TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/01/21

Jenis Cabe Besar Arimbi 85 Cap Kapal Terbang Tahan Penyakit

jenis cabe, cabe besar, benih cap kapal terbang, jual benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jenis Cabe Besar
Arimbi 85
Jenis Cabe Besar Arimbi 85 Cap Kapal Terbang Tahan Penyakit. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida terbaik jenis cabe besar Arimbi 85 cap Kapal Terbang. 

Toko pertanian online LMGA Agro tersedia berbagai verietas benih bersertifikat terbaik buah dan sayuran. Tersedia juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar bercocok tanam dan masalah di lahan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Jenis cabe besar banyak disukai oleh orang Indonesia. Benih unggulan hibrida Arimbi 85 jenis cabe besar cap Kapal Terbang. Tanaman beradaptasi baik di dataran menengah hingga tinggi. 

Jenis cabe besar benih hibrida Arimbi 85 produk cap Kapal Terbang. Benih toleran penyakit dan kekurangan kalsium. Potensi hasil tinggi dan buahnya kuat, tidak mudah patah. Aman untuk didistribusikan jarak jauh.

Jenis cabe besar Arimbi 85 toleran penyakit layu dan serangan virus. Cara menanam jenis cabe besar tidak sulit dilakukan. Semua proses mulai dari pembibitan, pengolahan tanah, pemeliharaan hingga panen harus dilakukan dengan baik dan benar. 

Cabe besar Arimbi 85 buahnya lebat dan teksturnya kuat sehingga tidak mudah patah selama distribusi dan pengemasan. Pohon cabe Arimbi 85 kuat dan pertumbuhannya kokoh. Daun dan batang pohon cabe besar Arimbi 85 kuat dan tahan penyakit. 


Jenis Cabe Besar Arimbi 85 F1  


Jenis cabe besar Arimbi 85 cap Kapal Terbang beradaptasi baik di dataran menengah hingga tinggi. Tanaman menguntungkan petani karena toleran penyakit layu bakteri, layu fusarium dan virus. 

Pohon cabe besar Arimbi 85 produk benih hibrida BISI International ini sangat kuat dan tumbuh kokoh. Pertumbuhan buahnya lebat dan memiliki banyak cabang. 

Kemasan benih hibrida Arimbi 85 produk PT BISI Inetrnational dengan merk dagang Cap Kapal Terbang isi bersih 10 gram, kurang lebih 1750 butir. 

Jenis cabe besar Arimbi 85 menghasilkan buah ukuran panjang kurang lebih 15 cm, diameter kurang lebih 1,5 cm. Kulit buahnya berwarna hijau saat muda dan berubah merah mengkilat saat tua. 

Umur panen menanam cabe besar Arimbi 85 adalah sekitar 85 hari setelah pindah tanam. Jenis cabe besar ini menghasilkan panen sekitar 27 ton/ha. Buahnya lentur dan tidak mudah patah terutama saat pengiriman jarak jauh. 

Budidaya cabe besar Arimbi 85 cap Kapal Terbang membutuhkan benih sekitar 100 - 150 gram/ha dan menggunakan jarak tanam 60 x 60 cm. Kulit buahnya halus dan ujung buah lancip.

Jenis cabe Arimbi 85 adalah ciri tanaman cabe besar bertajuk lebar. Pohon cabe memiliki batang yang kokoh dan tumbuh baik di musim kemarau. 




Jenis Cabe Populer di Indonesia


jenis cabe, cabe besar, benih cap kapal terbang, jual benih cabe, toko pertanian, toko online
Budidaya Cabe Besar 

Di Indonesia dikenal ada jenis cabe dengan banyak varietasnya. Pada dasarnya jenis cabe memang banyak sekali dengan beragam rasa. Namun jenis cabe yang dapat dibudidayakan adalah jenis cabe besar, cabe rawit dan cabe hibrida. 


Cabe Besar ( Capsicum annum L. )

Banyak jenis cabe besar di Indonesia dan diminati konsumen sehingga banyak petani tertarik untuk menanam jenis cabe besar. Cabe besar berwarna merah saat tua sehingga sering disebut cabe merah. 

Cabe besar benih hibrida Arimbi 85 produk PT BISI International banyak disuka masyarakat dan sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Jenis cabe besar Arimbi 85 berbentuk panjang dan besar, ujungnya lancip. Permukaan mulus mengkilat dan tebal seperti ada lilin di kulitnya. 


Cabe Keriting ( Capsicum annum var. longum )

Cabe keriting juga masuk kategori cabe merah dengan permukaan kulit bergelombang. Biasanya ukuran buahnya lebih kecil dari cabe merah besar. Ujungnya lancip cenderung runcing dan kulitnya relatif tipis. 

Cabe keriting sering dijadikan bumbu masak dan merupakan salah satu komoditas sayuran yang penting untuk kesejahteraan petani. Cabe keriting juga memiliki potensi peluang untuk eksport.


Cabe Hijau

Cabe hijau baik besar maupun cabe keriting merupakan dari cabe yang dipanen saat masih muda dan berwarna hijau. Panen cabe besar muda dan belum matang biasanya terjadi pada daerah yang kurang memenuhi syarat tumbuhnya. 

Atau beberapa pedagang atau konsumen meminta cabe besar hijau sehingga harus dipetik lebih dini. Cabe hijau juga memiliki penggemar tersendiri dan biasanya dijadikan bahan pembuatan sambal hijau. cabe besar dipetik masih muda juga dikarenakan akan didistribusikan ke lokasi cukup jauh. 

Curah hujan dan kelembaban yang tinggi menyebabkan jenis cabe besar sulit mencapai warna hijau. Pada dasarnya, antara cabe merah dan cabe hijau memiliki perbedaan rasa dan harga. Pastinya harga cabe hijau lebih murah dibandingkan cabe merah.  




Cabe Rawit ( Capsicum frustescens )


Cabe rawit sesuai namanya berukuran kecil dan panjangnya 2 - 4 cm. Keseluruhan jenis cabe rawit rasa lebih pedas dibandingkan jenis cabe besar. Namun juga ada jenis cabe rawit yang tidak pedas. 

Cabe rawit merupakan jenis cabe kecil yang unik dan jenis warnanya beragam. Jenis cabe kecil warna mulai hijau, merah, kuning dan oranye dan rata-rata semua pedas. Budidaya jenis cabe rawit sepanjang tahun bisa berbuah terus. 


Cabe Hibrida

Cabe hibrida merupakan hasil persilangan modern dibuat oleh perusahaan benih. Hasilnya berupa varietas jenis cabe baru dengan melakukan seleksi tanaman. Hasil biji dari cabe hibrida bila ditanam tidak memiliki sifat sama dengan induknya. 

Cabe hibrida mempunyai banyak keunggulan sifat seperti toleran penyakit, tahan kekeringan dan tahan kekurangan Calcium. Potensi hasil jenis cabe hibrida tinggi dan menyukai tumbuh di iklim tidak terlalu dingin dan tidak terlalu lembab. 


Cara Menanam Cabe Untuk Hasil Melimpah


jenis cabe, cabe besar, cabe arimbi 85, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH Meter Tanah
Budidaya cabe besar Arimbi 85
bisa ditanam di daerah tinggi dan rendah. Nilai pH tanah 5 - 6. Cara menanam cabe harus memenuhi syarat tumbuh cabe karena tanaman sangat rentan serangan hama dan penyakit. Cara menanam cabe perlu adanya ketrampilan dan pengalaman bila ingin hasil melimpah. 

Syarat tumbuh menanam cabe besar Arimbi 85 cap Kapal Terbang. Tanaman menyukai iklim curah hujan 1500 - 2500 mm per tahun dengan distribusi merata. Suhu udara ideal 16 - 32 derajat Celcius. 

Tanaman cabe membutuhkan sinar matahari 10 - 12 jam terutama saat pembungaan sampai pemasakan buah. Menyukai tanah yang berstruktur remah/gembur dan kaya bahan organik. Keasaman tanah ( pH ) antara 5,5 - 7. Tanah tidak becek atau ada genangan air. Lahan menanam cabe teruka dan tidak ada naungan. 

Jenis cabe menjadikan masakan kuliner Indonesia memiliki ciri khas pedas. Cabe besar dan kecil menjadikan Indonesia kaya bumbu dan cabe menjadi bahan makanan yang mudah ditemui di pasaran. Harga cabe yang fluktuatif tidak mengurangi kegemaran konsumen dengan cabe, justru makin banyak penggemarnya. 

Buah cabe terkenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisinya lengkap ada vitamin, potassium, fosfor, kalsium, folat,  antioksidan dan protein. Kandungan vitamin C pada jenis cabe besar jauh lebih tinggi dibandingkan vitamin C pada buah jeruk. Manfaat cabe dapat mengurangi terjadinya penggumpalan darah. 


Cara menanam cabe mulai tanam hingga panen biasanya memakan waktu 2,5 - 3 bulan. Tanaman cabe memiliki umur sampai 24 bulan. Frekuensi masa panen jenis cabe berlangsung sebanyak 15 - 18 kali. Cara menanam cabe juga bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang dan digunakan sendiri. 




Proses Persemaian Benih Cabe


Proses persemaian bibit cabe akan berhasil bila Anda menggunakan benih berkualitas. Jenis cabe besar Arimbi 85 benih berkualitas dan bersertifikat serta toleran penyakit. Benih hibrida produk perusahaan benih ternama PT BISI International. 

Benih sehat menghasilkan bibit sehat dan segar. Untuk cara menanam cabe jumlah besar sebaiknya menggunakan benih berkualitas yang dijual di toko pertanian. Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul jenis cabe besar dan cabe kecil. 

Untuk menyemaikan benih, Anda memerlukan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian. Persiapkan tanah dan pupuk organik/kompos dan sebaiknya diayak halus dulu biar gembur. Lalu campur antara tanah dan pupuk organik. Media untuk persemaian perbandingannya 1 : 1.

Wadah semai lain bisa juga menggunakan nampan, tray, pot kaleng bekas dam lain-lain. Syarat wadah semai untuk membuat bibit adalah bagian dasar wadah harus ada lubangnya. Maksudnya adalah untuk melancarkan sirkulasi air berlebih sehingga tanah tidak becek. 

Lubang wadah semai juga bisa dibuat di sisi samping wadah. Bahan media semai adalah tanah, pasir/sekam bakar dan kompos/pupuk kandang  ( 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1 ). Media semai harus gembur dan tidak padat/keras. Media gembur memudahkan bibit tumbuh baik. 

Sehari sebelum benih ditanam, masukkan tanah dalam wadah semai lalu siram air hingga basah. Setelah didiamkan 24 jam, benih bisa ditanam pada wadah semai. Jika menggunakan tray semai, setiap kotaknya diisi 1 - 2 benih cabe besar Arimbi 85. Kemudian siram benih menggunakan sprayer. 




Perawatan Bibit di Persemaian Cabe Besar Arimbi 85


jenis cabe, cabe besar, cabe arimbi 85 hibrida, benih cap kapal terbang, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Persemaian Bibit Cabe 

Setelah benih dibenamkan dalam wadah semai, selanjutnya lindungi menggunakan plastik bening dan lubangi plastik sebanyak 2 - 5 lubang kecil. Tujuannya kelembaban media lebih terjaga. Jika tanah tampak kering, buka plastik dan lakukan penyiraman dengan hati-hati lalu tutup kembali. 

Bila bibit muncul tunas atau mulai berkecambah, tutup plastik dapat dilepas dan tidak perlu digunakan lagi. Wadah semai/polybag diletakkan di tempat terang dan terkena sinar matahari langsung. Namun usahakan agar tidak terkena hujan langsung. 

Perawatan persemaian meliputi penyiraman, penjarangan bibit dan pengamatan setiap hari untuk melihat adanya serangan hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan teratur dan jaga agar media tidak kering atau jangan terlalu basah. 

Pemberian air menggunakan sprayer dengan nossel air yang halus. Penyemprotan air dilakukan 1 - 2 kali sehari pagi dan sore tergantung kondisi media. Penyakit yang sering menyerang bibit adalah busuk akar dan busuk daun. Penyakit muncul biasanya karena persemaian terlalu basah. 

Bibit sakit ditandai dengan daun mulai menguning dari bagian bawah. Bila terjadi demikian, hentikan penyiraman. Daun layu tanpa menguning berarti kekurangan air. Lalu daun mulai kering lalu rontok. Bibit cabe besar Arimbi 85 siap dipindah bila sudah tumbuh besar dan memiliki 2 - 4 helai daun. 


Perawatan Tanaman Cabe Besar Arimbi 85


Perawatan tanaman cabe besar meliputi penyiraman, pemupukan, pemasangan ajir/penyangga, penyulaman dan pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiraman tanaman cabe dilakukan hati-hati agar tanaman tidak rusak. Penyiraman dilakukan pada bagian bawah tanaman. Bila media mudah kering maka banyak penyiraman sebaiknya 2 kali sehari. Jangan melakukan penyiraman di siang hari karena tanaman bisa layu. 

Pemupukan tanaman cabe dilakukan sesuai dosis dan cara pemupukan sesuai petunjuk pada kemasan masing-masing pupuk. tanaman cabe harus dipasangkan ajir untuk menegakkan tanaman. Ajir juga bisa menjadi rambatan tanamannnya. 

Ajir terbuat dari bantang kayu atau bilah bambu. Ajir sebaiknya dipasang setelah tanaman tumbuh sekitar 14 - 24 cm. Jarak ajir dengan tanaman sekitar 5 - 7 cm. Penancapan ajir terlambat dapat menyebabkan akar tanaman terluka. 

Penancapan ajir membuat pertumbuhan tanaman akan sesuai arah ajir tersebut. Dan bila tanaman sudah cukup tinggi atau panjang maka batangnya dapat diikatkan ke ajr menggunakan tali. Tali salaran dapat dijadikan tali mengikat batang ke ajir. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati atau tumbuh abnormal. Tanaman sakit harus segera dicabut beserta tanahnya dan lakukan prosedur penanaman yang sama untuk bibit baru dan sehat. Gulma-gulma bersihkan dengan cara dicabut menggunakan tangan atau sekop kecil. 

Penyiangan gulma dilakukan bersamaan dengan menggemburkan tanah disekitar tanaman. Tanah sekitar tanaman dan tanah bedengan juga mudah tergerus oleh air. Hingga kadang ada akar yang muncul ke permukaan. 

Pembumbunan dilakukan juga bila ada tanaman yang berdirinya agak miring. Akar yang muncul ke permukaan harus ditutup agar tidak rusak. 


Baca Juga : Cabai Lado Tanaman Unggul Segala Tempat dan Musim


Pengendalian Hama dan Penyakit pada Budidaya Cabe


Hama tanaman cabe yang sering muncul di musim kemarau adalah trips, kutu daun, kutu kebul dan ulat grayak. Satu tanaman terinfeksi hama lalu dibiarkan saja maka dengan cepat hama menularkan ke tanaman lain. 

Sehingga bila tampak ada hama harus segera diambil lalu dimatikan. Atau lakukan penyemprotan insektisida untuk hama serangga dan akarisida untuk tungau. Penyemprotan menggunakan dosis sesuai anjuran pada kemasan produk. 

Begitu juga bila tanaman terinfeksi jamur/cendawan atau bakteri dan menunjukkan gejala sakit harus segera dikendalikan. Karena satu tanaman terkena penyakit maka dengan cepat tanaman lain kena penyakit juga. 

Penyakit tanaman cabe antara lain rebah kecambah, layu, antraknosa, busuk daun, bercak daun, busuk buah dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi serangan penyakit, lakukan penyemprotan fungisida setiap minggu sesuai dosis. 

Penyakit layu bakteri dari patogen bakteri Ralstonia solanacearum menyebabkan tanaman muda layu mulai dari pucuk. Kemudian keseluruhan akan layu dan mati. Pencegahan dan pengendalian yaitu media pembibitan dari tanah sub-soil 1,5 - 2 meter dibawah tanah. 

Gunakan juga pupuk kandang matang dan halus ditambah pasir ( perbandingan  1 : 1:  1 ) lalu disterilkan 2 jam. Bibit terkena penyakit harus dicabut lalu dibakar dan medianya dibuang. Naungan persemaian secara bertahap dibuka agar sinar matahari masuk dan bibit menjadi kuat. Semprotkan fungisida/akarisida selektif dosis batas terendah. 

Penyakit rebah kecambah atau dumping off  disebabkan oleh patogen Rhizoctonia solani, Fusarium spp. dan Phythium spp. Adalah semaian cabe yang gagal tumbuh atau benih sudah berkecambah lalu mati tiba-tiba. Bibit kerdil karena batang baah atau leher akar membusuk dan kering. Pencegahan sama perlakuannya dengan penyakit layu bakteri.  


Jenis Cabe Tanam Sesuai Syarat Tumbuhnya


Jenis cabe besar Arimbi 85 ditanam di daerah dataran rendah hingga tinggi yaitu antara 250 - 1200 m dpl. Namun penanaman di dataran tinggi masih sangat terbatas. Budidaya jenis cabe besar dikembangkan ke areal dengan ketinggian sedikit dibawah 800 m dpl. 

Jenis cabe besar agar tumbuh optimal biasanya menyukai iklim tropis hangat dan lembab. Suhunya berkisar 18 C - 32 C. Pembentukan buah pada suhu 15,5 C - 21 C. Suhu < 15,5 C dan > 32 C kurang baik hasil buahnya. Suhu tinggi siang hari menyebabkan tanaman layu dan bunga rontok.  

Curah hujan tinggi di iklim basah menyebabkan tanaman rentan penyakit. Namun bila curah hujan terlalu rendah, pertumbuhan tanaman terhambat dan buah muncul kecil-kecil. Janis cabe besar sensitif sinar matahari terlalu panas namun juga menghendaki penyinaran sepanjang hari. 

Jenis cabe besar juga kurang menyukai hujan terlalu deras dan cuaca mendung sepanjang hari. Namun persemaian cabe membutuhkan naungan hingga 45% dan penyinaran minimal 8 jam per hari. tanaman cabe kekurangan cahaya menyebabkan tanaman mejadi lemah, pucat dan tanaman cenderung memanjang.   

Demikian artikel Kami judul : Jenis Cabe Besar Arimbi 85 Cap Kapal Terbang Tahan Penyakit. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggu, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertaian. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar bercocok tanam dan permasalahan di lahan. Kami siap kirim pesanan Anda dibantu oleh JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Semoga artikel Kami bermanfaat. 

Jenis cabe besar Arimbi 85 tahan penyakit dan hasil melimpah. Benih terbaik berkualitas cap Kapal Terbang produk dari PT BISI International. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.