TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/01/21

Varietas Cabai Merah Besar Horison 97 Produk BISI International

varietas cabe merah, cabe besar, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabi Merah Besar 
Horison 97
Varietas Cabai Merah Besar Horison 97 Produk BISI International
. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida cabe besar Horison 97 produk PT BISI International. 

Toko online LMGA Agro berpengalaman sebagai distributor produk pertanian lengkap dan berkualitas. Kami menyediakan benih hibrida dan unggul beragam jenis buah dan sayuran. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang permasalahan bercocok tanam. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami juga mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida varietas cabai merah besar Horison 97 dengan merk dagang Cap Kapal Terbang. Benih cabe Horison 97 produk PT BISI International. Benih hibrida dan tahan penyakit. 

Varietas cabai merah Horison 97 tahan penyakit layu. Hasil panen tinggi, mudah perawatannya dan tanaman kokoh. Cabe besar berukuran panjang 16 cm, buah lentur dan kuat selama pengepakan juga distribusi jarak jauh. 

Varietas cabai merah besar Horison 97 direkomendasikan untuk tanaman cabe merah dataran rendah hingga tinggi. Cabe merah Horison 97 mudah perawatan dan pertumbuhannya sangat kokoh. Cabe besar Horison 97 tahan penyakit layu, penyakit utama cabe besar. 

Manfaat cabe Horison 97 cukup banyak karena memiliki kandungan gizi lengkap. Potensi budidaya cabe merah Horison 97 menjanjikan karena cabe merah merupakan salah satu sayuran favorit. Hampir setiap masakan di Indonesia menggunakan cabe Horison 97 sebagai bahan bumbunya. 


Deskripsi Cabe Merah Horison 97 Cap Kapal Terbang   


Benih Cabe Horison 97 jenis cabe merah produk PT BISI International dengan merk dagang Cap Kapal Terbang. Benih cabai Horison 97 cabe merah dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Budidaya cabe merah Horison 97 mudah perawatannya. 

Pertumbuhan tanaman sangat kokoh dan toleran penyakit layu. Pembentukan buah cabai Horison 97 sangat mudah berbuah meskicuaca kurang mendukung. 

Buah cabe merah Horison 97 panjang yaitu sekitar 16 cm, diameter sekitar 1,5 cm. Kulit cabai berwarna merah saat tua dan hijau saat muda. kulit mengkilap saat cabai matang. 

Buah cabai cukup lentur sehingga saat pengepakan dan pengangkutan, cabe merah Horison 97 tidak mudah rusak atau terluka. 

Umur panen cabe merah Horison 97 cap Kapal Terbang adalah 75 - 78 hari setelah pindah tanam. Cabai berpotensi panen sebesar 33 ton/ha. Kebutuhan benih kurang lebih 125 gram per hektar dan jarak tanam 60 x 60 cm. 

Tanaman cabe besar merah memiliki percabangan banyak dan mudah menempel. Persentase bunga menjadi buah cukup tinggi asalkan pemeliharaannya tepat. Tanaman juga toleran bila kekurangan unsur Kalsium. 

Masyarakat menyukai cabe besar karena dapat sebagai pewarna merah alami pada masakan meski rasanya tidak sepedas cabe tawit. Cabe merah favorit dalam masakan karena pemberi warna merah pada masakan. 

Cabe merah Horison 97 warna dan bentuk sangat khas. Warna merah terang mengkilap, bentuk buah gemuk dan besar dengan panjang 16 cm. Rasa tidak sepedas cabe rawit sehingga aman bagi penderita asam lambung. Budidaya cabe merah besar merupakan komoditi menjanjikan.   


Baca Juga : Benih Tomat Mutiara Known You Seed Idola Baru Petani


Cabe Merah Horison 97 Sayuran Tropis Produk BISI


varietas cabai, cabe merah, cabe besar, manfaat cabe, budidaya cabe besar, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe Merah Besar Horison 97 Favorit Petani

Nama latin cabe Horison 97 adalah Capsicum annum dan merupakan salah satu sayuran favorit di Indonesia. Cabe besar cocok sekali tumbuh di iklim tropis Indonesia. Cabe besar dapat tumbuh di dataran rendah 1 - 100 m dpl. 

Cabe besar Horison 97 juga direkomendasikan ditanam di dataran tinggi. Cabe besar Horison dapat tumbuh di ketinggian > 500 m dpl. Biasanya menanam cabe besar di dataran tinggi, hasil produksinya kurang maksimal. Perawatan yang tepat memegang peranan penting sesuai karakteristik cabai.    

Beberapa hal perlu ada perhatikan dalam budidaya cabe besar. Cabe besar dapat tumbuh baik bila selama pertumbuhannya mendapat cukup sinar matahari. Yaitu sinar matahari kurang lebih 8 - 10 jam per harinya. 

Suhu udara ideal bagi cabe besar adalah 24 - 28 derajat Celcius. Kelembaban idealnya sekitar 80% dan pH tanah antara 6 - 7. Karena harga cabe di pasaran sangat fluktuatif maka usahakan penanaman cabe di waktu yang tepat. 

Sebelum menanam cabai, perhatikan harga cabe di pasaran. Jangan sampai saat kita panen justru harga cabai sangat turun sehingga tidak mendapatkan untung. Cuaca memang tidak dapat diprediksi dan menanam cabai di musim hujan sangat rentan dengan kegagalan. Meski harga cabai di musim hujan sangat tinggi. 

Pemilihan benih berkualitas merupakan salah satu kunci sukses budidaya cabe besar karena tanaman cabe besar rentan sekali serangan hama dan penyakit. Sebaiknya penanaman akhir musim kemarau dan saat panen diperkirakan harga cabe besar cukup tinggi. Disamping itu panen cabe besar juga bisa berulang-ulang hingga harga cabe masih tinggi. 

Benih cabe besar Horison 97 salah satu varietas benih terbaik tahan penyakit layu. Dengan perawatan baik dan benar ditambah menggunakan benih berkualitas, hasil panen akan bisa maksimal. Meskipun cuaca juga kurang menguntungkan.     


Baca Juga : Hama Budidaya Tomat Sebabkan Petani Merugi


Persiapan Benih Cabe Besar Horison 97


Benih hibrida Horison 97 dapat dikecambahkan langsung dalam media semai. Benih juga dapat direndam dulu dalam air hangat 30 menit untuk mempercepat perkecambahan. selanjutnya benih akan disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di lahan tetap. 

Tujuan persemaian adalah untuk mendapatkan bibit yang kuat dan kokoh. Luas lahan 1 hektar membutuhkan sekitar 1/2 kilogram benih. Tempat untuk pembibitan sebaiknya juga dipasang naungan terbuat dari jaring.

Tujuan naungan untuk melindungi bibit dari sinar matahari langsung, terhindar dari air hujan dan menjaga kestabilan suhu. Naungan melindungi bibit dari terpaan angin kencang. Kelembaban dan kestabilan suhu sangat penting untuk proses pembibitan cabe besar. Arah pembibitan yang bagus adalah menghadap arah timur.  

Persiapan untuk persemaian yaitu menyiapkan polybag 5 x 10 cm. Media semai dari campuran tanah, sekam dan pupuk kompos ( 1 : 1 : 1 ). Gunakan pupuk kandang yang telah difermentasi. Tanah, sekam dan pupuk harus diayak halus sebelum dimasukkan ke polybag. 

Masukkan media semai agak penuh. Media semai yang gembur dan halus membuat perakaran bibit aktif tumbuh. Masukkan benih cabe besar Horison 97 pada media polybag kedalamannya 1,5 cm. Tutup menggunakan tanah media. 

Begitu benih sudah ditanam, siram dengan air secukupnya agar kelembaban terjaga. Penyiraman bibit dilakukan setiap hari dan amati pertumbuhannya. Agar benih tidak rusak, tutup permukaan polybag dengan kertas koran sampai benih berkecambah. Dan air disiramkan diatas permukaan koran. 

Koran dapat menjaga kelembaban media dimana benih cabe Horison masih sangat muda dan rentan mati. Karena benih hibrida cukup mahal maka harus disemaikan dengan hati-hati agar benih bisa tumbuh. 


Persiapan Lahan Menanam Cabe Besar 


varietas cabai, cabe besar, cabe merah, cabe produk bisi, manfaat cabe, budidaya cabe besar, jual beih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa

Persiapan lahan
berupa pengolahan tanah untuk menanam cabe besar. Tanah dibajak atau dicangkul sampai kedalaman 40 cm. Beri pupuk kandang dosisnya 0,5 - 1 ton untuk 1000 meter persegi. Campurkan pupuk kandang dengan tanah hingga merata. Lalu diamkan selama 1 minggu. 

Bila pH tanah belum netral maka berikan Dolomit 0,25 ton per hektar. Sebarkan di permukaan tanah, bolak balik tanah lalu diamkan kembali selama 1 minggu. Tanah terlalu asam membuat tanaman cabai cepat layu. Hasil panen juga menjadi jurang bagus dan tidak maksimal.  

Setelah 1 minggu, kemudian lahan dibuat bedengan tanaman cabe besar. Lebar 100 cm dan lebar parit 80 cm ( jarak antar bedengan ). Bila perlu, lahan dapat diberi pupuk NPK secukupnya di setiap bedengan. 

Beberapa hari sebelum waktu penanaman bibit tiba, bedengan bisa ditutup mulsa plastik hitam perak. Pemasangan mulsa plastik dilakukan siang hari dan panas agar mulsa plastik dapat menutup rapat. 

Setelah pemasangan mulsa seluruh bedengan, selanjutnya yaitu membuat lubang tanam. Karena bedengan ditutup mulsa plastik maka membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Toko pertanian LMGA Agro jual secara online alat pelubang mulsa praktis dan mudah diaplikasikan. 

Jarak tanam membuat lubang yaitu 60 x 70 cm dan menggunakan pola zig-zag. Bila bedengan tidak ditutup mulsa, lubang tanam bisa dibuat menggunakan alat tugal. Selanjutnya sekitar 2 hari nanti, bibit bisa dipindahkan ke lahan kebun. 




Penanaman Bibit Cabe Besar Horison 97 


Benih muda yang baru ditanam harus ditutup kertas koran agar saat penyiraman, air tidak kena langsung ke benih. Biasanya hari ke-7, benih akan mulai tumbuh. Pemeliharaan berupa penyiraman rutin. Bibit siap dipindahkan ke lahan kebun umur 1 ,5 bulan dan daunnya berjumlah 4 - 6 helai. 

Pemindahan bibit dilakukan hati-hati karena bibit rentan mengalami stres. Lakukan penyiraman pada polybag semai agar bibit mudah dipindahkan dan sertakan tanah semainya. Tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan lalu siram hingga lembab. 

Penanaman bibit sebaiknya dilakukan sore hari karena setelahnya, bibit akan menghadapi suhu yang dingin di malam hari dan tidak banyak penguapan. Bibit baru dipindahkan biasanya akan mengalami stres dan perlu adaptasi pada tempat yang baru. 

Penanaman bibit harus selesai dalam satu hari agar dapat tumbuh seragam dan serempak hingga panen. Bersihkan kebun dari rumput-rumput liar didalam kebun. Juga sampah dan bebatuan.

Selanjutnya, bibit harus dirawat dengan baik. Lakukan penyiraman rutin setiap hari. Lakukan juga kontrol perkembangan tanaman. Bila ada tanaman mati dan tidak tumbuh setelah dipindahkan maka harus segera dicabut dan diganti bibit baru. 

Penyulaman bibit mati sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. Selanjutnya bila ada tanaman mati, cukup dicabut lalu dimusnahkan dan tidak perlu diganti bibit baru. Hal tersebut agar nanti tanaman dapat panen bersamaan dan tumbuh seragam. 

Jumlah bibit dilebihkan sebanyak 10% dari jumlah kebutuhan bibit per luasan lahan. Kelebihan bibit ini digunakan saat penyulaman bibit. Pilih bibit baru yang segar, kuat dan kokoh. Penanaman bibit baru dengan cara yang sama, lubang tanam berikan furadan dan kompos untuk mencegah bibit mati atau sakit.


Perawatan Cabe Besar 


varietas cabai, cabe merah, cabe besar, cabe produk bisi, manfaat cabe, budidaya cabe besar, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanki Alat Semprot CBA

Perawatan cabe besar sebenarnya cukup mudah asalkan tanaman tidak dibiarkan kekeringan kekurangan air. Lahan tanaman cabe besar jangan sampai kering. Namun lahan juga jagna sampai tergenang air lama karena akanmenyebabkan datangnya penyakit.  

Pemupukan susulan cabe besar diberikan setelah umur 1 bulan. Setelah cabe besar panen pun, pemupukan susulan tetap diberikan agar tanaman tetap berproduksi maksimal. Karena tanaman cabe merah masih terus berproduski hingga umur 12 bulan bahkan lebih. 

Pemupukan susulan setelah panen bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk cair. Pemupukan menggunakan pupuk cair diberikan 100 ml per tanaman. Jika pupuk kompos 500 - 700 gram per tanaman. Demikian juga bila pupuk susulan menggunakan Urea atau NPK. 

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan rutin dengan menjaga kebersihan kebun dan pengamatan tanaman. Hama yang sering menyerang tanaman cabe merah adalah jenis kutu daun persik. Biasanya ada di permukaan daun bagian bawah. 

Hama tungau dapat dilihat dari gejala daunnya. Biasanya daun akan berwarna kuning kecoklatan. Tulang daun menggulung ke bawah, pucuk tanaman berguguran atau menebal. Hingga tanaman akan tersisa cabang dan batangnya saja. 

Hama thrips membuat daun mengalami bercak dan berkerut. Lapisan daun bawah berwarna keperakan. Koloni hama berkumpul di bawah daun. Lakukan pengamatan tanaman setiap pagi dan sore hari. 




Penyakit Tanaman Cabe Besar


Penyakit embun bulu ditandai dengan daun mengalami klorosis. Permukaan daun berbulu karena adanya cendawan Peronospora parastica. 

Penyakit rebah semai ditandai adanya layu tanaman karena batang menjadi busuk disebabkan Rhizoctonia sp dan Phytium sp. Tanaman harus dicabut lalu dibuang beserta medianya juga. Aturlah kelembaban dengan menjaga jarak. Naungan di persemaian harus dibuka saat pagi dan sore hari agar matahari dapat masuk. 

Penyakit akibat virus ditandai dengan pertumbuhan yang terhambat dan warna daun pucat. Biasanya gejala muncul 2 minggu setelah penanaman. Tanaman harus segera dicabut begitu ditemukan tanda tanaman demikian. Tanaman dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Tanaman cabe besar cukup rentan hama dan penyakit. Cukup banyak hama dan penyakit utama yang biasa menyerang tanaman cabe besar. Yaitu seperti ulat tanah, ulat grayak, lalat buah dan masih banyak lagi. 

Perawatan dan pemeliharaan tanaman dilakukan secara rutin. Kontrol tanaman dan pengamatan dilakukan pagi dan sore hari. Jika ditemui tanda-tanda serangan organisme pengganggu, maka harus langsung diatasi sesegera mungkin. Tujuannya agar serangan organisme pengganggu tidak menyebar luas.  


Panen Cabe Besar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Panen cabe besar pertama umur 60 - 75 HST dan selanjutnya dipanen dengan interval 2 - 3 hari sekali. Tanaman cabe besar bisa dipanen sebanyak 10 kali lebih asalkamn pemeliharaannya baik dan benar. 

Setelah panen ketiga, Anda dapat melakukan pemupukan untuk menambah unsur hara dalam tanah. Tanaman masih dapat berproduksi hingga umur 6 bulan bahkan 24 bulan. Lakukan terus pemeliharaan meliputi penyiraman, penyiangan dan sanitasi kebun. 

Cabe merah Horison 97 mengandung vitamin A, B, C, E dan mineral baik bagi tubuh kita. Kandungan vitamin C cabe merah 7 kali lebih banyak dari buah jeruk. Vitamn A dan C bermanfaat sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

Cabe merah mempunyai zat Capsaicin dan bermanfaat untuk mempercepat metabolisme. Capsaicin membantu tubuh untuk lebih cepat membakar kalori. Capsaicin mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol. 

Karena mengandung antioksidan, cabe besar bermanfaat mencegah penyakit kanker. Tugasnya yaitu menangkal radikal bebas di udara. Kandungan seratnya meningkatkan fungsi saluran cerna dan meningkatkan sirkulasi darah di perut. 

Demikian artikel kami judul : Varietas Cabai Merah Besar Horison 97 Produk BISI International. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro melayani online semua pembelian benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian berkualitas. 

Toko pertanian LMGA Agro online menerima layanan konsultasi gratis. Kami siap membantu Anda memecahkan permasalahan bercocok tanam cabe besar Horison 97 cap kapal Terbang. Cabe merah produk PT BISI siap dikirim ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang cabe merah dan budidaya cabe merah besar Horison 97. Perawatan mudah dilakukan dan produktivitasnya tinggi sehingga hasil panen bisa maksimal. Salam sukses...  


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.