TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/12/20

Pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani Untuk Tanaman Buah dan Sayuran

pupuk cpn, kno3 merah, pupuk cap pak tani, pupuk majemuk buah dan sayur, manfaat pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk CPN KNO3 Merah

Pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani Untuk Tanaman Buah dan Sayuran. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan pemupukan budidaya tanaman buah dan sayuran Anda. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hinrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Produk tersedia lengkap dan berkualitas terbaik. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman lama sebagai supplier produk pertanian. Kami mengajak Anda dalam kerjasama online sebagai dropship dan reseller. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Toko Pertanian online LMGA Agro menyediakan pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani untuk perawatan tanaman buah dan sayuran Anda. Pupuk CPN sumber unsur Kalium dan Nitrogen. Pupuk CPN adalah puk KNO3 Merah mirip pupuk KNO3 Putih namun ada perbedaannya. 

Pupuk CPN KNO3 Merah cap Pak Tani sangat bagus untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman buah dan sayur. Mengandung unsur Nitrogen dan Kalium yang penting bagi tanaman. Bentuknya kristal mudah diaplikasikan. 

Aplikasi pupuk adalah dikocorkan ke tanaman atau disemprotkan pada daunnya. Kandungan unsur hara lengkap antara lain ada Nitrogen, Kalium, Natrium dan Boron. Pupuk CPN berbentuk kristal warna merah menjadikannya mudah untuk larut dengan air. Sehingga cocok untuk diberikan berbentuk cair. 

Pupuk CPN dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman buah dan sayur. Direkomendasikan pula untuk tanaman palawija seperti kedelai, padi, jagung dan kacang-kacangan. Juga baik untuk tanaman perkebunan yaitu cengkeh dan coklat. 


Pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani


Pupuk CPN jenis KNO3 Merah merupakan pupuk sumber unsur Nitrogen dan Kalium sama seperti KNO3 Putih. Perbedaan kasat mata paling mencolok adalah warna keduanya. 

Pupuk CPN KNO3 Merah butirannya berwarna merah dan kandungan Kalium lebih rendah dibandingkan KNO3 Putih. Pupuk CPN KNO3 Merah selain ada unsur Nitrogen dan Kalium juga ada unsur Natrium dan Boron. 

Pupuk CPN KNO3 Merah berbentuk kristal warna merah. Karenanya pupuk mudah dilarutkan ke air dan bereaksi netral ( tidak asam ). Seperti pupuk sumber Kalium lainnya, pupuk CPN KNO3 Merah untuk memenuhi unsur Kalium tanaman. Terutama pada tanaman yang sensitif terhadap Chlorida ( Cl ) seperti tembakau.

Pupuk CPN KNO3 Merah tidak menyebabkan keasaman pada tanah sehingga dapat diaplikasikan pada tanah asam. Bentuknya kristal sehingga cocok diaplikasikan dengan cara dikocor atau di semprot.  

Persentase kandungan unsur hara pupuk CPN KNO3 Merah adalah : Natrium ( Na ) 18%, Nitrogen ( N ) 15%, Kalium ( K ) 14% dan Boron ( Bo ) 0,05%. Manfaat pemberian pupuk CPN KNO3 Merah bagi tanaman adalah mempercepat proses pembungaan dan buah. 

Pupuk CPN dapat meningkatkan produksi dan kualitas buah, biji dan umbi. Pemberian pupuk dapat menambah bobot buah sekaligus rasa dan aromanya. banyak tanaman cocok dipupuk oleh pupuk CPN ini. 

Yaitu untuk tanaman bawang merah dan putih, kentang, wortel, cabai, tomat, semangka, melon, timun, kubis, sawi, kol bunga, kacang-kacangan. Juga untuk padi, jagung, apel, jeruk, mangga, cegkeh, coklat dan tembakau.  

Cara aplikasi sesuai saran pada kemasan produk adalah : 

- Dikocor menggunakan konsentrasi 2 - 5 gram per liter air. 

- Sistem tugal dosisnya 5 - 10 gram per tanaman. 

- Khusus tanaman padi ditaburkan dosis 25 kg/ha. 


Peran Unsur Hara Pupuk CPN KNO3 Merah


pupuk cpn, pupuk cap pak tani, pupuk majemuk berkualitas, manfaat pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peran Pupuk Untuk 
Membesarkan Buah

1. Natrium 

Pupuk CPN mengandung unsur Natrium dan berperan untuk pembukaan stomata. Unsur Natrium dapat menggantikan peranan unsur Kalium. Berperan pula bagi pembentukan umbi dan mencegah pembusukan pada umbi. 


2. Boron

Sangat kecil dibutuhkan oleh tanaman dan pada pupuk CPN KNO3 Merah juga kurang dari 1%. Meski dibutuhkan sedikit namun berperan sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Peranannya untuk transportasi karbohidrat, pembentukan sel, mencegah bakteri parasit dan meningkatkan kualitas tanaman. 


3. Kalium

Berperan mengatur pembukaan dan penutupan mulut daun ( stomata ). Kalium penting untuk menekan proses penguapan sehingga tanaman tahan bila kondisi kekeringan. Kalium bermanfaat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit. 

Kekurangan Kalium menyebabkan nekrosis dan klorosis. Selain itu dapat menyebabkan tanaman rentan serangan jamur patogen dan layu. Kalium sangat mobile, dapat larut dalam tanah berbatu maupun berpasir. 


4. Nitrogen

Merupakan unsur penting penyusun semua protein. Kekurangan Nitrogen paling banyak mengakibatkan pertumbuhan menjadi terhambat dan klorosis. 

Pupuk CPN KNO3 Merah adalah pupuk kombinasi dari unsur Nitrogen dan Kalium dalam bentuk K2O yaitu kalium oxide. Kalium dan Nitrogen sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Pupuk CPN efektif karen menggunakan pupuk ini, unsur N dan K bisa diberikan cukup 1 kali aplikasi. Kandungan K2O besarnya 45 - 46% dan N 13%. 

Pupuk CPN KNO3 Merah cocok diberikan pada tanam asam sebagai sumber Nitrogen. Reaksinya netral dalam tanah dan tidak bersifat asam maupun basa. Bila dibandingkan Urea yang sama-sama sumber N. Urea bersifat asam dan mengasamkan tanah. 





Penyemprotan Pupuk CPN KNO3 Merah


Pupuk CPN bentuk KNO3 Merah Cap Pak Tani memiliki banyak fungsi penting bagi tanaman. Antara lain sebagai berikut : 

- Unsur Kalium dalam pupuk dapat mencegah kerontokan bunga dan buah. 

- Tanaman menjadi memiliki ketahanan terhadap kondisi kekeringan.

- Ketahanan tanaman terhadap penyakit jamur patogen meningkat. Seperti penyakit layu fusarium. 

- Mencegah tangkai hingga ujung buah cabai muda menjadi kuning. Tanaman tidak mudah rontok. 

- Memacu pertumbuhan dan perkembangan akar. 

- Meningkatkan rasa asli dari buah ( asam, pedas, manis dan lain-lain ).


Pupuk CPN ini diberikan dengan cara disemprotkan pada tanaman khususnya pada daun sehingga mirip fungsi pada pupuk daun. Pupuk CPN diberikan lewat daun. Keuntungan terbesar dari pupuk daun adalah penyerapan hara berlangsung cepat. 

Namun pupuk CPN juga bisa diberikan dengan cara disiramkan atau dikocor. Biasanya pengocoran diberikan sebanyak 200 cc sebesar gelas aqua langsung pada pangkal batang. Pemberian dalam bentuk cair menguntungkan karena mempercepat tumbuhnya tunas dan tidak merusak lingkungan tanah. 

Aplikasi penyemprotan pupuk harus tepat jenis, tepat waktu dan tepat cara agar manfaatnya bisa dirasakan tanaman. Pemupukan lewat daun juga dapat gagal bila cara aplikasinya tidak tepat. Terpenting adalah konsentrasi larutan pupuknya dan banyaknya pupuk yang perlu dilarutkan dalam air harus tepat. 

Penyemprotan pupuk pada daun memberikan keuntungan yaitu unsur hara dalam pupuk lebih cepat terserap daun. Selain itu memacu munculnya tunas daun atau bunga. Hal ini karena penyerapan unsur hara oleh daun terjadi adanya difusi melalui stomata. 

Difusi adalah penyebaran moekul-molekul suatu zat dari konsentrasi tinggi ( pupuk ) ke konsentrasi rendah ( daun ). Bagian dari daun yang berperan penting adalah epidermis, sel penjaga stomata, stomata, mesoil dan seludang pembuluh. 


Baca Juga : Budidaya Pepaya Hasil Tinggi Bebas Hama Penyakit


Manfaat Pupuk Meningkatkan Produksi Tanaman


pupuk cpn, pupuk pak tani, pupuk majemuk berkualitas, manfaat pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
manfaat Pupuk Menambah Manis Buah

Manfaat pemupukan
adalah untuk menambah unsur hara atau nutrisi bagi tanaman. Manfaat pupuk sebagai pengganti unsur hara yang telah hilang dari dalam tanah. Pupuk CPN mengandung unsur Kalium untuk meningkatkan pertumbuhan akar, bunga dan buah. 

Pemberian pupuk bentuk cair terbukti mampu meningkatkan produksi buah dan memperlama masa berbuah tanaman. Pupuk CPN KNO3 Merah mudah larut air dan cocok diberikan berbentuk cair atau larutan. 

Pupuk CPN berbentuk kristal sehingga cocok dibiat pupuk cair. Keuntungan pupuk bentuk cair adalah pupuk mudah larut pada tanah saat dikocorkan. Pupuk CPN mengandung banyak insur hara penting baik bagi tanaman dan kesuburan tanah. 

Pupuk dalam bentuk cair lebih mudah terserap tanaman karena unsur hara didalamnya sudah terurai. Unsur hara dalam pupuk CPN ada 4 unsur penting yaitu N, K, Na dan Bo. Bila sudah terurai, unsur-unsur hara tersebut cepat terserap tanaman. 

Karena cepat terserap tanaman, baik bagaian akar dan daun, pupuk CPN dianggap dengan cepat mampu mengatasi defisiensi hara. Pupuk CPN cap Pak Tani mampu menyediakan hara dengan cepat. Karena berbentuk cair, mampu memberikan hara sesuai kebutuhan tanaman pada tanah. 

Bila terjadi kelebihan kapasitas pupuk, tanaman dapat mengatur dengan mudahnya penyerapan komposisi pupuk yang dibutuhkan. Pemupukan secara sistem kocor atau siram lebih merata diberikan ke tanaman. Dipastikan tidak terjadi penumpukan konsentrasi pupuk di satu tempat. 

Pupuk bentuk cair tidak merusak lingkungan walaupun aplikasi berulang kali. Pemberian dapat secara kocor di sekitar tanaman atau dekat akar. Atau disemprotkan pada daun yaitu permukaan bawah dimana ada mulut stomata disitu. 

Pemupukan bentuk cair praktis dan lebih mudah aplikasinya. Selain itu, menghemat tenaga karena selain memupuk sekaligus penyiraman dan mengobati tanaman. Pupuk CPN bisa dicampurkan pestisida bila diperlukan. 


Baca Juga : Benih Timun Warrior F1 Tahan Virus Capai Hasil Tinggi


Tiga Macam Pemberian Pupuk Ke Tanaman


1. Pupuk Kocor

Yaitu pupuk yang diberikan dengan cara dikocor seperti pemberian pupuk CPN KNO3 Merah. Pemupukan cara kocor banyak digunakan saat musim kemarau. Sistem pemupukan kocor terdapat 2 proses yaitu penyiraman tanaman sekaligus pemupukan. 

Di musim kemarau, cara kocor lebih cepat diserap tanaman dan aplikasinya tidak sulit. Sebelum dilakukan pengocoran ke tanaman, pupuk dilarutkan dengan air. Kemudian diaduk hingga rata. Biasanya menggunakan wadah ember atau drum besar. Kemudian disiramkan ke tanaman menggunakan gelas aqua ( 200 cc) sesuai anjuran pada kemasan. 


2. Pupuk Spray

Cara spray atau disemprotkan biasanya dilakukan pada daun. Partikel cairan yang disemprotkan sangat kecil dan mudah diserap stomata daun. Penyerapan oleh stomata membuat nutrisi pada pupuk cepat diambil lalu diproses untuk kegiatan fotosintesis. 

Cara spray dapat diterapkan di musim hujan maupun musim kemarau. Namun tidak disarankan pada saat hujan turun atau mendung gelap karena pupuk akan tercuci oleh air hujan. Pupuk CPN KNO3 Merah dapat diberikan dalam bentuk semprot dan kocor. Jadi dapat diaplikasikan saat musim kemarau dan hujan. 


3. Pupuk Tabur

Pupuk diberikan dengan cara ditabur biasa dilakukan Petani saat awal tanam dan setelah pengolahan tanah. Setelah tanah digemburkan, pupuk ditaburkan sehingga tanah menjadi lebih subur. Cara ini menjadikan pupuk relatif lebih lama tersedia sehingga harus diberikan sebelum tanaman membutuhkannya. 

Setelah pupuk ditabur lalu dilakukan penyiraman untuk mempercepat penguraian pupuk. Sehingga ada dua kali kerja dan tidak efektif, yaitu pemupukan lalu penyiraman. Cara pemberian dan dosis pupuk disesuai luas bedengan dan jenis tanaman.  




Dampak Pemupukan Bagi Tanaman


Pemupukan harus dilakukan dengan dosis benar dan tepat. Dosis pupuk CPN KNO3 Merah terlalu tinggi menyebabkan tanaman layu bahkan hingga mati. Bila dosis pupuk terlalu rendah, tanaman kurang subur dan kurang segar. 

Pemupukan cara kocor dan dosis yang tepat membuat tanaman cepat subur dan berbuah maksimal. Biasanya petani melakukan dua kali pemupukan yaitu pupuk dasar dan susulan. Pupuk dasar diberikan sebelum tanam dan setelah pengolahan tanah. 

Pupuk dasar diberikan dengan cara tabur di permukaan bedengan atau pada guludan. Pupuk susulan diberikan dengan sistem kocor agar pertumbuhan bergerak cepat. Pupuk dasar pada tanaman cabai, diberikan di tengan bedengan. Jadi tanaman muda masih belum bisa menjangkau pupuk karena akar masih kecil. 

Pupuk dasar diletakkan di tengah-tengah bedeng agar pupuk tersedia saat fase generatif tanaman. Yaitu diserap untuk pembentukan bunga, buah dan pembesaran buah sehingga hasil dapat maksimal.  

Pupuk susulan sistem kocor diberikan setelah tanam. Pupuk kocor membuat tanaman lebih cepat mendapatkan unsur hara karena pupuk sudah larut dalam air. Pupuk kocor membuat tanaman cepat subur. 

Sistem kocor sangat bagus diterapkan untuk tanaman yang masih kecil atau muda. Sedangkan tanaman dewasa, pupuk kocor kurang efeketif karena dosis pupuk kocor biasanya hanya sedikit. Selain itu akar tanaman sudah jauh berkembang sehingga cocok pemupukan tabur. 

Untuk tanaman dewasa sebaiknya menggunakan sistem tugal ( gejik ) atau dibuat lubang pupuk disamping tanaman. Kita bisa berikan pupuk dalam jumlah cukup dalam lubang pupuk. 


Dosis Pupuk Sesuai Umur Tanaman


Pupuk CPN KNO3 Merah diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tanaman pada fase vegetatif membutuhkan lebih banyak unsur hara Nitrogen. Unsur Nitrogen dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan akar, batang dan daun.  

Kekurangan Nitrogen menyebabkan daun berwarna kuning, pertumbuhan sangat lambat, tanaman kurang subur dan produksi menurun. Kelebihan Nitrogen menyebabkan tanaman hanya rimbun oleh daunnya. Daun berwarna hijau muda, tanaman mudah kena hama penyakit dan tanaman mudah rebah karena banyak mengandung air. 

Memasuki fase generatif, tanaman lebih banyak membutuhkan unsur Fosfat, Kalium, kalsium dan lain-lain. Fase generatif, tanaman membutuhkan hara untuk pembentukan bunga, buah dan membesarkan buah. 

Penyemprotan dan penyiraman pupuk CPN sebaiknya dilakukan pagi hari namun sebelum matahari bersinar terik. Bila di musim hujan, usahakan pemberian pupuk tidak sedang mendung karena dikhawatirkan akan turun hujan dan mencuci pupuk. Sia-sia jadinya pupuk yang sudah disemprotkan. 

Demikian artikel kami dengan judul : Pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani Untuk Tanaman Buah dan Sayuran. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam lengkap dan berkualitas. 

Kami siap kirim pesana Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan PT POS Indonesia. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat pupuk CPN KNO3 Merah Cap Pak Tani. Pemupukan harus benar dan tepat dalam hal dosis, waktu dan cara pemberian agar dapat efektif. Hasil panen pun bisa maksimal sehingga dapat menguntungkan. Salam sukses....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.