TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/12/20

Pupuk MKP Pak Tani Mempercepat Pertumbuhan Akar, Buah dan Bunga

pupuk mkp, pupuk pak tani, pemupukan tanaman, jual pupuk, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk MKP Pak Tani

Pupuk MKP Pak Tani Mempercepat Pertumbuhan Akar, Buah dan Bunga. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual pupuk berkualitas pupuk MKP Pak Tani. Harga pupuk MKP terjangkau.

Kami menyediakan juga benih hibrida dan unggul buah dan sayuran bebas penyakit, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian tentang seluk beluk bercocok tanam di lahan pertanian dan kebun rumah. 

Toko pertanian  LMGA Agro mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami telah berpengalaman dan dipercaya sebagai distributor produk pertanian kebutuhan petani dan toko pertanian lainnya.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Barang aman dan sampai tujuan. Pupuk MKP Pak Tani siap sampai di alamat tujuan Anda. 

Pupuk MKP Pak Tani pupuk majemuk mengandung Phospat dan Kalium dan dibutuhkan oleh tanaman. Manfaat pupuk MKP Pak Tani memicu pertumbuhan tanaman sayuran, pangan, bunga, palawija hingga tanaman perkebunan. 

Pupuk MKP Pak Tani termasuk jenis pupuk majemuk andalan Petani. Pupuk MKP Pak Tani bentuk kristal kecil dan larut 100% dalam air. Pupuk  MKP Pak Tani mengandung unsur Fosfor dan Kalium. Kedua unsur tersebut adalah unsur makro dan sangat dibutuhkan semua jenis tanaman. 

Apa fungsi pupuk MP? Pupuk MKP Pak Tani bermanfaat sangat banyak untuk mempercepat atau memicu pertumbuhan tanaman. Apa fungsi pupuk MKP yaitu pupuk MKP Pak Tani bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar dan pembungaan. Manfaat MKP Pak Tani cocok diterapkan pada tanaman sayuran, pangan, buah hingga tanaman perkebunan.


Mengenal Pupuk MKP Pak Tani


Pupuk MKP Pak Tani sudah banyak dikenal petani-petani Indonesia. Manfaat pupuk MKP pak Tani sangat banyak dan cocok diberikan ke banyak tanaman. Manfaat MKP pak Tani mulai tanaman sayuran, pangan, buah, palawija, perkebunan, bunga hingga tanaman di green house. Manfaat pupuk MKP juga untuk tanaman hidroponik. 

Manfaat pupuk MKP Pak Tani adalah merangsang dan memicu pertumbuhan akar dan bunga. Pupuk MKP Pak Tani juga untuk mencegah kerontokan bunga dan buah tanaman. Aplikasi pemberian pupuk MKP Pak Tani adalah dalam bentuk larutan atau disemprotkan. 

Aplikasi fungsi pupuk MKP Pak Tani secara semprot menggunakan dosis sebesar 2 - 4 gram/liter. Sedangkan untuk aplikasi pupuk MKP cair atau kocor dan siram, dosis pupuk MKP Pak Tani adalah sebesar 3 - 5 gram/liter. 

Pupuk MKP Pak Tani direkomendasikan untuk memupuk tanaman kentang, semangka, melon, mentimun, cabai dan tomat. Pupuk MKP untuk cabe rawit terbukti dapat meningkatkan hasil. Juga direkomendasikan untuk tanaman terong, apel, mangga, anggur, stroberi dan jeruk. 

Untuk tanaman bawang merah, kacang panjang, kedelai, padi dan bunga diaplikasikan saat mulai menjelang muncul bunga atau memasuki fase generatif. Pemberian terus berlanjut sampai pengisian buah atau umbi. Berat bersih pupuk adalah 1 kilogram. 

Keunggulan pupuk MKP Pak Tani adalah bentuknya yang kristal dan sangat mudah larut dalam air ( 100% ). Pupuk MKP Pak Tani mudah diplikasikan dengan cara ditabur, dikocor/disiramkan serta disemprotkan. Pupuk MKP Pak Tani juga dapat diaplikasikan untuk tanaman hidroponik. 





Aplikasi Pemupukan Menggunakan Pupuk MKP Pak Tani


pupuk mkp, pupuk pak tani, pupuk majemuk, manfaat pupuk, jual pupuk berkualitas, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk MKP Pak Tani
Untuk Tanaman Sayur

Kegunaan pupuk MKP Pak Tani
cocok untuk beragam jenis tanaman. Pupuk majemuk Mono Kalium Phosphate ini mengandung unsur P ( Phosphate ) 52% dan Kalium ( K ) 34%. Kedua senyawa ini sagat dibutuhkan tanaman.  

Pupuk MKP Pak Tani 10 gram/liter ( 1% ) kemudian dicampurkan pada fungsisida sistemik dapat meningkatkan efisien fungisida. Sangat efektif mengendalikan powder mildew pada tanaman apel, semangka, timun, anggur, strawbery dan mangga. 

Pupuk MKP Pak Tani berbentuk menyerupai kristal, ada juga berbentuk tepung berwarna putih. Penggunannya mudah terutama dengan cara dikocor atau disemprotkan langsung pada daun dan batang tanaman. 

Fungsi pupuk MKP Pak Tani terbukti dapat memenuhi kebutuhan Kalium tanaman yang sensitif terhadap Chlor ( Cl ) seperti tanaman tembakau. Pupuk MKP Pak Tani sebaiknya diberikan saat tanaman memasuki fase generatif. Karena peran unsur P dan K dalam pembentukan buah dan umbi tanaman.  

Sifat pupuk MKP Pak Tani mudah larut dalam air akibatnya pupuk memiliki efektivitas cukup tinggi. Pupuk MKP Pak Tani mudah diaplikasikan juga mudah diserap tanaman. Selain pupuk untuk sayuran dan buah, pupuk MKP Pak Tani juga baik untuk tanaman hias, pangan dan tanaman perkebunan. 

Kegunaan Pupuk MKP Pak Tani untuk memenuhi nutrisi tanaman hingga panen. Sehingga tanaman dapat tumbuh sehat, segar, kuat dan kokoh. Akar juga berkembang dengan cepat dan baik. Pupuk MKP Pak Tani dapat merangsang munculnya bunga lebih cepat. 

Munculnya bunga lebih cepat tentunya tanaman cepat berbuah dan bisa lebih cepat panen. Bunga dan buah juga kuat dan tidak mudah rontok. 


Baca Juga : ZPT Penyedia Hormon Pertumbuhan Budidaya Tanaman 


Tujuan Pemupukan  


Pemupukan penting bagi pertumbuhan tanaman. Pemupukan untuk menyediakan sejumlah unsur hara bagi tanaman  dan agar selalu tersedia di tanah. Dengan pemupukan, Kita mengembalikan unsur hara baik makro atau mikro guna memperbaiki struktur tanah. 

Pemupukan dapat meningkatkan kapasitas kation sekaligus dapat menambah kemampuan tanah menahan air. Pemberian pupuk dapat meningkatkan kegiatan biologis tanah dan menurunkan kemungkinan pH tanah asam. 

Dalam tumbuh kembangnya, tanaman membutuhkan unsur-unsur hara untuk memnuhi semua kegitan hidupnya. Unsur-unsur hara tersebut lalu dihisap oleh tanaman dan memiliki manfaat tertentu. Pertumbuhan tanaman ditentukan dari kualitas tanahnya. Bila kualitas tanah baik maka pertumbuhan tanah juga baik. 

Kandungan unsur-unsur hara dalam tanah sangat mempengaruhi kondisi tanah. Bila tanah mengandung unsur hara rendah maka harus diberi pupuk agar tingkat keharaan tanah meningkat. Tanah pun subur dan memiliki unsur hara cukup bagi tanaman diatasnya.

Terdapat paling sedikit 16 unsur agar tanaman dapat tumbuh normal. Dari 16 unsur tersebut 3 unsur ( Karbon, Hidrogen dan Oksigen ) diperoleh bebas dari udara. Sedangkan 13 unsur tersedia dalam tanah. Inilah 13 unsur tersebut : 


1. Nitrogen

Unsur Nitrogen berperan untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan khususnya batang, cabang dan daun. Nitrogen berperan dalam pembentukan hijau daun untuk proses fotosintesis. Fungsi lainnya adalah sebagai pembentuk protein, lemak dan senyawa organik lainnya. 


2. Fosfor

Fosfor atau Phosfor ( P ) berguna untuk merangsang pertumbuhan akar, khususnya akar binit dan tanaman muda. Fosfor sebagai bahan mentah membentuk sejumlah protein tertentu. Fosfor juga membantu asimilasi dan proses pernapasan. Untuk mempercepat pembungaan, pemasalan biji dan buah. 


3. Kalium


Kalium berfungsi untuk membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Kalium juga dapat memperkuat tubuh tanaman agar daun dan bunga tidak mudah gugur. Kalium memberikan kekuatan bagi tanaman dalam menghadapi kekeringan dan penyakit. 


4. Kalsium

Kalsium ( Ca ) dapat merangsang pembentukan bulu-bulu akar dan mengeraskan batang tanaman. Kalsium dapat merangsang pembentukan biji. Kalsium tersimpan dalam batang dan daun bermanfaat menetralisasi senyawa atau kondisi yang tidak menguntungkan pada tanah. 


5. Magnesium

Magnesium ( Mg ) membuat lebih sempurna terbentuknya hijau daun dan pembentukan zat Karbohidrat, lemak dan zat lainnya. Magnesium berperan penting dalam transportasi unsur Fosfat dalam tanaman. Kandungan fosfat dalam tanaman dapat dinaikkan dengan menambah unsur magnesium. 


6. Belerang

Belerang berperan dalam pembentukan bintil-bintil akar. Belerang atau sulfur ( S ) merupakan unsur penting dalam beberapa jenis protein yaitu asam amino. Sulfur membantu pertumbuhan anakan. Sulfur nagian penting dati tanaman penghasil minyak seperti cabai dan kubis. 


7. Klor ( Cl )

Berperan dalam memperbaiki dan meningkatkan hasil kering tanaman tembakau, kapas, kentang dan tanaman sayuran lainnya. Klor banyak ditemui dalam air sel semua bagian tanaman. 


8. Besi ( Fe ) 

Fe berperan dalam pernapasan tanaman dan pembentukan hijau dauan. Meski dibutuhkan sedikit namun keberadaannya tidak bisa diabaikan. Bila tidak ada unsur Fe dan tanah banyak mengandung kapur maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya. 


9. Mangan ( Mn ) 

Berperan untuk memperlancar proses asimilasi. Mangan juga merupakan komponen penting dalam berbagai enzim. 


10. Tembaga 


Unsur Tembaga atau Curri ( Cu ) baru sedikit diketahui peranannya. Tembaga membantu terbentuknya hijau daun dan menjadi bahan utama dalam enzim. 


11. Boron ( B ) 

Fungsinya mengangkut karbohidrat ke dalam tubuh tanaman dan menyerap unsur Kalsium. Boron berperan dalam perkembangan bagian-bagian tanaman untuk tumbuh aktif. Bagi tanaman penghasil biji, Boron berpengaruh dalam pembagian sel. Peran nyatanya yaitu menaikkan mutu dari tanaman sayuran dan buah.  


12. Molibdenum

Perannya juga masih sedikit diketahui namun sangat berguna bagi tanaman jeruk dan sayuran. Molibdenum membantu mengikat nitrogen dari udara bebas dan penting dalam pembuatan pupuk hijau/organik. Mo merupakan bagian penyusun enzim pada bakteri nodula akar tanaman pupuk hijau. 


13. Seng ( Zn )

Zn berfungsi dalam pembentukan hormon tumbuh sehingga mendukung pertumbuhan tanaman. 





Aplikasi Pupuk MKP Pak Tani


pupuk mkp, pupuk pak tani, pupuk majemuk, manfaat pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Semprot Pupuk 

Cara pemberian pupuk MKP Pak Tani yaitu dengan cara disemprotkan ke tanaman atau dikocorkan ke tanah. Pemberian cara ini disebut juga dengan pupuk cair karena pupuk dilarutkan dalam air dulu. 

Aplikasi dengan cara ini tergantung dari kemampuan daun menyerap unsur hara dari udara bebas untuk proses fotosintesis. Kemampuan daun ini jauh lebih besar dari akar tanaman. 

Kekurangannya adanya kesulitan menentukan dosis yang tepat dan sesuai kebutuhan tanaman. Pemberian pupuk terlalu banyak menyebabkan overdosis pada tanaman dan peredaran hama semakin tinggi. 

Namun bila takaran dosis terlalu sedikit maka peredaran hama semakin rendah dan tanaman menjadi kekurangan unsur hara.  Cara aplikasi sistem kocor atau disemprotkan yaitu pupuk MKP Pak Tani dilarutkan dalam air. Biasanya konsentrasinya sangat rendah kemudian disemprotkan langsung pada daun. 

Alat semprot pupuk dapat Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Dan sebelum melakukan penyemprotan, terdapat beberapa hal harus diperhatikan :




Hal-Hal Dalam Sistem Kocor atau Disemprot


- Konsentrasi pupuk harus dipilih yang sangat rendah atau mengikuti petunjuk dalam kemasan pupuk. Bila konsentrasi lebih rendah dari anjuran, Anda dapat mengimbanginya dengan memperbanyak frekuensi pemupukan. Misal dari interval 7 hari sekali menjadi 5 hari sekali. 

- Aplikasi pupuk MKP Pak Tani disemprotkan ke bagian daun yang menghadap ke bawah. Hal ini karena letak stomata ( mulut daun ) menghadap bawah atau bagian punggung daun. 

- Penyemprotan pupuk sebaiknya saat matahari tidak sedang terik-teriknya. Yaitu idealnya pada pagi atau sore hari. 

- Penyemprotan pupuk MKP Pak Tani tidak saat hujan turun atau sedang mendung. Dikhawatirkan pupuk akan hilang tercuci oleh air hujan sebelum diserap tanaman. 

- Pupuk MKP Pak Tani dilarutkan dalam air bisa bersamaan dengan pemberian pestisida atau ZPT bila diperlukan. 

- Tidak dibolehkan mencampur dengan pestisida yang mengandung perekat. Karena pupuk akan melekat pada permukaan daun dan tidak bisa diserap tanaman. Adanya perekat membuat pupuk menyerap pada air daun dan daun menjadi rusak seperti terbakar. 

- Penyemprotan pupuk MKP Pak Tani dihentikan saat tunas mulai muncul. Karena tunas muda sangat peka terhadap pupuk apalagi bila dosisnya tinggi. Begitu juga saat bunga mulai mekar, pupuk tidak disemprotkan karena bunga bisa berguguran.  

- Penyemprotan pupuk MKP Pak Tani juga tidak dilakukan setelah penyulaman atau bibit baru dipindahkan. Karena tanaman masih muda dan lemas, berbahaya bila harus disemprotkan pupuk. 





Cara Aplikasi Kocor/Siram Pupuk MKP Pak Tani

pupuk mkp, pupuk pak tani, pupuk majemuk, manfaat pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Melon Hibrida dan Pemupukan

Untuk semua tanaman, aplikasi kocor atau siram menggunakan pupuk MKP Pak Tani sebanyak 5 gram- 40 gram dalam 1 liter air. 

Aplikasi untuk penyemprotan, pupuk MKP Pak Tani sebanyak 3 sendok maka. Tambahkan 5 sendok makan PN ( KNO3 Pak Tani ) lalu larutkan dalam 10 liter air untuk 50 tanaman. 

Pupuk MKP Pak Tani untuk bawang merah konsentrasi 2 - 4 gram per liter air. Larutkan Pupuk MKP Pak Tani takaran 2 - 4 sendok makan per tanki semprot. Atau 0,5 - 1 kg dilarutkan 200 liter air. 

Pemberian pupuk saat mulai umur 35 HST. Pemupukan sebayak 3 kali dengan interval 1 minggu sekali. Dosis konsentrasi ini bisa diterapkan pada tanaman kentang, semangka, melon dan timun. 

Untuk tanaman umbi ( kentang ) pupuk disemprotkan saat mulai pembesaran umbi. Dan untuk tanaman lainnya diberikan saat mulai pembentukan bunga yaitu umur 21 HST.  

Tanaman cabai, tomat dan terong, pupuk MKP Pak Tani diberikan mulai pembentukan bunga atau sekitar umur 42 HST sampai panen terakhir. Karena cabai dan tomat, panen bisa dilakukan berulang kali. Pemberian juga bisa 7 - 9 kali dengan interval 1 minggu sekali.  

Pupuk MKP Pak Tani untuk tanaman buah Apel, Mangga, Anggur dan Strawberry dosis konsentrasi sama. Diberikan saat menjelang pembungaan sampai waktu pengisisan buah. Pemupukan dilakukan 3 kali dengan interval 1 minggu sekali. 


Pemupukan Tepat Hasil Panen Melimpah


Pemupukan adalah proses memberikan tambahan unsur hara pada tanah dan untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Pemupukan bertujuan memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah dan memberi nutrisi tanaman. Juga meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. 

Pemupukan salah satu kunci keberhasilan budidaya tanaman. Pemupukan baik dan tepat akan menghasilkan panen melimpah. Maka aplikasi dalam memberikan pupuk harus benar agar pupuk berfungsi optimal. Sangat disayangkan bila penggunaan pupuk tidak efektif dan efisien. 

Pemberian pupuk sebaiknya pada pagi hari sekitar pukul 07.00 - 10.00 atau sore hari pukul 15.00 - 17.00. Pemupukan malam hari tidak efektik karena stomata daun sudah tertutup dan pupuk yang disemprotkan tidak bisa diserap. Banyak cairan pupuk akan terbuang. 

Jangan memberikan pupuk saat matahari sedang sangat terik. Pupuk yang disemprotkan akan cepat menempel pada daun namun juga cepat mebguap atau habis. Juga bisa mengakibatkan daun seperti terbakar, pinggiran daun layu dan tanaman mati. 

Jangan berikan pupuk saat akan turun hujan karena pupuk akan tercuci air hujan sebelum daun menyerapnya. Sehingga pemupukan menjadi sia-sia. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Pupuk MKP Pak Tani Mempercepat Pertumbuhan Akar, Buah dan Bunga. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp dan konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS dan WA ). 

Toko pertanian online LMGA Agro jual benih buah dan sayur hibrida dan unggul berkualitas. Tersedia pula pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Kami juga mengajak kerjasama dalam online shop sebagai dropship dan reseller Toko pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang pupuk MKP Pak Tani. Penggunaan pupuk harus sesuai dosis anjuran pada kemasan. Pemupukan pupuk MKP Pak Tani dilakukan baik dan tepat akan menghasilkan panen melimpah. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.