TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/01/21

Terong Lalap Arena Cap Bunga Matahari, Si Bulat Hijau Teman Sambal

terong lalap, benih terong aneka, terong bulat, terong hijau, manfaat terong, budidaya terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong Lalap Arena
Unggulan
Terong Lalap Arena Cap Bunga Matahari, Si Bulat Hijau Teman Sambal. HP 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih unggulan terong lalap bulat hijau Arena Cap Bunga Matahari. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang permasalahan budidaya tanaman. Kami mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Toko pertanian online LMGA Agro, distributor produk benih hibrida dan unggul buah dan sayur. 

Kami juga menyediakan jenis pupuk tanaman, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap berkualitas. Toko pertanian LMGA Agro jual benih unggulan terong lalap Arena produk Cap Bunga Matahari. Terong lalap merupakan jenis terong bulat berwarna hijau. 

Terong lalap Arena cap Bunga Matahari cocok untuk lalapan menu masakan sehari-hari. Terong bulat berwarna hijau ini banyak sekali manfaatnya dan kandungan gizi lengkap. Budidayanya mudah dan dapat ditanam di halaman rumah. 

Terong lalap banyak dipakai sebagai teman sambal menu makanan sehari-hari. Kandungan vitamin dan mineral terong lalap cukup banyak dan lengkap. Manfaat terong lalap juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. 

Terong lalap Arena cap Bunga Matahari, benih unggulan yang direkomendasikan ditanam di dataran rendah hingga dataran menengah. Terong Arena berbentuk bulat dan kulit berwarna hijau cocok sebagai sayuran lalapan. Rasa buahnya manis dan menyehatkan. 


Terong Bulat Arena Benih Unggulan Bunga Matahari


Benih unggul cap Bunga Matahari, terong bulat atau terong lalap Arena direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Terong lalap Arena daging buah berwarna putih dan rasa manis. Bentuk terong bulat dan kulit warna hijau. 

Terong lalap berbentuk bulat ini di kalangan petani disebut terong gelatik. Mungkin disebabkan bentuknya mirip burung Gelatik yang kecil mungil. Terong bulat Arena memiliki diameter adalah 4 - 7 cm. 

Terong lalap Arena cap Bunga Matahari berpotensi hasil panen hingga 60 - 80 ton per hektar. Umur panen 70 -75 HST sudah mulai bsa dinikmati hasil menanam terong lalap Arena cap Bunga Matahari. 

Terong lalap termasuk jenis sayuran dan banyak dimanfaatkan sebagai sayuran lalapan pendamping sambal. Dimakan mentah maupun matang sama enaknya. 

Di kalangan masyarakat luas, terong lalap disebut juga terong mini karena berukuran kecil. Karena jenis terong lainnya, yaitu terong hijau dan ungu berukuran besar dan lonjong panjang. 

Terong lalap menjadi menu favorit sebagai lalapan di kuliner daerah Sunda. Yaitu seperti karedok yaitu semacam pecel dengan sayur serba mentah. Terong lalap sebagai sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena kandungan gizi terong lalap banyak dan lengkap.  

Tekstur daging sayur terong lalap unik dan membuat terong lalap berbentuk bulat ini mudah diolah menjadi masakan enak dan bergizi. Terong lalap merupakan sayur dengan rasa manis dan lezat dimakan mentah maupun matang. 

Jenis terong di Indonesia cukup banyak namun yang sering dikonsumsi adalah terong ungu dan hijau. Dan terong lalap, bulat dan berwarna hijau ini disukai juga disantap dalam keadaan mentah dibandingkan jenis terong lainnya. 




Kandungan Gizi Terong dan Manfaatnya


terong lalap, terong bulat, terong arena, terong cap bunga matahari, manfaat terong, budidaya terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kandungan Gizi Buah Terong
Terong bulat dikenal bentuk buahnya kecil. Meski bentuknya kecil, tidak hanya enak, terong bulat sangat baik untuk kesehatan. Tanaman terong masuk kategori buah namun di Indonesia seringnya dikonsumsi bersama nasi dan lauk. Dan terong disandingkan sebagai sayurnya bukan buah. 


Terong bulat untuk lalapan ini juga kaya nutrisi sama dengan jenis terong lainnya. Terong bulat Arena cap Bunga Matahari memiliki kandungan glikemik dan kalori rendah. Terong bulat juga mengandung lemak sangat rendah cocok untuk menu diet. 

Kandungan air dalam terong bulat Arena justru sangat tinggi sehingga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Inilah daftar vitamin dan mineral dalam terong bulat Arena yaitu : 

- Vitamin A

- Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12

- Vitamin K

- Kalsium

- Zat besi

- Kalium

- Sodium

- Fosfor

- Mangan, dan

- Zinc

Kulit terong bulat Arena mengandung pigmen antosianin, yaitu termasuk jenis antioksidan. Tidak heran bila banyak orang menyukai terong dan menjadikan sayuran untuk dihidangkan setiap hari. karena kandungan gizinya lengkap. 

Inilah manfaat dari terong bulat adalah sebagai berikut : 


1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Terong lalap mengendalikan kadar gula darah Anda. Sebagai sayur lalapan, terong bulat memiliki kandungan polifenol yaitu antioksidan yang dapat mengurangi penyerapan gula. Polifenol ini juga berfungsi meningkatkan sekresi insulin. Sekresi insulin mengatur gula darah dalam kondisi stabil dan normal.  


2. Membantu Mengendalikan Kolesterol Tubuh

Terong lalap bila dimakan sepuasnya tidak usah khawatir kolesterol akan naik. Kolesterol dalam tubuh meningkat karena tingginya kadar gula darah. Namun polifenol dalam terong lalap membantu mengendalikan kadar gula sehingga kolesterol juga terkendali dengan baik. 




3. Menyehatkan Jantung


Agar jantung sehat maka tingkat kolesterol harus dijaga sehingga bisa dicegah terjadinya pembentukan plak. Bila plak terbentuk maka bisa menyumbat aliran darah. Adanya antioksidan dalam terong lalap, fungsi jantung menjadi lebih baik. 


4. Untuk Mencegah Kanker

Adanya antioksidan dalam terong lalap dapat melindungi tubuh dari radikal bebas di udara. Dimana radikal bebas adalah penyebab dari timbulnya penyakit kanker. 


5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Terong lalap begitu juga sama dengan terong hijau dan terong ungu. Juga mengandung antioksidan polifenolpengendali kadar gula  dan kolesterol. Ada pula antosianin dan nasunin, penangkal radikal bebas. 

Zat-zat diatas terkandung dalam terong bulat Arena melindungi lipid dalam membran sel otak. Antosianin melancarkan peredaran darah ke otak sehingga memaksimalkan fungsi otak. 


6. Membantu dalam Program Diet

Kandungan serat terong lalap cukup tinggi, apalagi terong lalap tidak mempunyai lemak dan kalorinya rendah. Jadi makan terong lalap setiap hari tidak bisa membuat gemuk. Cocok dimasukkan menu makanan program penurunan berat badan.  


7. Membantu Kesehatan Kulit

Terong lalap ternyata membuat kulit sehat dan terawat karena kandungan antioksidannya memberi nutrisi kulit. Konsumsi terong bulat Arena secara rutun bisa mencerahkan warna kulit. Buah terong dapat dijadikan bahan masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit.  


8. Osteoporosis dan asam Lambung

Mengkonsumsi terong lalap bermanfaat mencegah Osteroprosis karena mengandung Kalsium. Terong bulat juga dapat mencegah asam lambung karena mencegah meningkatnya asam lambung. Pastinya harus diimbangi pola makan sehat dan berimbang. 

Zat besi dalam terong lalap Arena baik untuk fungsi sel darah merah dan membantu tubuh beraktifitas. Zat besi untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. 


Budidaya Terong Bulat Arena Secara Organik


terong lalap, terong bulat, benih arena cap bunga matahari, manfaat terong, budidaya terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Pembibitan
Permintaan pasar akan sayur terong bulat tak pernah sepi, sama dengan terong hijau dan terong ungu. Harga terong lalap di pasar cukup stabil dan terjangkau. Tingkat konsumsi terhadap terong lalap cukup tinggi, sehingga petani merasakan keuntungan budidaya terong bulat.

Sayuran organik juga semakin mendapat tempat dimasyarakat. Budidaya terong bulat juga dapat ditanam secara organik. Penanaman organik menekan pemakaian bahan-bahan kimia. Buah terong yang dihasilkan juga bisa sehat dan tanpa terkontaminasi bahan-bahan kimia. 

Budidaya terong secara organik membuat aman dalam mengkonsumsi terong lalap mentah. Dalam menikmati lalapan terong bulat, tak sedikit masyarakat memakannya mentah-mentah. Sehingga menanam terong lalap secara organik pastinya aman karena tidak mengandung racun pestisida. 

Budidaya terong lalap Arena diawali pengolahan tanah. Meliputi penggemburan, membuat bedengan, pengapuran dan pupuk dasar. Setelah penanaman bibit terong lalap Arena, dilanjutkan pemeliharaan. Meliputi : pengairan, penyulaman, pembumbunan, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. 

Terong bulat Arena di panen umur 70 - 75 HST. Bila dirawat dengan baik, tanaman terong bulat arena berproduksi hingga umur 5 - 6 bulat. Sebaiknya saat panen dilakukan sore atau pagi hari. Penanaman baiknya di musim kemarau karena buah dapat tumbuh bagus dan berkualitas. 





Persiapan Menanam Benih Tomat Lalap Arena Cap Bunga Matahari


Syarat tumbuh menanam terong lalap Arena Cap Bunga Matahari adalah penanaman di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman terong lalap Arena menyukai suhu udara 22 - 30 derajat Celcius.   

Jenis tanah paling baik adalah lempung berpasir, kondisi subur dan kaya bahan organik. Tanah memiliki aerase dan drainase yang baik. Nilai pH tanah adalah 6,8 - 7,3. 

Lahan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Budidaya terong lalap sebaiknya di musim kemarau agar diperoleh hasil maksimal.  

Pengolahan tanah menanam terong lalap Arena untuk dibuat bedengan. Tujuannya agar akar tumbuh maksimal dan air tidak mudah menggenang bila lahan dibuat bedengan. Cara tersebut juga bisa mempermudah pemeliharaan. 

Pengolahan tanah dilakukan 1 bulan sebelum penanaman bibit. Pemupukan dasar menggunakan pupuk organik dari kotoran hewan dan sudah difermentasikan. pupuk disebarkan ke bedengan sebagai pupuk dasar. memakai pupuk organik kotoran hewan karena lebih bisa mengikat air.   

Proses persemaian benih terong lalap Arena cap bunga Matahari. Benih disemai di tray semai/baki semai. juga bisa persemaian di kantong polybag. Sebelum benih disemai, terlebih dahulu benih direndam 1 malam dalam air hangat. 

Lalu benih ditiskan dan disemaikan selama 7 hari. Bila sudah berkecambah, pindahkan ke polybag berukuran kecil sampai umur 20 hari. Selanjutnya bibit ditanam di lahan yang sudah diolah sebelumnya. Jarak tanam terong bulat Arena adalah 60 x 70 cm.   



Menanam Terong Lalap Sebagai Usaha Rumahan


Usaha rumahan menanam sayuran dilakukan dengan menanam di pekarangan rumah. Menanam sayuran di pekarangan kini sudah menjadi tren gaya hidup baik di perkotaan maupun di desa. Begitu juga dengan usaha menanam terong bulat yang juga disebut terong Gelatik. 

Terong gelatik kini juga mulai banyak diusahakan di rumah yaitu ditanam di pekarangan rumah. Terong kecil, bulat dan hijau ini dapat di tanam dalam pot atau polybag.      

Benih terong bulatArena disemaikan dan terlebih dahulu harus direndam dalam air hangat selama 30 menit. Siapkan tray semai atau plastik kecil untuk menyemai benih. Media semai menggunakan campuran tanah dan kompos. Tiriskan dulu sebelum dibenamkan dalam media semai. 

Tebarkan benihnya lalu tutup dengan kompos. Siram hingga tanahnya lembab. Benih akan berkecambah 4 - 5 hari setelah semai. 

Siapkan wadah polybag ukuran diameter 30 cm. Perhatikan, dasar pot harus berlubang sebagai jalan lewatnya air siraman. Buatlah media tanam dengan komposisi tanah, sekam, pupuk kandang ( 1 : 1 : 1 ). Atau bisa juga campuran tanah dan pupuk kandang saja perbandingan 1 : 1. Tambahkan pupuk anorganik NPK.           

Dasar pot beri pecahan bata bata merah. Lalu media campuran tanah tadi dimasukkan dalam pot atau polybag. Siram dengan air hingga lembab. Letakkan pot di ruangan terbuka di bawah sinar matahari. Sambil menunggu bibit siap dipindahkan ke pot pembesaran.

Pemindahan bibit saat umur 3 minggu setelah semai. Bibit sudah muncul 3 - 4 helai daun. batang kokoh dan perakaran berkembang baik. Lakukan penanaman dengan secara hati-hati terutama saat pemindahan bibit ke pot lebih besar. 

Penyiraman dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali tergantung kondisi media. Bersihkan sekitar tanaman dari gulma penganggu. Pasangkan ajir di setiap tanaman agar tanaman tumbuh tegak. Ajir harus kuat dan ditancapkan dengan benar, tidak melukai perakaran. 


Baca Juga : Budidaya Cabai Red Kriss Bisa Petik 35 Kali


Budidaya Terong Lalap Arena Cap Bunga Matahari di Kebun


terong lalap, terong bulat, benih terong arena cap bunga matahari, manfaat terong, budidaya terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Majemuk Budidaya terong

Penanaman terong bulat Arena cap Bunga Matahari untuk setiap hektar membutuhkan 150 - 500 gram benih. Persiapan benih yaitu benih diperam menggunakan kertas basah atau handuk lembab selama 24 jam. Siapkan media semai yaitu tanah + pupuk kandang ( 2 : 1 ). 

Gunakan pestisida berbahan aktif Metaksil untuk mencegah datangnya jamur dan melindungi bibit dari dumping off. Campuran tanah dan pupuk kandang tadi masukkan ke polybag tinggi 8 cm dan diameter 5 cm. 

Pembibitan di atas bedeng semai dan terdiri dari beberapa baris. Jarak antar baris 10 - 15 cm. Media untuk bedeng semai yaitu tanah dan pupuk kandang halus. Tanam benih satu persatu di tiap barisan. Pelihara bibit sampai umur 1 - 1,5 bulan dan memiliki daun 4 helai kemudia bibit bisa dipindahkan. 

Persiapan lahan yang baik untuk budidaya terong lalap. Yaitu dengan cara membajak tanah dan tanah dibolak bail. Lalu lahan diairi dengan cara di-leb secara merata. Pengeleb-an lahan dilakukan 3 - 5 jam. Lalu dilanjutkan pembajakan untuk kedua kalinya hingga tanah menjadi gembur. 

Pemupukan dasar persiapan lahan yang baik untuk budidaya terong lalap yaitu 15 kg/10 m2 pupuk kandang. Tambahkan kapur Dolomit 10 - 15 kg/m2 bila tanah bersifat asam atau tanag tergenang. Biarkan selama 1 minggu sampai tidak ada genangan air. Setelah itu dibuat bedengan dengan model single row ( barisan tunggal ).  

Penanaman setelah bibit umur 25 hari setelah semai. Pilih bibit yang sehat, muncul 3 lembar daun dan tinggi 75 cm. Sebaiknya penanaman disore hari dan sebelumnya sudah dibuat lubang tanam denga alat tuga sedalam 10 - 15 cm. Setelah penanaman harus disiram air untuk menghindari bibit stres.   

Lakukan penyulaman bila ada bibit mati atau sakit. Maksimal waktu untuk penyulaman bibit adalah sampai umur 15 hari. Penyiangan dengan mencabut rumput liar dilakukan 2 kali umur 15 HST dan 60 HST atau sesuai kondisi. 


Pemeliharaan Tanaman Terong Bulat Arena 


Pemupukan susulan dimulai umur 21 HST. Pupuk diberikan di sisi tanaman dengan jarak 10 cm dari pangkal batang. Pupuk susulan kedua umur 50 HST. Gunakan pupuk NPK dengan dosis sesuai petunjuk kemasan. 

Budidaya terong bulat Arena juga perlu ada pemangkasan/perempelan. Pangkas tunas-tunas liar yang tumbuh mulai di ketiak daun pertama. Pemangkasan juga pada bunga pertama yang muncul gunanya untuk merangsang tunas baru. Juga agar taman semakin produktif berbunga. 

Budidaya terong bulat Arena juga memiliki hama dan penyakit utama. Hama dan penyakit tanaman terong lalap antara lain : kutu daun, tungau dan ulat grayak. Pengendalian mekanis yaitu jarak tanam lebar, rotasi tanaman dan penyiangan gulma. Bila serangan parah, gunakan insektisida secara bijaksana.  

Penyakit utama tanaman terong yaitu layu bakteri dan busuk buah. Layu bakteri penyebabnya bakteri Pseudomonas solanacearum jadi dikendalikan oleh bakterisida. 

Busuk buah disebabkan oleh jamur Phytopthora sp. Pengendalian menggunakan fungisida yang sesuai dan dosis pada kemasan.  

Pertumbuhan vegetatif tanaman terong bulat dimulai dari penanaman sampai munculnya bunga, biasanya selama 4 - 5 minggu. Jika perawatan dan aplikasi pupuk dilakukan baik dan benar, umur 5 minggu sudah mulai berbuah. 

Tanaman terong berbuah tidak serentak setiap dahannya. Setiap ruas akan tumbuh bunga dan buah secara berkala. Panen awal yaitu tanaman umur 2 bulan sudah bisa mulai dipanen meski buah muncul tidak serentak. Kemudian panen 2 - 3 hari sekali dengan umur produktif 4 bulan. 


Pemanenan Terong Lalap Arena


Ciri buah terong bulat panen yaitu ukuran buah sudah maksimal. Biasanya terong dipanen waktu masih muda. Waktu pemanenan dilakukan pagi atau sore hari. 

Cara panen terong bulat  yaitu buah dipetik beserta tangkainya menggunakan pisau tajam atau tangan bersih. Tinggi tanaman terong lalap mulai 40 - 150 cm. 

Khasiat terong lalap baik sekali bagi kesehatan. Kandungan gizi lengkap mulai vitamin, mineral hingga antioksidan. Terong lalap memiliki zat nasunin bertugas membantu mengatasi sel-sel kanker dalam tubuh. 

Konsumsi serat terong lalap bermanfaat melancarkan pencernaan dan buang air besar. Konsumsi terong dapat menahan lapar lebih lama dan membantu proses metabolisme. 

Demikian artikel kami judul : Terong Lalap Arena Cap Bunga Matahari, Si Bulat Hijau Teman Sambal. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang terong lalap Arena Cap Bunga Matahari. Budidaya terong bulat hijau Arena ini mudah dan hasil panen menjanjikan. Anda dapat pula menanamnya di pekarangan rumah. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.