TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/12/19

Bisnis Bidang Pertanian ini Layak Dicoba

bisnis, peluang usaha, petani, toko pertanian, online shop, lmga agro
Usaha Pertanian Bibit Tanaman
Bisnis Bidang Pertanian ini Layak Dicoba. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Bisnis toko pertanian online LMGA Agro harga promo dan lengkap. Menyediakan banyak varietas benih hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.


Istilah bisnis nama lainnya adalah niaga. Merupakan suatu usaha kegiatan jual beli barang atau jasa. Dan memiliki tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Bisnis merupakan pekerjaan dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok.

Memulai bisnis paling utama adalah adanya modal. Tidak semua bisnis dimulai dengan modal besar. Bisnis modal kecil ini dapat dilakukan di rumah. Sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau bercengkrama dengan anak.

Di era digital,  di kota-kota besar banyak orang mulai mencoba usaha bisnis pertanian. Salah satunya mencoba menjadi petani modern sesuai dengan kondisi zaman saat ini. Bisnis bidang pertanian sudah mulai berinovasi dengan perubahan terbaru.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian. Konsultasi tentang segala permasalahan Anda di lapangan. Kami mengajak kerjasama bisnis toko pertanian. Yaitu sebagai dropship, reseller dan online shop produk  pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda cepat dan sampai tujuan. Bersama jasa ekspedisi pengiriman barang JNE, KI8, PT POS INDONESIA dan lain-lain.

Bisnis Bidang Pertanian Masih Menjanjikan


Bisnis bidang pertanian masih sangat menjanjikan di tengah derasnya bisnis di luar pertanian. Apakah nanti akan terjadi, bila tidak ada lagi usaha di bidang pertanian. Bisa dipastikan adanya kerepotan dan kegaduhan di sana sini. Usaha pertanian menyediakan semua kebutuhan hidup sehari-hari.

Bisnis bidang pertanian menawarkan keuntungan tidak sedikit bila dikelola dengan baik. Banyak pengusaha di Indonesia sukses menggeluti bisnis di bidang pertanian. Salah satunya Bapak Bob Sadino , sosok pebisnis fenomenal dengan usaha sayuran organiknya.

Tak sedikit pertanian perkebunan sukses mengantarkan pelaku bisnisnya menjadi pengusaha besar. Mereka sukses berbisnis kelapa sawit, tanaman coklat, kopi, teh dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis pertanian besar tersebut sukses dijalankan di pedesaan. Dimana masih banyak lahan kosong nan luas bisa dimanfaatkan. Peluang usaha desa memilki prospek cerah dan menjanjikan di masa depan.

Bisnis pertanian tetap berprospek cerah masa sekarang dan masa depan. Mengingat permintaan masyarakat akan produk pertanian sangat tinggi. Seiring semakin bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Apalagi produk pertanian adalah kebutuhan primer manusia.

Teknologi kini semakin canggih saja terutama bidang pertanian. Teknologi memudahkan menemukan ide-ide kreatif. Namun kadangkala kita lalai, bahwa teknologi  dapat menciptakan suatu peluang usaha menjanjikan. Kita selalu hanya memakai tanpa memanfaatkan teknologi sebagai peluang bisnis.

Memulai bisnis pertanian bisa dimulai dengan modal kecil, sedang hingga besar. Dulu usaha  pertanian hanya dilakukan di pedesaan. Kini di perkotaan dapat dilakukan segala jenis peluang usaha pertanian. Suatu usaha mudah dilakukan asal tekun dan sabar menjalani prosesnya.


Baca Juga : Jagung Manis Secada Bebaskan Petani Dari Serangan Bulai


Beberapa Ide Bisnis Bidang Pertanian


1. Bisnis Sayuran Organik


bisnis, peluang usaha, usaha tani, toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat Siram Tanaman Sayuran
Sayuran hingga kini masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena kandungan gizinya. Kategori sayuran ada 2 yaitu organik dan non organik. Dan kini yang sedang naik daun adalah sayuran organik.

Letak perbedaanya pada penggunaan pestisida, bahwa sayuran organik tidak memakai pestisida. Dan hal ini dapat mempengaruhi rasanya. Yaitu rasa sayur organik lebih fresh dan lezat.

Bisnis sayuran organik mudah dan tidak perlu lahan khusus. Lahan sempit dapat Anda manfaatkan mendirikan usaha sayuran organik. Tanah harus subur dan mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Gunakan media organik seperti sekam padi, kotoran hewan yang telah kering dan kompos. Sayuran organik dapat melalui persemaian dulu atau tidak disemaikan ( langsung ).

Budidaya sayuran organik memang butuh perawatan ekstra. Sebab tanpa penggunaan pestisida, sayuran organik juga rentan serangan hama. Hama dan penyakit dapat merusak tanaman dan membuat penampilan tanaman buruk.

Menanam sayuran organik dipanen seminggu dua kali atau lebih. Biasanya sayuran hijau atau berdaun lebih cepat panen.

Tak kalah penting dalam usaha sayuran organik adalah pemasarannya. Mungkin agak sulit memasarkan ke pasar tradisional. Karena umumnya sayuran organik dipatok dengan harga mahal.

Pemasaran dapat dicoba lewat media sosial. Sebarkan nomer kontak anda ke supplier sayuran. Tambah lagi pemasaran lewat aplikasi pertanian yang sudah banyak berdiri di Indonesia ini.


Baca Juga : Nauli Sawi Sendok Andalan Petani Sayur


2. Bisnis Jualan Tanaman Obat ( Herbal )


Beberapa orang memang ada merasa cocok mengkonsumsi tanaman obat daripada obat-obatan dari apotik. Mereka merasa tanaman obat lebih aman daripada obat-obat kimia. Apalagi bila harus dikonsumsi setiap hari.

Tanaman obat dipakai sebagai pencegahan saja sebelum jatuh sakit. Banyak tanaman di Indonesia ini ternyata bisa dijadikan obat-obatan. Dan kadang susah mendapatkan tanaman obat sesuai yang dimaksud.

Tanaman obat tersebut selain lebih murah, juga aman dikonsumsi jangka panjang. Obat-obatan kimia untuk konsumsi jangka panjang justru bisa menimbulkan gangguan lain. Bisnis tanaman obat ini dapat Anda lakukan di pekarangan rumah. Tanaman ditanam dalam pot dan dipajang di depan.

Macam-macam tanaman ini sering dipakai sebagai obat, antara lain :

  • Daun dewa obat muntah darah dan payudara bengkak.
  • Seledri dan buah belimbing dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Kelor bermanfaat mengobati panas dalam dan demam.
  • Bayam duri, daunnya bagi penderita kurang darah.
  • Tanaman kangkung mengobati insomnia.
  • Saga sebagai obat batuk dan sariawan.
  • Pacar cina mengobati penyakit kelamin ( Gonorrhoe ).
  • Jintan mengobati batuk, mules dan sariawan.
  • Sirih memiliki banyak manfaat menyembuhkan batuk, obat kumur, antiseptik.
  • Jambu biji mengobati diare.

3. Bisnis Tanaman Rempah-Rempah


Bisnis jualan rempah-rempah tidak sama dengan dulu karena kini dapat dijual secara online. Dan kita pun dengan mudah mendapatkan konsumen dari luar negeri. Hambatan satu-satunya adalah persaingan sangat ketat. Rempah-rempah dapat dijual dalam bentuk bubuk.

Macam-macam peluang usaha jualan rempah banyak sekali. Karena Indonesia memang terkenal kaya rempah-rempah sejak jaman kolonial. Rempah-rempah berikut ini dapat dijual, antara lain :

  • Kencur. Digunakan bahan pembuat beras kencur. Dan Indonesia menjadi sedikit dari negara penghasil rempah kencur ini. Selain untuk jamu, kencur juga digunakan sebagai bumbu masakan. Masakan Indonesia begitu khas karena diberi bahan-bahan yang hanya ada di Indonesia.
  • Kayu manis. Bermanfaat penambah minuman segar dan bumbu masakan.
  • Serai. Sangat mudah menanam serai. Selain sebagai bumbu masakan, juga bisa sebagai minuman herbal.
  • Bawang Bombai. Usaha tanaman bombai harus memenuhi semua persyaratan tumbuh dari rempah satu ini. Syarat penting harus ditanam di daerah berhawa sejuk. Yaitu bersuhu 18 - 20 °C. Namun membutuhkan paparan sinar matahari dalam jumlah banyak.
  • Lengkuas atau laos adalah rempah Indonesia. Lengkuas mudah tumbuh dan tidak perlu perlakuan ekstra. Pemupukan dilakukan teratur 1 bulan sekali dan cabut gulma yang tumbuh. Pemasaran juga mudah, bisa di pasar, rumah makan, restoran atau hotel.
  • Kunyit. Merupakan pewarna kuning alami untuk masakan. Mudah penanamannya dan perawatannya.
  • Daun pandan. Fungsinya sebagai pewarna hijau alami, sabun, aromaterapi dan campuran masakan.
  • Cengkeh. Potensial tinggi sebagai bahan industri rokok, obat, kosmetik dan sebagai bumbu masakan. Pemasaran ke berbagai pabrik skala kecil maupun besar.

4. Bisnis Jual Bibit Tanaman


bisnis pertanian, usaha pembibitan, peluang usaha, toko pertanian, lmga agro
Tray Semai Pembibitan Benih
Bisnis jual bibit kini banyak dicari konsumen, baik bibit buah, bunga maupun sayuran. Sehingga usaha ini semakin berkembang pesat. Bibit tanaman juga banyak dicari petani atau masyarakat umum yang gemar berkebun.

Keberadaan bibit seringkali langka sehingga harus mencari hingga keluar daerah. Bahkan mendatangkan bibit impor. Kelangkaan dan kesulitan mencari bibit ini merupakan peluang usaha menjanjikan.

Peluang usaha ini dapat kita manfaatkan dengan membuka usaha jualan bibit. Serta dapat dikembangkan menjual secara online. Karena usaha jual beli online sudah lazim, maka dapat diterapkan untuk usaha pembibitan.

Jenis usaha pembibitan memang sangat beragam. Sehingga harus cukup jeli bibit apa yang harus dijual. Sebagai pemilik usaha, kita harus memilih jenis tanaman apa saja paling dibutuhkan. Bibit tanaman apa sedang trend saat ini. Dan tentunya disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Bila ada budget lebih, tambahkan beberapa jenis bibit unik. Dan bibit-bibit yang cukup langka di pasaran. Harga jual bibit demikian cukup mahal sehingga keuntungan besar pula akan kita dapatkan. Pemilik usaha pembibitan harus rajin up date informasi jenis tanaman paling potensial.

Membangun peluang usaha pembibitan sama dengan membangun suatu kepercayaan pelanggan. Sekali ada pembeli dan puas maka pelanggan tersebut akan loyal. Setiap perlu bibit akan selalu datang ke toko kita.

Usaha pembibitan tidak perlu lahan luas. Asal kita mau berusaha, bekerja keras dan pantang menyerah. Disamping itu, kita mahir membuat bibit unggul berkualitas. Usahakan menyediakan bibit beraneka ragam dari benih berkualitas. Benih hibrida berkualitas pasti akan menghasilkan bibit bagus.

Ketersediaan bibit harus terus dijaga terutama untuk bibit yang paling dicari. Sehingga bila ada pembeli akan mencari tidak kecewa karena bibit selalu ada.


Baca Juga : Menanam Cabe Keriting Benih OR Twist 42 Hibrida


5. Bisnis Pembuatan Pupuk Organik


Pupuk organik yang sering dipakai petani adalah kompos dan pupuk kandang. Kompos dihasilkan dari proses pembusukan sampah organik. Daun kering yang berjatuhan di halaman, dapat Anda manfaatkan menjadi ahan baku kompos.

Bila ini menjadi kebiasaaan maka dapat menjadi aktivitas yang menghasilkan uang. Karena akan menjadi kompos dan dapat dijual kepada petani atau masyarakat umum. Permintaan pupuk organik terus meningkat jumlahnya. Seiring dengan makin berkembangnya pertanian pangan, industri dan hortikultura.

Pupuk organik lainnya adalah pupuk kandang. Pupuk kandang berasal dari kotoran ternak seperti sapi, kambing, ayam dan lain-lain. Beberapa masyarakat kurang memanfaatkan kotoran hewan yang menumpuk. Dalam budidaya tanaman, tanah juga perlu diberi pupuk organik guna menjaga kesuburan tanah.

Bisnis pembuatan pupuk kandang dapat anda mulai dengan mengumpulkan bahan baku. Yaitu berupa kotoran sapi bisa dari tetangga sekitar Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut cara membuat pupuk kandang.

Pemilik ternak sebagai pengelola kotoran sapi hingga kering/matang. Dan layak untuk dijadikan pupuk kemudian dijual ke penampung. Untuk kemudian diolah sampai menjadi pupuk organik yang bagus.

Kotoran sapi kering tadi dihargai sesuai kesepakatan petani dan penampung. Pupuk kandang ini banyak dicari petani terutama penjual tanaman hias. Dan masyarakat umum yang hobi berkebun di rumah.

6. Bisnis Tanaman Hias


Bisnis tanaman hias menjadi salah satu usaha potensial bidang pertanian di masa depan. Bila berniat serius, pelajari seluk beluk usaha ini dengan seksama. Persiapkan semuanya agar tidak terjebak pada tren tanaman hias yang kadang sesat.

Bisnis tanaman hias menuntut pemiliknya harus memahami benar tentang tanaman itu sendiri. Anda harus memiliki pengetahuan dasar cukup tentang usaha menanam tanaman hias.

Anda harus mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai tanaman hias. Bagaimana cara merawat, menjadikan makin indah dan lain-lain. Jangan lupa rajin bertanya kepada yang sudah berpengalaman. Agar mudah Anda menjalankan peluang usaha ini.

Lokasi bisa jadi menjadi kunci sukses bisnis tanaman hias. Pilih lokasi strategis, ramai atau lokasi mudah dijangkau calon pembeli. Bila tidak ada, bisa memanfaatkan dari halaman rumah kita. Namun siapkan juga tempat untuk memajang tanaman hias kita.

Bisnis tanaman hias penanamannya harus disesuaikan dengan suhu lokasi toko tanaman hias kita. Jika tanaman tidak cocok dengan suhu lokasi justru bisa menyebabkan tanaman mati.

Jenis tanaman hias banyak sekali, Anda harus pilih jenis apa nanti akan ditekuni. Bila pilih jenis bunga, pilih yang memiliki daya jual stabil. Karena masih pemula, pikirkan juga biaya perawatan tanamannya.

Bila budget tidak cukup dengan banyak jenis bunga. Maka fokuskan saja dengan satu atau dua jenis tanaman hias. Baru setelah semakin meningkat, jenisnya bisa ditambah.

7. Bisnis Pengepul Hasil Pertanian


bisnis, peluang usaha, jual murah, hasil pertanian, toko pertanian, online, lmga agro
Terong Hijau Hasil Pertanian
Pengepul merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang untuk menyediakan tempat. Usaha untuk mengumpulkan atau memusatkan suatu produk/barang. Pengepul hasil pertanian tempat petani dapat menjual hasil panennya.

Keuntungan menjalankan bisnis pengepul hasil pertanian adalah dapat membantu petani. Pengepul menyediakan tempat bagi petani menjual hasil panennya. Sehingga petani makin bersemangat bekerja dan melakukan budidaya tanaman.

Bisnis pengepul hasil pertanian bisa mendapatkan keuntungan cukup besar. Bisnis ini di pedesaan menjadi usaha pertanian paling menjanjikan. Namun peluang usaha ini memiliki resiko bila tidak hati-hati.

Keuntungan lain yaitu cepat dikenal oleh pengusaha atau pebisnis besar. Seperti pada bisnis pengepul jahe. Bila usaha terus berkembang maka pasti segera berkenalan dengan pemilik pabrik jamu Sidomuncul.

Resiko bila ada permasalahan harga jual rendah hingga tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Bertemu dengan banyak petani dengan berbagai karakter dan dilematiknya.

Bila modal telah Anda miliki, dapat dimulai dengan mempromosikan diri kepada warga sekitar. Lalu mulai membeli hasil produk pertanian petani sekitar. Sebelum membeli pastikan Anda sudah mendapat gambaran calon konsumennya.

Bisnis pengepul dapat disebut tengkulak atau pedagang perantara. Pengepul ini membeli hasil panen petani kemudian dijualnya kembali. Di desa, peluang usaha pengepul masih dibutuhkan untuk mendistribusikan hasil panen.

8. Bisnis Jual Alat Pertanian


Bisnis jual alat pertanian mulai dilirik para pengusaha pertanian. Serta para pemula mulai tertarik memulai bisnis ini. Salah satu alasannya karena penduduk Indonesia masih banyak  memiliki sawah/ladang.

Alat-alat pertanian bukan hanya dibutuhkan petani. Namun dibutuhkan pula oleh masyarakat umum membutuhkan untuk berkebun di halaman rumah. Pernah terpuruk karena krisis moneter, kini permintaan alat pertanian mulai meningkat.

Bisnis alat pertanian tidak hanya alat-alat besar seperti traktor. Namun juga alat berbentuk kecil seperti gunting pangkas, sprayer, alat kocor dan lain-lain.

Pilihlah lokasi strategis sebagai tempat bisnis pertanian kita. Tempat strategis tersebut akan dapat meningkatkan pendapatan usaha kita. Pastikan bahwa lokasi mudah dijangkau dan dicari oleh calon pembeli.

Bisnis alat pertanian perlu supplier terpercaya. Mengingat Pemerintah menganjurkan alat pertanian standart SNI maka pilih supplier standart SNI juga. Agar alat pertanian di toko kita bisa dipercaya konsumen.

Bisnis alat pertanian bisa Anda perluas pasarnya dengan menjual secara online. Pemasaran online sangat efektif dan cepat mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia. Terpenting adalah pelayanan kita bisa memuaskan pelanggan. Karena pelayanan yang bagus, pelanggan akan selalu membeli alat pertanian di kita.

9. Blogger Ahli Pertanian


Menjadi seorang blogger merupakan bisnis bidang pertanian. Peluang usahadi  ini tidak butuh modal banyak. Apalagi bila Anda mempunyai hobi menulis, maka Anda cepat sukses sebagai blogger. Tulisan anda akan selalu ditunggu oleh pembaca setia.

Kita bisa membuat blog pribadi berisi penjelasan tentang budidaya pertanian. Informasi di blog Anda akan banyak dicari dan dibutuhkan oleh petani.

Sebagai petani pun, anda bisa usaha sampingan sebagai blogger ahli pertanian. Ilmu pengetahuan tentang menanam tanaman yang sedang Anda lakukan, dapat dibagikan lewat blogger.

Pastikan bahwa bahasa dan cara penyampaian lewat blog mudah dipahami oleh pembaca. Tidak perlu menggunakan kata-kata rumit dan terlalu panjang hingga tidak jelas arahnya. Karena tujuannya, petani sebagai pembaca juga cepat memahami dan meresapi ilmunya.

Cara membuat blog dapat Anda pelajari dari Youtube. Atau membaca artikel tentang membuat blog yang baik dan benar. Adanya internet memudahkan kita untuk mempelajari ilmu pengetahuan.


Baca Juga : Benih Terong Hijau Hitavi Diburu Petani 


Bisnis Pertanian Masih Terbuka Lebar


Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Masih banyak tersebar lahan kosong baik di dataran rendah, menengah sampai tinggi. Masih banyak petani kita bersedia mengolah lahan baik sebagai pemilik maupun buruh upahan.

Diharapkan masih banyak penerus sebagai petani. Para anak muda ikut memajukan bidang bisnis pertanian. Semangat kerja keras, kreatif dan tanpa kenal lelah. Maka bisnis pertanian mampu menghasilkan pendapatan besar. Lebih besar dari bekerja kantoran.

Disamping itu pekerjaannya tidak membuat stress karena sangat fleksibel. Tidak dikejar oleh target dan waktu deadline. Bekerja di bisnis pertanian punya banyak waktu bercanda dengan keluarga. Mengerjakan hobi lain seperti olahraga. Dan bertemu tetangga sekitar saat berjamaah ke masjid.

Pekerjaan petani sangatlah mulia. Karena sektor pertanian menjadi penggerak roda perekonomian terbesar di Indonesia. Meskipun harus bekerja di luar ruangan dan di bawah terik matahari. Basah oleh air hujan dan keringatnya.

Petani dituntut harus mengurus segala hal mulai pengolahan, pembibitan, pemupukan, penyiraman sampai panen. Belum setelah itu pasca panennya agar hasil tidak menyusut.

Jadi bekerja di usaha pertanian ikut menggerakkan roda perekonomian bangsa juga. Bahkan bisa berkembang sampai eksport dan membawa nama baik bangsa.

Demikian artikel kami judul Bisnis Bidang Pertanian Ini Layak Dicoba. Hubungi nomer Kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual harga promo dan produk lengkap. Berbagai varietas benih F1 buah dan sayur, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Toko online LMGA Agro bisnis pertanian melayani konsultasi gratis. Konsultasi tentang pertanian, cara menanam dan permasalahan di lapangan. Kami juga mengajak kerjasama menjadi dropship dan reseller produk pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan sampai tujuan. Kami bekerjasama denga jasa ekspedisi JNE, KI8, PT POS INDONESIA dan lain-lain. Semoga artikel tentang bisnis pertanian ini bermanfaat. Selamat Mencoba. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...