TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/07/20

Jual Benih Sawi Pak Choy White Terbaik Takii Seed 20 ml Murah

sawi pak choy, pakcoy, pak choy white, jual benih sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pak Choy
White
Jual Benih Sawi Pak Choy White Terbaik Takii Seed 20 ml Murah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih sawi Pak Choy White. Kemasan 20 ml. produk terbaik dari Takii Seed. Murah dan berkualitas.


Sawi pak choy White ( atau disebut pak coy ) dikenal memiliki bentuk daun lebar dan tangkai daun berbentuk sendok. Pak coy White Takii Seed rasanya gurih dan enak diolah menjadi masakan. Manfaatnya besar bagi kesehatan kita karena mengandung banyak gizi lengkap didalamnya.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam. Diantaranya benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Tersedia pula pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Produk lengkap.

Benih sawi pak choy White produk terbaik Takii Seed. Benih dikemas 20 ml. Umur sangat singkat, rasa gurih, renyah, dapat ditanam di dataran rendah dan tinggi. Produksi tinggi.

Kami sebagai supplier produk pertanian berpengalaman dan telah lama turut serta membantu petani. Menyediakan segala keperluan menanam dan siap kirim hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Kami juga melayani konsultasi gratis pertanian tentang permasalahan Anda di lapangan.

Toko pertanian LMGA Agro online shop mengajak Anda sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Benih sawi pak choy White kualitas benih impor dan produksi tinggi. Peluang usaha menanam sawi Pak choy white menguntungkan dan menjanjikan di masa depan. Karena sawi pak choy banyak disukai masyarakat sebagai sayuran sehat setiap hari.



Karakteristik Sawi Pak Choy White    


Benih sawi Pak Choy White produk dari Takii Seed. Benih direkomendasikan untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. Pak Choy White bertangkai daun warna putih dan tebal. Daun sawi Pak Choy White berbentuk seperti sendok. 

Umur panen sawi pak choy White adalah 40 - 45 hari setelah semai. Perawatannya mudah dan produksi panennya tinggi. Sawi pak Choy White rasanya gurih dan enak. Banyak disuka dan dikonsumsi masyarakat. Juga banyak dijadikan sayuran olahan masakan setiap hari. 

Tanaman sawi pak choy White atau pak coy berhelai daun lebar. Tangkai daun sawi pak coy mirip sendok dan berciri khas tipis banyak, berwarna putih. Budidaya benih sawi pak choy White Takii Seed cocok di dataran rendah sampai tinggi. 

Benih berkualitas impor, tahan virus, menghasilkan tanaman yang bagus. Juga memiliki potensi hasil yang besar. Cara menanam sawi pak coy dapat ditanam di lahan luas maupun ditanam secara hidroponik. 

Pak coy atau bok coy ( Brassica rapa Kelompok Chinensis ) merupakan suku sawi-sawian atau Brassicaceae. Terkenal juga disebut sawi sendok. 

Sawi pak choy White mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar. Pak coy dilayukam menggunakan air panas dan bisa diolah menjadi asinan. Daunnya juga seperti pada umumnya sawi hijau yaitu berwarna hijau. 

Tekstur daun lebih kaku dibandingkan sawi hijau biasa ( caisim ). Ukuran daun cenderung lebih kecil dan meroset. 





Sayuran Pak Coy White Takii Seed


sayuran pak choy, pak coy, pak choy white Takii seed, jual benih sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayuran Pakcoy
 Pak coy merupakan jenis sayuran mudah tumbuh dan mudah dipelihara baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila ditanam pada suhu sejuk, pak coy akan cepat berbunga. 

Panen pak coy diambil seluruh bagian tubuhnya kecuali bagian akar. Sayuran pak coy biasa dijadikan sup sayur atau sebagai penghias makanan. 

Awalnya sayuran pak coy populer di kawasan Tiongkok. Kemudian keberadaannya menyebar ke berbagai negara salah satunya yaitu Indonesia. Populer sebagai bahan membuat masakan lezat. 

Di Indonesia, masakan berbahan sayur pak coy tidak hanya disominasi warga berasal dari Tiongkok. namun banyak warga Indonesia dan bangsa lain mulai menyukai pak coy. Karena selain rasanya lezat juga memiliki manfaat besar didalamnya. 

Pak Choy White herba semusim yang mudah tumbuh. Tanaman semasa muda tumbuh lemah, namun setelah daun ketiga dan seterusnya akan membentuk setengah roset. Batangnya cukup tebal tetapi tidak berkayu. Daun berbentuk elips dengan bagian ujung tumpul. Warna daun hijau segar dan tidak berbulu. 

Pada umumnya cara menanam pak coy disemai setelah itu tumbuh 3 - 4 daun sejati kemudian ditanam. Atau cara menanamnya ditanam langsung dengan cara disebar di media tanam. Masa panen umumnya adalah 40 - 60 hari dari benih langsung. Atau selama 25 - 30 hari setelah tanam dari bibit. 



Peluang Usaha Menanam Pak Choy White


Pak Choy White bukan tanaman asli Indonesia. Namun wilayah Indonesia mempunyai kecocokan terhadap iklim, cuaca dan tanah. Menjadikan sayuran pak coy cocok dikembangkan di Indonesia dan menjadi peluang usaha menjanjikan. 

Peluang usaha menanam pak choy White cocok diusahakan mulai dari ketinggian 5 - 1.200 m dpl. Namun seringnya usaha pertanian budidaya pak coy di daerah dengan ketinggian 100 - 500 m dpl.   

Sawi pak choy White merupakan kelompok sayuran daun yang mengandung zat-zat gizi lengkap. Kandungan gizinya telah memenuhi syarat untuk kebutuhan gizi masyarakat. Sawi pak choy White bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah/segar sebagai lalapan. Juga bisa diolah dalam berbagai macam masakan. 

Peluang usaha pak Choy White menguntungkan karena banyak masyarakat menyukai sayuran ini. Pak choy White merupakan sumber vitamin E yang baik. Kandungan vitamin E pak coy berperan dalam pencegahan penuaan dini. 

Konsumsi sayuran di Indonesia cukup tinggi karena orang semakin sadar pentingnya serat dalam sayur untuk kesehatan. Peluang usaha menanam sayuran di Indonesia sangat menggembirakan. 

Banyak sekali jenis sayuran mudah ditemui di pasar tradisional dan pasar modern. Sebut saja ada wortel, sawi, tomat, kangkung, bayam dan masih banyak lagi. 

Sayur-sayur dijual sangat murah per kilonya. Hal ini menjadikan warung dan depot makanan menjadikan sayuran sebagai masakan utama di usaha makanan mereka. 





Antara Sawi Hijau ( Caisim ) dan Pak Coy


sawi, pakchoy white, pak coy, jual benih sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Sayuran Sawi-sawian
Jenis sayuran sawi-sawian banyak ragamnya. Sawi hijau lebih dulu dikenal banyak masyarakat senagai sawi biasa dan lebih banyak dijumpai di pasar. Sawi hijau ( caisim ) dan pak coy sama-sama jenis sawi. Namun keduanya terdapat perbedaan meskipun sekilas mirip. 

Bentuk daun pakcoy ( Brassica rapa L. ) lebih pendek dan mirip sendok. Tekstur sama dengan sawi hijau, hanya batang sawi hijau lebih keras. Pak coy memiliki versi mini yaitu disebut baby pak coy. Daun sawi pak choy white memiliki tangkai dan berbentuk oval. 

Bila sudah siap panen atau matang, warna daun berubah menjadi hijau tua dari sebelumnya hijau muda. Beberapa jenis pak coy juga ada yang berdaun hijau pucat dan ungu. Warna daun mengkilap dan tidak membentuk kepala atau menggulung. 

Tangkai daun sawi hijau kurus, sedangkan pak coy daun-daun tersusun membentuk spiral rapat dan rapih. Tangkai daun sawi hijau berwarna hijau. Namun sawi pak coy berwarna putih atau cenderung pucat. 

Tanaman sawi pak Choy White memiliki bunga bagian tengah dan berwarna kuning cerah. Bila tumbuh normal, sawi pak choy White tumbuh hingga setinggi 15 - 30 cm. 

Tidak ada perlakuan khusus karena sawi pak choy White dapat tumbuh pada suhu rendah maupun suhu tinggi. Hanya saja, hasil panen di dataran tinggi dan suhu lebih rendah mendapatkan hasil yang lebih baik. 



Kandungan Gizi dan Manfaat Sawi Pak Choy White


Sawi sendok pak choy White sebanyak 100 gram mengandung 13 kalori, 65 sodium, 252 mg potasium dan 2,2 gr karbohidrat ( termasuk gula + serat ). Protein 1,5 gr, vitamin A 89%, vitamin C 75%, Kalsium 10%. zat besi 4%, vitamin B6 10% dan Magnesium 4%. 

Sawi pak choy White baik untuk ibu hamil. Sebab sawi pak choy White mengandung folat. Fungsi folat adalah membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu Folat untuk mencegah terjadinya cacat, kelainan pembentukan otak atau kelainan tulang belakang pada janin. 

Sawi pak choy White baik untuk pencernaan dan dapat mengurangi kolesterol. Sawi pak choy White mengandung serat pangan yang baik untuk melancarkan proses pencernaan tubuh. 

Serat dalam sayuran mengikat asam empedu penyebab kolesterol. Kemudian akan dikeluarkan bersama kotoran. Semakin banyak konsumsi serat, semakin banyak lemak dikeluarkan tubuh.  

Sawi pak choy White baik untuk kesehatan mata. Karena sawi pak choy white mengandung vitamin A dan bermanfaat sangat baik untuk kesehatan mata. Terkhusus bagi kesehatan kornea mata kita agar selalu sehat. 

Bagi kesehatan kulit, sawi pak choy White memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi. Vitamin E bermanfaat sebagai antioksidan dan berperan dalam mencegah penuaan dini. 

Bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah, kandungan vitamin K dalam sawi paka choy White berperan besar. Fungsi vitamin K membantu proses pembekuan darah, mencegah risiko penyakit jantung dan stroke. Vitamin K juga bermanfaat sebagai pelindung tulang dari osteoporosis. 



Pak Coy White, Sayuran Bermanfaat Mudah Menanamnya


sawi, pak choy white, pak coy, jual benih sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Bibit Pak Choy White
Pak choy White merupakan sayuran yang dapat tumbuh baik didaerah berhawa panas maupun hawa dingin. Sayuran pak choy White dapat diusahakan di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Walaupun, pada kenyataannya hasil terbaik berasal dari pak coy dataran tinggi. 

Sayuran pak choy White resisten terhadap air hujan. Sehingga dapat ditanam di sepanjang tahun. Penanaman di musim kemarau, perlu ada perhatian dalam hal penyiramannya. Pak coy menyukai hawa yang sejuk dan lebih cepat tumbuh bila suhu lembab. 

Pak choy White tidak menyukai air menggenang sehingga sebaiknya penanaman di akhir musim hujan. Cara menanam pak choy White ditanam dengan benih langsung atau dipindah tanam. Kerapatan menanam pak choy White sekitar 20 - 25 tanaman/m2. 

Pak choy White dipanen umur 40 - 50 hari dan pak coy memiliki umur pasca panen singkat. Tetapi bila disimpan pada suhu 25 - 27 derajat Celcius, kualitas pak coy bisa dipertahankan sampai 10 hari. 

Pak choy White cocok ditanam pada tanah gembur, banyak mengandung humus, subur dan darinase air lancar. Tanah memiliki pH optimum antara 5 - 7. 

Cara mempersiapkan lahan menanam pak choy White. Pertama adalah membuat bedeng, dibuat dengan lebar 2 meter dan panjang menyesuaikan ukuran lahan. Lahan dibajak atau dicangkul. 

Saluran air atau jarak antar bedengan lebarnya 50 cm berfungsi untuk menyirami air. Ratakan permukaan bedeng dan berikan pupuk organik ( kompos/pupuk kandang ) dosis 7 - 10 ton/ha. Selanjutnya siram bedengan untuk memadatkan pupuk organik. 





Persiapan Bibit Sawi pak Choy White dan Menanamnya


Bibit pak choy White dipersiapkan untuk kemudian ditanam di lahan. Persiapan bibit bisa dilakukan di lahan semai atau menggunakan tray semai ( baki semai ). Bila persemaian di bedeng semai maka bersihkan lahan yang akan dipakai untuk menyemai. 

Genburkan tanah menggunakan cangkul lalu buat bedeng semai. Bentuklah larikan dengan jarak antar larikan yaitu 3 - 4 cm agar benih tidak saling berdempet. Jarak tanam menyemai benih 4 x 6 cm. Sebelum ditanami benih, persemaian disiram air dulu.  

Benih sawi pak choy White ditaburkan merata pada larikan. Tutup dengan tanah secukupnya atau pupuk kandang halus dan telah diayak. Tutup persemaian menggunakan plastik mulsa, karung goni atau daun pisang untuk menjaga kelembaban. Penutup bisa dilepas setelah 3 hari. 

Penyiraman bibit rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari sampai bibit umur 2 minggu. Juga bibit telah muncul 4 - 5 helai daun. Sehari sebelum penanaman bibit, buat lubang tanam di bedengan dengan jarak tanam 30 x 30 cm. 

Ambil bibit pak choy White beserta akarnya secara hati-hati. Lalu tanam bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Timbun dengan tanah dan tekan-tekan perlahan bibit agar menempel pada tanah.  

Sebaiknya penanaman dilakukan pagi dan sore hari saat matahari tidak terik sekali. Hal ini karena untuk mencegah tanaman tidak stress karena dipindahkan dan kelayuan pada bibit. 

Setelah bibit ditanam, siram dengan air bersih menggunakan sprayer dengan lubang nozle yang kecil. Dan perhatikan selalu pertumbuhannya satu minggu kedepan. Bila ada bibit mati atau layu, segera dicabut dan ganti dengan bibit baru. Pilih bibit baru yang segar, sehat dan kokoh. 



Cara Perawatan Pak Choy White


sayuran sawi, pak choy white takii seed, pak coy, jual benih sawi, toko pertanian, toko online
Benih Sawi-sawian | LMGA Agro
Penyiraman tanaman sayuran pak choy White rutin dilakukan setiap hari. Bila penanaman di musim kemarau, penyiraman dilakukan 2 kali dan lebih sering dibandingkan musim hujan. 

Penyiangan dilakukan 2 - 4 kali selama masa penanaman pak choy White. Bila perlu, penjarangan bisa dilakukan begitu tanaman memasuki umur 2 minggu. 

Pemupukan susulan setelah penanaman bibit sawi pak choy White menggunakan pupuk NPK. Dosis 300 kg/ha, juga tambahkan pupuk urea dosis 50 kg/ha. Pupuk bisa Anda berikan dengan cara ditabur atau dilarutkan dengan air lalu disiramkan ke tanaman.

Pemupukan menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 1 kg dan larutkan dalam 100 liter air untuk 500 tanaman. Pemberian pupuk mulai umur 7 hari dan interval 8 - 10 hari sekali. 

Cara lain pupuk susulan pak coy diberikan mulai umur 2 minggu. Cara dibenamkan, pupuk diberikan cukup satu kali umur 15 - 20 hari setelah tanam. 

Benamkan sebanyak 4 gram Urea, 2 gram TSP dan 1 gram KCl untuk setiap tanaman. Setelah dipupuk, tutup pupuk dengan tanah dan siram agar cepat larut dan cepat diserap tanaman.

Pupuk diberikan dengan sistim kocor. Pupuk diberikan 2 kali umur 15 dan 22 HST. Setiap kali pemupukan, larutkan 80 gram urea, 40 gram TSP dan 20 gram KCl dalam 10 liter. Siram/kocorkan sebanyak 250 ml larutan pupuk ke setiap tanaman. 

Siramkan pupuk pada pangkal atau dekat perakaran. Karena pak coy tanaman sayur maka setelah pengocoran pupuk, daun harus disemprot air biasa. Air ini nanti untuk membersihkan larutan pupuk yang terkena daun pak coy. Lakukan pengocoran pupuk di sore hari. 





Hama Dan Penyakit Tanaman Pak Coy ( Brassica rapa L. )


Hama

Ulat daun ( Plutella xylostella ). Ulat daun ini sering mneyerang pada daun bagian pucuk. Ulat berwarna hijau muda. Memakan daun hingga berlubang. Ulat daun ini bisa muncul karena lingkungan yang mendukung dan tersedianya makanan cukup banyak ( daun pak coy ).

Jika penyerangan ulat sampai ke tunas maka pertumbuhan daun akan terhenti. Akibatnya hasil panen menurun kuantitasnya dan seluruh tanaman mati. 


Kutu Aphis ( Aphis craccivora ). Kutu aphis berkoloni di bawah permukaan daun, di sela-sela daun dan di titik tumbuh tanaman. Kutu Aphis menyebabkan tanaman menjadi kerdil, daun mengeriting dan menggulung. Jika populasinya sangat banyak bisa menyebabkan gagalnya panen. 


Penyakit Busuk daun ( Phytoptora sp. ). Penyebabnya adalah jamur. Sering muncul di musim hujan karena kondisi lingkungan lembab, suhu dingin dan kelembaban udara terlalu tinggi.

Jika menanam pak coy di musim hujan, jarak tanam diperbesar agar sirkulasi udara dan air bisa lancar. Gejala serangan adanya bercak basah coklat kehitaman pada daun. 


sayuran sawi, pak choy white takii seed, pak coy, jual benih sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Arashi Obat Akar Gada
Penyakit akar gada ( Plasmodiophora brassicae ). Menyerang pada bagian akar. Tanaman tampak layu di siang hari, di pagi hari tanaman tampak segar. Jika tanaman layu tadi dicabut maka akan tampak benjolan-benjolan pada akar. 

Jika tidak segera ditangani maka tanaman akan berhenti bereproduksi karena terhambatnya pertumbuhan. Yaitu akibat dari akar terkena penyakit akar gada dan nutrisi dari akar terhambat. 


Pengendalian 


1. Pengendalian secara teknis budidaya. Yaitu sanitasi kebun dan membersihkan sisa tanaman hasil panen sebelumnya atau membersihkan gulma ( penyiangan ). Pengolahan tanah harus dilakukan dengan baik. 

Bila menanam pak coy secara hidroponik, bersihkan permukaan media tanam atau tempat air yang digunakan. Air harus diganti dengan yang baru atau dikeringkan terlebih dahulu. Di musim hujan, pemakaian jarak tanam dilebarkan. 


2. Pengendalian fisik dan mekanik. Yaitu memasang paranet sebagai pelindung pada lahan konvensional maupun lahan hidroponik. Pengendalian secara mekanik, dengan mengambil hama langsung pada tanaman.


3. Pengendalian hayati dengan memanfaatkan atau memanipulasi musuh-musuh alami dengan tujuan menurunkan populasi hama. Seperti penggunaan aplikasi jamur Trichoderma untuk mengendalikan jamur patogen menular. 


4. Pengendalian kimiawi harus memegang prinsip 3T, tempat sasaran, tepat waktu dan tepat dosis. Bila tidak tepat sasaran dapat membunuh organisme lain dan membahayakan musuh alami yang seharusnya menguntungkan pak coy. 

Penggunaan tidak tepat waktu dapat mematikan tanaman. Tidak tepat dosis menyebabkan hama atau penyakit menjadi kebal. Seperti dalam menangani hama ulat, berikan sedikit insektisida bentuk granul dosis 0,3 - 0,4 gr/tanaman atau 6 kg/ha. Mengatasi jamur busuk daun menggunakan fungisida Bion M 1/48 WP, Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG.


5. Pestisida nabati. Sebagai usaha menggunakan pestisida ramah lingkungan dan mencegah resistensi hama. Menangani hama ulat dengan membuat ekstrak insektisida nabati. Caranya mengeringkan daun Alamanda, babadotan, kamboja dan mengkudu. 

Selanjutnya tambahkan 1 liter air dan aduk sampai larut. Diendapkan semalaman lalu saring menggunakan kain saring dan dimasukkan ke handsprayer. Siap untuk disemprotkan pada tanaman. 



Panen Sayuran Pak Choy White


Umur panen tanaman sayur pak choy White sangat pendek. Umur 45 - 50 HST sudah dapat dipanen dengan cara mencabut seluruh tanaman. Atau mencabut batang sawi pak coy satu per satu. Waktu panen sebaiknya pagi hari sebelum matahari bersinar terik. 

Masa panen sawi pak choy White dilakukan berulang-ulang sesuai kebutuhan. Begitu sawi pak coy sudah dicabut, bersihkan kotoran tanah yang menempel pada akar. Letakkan pada wadah berpori dan ditempat teduh. 

Pak choy White dapat dipasarkan langsung ke pasar tradisional terdekat atau didatangi langsung oleh tengkulak. Petani pak choy White pun dapat menawarkan ke pangsa pasar lebih mahal seperti hotel, restoran, swalayan atau pasar modern. Karena penampilan bagus dan hasil panen pak choy White tinggi. Juga merupakan jenis sayuran berkualitas baik. 

Bagi Anda yang menanam secara hidroponik, dirumah dapat dikonsumsi sendiri atau sebagai usaha sampingan. Sebagai usaha sampingan di rumah dapat dijual sendiri di toko pribadi. Sayuran pak choy White akan cepat laris karena banyak disukai masyarakat. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Sawi Pak Choy White Terbaik Takii Seed 20 ml Murah. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian petani.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul buah dan sayur, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami siap membantu permasalahan Anda di lapangan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang akan aman dan dijamin sampai tujuan. Kami bekerja sama jasa pengiriman barang yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. 

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang budidaya sayuran pak coy. Pemeliharaan tanaman sawi pak choy White mudah dan bisa dipilih sebagai peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. 

Selamat mencoba usaha pertanian menanam sawi pak choy White dari Takii Seed. Salam sukses....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.