TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/01/21

Tanam Sayur Kubis Green Gem Sakata Seed Mudah Untuk Usaha Rumahan

tanam sayur, sayur kubis green gem, benih sakata, jual benih kubis, manfaat kubis, budidaya kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Green Gem
Tanam Sayur Kubis Green Gem Sakata Seed Mudah Untuk Usaha Rumahan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro Online jual benih Sakata Seed yaitu kubis Green Gem. Kami melayani konsultasi gratis tanam sayur kubis dan permasalahan pertanian lainnya. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani online pembelian benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian untuk tanam sayur dan buah. Sebagai distributor berpengalaman, Kami juga mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Toko pertanian LMGA Agro jual murah benih berkualitas Sakata Seed, benih kubis Green Gem untuk tanam sayur di rumah atau kebun luas. 

Tanam sayur kubis Green Gem Sakata Seed memiliki crop padat dan tidak mudah rusak. Crop kuat selama penyimpanan dan distribusi. Tanam sayur kubis mudah dan dapat kita tanam dalam pot. Cocok untuk usaha rumahan. 

Tanam sayur kubis Green Gem dari Sakata Seed mudah. Tanam sayur kubis cocok untuk pemula dan tanam dengan lokasi pekarangan rumah. Usaha tanam sayur sebagai usaha rumahan dan dilakukan sebagai usaha sampingan kecil-kecilan.  

Benih kubis Sakata Seed alternatif tanam sayur dengan lokasi dataran rendah. Umur panen tanaman kubis Green Gem genjah dan budidayanya tidak sulit dilakukan. Sayuran kubis Green Gem memiliki crop padat dan mengandung gizi yang lengkap. 

Sayur Kubis Green Gem dari Sakata Seed


Tanam sayur kubis Green Gem benih berkualitas produk Sakata Seed direkomendasikan untuk tanam di dataran rendah. Umur panen cepat yaitu 65 - 70 HST. Tanaman kubis Green Gem memiliki crop yang padat. Tahan penyakit dan tahan selama penyimpanan, sayur kubis Green Gem masih segar. 

Kubis merupakan salah satu sayuran untuk lalapan dan dihidangkan bersama mentimun, daun kemangi dan selada keriting. Manfaat sayur kubis baik sekali untuk tubuh kita apalagi memang rasa dari sayur kubis juga menyegarkan. 

Tanam sayur kubis merupakan salah satu sayuran anggota keluarga Brassica. Anggota sayuran Brassica lainnya adalah brokoli, kembang kol dan kale. Sayuran kubis ada beragam bentuk dan warna yaitu ada kubis merah, ungu, putih dan hijau. 

Tanam sayur kubis memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Sehingga kubis juga layak kita konsumsi setiap hari pada menu makanan kita karena mampu menjaga kesehatan tubuh. 

Kubis memiliki nama lain yaitu kol, kobis atau kobis bulat dan nama ilmiahnya Brassica oleracea. Kubis merupakan sayuran dua tahunan dan ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran. Crop kubis atau kepala kubis umumnya berat 0,5 - 4 kilogram. 

Kubis hijau berkepala keras dan berdaun halus. Sayur kubis bentuknya berlapis-lapis. Daerah dengan sinar matahari yang panjang dapat membuat crop kubis lebih besar. tanam sayur kubis rentan kekurangan unsur hara, serangan hama dan penyakit bakteri juga serangan jamur. 

Pertumbuhan awal tanam sayur kubis yaitu adanya pembentukan daun secara normal. Semakin dewasa, daun mulai melengkung ke atas sampai tumbuh sangat rapat. 


Manfaat Sayuran Kubis Bagi Kesehatan


tanam sayur, sayur kubis green gem, benih sakata seed, manfaat kubis, usaha rumahan, budidaya kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agrobenih
Sayur Kubis Manfaat Tinggi
Tanaman sayur kubis sangat mudah ditemui di pasar, penjual sayuran atau supermarket. Rasa sayur kubis tidak terlalu kuat seperti sayur pare, terong atau lainnya. 

Namun tidak semua orang menyukai makan sayur kubis. Padahal setiap lembar daun kubis mengandung manfaat besar karena kandungan gizinya lengkap. 

Kandungan nutrisi dalam tanaman kubis kaya dan sangat diperlukan tubuh kita. Dalam kubis mengandung serat, kalsium, vitamin B6 dan C. Juga terdapat kandungan mineral seperti magnesium, potassium dan mangan. Kalori dan lemak kubis sangat rendah sehingga tidak akan menyebabkan obesitas. 

Tekstur daun kubis renyah dan ternyata merupakan sumber serat yang penting. Serat kubis tidak larut dan baik untuk pencernaan serta kesehatan organ pencernaan. Sayuran tinggi serat membantu pencernaan dan meredakan konstipasi yang diperlukan tubuh. 

Tanam sayur kubis kaya vitamin C yaitu jenis vitamin larut dalam air dan membantu terbentuknya kolagen. Kolagen sejenis protein bertugas memberi struktur dan fleksibilitas kulit. 

Kubis mengandung polifenol baik untuk tubuh kita. Kandungan polifenol membantu mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi kubis secara teratur dapat mengontrol tingkat kolesterol. 

Kalori dalam sayuran kubis rendah sehingga tepat jika mengkonsumsi kubis untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat kubis membuat perut keyang lebih lama. Dan mengurangi makan berlebihan sehingga berat badan menjadi stabil.  

Mengkonsumsi kubis secara teratur dapat mencegah sakit katarak. Kandungan beta karotennya baik untuk kesehatan mata. Vitamin K dalam kubis bermanfaat untuk kesehatan otak. Vitamin K berfungsi membantu saraf rusak dan melemah. 

Kandungan kalsium, magnesium dan potassium cukup banyak dalam sayuran kubis. Fungsinya untuk melindungi tulang dari kekeroposan. 

Baca Juga : Jual Benih Hibrida Labu Torsten Cepat Panen

Tanam Sayur Kubis Green Gem Sakata Seed


Tanam sayur kubis mempunyai ciri khas yaitu tanaman yang membentuk crop. Pertumbuhan awal dari tanam sayur kubis ditandai pembentukan daun secara normal. Dengan bertambahnya umur tanaman, daun-daun kubis mulai melengkung ke atas dan akhirnya tumbuh sangat rapat.

Biasanya Petani akan menutup crop dengan daun-daun kubis dibawahnya supaya warna crop makin pucat. Makin pucat warna crop kubis, akan semakin menarik dan eksotik. Bila ukuran crop sudah cukup besar, tanam kubis siap panen. 

Secara biologi, tanaman kubis adalah tanaman tahunan namun kebanyakan tanam sayir kubis dalam semusim saja. Tanam sayur kubis memerlukan vernalisasi untuk pembungaan. Bila tidak mendapatkan kondisi dingin, tanaman akan terus tumbuh tanpa berbunga. Setelah berbunga biasanya tanaman akan mati. 

Umumnya tanam sayur kubis pada tanah dataran tinggi yaitu antara 1000 - 3000 m dpl. Namun tanam sayur kubis Green Gem dari Sakata Seed direkomendsikan untuk tanam area dataran rendah. Tentunya ini kabar baik bagi Petani wilayah dataran rendah dan ingin mencoba budidaya kubis. 

Sayur kubis menyukai tanah sarang, porous dan tidak becek. Tanam sayur kubis melalui proses penyemaian terlebih dulu hingga tumbuh 3 - 4 daun sejati. Baru kemudian bibit ditanam di lahan tetap. Benih kubis Green Gem dipelihara kemudian dipindahkan ke lahan. 

Tanam sayur kubis dapat dilakukan dalam pot sebagai usaha rumahan. Kegiatan tanam sayur bagus sekali dilakukan terutama menghadapi masa Pandemi Covid-19 ini yang menuntut harus lebih banyak di rumah. Kegiatan tanam sayur dapat menjadi alternatif usaha sampingan namun bisa menghasilkan secara materi. 

Tanam sayur bisa menyemarakkan pekarangan rumah kita sekaligus untuk memenuhi kebutuhan akan sayur kubis. Menyenangkan dan timbul rasa bangga bila dapat menikmati hasil berkebun tanam sayur di rumah. 

Pembibitan Benih Kubis Green Gem


tanam sayur, kubis green gem, benih sakata seed, manfaat kubis, budidaya kubis, usaha rumahan, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Green Gem
Benih kubis Green Gem merupakan benih berkualitas dari Sakata Seed dan dapat Anda coba tanam dalam pot untuk kegiatan berkebun di rumah. Benih berkualitas merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilam budidaya tanaman sayur. 

Persemaian benih harus kita lakukan dengan tepat hingga menjadi bibit sehat dan siap dipindah tanam ke lahan. Bibit tidak mengalami stres dan melanjutkan pertumbuhan dengan baik hingga saat panen tiba. Proses persemaian benih bertujuan mendapatkan tanaman yang seragam dan kompak. 

Tak kalah penting adalah persiapan pot dan media tanamnya. Pot yang akan kita gunakan harus memiliki lubang-lubang kecil bagian bawahnya. tujuan lubang-lubang tersebut adalah agar air siraman atau air hujan menglair keluar dan tidak menggenang dalam pot. 

Media tanam dalam pot adalah campuran dari tanah, arang sekam dan kompos. Perbandingannya 1 : 1 : 1, lalu ayak halus semuanya dan campurkan secara merata. Tanah masukkan ke dalam pot. Beri pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan bila ukuran pot besar. Bila pot kecil, pupuk diberikan setengah sendok makan per tanaman. 

Pelihara bibit dengan melakukan penyiraman rutin setiap hari. Kondisi media semai harus selalu lembab dan tidak kekeringan. Setelah umur 3 - 4 minggu dan muncul 2 daun, bibit kubis Green Gem dapat kita pindahkan. 

Penanaman bibit nanti sebaiknya kita lakukan sore hari dan setelahnya, tanaman harus disiram untuk mencegah stres tanaman. Tanda stres tanaman yaitu tiba-tiba menjadi layu. Pada awal penaman bibit, sebaiknya jangan terkena air hujan langsung. Pot dapat pindah terkena hujan dan panas langsung setelah diteduhkan selama 5 hari. 

Baca Juga : Bunga Kol F1 Aquina Idola Petani Dataran Tinggi

Persiapan Lahan Tanam Sayur Kubis 


Persiapan lahan dengan mencangkul tanah sampai kedalaman 40 cm. Tanah dibuat berbentuk bedengan dan harus gembur. Tanah kita olah dan cangkul hingga dua kali sampai menjadi bongkahan lebih kecil.

Pupuk dasar saat pengolahan tanah yaitu pupuk kandang atau kompos 10 ton per hektar. Pupuk ditaburkan pada atas tanah lalu aduk-aduk tanah agar tercampur rata. Diamkan selama 1 minggu. 

Dua hari sebelum tanam kubis, tanah kita bumbun kembali untuk menutup pupuk kandang dan menjadikan tanah semakin gembur. 

Pembibitan benih menggunakan polybag atau tray semai. Media semai adalah campuran tanah dan pupuk organik ( 1 : 1 ). Ayak hingga halus dan masukkan ke dalam polybag atau tray semai dan letakkan dibawah sinar matahari selama 3 - 4 hari. 

Perawatan selama pembibitan adalah penyiraman rutin. Bila perlu berikan pupuk Urea dalam bentuk larutan. Yaitu Urea sebanyak 0,5 gram per liter air atau 1 sendok teh untuk satu ember air. Kocorkan pada benih dengan hati-hati. 

Bibit di persemaian rentan penyakit tepung berbulu atau ulat daun pada daun pertamanya. Bila ditemukan hama ulat, buang daun yang sudah terserang. Tujuannya untuk mencegah penularan ke daun sehat lainnya. 

Bibit ditanam di lahan setelah umur 3 - 4 minggu dan menggunakan jarak tanam 50 x 60 cm. Tanam sayur kubis biasanya kita tumpangsarikan dengan tanaman tomat. Pola tanamnya 2 baris kubis dan 1 baris tomat. Tomat ditanam lebih dulu sampai umur 1 bulan menyusul tanam sayur kubis. 

Pemeliharaan Tanam Sayur Kubis


Pemeliharaan untuk umur 0 - 15 hari yaitu penyiraman setiap hari sore hari. Bila ada tanaman mati atau sakit harus segera dilakukan penyulaman. Pilihlah bibit yang segar dan kokoh. Lakukan penanaman dengan cara yang sama. Bila kita temukan ada hama, ambil dan matikan hama langsung atau disebut cara " pithesan ". 

Umur 15 - 35 HST, lakukan penyiangan bila dikebun tampak rumput-rumput liar tumbuh dan mengganggu tanaman kubis. Lakukan juga penggemburan dan penyiraman setiap hari. 

Pemupukan susulan untuk tanam sayur kubis dimulai umur 28 HST. Menggunakan pupuk Urea 200 kg/ha, TSP 250 kg/ha, KCl 200 kg/ha dan ZA 250 kg/ha. Untuk pupuk dasar berikan 1/2 Urea, seluruhnya TSP dan KCl. ZA setengah dosis saja pada pemupukan dasar. 

Pemupukan susulan umur 28 HST yaitu sisa setengahnya dari Urea dan ZA. Pemberian pupuk disamping tanaman dengan cara tugal. Fase pemupukan susulan penting karena mempengaruhi pertumbuhan selanjutnya. 

Lakukan pembumbunan atau penggemburan tanah saat umur 2 - 4 minggu. Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki sirkulasi udara dalam tanah. Bila ditanam bersama dengan tanaman tomat maka perlu pemasangan ajir untuk tanaman tomat. 

Tanaman tomat ditumpang sari dengan tanam sayur kubis, perlu ajir untuk menahan tegaknya batang tomat. Pemasangan ajir sejak awal saat tanaman masih kecil/muda. Tancapkan ajir dekat tanaman dan panjangnya 80 - 100 cm. 

Memasuki umur 35 HST, tanam sayur kubis memasuki fase pembentukan crop. Fase ini, tanaman kubis rentan terkena serangan hama dan penyakit terutama hama ulat crop kubis. Lakukan pengamatan rutin 2 kali seminggu. 



Cara Pemupukan Dasar dan Susulan Tanam Sayur Kubis


tanam sayur, kubis green gem, benih sakata seed, manfaat kubis, budidaya kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro,
Gandasil D 
Pupuk Daun 

Pemupukan budidaya kubis Green Gem dilakukan 3 - 4 kali musim tanam kubis. Dimulai pemupukan dasar hingga pemupukan susulan. Cara pemberian pupuk yaitu sistem kocor atau sistem tabur. Kebutuhan pupuk tanam sayur kubis per hektar yaitu : pupuk kandang 8 - 10 ton, urea 200 kg, ZA 250 kg, TSP 250 kg dan KCl 200 kg. 

Kapur Dolomit diberikan ke tanah bila nilai pH rendah/asam dan pemberiannya sesuai kebutuhan. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang dan separuh dari dosis pupuk kimia. Seluruh pupuk kimia dicampur lalu ditaburkan diatas bedengan. 

Selanjutnya Dolomit ditaburkan lalu tanah dibiarkan 10 hari. Pupuk dasar tanam sayur kubis diberikan 10 - 15 hari sebelum penanaman bibit. 

Pupuk susulan diberikan dalam 3 tahap. Tahap I, umur 20 HST diberikan pupuk Urea 30 kg/ha, ZA 30 kg/ha, TSP 30 kg/ha dan KCl 30 kg/ha. Pupuk dicampur lalu ditaburkan sekeliling batang tanaman lalu tutup dengan tanah. Bisa juga membuat 2 lubang pupuk disamping tanaman dengan cara tugal. 

Pemupukan susulan tahap II, umur 30 HST. Dosis pemberian Urea 35 kg/ha, ZA 35 kg/ha, TSP 35 kg/ha dan KCl 35/kg. Cara pemberian menggunakan sistem tabur dan sama dengan tahap I. 

Pemupukan susulan tahap III  umur kubis 40 HST. Dosis dan cara pemberian sama dengan tahap II. Berikan juga pupuk mikro atau pupuk daun dengan cara disemprotkan. Bila perlu semprotkan juga ZPT untuk merangsang pertumbuhan tanaman kubis. 


Hama dan Penyakit Tanaman Kubis


Hama


1. Ulat Daun 

Ulat daun memakan bagian bawah daun hingga tinggal epidermis bagian atas daun. Ukuran ulat kecil sekitar 5 mm dan berwarna hijau. Pengendaliannya dapat dengan cara ulat diambil langsung lalu dimatikan. Pengendalian kimia dilakukan bila ditemukan ada 5 ulat per 10 tanaman.  


2. Ulat Grayak

Gejala bercak pada daun kubis. Pengendalian yaitu ulat dimatikan langsung lalu dibuang. Pengendalian  sama dengan ulat daun. 


3. Ulat Crop Kubis

Biasanya menyerang pada titik tumbuh tanaman. Ulat berukuran kecil dan berwarna hijau dan lebih besar dari ulat daun. Ulat crop tidak aktif bergerak dan telurnya diletakkan dalam satu kelompok. Pengendalian sama dengan ulat daun. 


4. Ulat Tanah

Ulat berwarna hitam dan kerusakan ditandai terpotongnya tanaman yang masih muda. Untuk mengatasinya, tanah dibongkar dengan hati-hati pada sekitar tanaman terserang. 


Penyakit 


1. Akar Gada atau Akar Bengkak

Gejala tanaman bila siang hari tampak layu seperti kekurangan air. Sedangkan pada malam dan pagi hari, tanaman segar kembali. Tanaman kemudian menjadi kerdil dan tidak mau berbunga atau bahkan mati. Akar menjadi bengkak dan timbul bercak-bercak hitam. 

Pengendalian menggunakan benih berkualitas, persemaian benih ditempat bebas penyakit. Berikan kapur Dolomit bila pH tanah rendah/asam. Cabutlah tanaman yang terinfeksi dan lakukan rotasi tanaman bukan satu famili. 


2. Busul Lunak

Yaitu pembusukan pada batang dan daun. Tampak berair membusuk dan berlendir. Pertumbuhan tanaman terhambat, membusuk lalu mati. Terdapat rumbai-rumbai cendawan berwarna putih dan lama kelamaan berwarna hitam. Serangan parah dikendalikan secara kimia. 


3. Rebah Semai

Gejala serangan ada bercak kebasahan di pangkal batang kemudian akan mengalami kebusukan hingga batang rebah dan mudah putus. Rebah semai menyerang tanaman persemaian hingga di lahan. Pengendalian yaitu menggunakan benih berkualitas dan sehat. Pergiliran tanaman dengan selian kubis-kubisan. 


Budidaya Kubis Green Gem Sakata Seed


Kubis Green Gem merupakan varietas kol kubis yang dapat ditanam dan tumbuh baik di dataran rendah. Waktu tanam sayur kubis sebaiknya awal musim hujan dan awal musim kemarau. Tanaman kubis dapat dibudidayakan sepanjang tahun. 

Saat crop kubis sudah keras, warna daun hijau mengkilap dan daun paling luar sudah layu maka saat itulah sayur kubis siap panen. Kubis juga telah tua dan potong menggunakan pisau tajam dan bersih. Pemotongan pada pangkal batang tanaman kubis. 

Urutan pemanenan dimulai dari sayur kubis Green Gem sehat sampai habis. Kemudian panen kubis yang sakit dan terinfeksi patogen. Usahakan tidak terlambat dalam panen kubis karena semakin lama, crop akan mudah retak dan membusuk. 

Demikian artikel Kami judul : Tanam Sayur Kubis Green Gem Sakata Seed Mudah Untuk Usaha Rumahan. Hubungi nomer kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA AGRO jual benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang tanam sayur kubis. Tanam sayur benih kubis Green Gem dari Sakata Seed mudah kita budidayakan sebagai usaha rumahan. Anda dapat juga tanam sayur kubis dalam pot sebagai kegiatan berkebun. Salam sukses.... 


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.