menjadi mitra petani selama ini.

Semangka Jamaniku F1 cap Mutiara Bumi. Benih hibrida terbaik semangka inul kuning. Produksi tinggi, ukuran buah besar dan panen cepat. Buah berasa sangat manis dan disukai masyarakat. Peluang usaha menanam yang menjanjikan. 

Kami siap kirim pesanan Anda produk pertanian ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami juga mengajak usaha online sebagai dropship dan reseller pertanian.

Benih semangka Jamaniku F1, semangka inul kuning cap Mutiara Bumi. Benih berkualitas tinggi dengan rasa buahnya khas dan sangat manis. Ukuran buah semangka Jamniku cukup besar. Potensi panen juga cukup tinggi. 

Semangka Jamaniku F1, semangka lonjong dengan manfaat besar bagi kesehatan kita. Semangka inul berkualitas tinggi Jamaniku F1 cara menanamnya mudah. Keuntungan tinggi sehingga cocok sebagai peluang usaha menanam semangka Jamaniku F1.



Karakteristik Semangka Jamaniku F1 


Benih semangka Jamaniku F1 merupakan semangka inul, bentuk lonjong dengan daging buah berwarna kuning. Semangka Jamaniku F1 produk terbaik dari cap Mutiara Bumi berkualitas tinggi. 

Semangka Jamaniku F1 memiliki rasa khas dan sangat manis. Ukuran buah semangka Jamaniku F1 besar. Isi kemasan 20 gram. Potensi hasil 35 - 40 ton/ha. 

Semangka inul umumnya berukuran kecil dan berbentuk lonjong. Namun semangka Jamaniku F1 semangka lonjong dengan buah yang besar. Semangka inul merupakan semangka hibrida dengan warna kulit buahnya hijau gelap. 

Cara menanam semangka Jamaniku F1 mudah. Petani umumnya menanam semangka pada akhir musim hujan. Dengan harapan dapat dipanen di musim kemarau. Dengan kandungan air yang banyak, semangka banyak dicari dan laris di musim kemarau. 

Ukuran semangka inul tidak terlalu besar yaitu 2,5 - 3,5 kg per buah. Namun ukuran tidak terlalu besar ini banyak diminati masyarakat. Dikarenakan ukurannya kecil cocok dijadikan sebagai buah meja. 





Budidaya Semangka Jamaniku F1 Inul 


semangka jamaniku, semangka inul, semangka kuning, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Banyak petani merasakan kelebihan dalam membudidayakan semangka Inul Jamaniku F1 dibanding semangka jenis lain. Semangka inul Jamaniku F1 mampu menghemat lahan karena panjang tanaman lebih pendek dari semangka bulat. 

Usia panen pohon semangka inul Jamaniku F1 7 hari lebih cepat dibanding semangka bulat. Pohon semangka Jamaniku F1 mampu membesarkan 2 - 3 buah sekaligus. Karena bentuknya lonjong, lebih mudah dan praktis membawanya dalam kedaan utuh. 

Telah banyak petani membudidayakan semangka inul lonjong seperti pepaya ini. Hasil produksinya memuaskan. Peluang usaha menanam semangka Jamaniku F1 menjanjikan dan menguntungkan. 

Menanam semangka Jamaniku F1 cocok pada ketinggian sekitar 2 - 500 meter dari permukaan laut. Lahan harus kena sinar matahari secara langsung, minimal 8 jam per hari. 

Semangka Jamaniku F1 menyukai tanah gembur, unsur hara tinggi, pH sekitar 5,5 - 7,5. Sebaiknya menanam semangka Jamaniku F1 dekat dengan sumber air dan jauh dari pantai.

Curah hujan ideal 40 - 50 mm/bulan. Area menanam semangka Jamaniku F1 memerlukan penyinaran matahari sepanjang hari sejak terbit sampai tenggelam.

Suhu optimal semangka Jamaniku F1 kurang lebih 25 - 30 derajat Celcius. Kelembaban udara terlalu besar menyebabkan datangnya penyakit disebabkan jamur/cendawan. Pada dasarnya, semangka cocok ditanam di dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl. Pertumbuhan optimal pada ketinggian 300 m dpl.



Harga Semangka Inul Menguntungkan Petani


Harga semangka dikalangan Petani dipengaruhi banyak sedikitnya produksi buah semangka saat panen. Harga semangka inul dipengaruhi ukuran buah. Ukuran buah 4 kg lebih mahal dari ukuran buah < 4 kg. 

Semangka inul kini banyak disukai pedagang dan rata-rata jumlahnya meningkat. Semangka inul bentuk lonjong banyak dijumpai di lapak-lapak buah. Untuk semangka inul, daging buah berwarna kuning banyak disukai. Seperti semangka Jamaniku F1 cap Mutiara Bumi. 

Semangka inul kuning rasanya lebih manis dan warna daging lebih terang dibandingkan semangka biasa. Keberadaannya di pasar buah tidak sampai 5 hari sudah laris dan habis. 

Selama musim kemarau, semangka inul kuning menjadi primadona para petani. Sehingga saat panen, produksi meningkat dan harga semangka menjadi jatuh. 

Petani umumnya menanam semangka seusai panen padi. Penanaman setelah padi juga dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran hama semangka. 

Dibandingkan semangka bulat, perawatan semangka inul lebih mudah. Masa tanam semangka inul kurang lebih 65 hari. Masa panen semangka inul Jamaniku F1 dilakukan hingga 3 kali.  

Banyaknya petani beramai-ramai menanam semangka inul berdampak pada harga jual semangka di pasaran. Apalagi bila panen raya semangka inul, harganya semakin jatuh. Panen awal Sepetember, Petani biasanya dapat  meraup keuntungan lumayan. Setelah banyak petani panen, harga menjadi jatuh.  



Peluang Usaha Tanam Semangka Jamaniku F1


Semangka Jamaniku F1 merupakan jenis semangka inul berdaging buah warna kuning. Semangka inul berbentuk lonjong dan nama lain dari semangka pepaya hibrida. Karena bentuk dan ukuran persis seperti pepaya. 

Semangka Jamaniku F1, semangka inul buah berbentuk lonjong, kulit warna hijau gelap dan bobot buah 2,5 - 3,5 kg. Tampilan buah unik dan praktis sehingga timbul kesan menarik untuk dimakan. Terdapat beberapa kelebihan menanam semangka inul, antara lain : 

-  Tanam Semangka Jamaniku F1 mampu menghemat lahan karena ukuran panjang tanaman lebih pendek dari semangka bulat.

- Usia panen 1 minggu lebih cepat daripada semangka bulat. 

- Perawatan lebih mudah dan peluang bakl buah menjadi buah cukup besar.

- Dapat dibesarkan  2 - 3 buah sekaligus per tanaman. 

- Lebih praktis dibawa dalam kondisi utuh.

- Cara menanam semangka inul jauh lebih mudah dibandingkan menanam semangka bulat. 





Persiapan Lahan Menanam Semangka Jamaniku F1 


semangka jamaniku, semangka inul, semangka kuning, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat kocor Untuk Pemupukan
Cara menanam semangka Jamaniku F1 menyukai tanah cukup gembur dan kaya bahan organik. Tanah tidak bersifat asam dan tanah adalah kebun/persawahan yang telah dikeringkan. Cocok juga pada tanah geluh berpasir. 

Lahan menanam semangka Jamaniku F1 memiliki nilai keasaman tanah ( pH ) 6 - 6,7. Budidaya semangka di tanah berat dapat menekan laju pertumbuhan dan kualitas buah rendah. Serta buah menjadi pecah-pecah. 

Cara menanam semangka Jamaniku F1 membutuhkan ketersediaan air yang selalu ada. Hal ini karena buah semangka Jamaniku F1 terdiri atas 90% air. Lokasi menanam semangka Jamaniku F1 sebaiknya bukan bekas tanaman semangka atau tanaman lain sefamili. Lahan juga sudah diberakan atau tidak ditanami semangka atau tanaman sefamili selama 2 tahun. 

Setelah menemukan lahan yang cocok, maka harus digemburkan dulu. Penggemburan dengan cara dicangkul atau dibajak. Penggemburan membuat tanah lebih gembur dan unsur hara dalam tanah tercampur rata. 

Tanah dicangkul/dibajak membentuk alur tanam dengan kedalaman 20 - 30 cm. Dari alur tersebut akan dibuat bedengan terdiri dari sepasang alur dengan jarak 2 meter. Buatkan jarak antar pasang bedengan dan digunakan utuk pengairan kurang lebih jaraknya 30 cm. 

Biarkan alur selama 3 hari supaya terpapar sinar matahari dan untuk mematikan organisme pengganggu dalam tanah. Selanjutnya bersihkan alur tanam dari kerikil dan sisa akar. 



Pemupukan Dasar Budidaya Semangka Jamaniku F1


Pupuk dasar digunakan untuk menyuplai nutrisi tanaman semangka Jamaniku F1 selama ditanam pada bedengan. Pupuk dasar dianjurkan gabungan pupuk organik ( kompos, kandang dan butiran organik ) dan pupuk kimia. 

Sebelum pupuk dasar diberikan, kita perlu mengecek pH tanah. Jika < 5,5 maka tanah cenderung bersifat asam. Jika tanah asam, maka dinetralkan menggunakan kapur Dolomit.  Selanjutnya taburkan pupuk kandang. 

Pupuk kandang bisa dari kotoran sapi, ayam atau kambing. Siram dengan larutan EM4 dan tutup dengan terpal. Biarkan selama 1 minggu. Pupuk kandang ditaburkan sepanjang alur tanam semangka Jamaniku F1. 

Taburkan pula pupuk NPK dicampur insektisida secara merata dengan cara tanah dibolak balik menggunakan cangkul. Kemudian tutup alur menggunakan tanah. 

Bedengan dibuat miring keatas supaya air tidak menggenang saat penyiraman. Siram dulu bedengan hingga basah lalu tutup menggunakan mulsa plastik hitam perak. Biarkan 1 minggu. 



Persiapan Bibit Semangka Jamaniku F1


Persiapan bibit semangka Jamaniku F1 diawali dengan persiapan media tanam yaitu tanah humus. Tanah dimasukkan dalam pot atau pun polybag. Benih direndam dalam air bersih semalaman. Esoknya, bungkus benih dengan kain basah sampai muncul kecambah sekitar 12 jam. 

Buat lubang ditengah pada media tanam polybag. Lubang dibuat sedalam 3 cm. Sebelumnya siram benih agar terjaga kelembabannya. Masukkan benih berkecambah dalam pot/polybag lalu tutup dengan tanah. Dua hari kedepan bibit akan tumbuh muncul di permukaan tanah. 

Selama proses pembibitan, jangan terkena langsung sinar matahari. Selanjutnya setelah hari ke-5 sampai 7 pada bibit akan muncul daun tengah. Saat tersebut, bibit sudah cukup kuat ditanam di bedengan. 

Buat lubang tanam pada mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulsa, tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. Kedalaman lubang 10 cm dan setiap bedengan hanya satu baris. Jarak antar lubang 15 cm. 

Larutkan NPK + insektisida + fungisida dan kocorkan di setiap lubang tanam. Sebelum bibit dilepas dari polybag, siram media tanamnya sampai basah. Cara ini memudahkan bibit diambil. 

Sebaiknya pemindahan bibit pada pagi hari sekitar jam 07.00 dan bila penanaman belum tuntas bisa dilanjutkan sore harinya. Jangan melakukan penanaman di siang hari karena menyebabkan bibit stress dan mudah layu. 

Selesai penanaman di bedengan, siram bedengan dengan hati-hati karena bibit masih muda. Gunakan gembor atau alat siram yang lubang airnya kecil. Lakukan pengamatan secara rutin selama 5 hari pertama. Lakukan penyulaman bila ada bibit mati atau tumbuh abnormal. 





Pemupukan Susulan Tanaman Semangka Jamaniku F1


Pemupukan susulan pertama minimal dilakukan 7 hari setelah penanaman bibit semangka Jamaniku F1. Pemupukan susulan diulang dengan interval 7 hari sekali. Pupuk menggunakan NPK 16-16-16, yaitu pupuk dilarutkan sebanyak 1 gelas pupuk dalam 35 - 40 liter air bersih. 

Takaran diatas untuk pemupukan susulan pertama dan kedua. Pemupukan susulan ketiga dan seterusnya, dosis NPK ditambah menjadi 2 - 3 gelas. Jika menanam semangka Jamaniku F1 di musim hujan, pemupukan NPK dibuat lebih jarang. Yaitu interval 10 - 14 hari sekali. 

Bila hujan turun terus menerus, kurangi penggunaan pupuk kocor/semprot. Karena pupuk akan mudah hilang mengikuti aliran air sebelum tanaman menyerapnya. Perbanyak penyemprotan fungisida.


Penyiraman budidaya semangka Jamaniku F1 dilakukan rutin dengan interval 7 hari sekali. Jika buah semangka Jamaniku F1 sebesar telur ayam, pemberian air setiap 5 hari sekali.

Penyiangan gulma akan jarang dilakukan bila bedengan tertutup oleh mulsa plastik hitam perak. Gulma biasanya tumbuh dipinggir-pinggir bedengan. Penyiangan dilakukan sesuai kondisi lapangan. Jangan biarkan banyak rumput sampai tumbuh tinggi. Lakukan penyiangan 3 - 4 minggu sekali.

Penataan sulur tanaman semangka Jamaniku F1 dilakukan bertujuan untuk memudahkan proses seleksi bakal buah. Semangka Jamaniku F1 seperti tanaman semangka lain pada umumnya mempunyai banyak sulur.

Sulur terdiri dari sulur primer, yaitu 3 buah seperti huruf W. Juga ada sulur sekunder dan ini merupakan cabang dari sulur primer.

Luruskan sulur yang berkembang ke arah samping yaitu 3 sulur primer mirip huruf W. Sebelum melakukan seleksi bakal buah, usahakan antar tanaman tidak saling bergandengan.



Cara Seleksi Buah Semangka Jamaniku F1


Seleksi bakal buah semangka Jamaniku F1 dimulai saat tanaman semangka tumbuh bunga betina dan jantan. Yaitu sekitar umur 1 bulan. Bunga betina semangka Jamaniku F1 terdapat putik berisi bakal buah. Bunga jantan terdapat serbuk sari. 

Proses pembuahan di musim kemarau lebih mudah dibandingkan di musim hujan. Musim hujan, pembuahan harus dibantu secara manual. 

Pilih bakal buah yang berpotensi tumbuh besar. Yaitu bakal buah semangka Jamaniku F1 terletak jauh dari akar tanaman. Juga buah yang berada pada daun ke-11 sampai ke-14 daan letaknya di 3 sulur primer. 

Seleksi buah ini dilakukan saat semua buah tumbuh besar, sebesar telur ayam. Jika tidak muncul buah di sulur primer, boleh kita melakukan pembesaran buah di sulur sekunder. Atau bisa Anda pilih buah di dekat akar bila buah di antara daun ke-11 dan ke-14 tidak tumbuh.   

Pilihlah buah yang bentuknya proposional, lonjong juga lonjong yang proposional. Umumnya tanaman semangka mampu membesarkan 2 - 3 bakal buah. 

Bila sudah Anda melakukan seleksi buah, selanjutnya adalah melakukan perempelan. Perempelan ini adalah memangkas sulur sekunder dan sebaiknya dilakukan di pagi hari. 

Sisakan satu daun pada tiap pangkal sulur yang sudah dipangkas. Langkah tersebut bertujuan agar perjalanan nutrisi difokuskan pada sulur yang memiliki buah. Nutrisi juga bisa fokus ke pembesaran buah. 





Cara Perawatan Buah Agar Tumbuh Besar


Pemberian alas buah pada semangka Jamaniku F1. Hal ini dilakukan untuk mencegah buah dimakan uret. Jangan menggunakan alas buah yang kedap air. 

Pemberian alas pada buah semangka biasanya dilakukan didaerah dataran rendah. Dataran rendah dengan tekstur tanah gembur, dikhawatirkan buah dapat dimakan uret dari bawah. Namun tanah liat dataran tinggi, keberadaan hama uret tidak akan dijumpai. 

Alas harus tidak kedap air sehingga embun dan air hujan dapat tembus dan meresap ke tanah. Bisa gunakan karung atau plastik yang ada lubang porinya. 

Perlakuan perawatan buah selanjutnya adalah membalikkan buah. Pembalikkan buah semangka juga merupakan proses penting. Tujuannya untuk mendapatkan penampilan buah semangka yang baik dan bagus. Buah harus terkena sinar matahari merata seluruh permukaan buah. 

Buah yang tidak menerima sinar matahari secara merata, warna hijau tidak merata. Kadang tampak warna putih agak kuning pada kulit semangka. Akibat bagian tersebut tidak kena sinar matahari. Pembalikan juga rutin dilakukan setiap 4 - 7 hari sekali. 

Perawatan buah ini termasuk cara mendapatkan buah ukuran besar. Terdapat pupuk khusus untuk membesarkan buah semangka Jamaniku F1. Pupuk khusus membesarkan buah ini dilakukan 7 - 10 hari sebelum panen. Yaitu saat umur tanaman menginjak 40 HST.  

Pupuk membesarkan buah semangka Jamaniku F1 yaitu taburkan NPK 16-16-16 pada sela bedengan. Pupuk akan larut menyerap ke seluruh bedengan. Penyiraman dilakukan setiap 5 hari sekali saat buah sudah muncul. 

Agar mudah dalam penyiraman, Anda dapat menggunakan mesin pompa air. Kemudian air dapat disiramkan di bagian tengah dari sepasang bedengan. Jangan sampai mengabaikan penyiraman saat tanaman semangka Jamaniku F1 sudah berbuah.  



Hama dan Penyakit pada Semangka


Hama Trips

Berukuran kecil dan ramping. Tubuhnya berwarna kuning pucat kehitaman dan memiliki sungut. Badan beruas-ruas. Hama thrips bergerak di malam hari lalu berkembang biak. Pengendaliannnya dengan cara penyemprotan insektisida sampai tanaman basah dan merata. 


Hama Ulat Perusak Daun

Badan ulat berwarna hijau dengan garis hitam/hijau. Hama memakan daun sampai tersisa lapisan lilinnya. Tampak dari kejauhan, daun seperti berlubang. Pengendalian secara mekanis dengan selalu menjaga kebersihan. Juga dilakukan penyemprotan insektisida. 


Hama Tungau

Tungau tubuhnya berwarna merah agak kekuningan juga ada agak kehijauan. Ukuran tubuhnya kecil dan menyerang dengan menghisap cairan tanaman. Tungau menyerang dengan cara menggigit dan menyengat. 

Serangannya terdapat jaring-jaring sarang hama tungau dibawah permukaan daun. Daun akan menjadi pucat. Pengendalian menggunakan pestisida. 


Hama Ulat Tanah

Hama berwarna hitam, berbintik-bintik atau ada yang bergaris. Panjang tubuh 2 - 5 cm. Hama aktif merusak dan bergerak di malam hari. Hama menyerang daun, terutama tunas-tunas muda. Ulat dewasa memangsa pangkal tanaman. 

Pengendalian yaitu melakukan penanaman serempak pada daerah yang berdekatan. Gunanya untuk memutus siklus hidup hama dan memberantas sarang ngengat disekitarnya. Pengendalian kimia menggunakan insektisida. 


Hama Kutu Putih dan Lalat Buah

Hama memiliki sayap transparan berwarna kuning. terdapat bercak-bercak dan memiliki belalai. Tanda serangan terdapat bekas tusukan pada kulit buah. Daging buah mengeluarkan aroma agak masam. Buah terlihat memar. 

Pengendalian teknis dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama dari sisa daun rontok. Pembumbunan tanah menggunakan serok. Pengendalian kimia menggunakan insektisida. 



Penyakit Tanaman Semangka


Penyakit Bercak Daun Semangka

Penyakit bercak daun sering terjadi di musim hujan, jarang terjadi di musim kemarau. Penyebab : jamur dan bakteri patogen, menyerang daun karena kelembaban lingkungan tinggi. 

Jamur dan bakteri cepat berkembang di kondisi lembab ditambah kadar Nitrogen bebas cukup tinggi dari air hujan. Gejala serangan : adanya bercak warna kuning atau hitam. Lama kelamaan bercak akan meluas dan mematikan daun. Proses fotosintesis jelas terganggu dan mempengaruhi pertumbuhan. 

Cara mengatasi bercak daun tergantung dari analisa berdasar gejala serangan. Gejala timbul bercak kuning disebabkan oleh jamur. Bila warna bercaknya adalah hitan maka disebabkan oleh bakteri. 

Serangan oleh jamur, dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida kontak. Penyebabnya bakteri dikendalikan dengan bakterisida dosis sesuai anjuran. Fungisida sistemik diberikan saat tanaman sudah terserang. Menggunakan bahan aktif difekonazol. Penyemprotan dilakukan 1 minggu sekali.  


Penyakit Antraknosa Semangka


Antraknosa juga aktif menyerang di musim hujan. Penyebabnya adalah jamur patogen. Gejala serangan sama dengan antraknosa pada cabai. Yaitu adanya bercak busuk daun dan buah atau biasa disebut Petani busuk buah semangka. 

Bercak kehitaman pada daun. Pada buah adanya lesi busuk, bentuk melingkar mirip sarang laba-laba. Antraknosa mudah menyebar lewat percikan air hujan dan hal ini sangat ditakutkan petani semangka di musim hujan. 

Pengendalian penyakit antraknosa yaitu selalu menjaga kebersihan, memberantas gulma dan mengatur saluran air. Penyemprotan menggunakan fungisida kontak berbahan aktif propineb atau klorotalonil. Interval penyemprotan 3 hari berturut-turut. Setelah itu ganti menggunakan fungisida sitemik berbahan aktif difekonazol. 


Penyakit Daun Keriting Semangka


Penyakit daun keriting justru berkembang cepat di musim kemarau. Penularan melalui hama vektornya yaitu Thrips. Penyebab lainnya turut mendukung yaitu defisiensi unsur Nitrogen dalam tanah. 

Musim kemarau, suhu tinggi dan kelembaban udara rendah menjadikan telur dari hama Thrips lebih mudah menetas. Hama thrips menyerang terutama pada tunas muda dan pada bagian pucuk tunas. Penyakit daun keriting sulit dikendalikan. Pastikan menggunakan benih bebas penyakit. 



Penyakit Cemong Buah Semangka


Hampir mirip dengan penyakit cacar buah pada melon. Pada buah semangka dikenal penyakit cemong buah. Mirip busuk buah antraknosa, namun tidak ada pola melingkar. 

Pembusukan hanya berupa cemong pada kulit buah. Bagian dalam buah jauh lebih parah. Penyakit cemong berkembang cepat saat musim hujan. Penyebabnya adalah bakteri patogen. Kondisi lingkungan lembab dan jarak tanam terlalu dekat mempercepat penyebaran penyakit.



Layu Fusarium


Disebabkan lingkungan sangat lembab. Timbul pembusukan pada tanaman yang tadinya lebat dan subur. Pengendalian mekanis yaitu melakukan pergiliran tanaman, selalu menjaga kebersihan kebun. Serta pemakaian benih hibrida tahan penyakit.


Mengenal Penyakit Fisiologis Buah Semangka


Penyakit fisiologis juga biasa menyerang kebun semangka. Penyebab penyakit fisiologis antara lain : 

- Iklim ekstrim. 
- Ketidak seimbangnya unsur hara dalam tanah. 
- Kandungan mineral berbahaya.

Busuk Ujung Buah ( Blossom-end-rot ). Penyebabnya karena kekurangan Kalsium. Pengaruhnya ke tanaman semakin berat pada daerah panas, kering, berangin dan kondisi kekurangan air. Gejala : gugurnya buah dan busuk berwarna coklat di ujung buah. Pengendalian dengan pemupukan mengandung Kalsium tinggi. 

Pecah Daging Buah ( Internal cracking ). Disebabkan oleh pertumbuhan labil atau tidak stabil. Pertumbuhan terlalu cepat pada fase namun terlalu lambat pada fase selanjutnya. Atau terjadi sebaliknya. Gejala : bentuk buah tidak normal, rasa buah hambar, daging buah tidak sempurna. Buah retak-retak. Pencegahannya melakukan teknik budidaya baik dan benar mulai awal. 

Rasa Buah Tidak Manis. Pada kondisi tertentu buah bisa berasa hambar. Hal ini karena kekurangan beberapa unsur, terutama Kalium, Magnesium dan Boron. Perhatikan selalu pemupukan susulan dan berikan dosis seimbang. 



Panen Semangka Jamaniku F1


Panen semangka inul Jamaniku F1 umur 50 HST. Tanda buah matang dilihat dari gagang mengering. Setelah dipanen, tanaman akan mati karena semangka tanaman sekali panen. Panen semangka Jamaniku F1 disesuaikan dengan standar permintaan pasar. 

Produk hortikultura merupakan hasil tani yang cepat rusak. Karena itu bila kualitas buah bagus namun panen dilakukan tidak benar akan menurunkan kualitas buah. Semangka Jamaniku F1 siap panen ditandai dengan warna dan tekstur kulit tampak bersih, jelas dan mengkilap. 

Buah semangka Jamaniku F1 matang bila ditepuk menggunakan jari terdengar agak berat. Tangkai buah mengecil. Waktu panen sebaiknya dilakukan pagi hari agar buah berasa lebih manis dan tahan penyimpanan. Tangkai buah dipotong sekitar 3 - 5 cm dari pangkal buah. 

Semangka Jamaniku F1 sudah dipanen dikumpulkan dalam keranjang dan diberi alas. Lalu letakkan ditempat teduh, hindarkan dari sinar matahari langsung. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Semangka Jamaniku F1 Inul Terbaik Cap Mutiara Bumi. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual kebutuhan petani bercocok tanam. Produk lengkap dan terbaik. 

Tersedia segala benih hibrida dan unggul buah dan sayur, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis mengenai permasalahan bercocok tanam. 

Kami mengajak usaha online sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra kerja Kami yaitu JNE, Pos Indonesia, KI8 dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan cara menanam semangka baik dan benar. Terutama semangka inul kuning, benih semangka Jamaniku F1 cap Mutiara Bumi dengan hasil melimpah. 

Peluang usaha menanam semangka Jamaniku F1 menguntungkan dan menjanjikan. Selamat mencoba dan salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.