Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/12/2019

Read

ZPT Penyedia Hormon Pertumbuhan Budidaya Tanaman


ZPT, Hormon, Hormon Tanaman, Pertanian, Giberelin, LMGA Agro
ZPT Super Gib
ZPT Penyedia Hormon Pertumbuhan Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Pertumbuhan budidaya tanaman milik pelaku usaha seperti petani dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perawatan yang teratur dan optimal. Selain melakukan perawatan secara optimal, faktor eksternal juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang dari tanaman yang dibudidayakan. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman antara lain penggunaan pupuk, aliran irigasi, dan penggunaan zat pengatur tumbuh atau ZPT.

Pupuk yang digunakan untuk membantu perkembangan tanaman bisa dibedakan menjadi pupuk organik dan pupuk kimia. Selain penggunaan pupuk untuk pertumbuhan tanaman, aliran irigasi juga harus diperhatikan agar tanaman tidak mengalami kekeringan. Penggunaan ZPT juga sangat penting karena memberikan hormon – hormon penting seperti giberelin dan sitokinin.

ZPT Bermanfaat Bagi Pertumbuhan Tanaman


ZPT adalah kepanjangan dari zat pengatur tumbuh yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh hormon yang sebenarnya sudah diproduksi secara mandiri oleh tanaman. Namun hormon yang telah diproduksi secara alami oleh tanaman cenderung tidak maksimal untuk pertumbuhan tanaman.

ZPT atau zat pengatur tumbuh memilki kandungan hormon tanaman yang digunakan untuk membantu tanaman supaya tumbuh dengan lebih baik. Hormon tanaman atau tumbuhan adalah sekumpulan senyawa organik bukan hara, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia. Hormon tanaman bila digunakan akan mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan.

Kandungan hormon tanaman didalam ZPT mempunyai banyak sekali keuntungan apabila digunakan untuk pengelolaan budidaya tanaman. Keuntungan dari penggunaan ZPT antara lain membuat kualitas tanaman budidaya menjadi lebih baik dan bertumbuh kembang optimal. Selain itu zat pengatur tumbuh bisa dikembangkan secara alami dengan cara mengekstrak bagian tanaman tertentu.

ZPT alami sendiri dinilai lebih ramah lingkungan karena proses pembuatannya yang berasal dari bagian tanaman organik. Selain itu proses pembuatannya seperti fermentasi juga dibantu oleh mikroorganisme lokal. Namun dalam proses prakteknya ZPT alami mempunyai daya kerja yang lambat sehingga kalah dengan penggunaan ZPT sintetik.

ZPT alami maupun sintetik atau buatan manusia mempunyai fungsi yang sama yaitu membantu pertumbuhan tanaman agar lebih baik dan berkualitas. Dengan pemberian dosis yang tepat dan sesuai pada tanaman, maka pertumbuhan tanaman akan lebih berkualitas. Zat pengatur tumbuh sendiri memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda, seperti auksin yang berfungsi membantu pematangan buah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual ZPT kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Juga menyediakan sarana pertanian lainnya seperti varietas benih unggulan dan pupuk pertanian. Toko Pertanian LMGA Agro siap mengirim barang pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia.


ZPT Untuk Kualitas Hasil Pertanian Meningkat

ZPT, Budidaya Tanaman, Pertanian, Budidaya, LMGA Agro
ZPT Kualitas Hasil Panen Meningkat

Hormon tanaman yang memiliki fungsi untuk pertumbuhan tanaman atau sering disebut dengan ZPT saat ini sangat diperlukan oleh petani dalam usahanya. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang muncul karena perkembangan zaman dan keinginan konsumen pasar. Salah satu faktor tersebut adalah kualitas dan rasa dari produk budidaya tanaman harus sesuai dengan selera konsumen.

Dengan tuntutan dari selera konsumen tersebut membuat petani dan pelaku usaha budidaya tanaman berlomba lomba dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Mulai dari melakukan persilangan tanaman hingga menghasilkan produk baru hingga pemakaian ZPT untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Banyak dari petani memilih opsi untuk menggunakan ZPT untuk menghasilkan produk budidaya tanaman dengan kualitas yang lebih baik.

ZPT terdiri dari berbagai hormon yang memiliki fungsi beragam seperti hormon auksin, giberelin, etilena, dan sitokinin. Penggunaan zat pengatur tumbuh oleh petani untuk keperluan budidaya tanaman dimaksudkan untuk meningkatkan hasil panen budidaya tanaman. Cara pemberian zat pengatur tumbuh ini bisa dilakukan dengan cara merendam benih ataupun menyemprot secukupnya ke budidaya tanaman.

Merendam benih dengan cairan ZPT dimaksudkan untuk mempercepat proses perkecambahan dari benih tanaman. Sedangkan penyemprotan pada tanaman bertujuan untuk merangsang petumbuhan bagian tanaman yang lain seperti terbentuknya bunga maupun buah. Kedua cara tersebut efektif dilakukan petani karena dapat mempercepat proses tumbuh dari benih tanaman dan meningkatkan kualitas hasil panen.

Kualitas hasil panen dengan menggunakan ZPT sebagai unsur tambahan pada saat budidaya terbukti meningkat dan menguntungkan para pelaku usaha budidaya. Hal ini terlihat dari beberapa hasil panen seperti buah yang lebih besar dari ukuran sebelumnya. Selain itu daya tahan hasil panen juga menjadi meningkat setelah pemberian ZPT secara rutin dan sesuai dosisnya.


Beragam Jenis ZPT dan Fungsinya

Hormon, Hormon Tanaman, Budidaya Tanaman, ZPT, LMGA Agro
Jenis Hormon Tanaman

ZPT atau zat pengatur tumbuh tidak hanya memiliki fungsi sebagai pembantu tanaman untuk bisa tumbuh secara lebih optimal dan lebih baik. Beberapa jenis hormon tanaman yang tersedia dalam bentuk zpt memiliki fungsi yang berbeda selain sebagai pendukung daya tumbuh tanaman. Hormon tersebut juga bisa mendukung pertumbuhan tanaman walaupun fungsi utamanya bukan mengatur gerak pertumbuhan tanaman.

Jenis hormon tanaman dalam kandungan ZPT yang cukup dikenal oleh para pelaku usaha budidaya tanaman antara lain giberelin dan sitokinin. Fungsi dari kedua hormon tanaman tersebut juga berbeda antara satu dengan lainnya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis hormon pada ZPT dan fungsinya pada pertumbuhan tanaman.

Auksin


Auksin adalah zat hormon tumbuhan yang ditemukan pada ujung batang, akar, dan pembentukan bunga. Fungsi utama dari hormon tanaman ini adalah membantu perkembangan sel yang terdapat pada tanaman. Selain itu, hormon auksin pada zpt memiliki fungsi lain yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman.

Auksin pada ZPT dapat dijadikan air rendaman untuk benih tanaman supaya proses perkecambahan bisa lebih cepat. Hal ini dikarenakan hormon auksin memiliki fungsi sebagai pemecah dormansi pada benih. Dormansi adalah keadaan dimana benih tanaman tidak bisa tumbuh atau berkecambah, hal ini tentunya sangat mempengaruhi perkembangan tanaman kedepannya.

Hormon auksin yang terdapat pada ZPT juga merangsang terbentuknya bunga dan buah pada tanaman yang dibudidayakan. Apabila pertumbuhan dan pembentukan bunga dan buah tidak maksimal maka kualitasnya pun tidak bisa maksimal. Hal ini bisa menyebabkan keuntungan yang didapat oleh pelaku usaha menjadi berkurang.

Pemberian ZPT yang mengandung hormon tanaman auksin juga dapat mencegah tanaman mengalami kerontokan buah. Selain itu auksin juga dapat membantu membentuk buah yang didalamnya tidak terdapat biji dengan merangsang proses partenokarpi. Partenokarpi merupakan proses pembentukan buah tanpa melalui penyerbukan pada bunga tanaman budidaya.

Giberelin


Giberelin atau biasa dikenal dengan sebutan asam giberelat merupakan jenis hormon tanaman yang memiliki fungsi yang kompleks pada pertumbuhan tanaman. Fungsi giberelin sangatlah banyak dan hampir mencakup keseluruhan pada siklus hidup tanaman budidaya. Giberelin sendiri memiliki dua fase utama dalam membantu pertumbuhan tanaman yaitu fase aktif dan nonaktif.

Giberelin fase aktif atau biasa disebut GA bioaktif mempunyai fungsi yang kompleks dalam pertumbuhan tanaman budidaya. Fungsinya antara lain mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tanaman, termasuk pertumbuhan bagian tanaman lainnya. Bagian tanaman yang dipengaruhi oleh giberelin aktif adalah perpanjangan batang, perluasan daun, dan pembentukan bunga.

Dalam perkembangannya hormon giberelin sekarang bisa didapat dengan membeli ZPT sintetik yang tersedia di toko pertanian terdekat. Zat pengatur tumbuh dengan bahan aktif giberelin bisa berwujud pekatan dan dalam bentuk tablet. Giberelin yang terdapat pada ZPT sintetik memiliki fungsi yang relatif sama untuk mendukung pertumbuhan tanaman budidaya.

Fungsi giberelin pada ZPT sintetik antara lain dapat membantu dalam proses perkecambahan biji dengan cara menyediakan protein untuk benih tanaman. Giberelin juga berfungsi dalam mempercepat pertumbuhan biji dan tunas tanaman. Selain itu dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman budidaya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual ZPT Giberelin kualitas unggul untuk pertumbuhan tanaman dengan harga terjangkau. Juga menyediakan berbagai macam sarana pertanian lain seperti varietas benih unggul dan pestisida untuk hama tanaman dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi untuk budidaya tanaman secara gratis tanpa dipungut biaya.

Sitokinin


Sitokinin merupakan hormon tumbuhan dan zat pengatur tumbuh yang mendorong terjadinya pembelahan sel di jaringan meristematik tanaman. Hormon sitokinin diproduksi pada bagian tanaman yang mempunyai jaringan yang aktif membelah seperti bagian akar tanaman. Setelah hormon diproduksi oleh jaringan akar, maka akan disalurkan ke seluruh bagian tanaman untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Fungsi dari ZPT sitokinin untuk pertumbuhan tanaman adalah dapat merangsang proses pembelahan dan pembesaran sel tanaman. Sel pada tanaman tersebar ke seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang, bunga, hingga ke bagian buah. Jika pertumbuhan sel menjadi lebih cepat maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa lebih optimal.

ZPT jenis sitokinin juga memiliki fungsi untuk menghambat proses penuaan pada hasil panen budidaya tanaman. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelaku usaha budidaya pertanian karena hasil panen memiliki umur simpan yang lebih lama. Selain itu hasil panen juga bisa tahan lebih lama dalam proses pengiriman ke tempat yang jauh seperti daerah luar pulau.

Pemakaian ZPT jenis sitokinin juga mempengaruhi penyebaran nutrisi yang didapat oleh tanaman dari pupuk maupun tanah menjadi lebih cepat. Jika penyebaran nutrisi menjadi lebih cepat maka pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal. Nutrisi untuk tanaman bisa diperoleh dari penggunaan pupuk secara rutin dan unsur hara yang tersedia didalam tanah.

Etilena


ZPT jenis etilena merupakan hormon tanaman yang diproduksi dari hasil metabolisme normal pada tubuh tanaman. Etilena berperan dalam pematangan buah dan kerontokan daun pada usaha budidaya tanaman. Etilena pada tumbuhan mempunyai wujud gas yang tidak berwana dan mudah menguap.

ZPT jenis etilena mempunyai fungsi utama untuk membantu proses pematangan buah agar memiliki kualitas yang bagus pada saat dipanen. Hasil kematangan buah yang pas akan menghasilkan rasa yang pas ketika dikonsumsi. Selain itu kematangan buah juga mempengaruhi keuntungan yang didapat oleh pelaku usaha budidaya tanaman buah.

Etilena juga dapat melakukan kerjasama dengan ZPT jenis lain seperti auksin untuk merangsang pembentukan bunga pada tanaman. Namun apabila konsentrasi ZPT jenis etilena melebihi auksin maka dapat menyebabkan terhambatnya pembentukan batang, bunga, dan akar. Selain itu etilena juga berfungsi untuk membantu proses pemekaran bunga pada tanaman.


Toko Pertanian Terdekat Membantu Persediaan ZPT Petani

Toko Pertanian, ZPT, Hormon, Hormon Tanaman, LMGA Agro
Toko Pertanian Sedia ZPT

Melihat fungsi dan manfaat dari ZPT yang menguntungkan, membuat sarana pertanian ini menjadi salah satu barang dicari oleh para petani. Hal ini membuat toko pertanian berlomba memberikan stok ZPT yang melimpah guna membantu petani. Dengan stok yang melimpah membuat petani tak kesulitan dalam mencari saran pertanian yang menguntungkan ini.

Namun petani juga harus selektif dalam memilih produk ZPT yang disediakan oleh toko pertanian terdekat. Hal ini karena kebutuhan tanaman akan ZPT tidak banyak dan harus sesuai dosisnya agar hasil panen sesuai dengan yang diinginkan petani. Selain itu pemakaian zat pengatur tumbuh juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu agar dosisnya tidak berlebih.

Toko pertanian terdekat dengan pemukiman petani juga harus memiliki jenis ZPT yang beragam untuk mendapatkan keuntungan yang berlebih. Selain itu bisa juga membuka konsultasi mengenai pemakaian zat pengatur tumbuh pada tanaman. Seperti dosis yang baik digunakan atau cara memaksimalkan fungsi hormon pada produk zat pengatur tumbuh agar mendapatkan panen kualitas unggul.

Toko pertanian terdekat juga bisa mengkombinasikan barang yang dijual tidak harus hanya jenis ZPT namun juga mencakup sarana pertanian yang lain. Sarana pertanian yang lain bisa mencakup benih tanaman, bibit tanaman atau pupuk pertanian. Selain itu alat penunjang seperti mulsa pertanian dan wadah untuk bercocok tanam seperti pot dan polybag juga banyak peminatnya.


Toko Pertanian Online LMGA Agro Menyediakan Sarana Pertanian Lengkap


Perkembangan zaman sekarang ini sudah mencakup ke berbagai lini hingga menyentuh sektor pertanian mulai dari petani hingga penjualan sarana pertanian. Toko pertanian online dinilai dapat membantu petani dalam memenuhi kebutuhan akan sarana pertanian. Selain itu berbelanja online sangat mudah dan petani hanya perlu menunggu pesanan datang ke rumah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan wujud dari toko pertanian yang memanfaatkan perkembangan zaman untuk mengembangkan usaha. LMGA Agro menyediakan berbagai sarana pertanian lengkap yang sering dicari oleh para petani. Sarana pertanian tersebut meliputi varietas benih yang beragam dan berasal dari pabrik benih terkemuka di Indonesia.

Selain benih tanaman unggulan, LMGA Agro juga menyediakan berbagai macam pupuk pertanian untuk memenuhi unsur hara tanaman. Berbagai jenis pestisida juga tersedia dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian Online LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai budidaya tanaman secara gratis tanpa dipungut biaya.

Baca Juga : Cara Beli Benih Murah Lewat Internet yang Aman

Demikian artikel tentang ZPT Penyedia Hormon Pertumbuhan Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Zat Pengatur Tumbuhan ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.