TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/01/21

Sayuran Kubis KK Cross F1 Takii Seed Tanam di Dataran Rendah


sayuran kubis, kubis takii seed, benih takii seed, manfaat kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis KK Cross
Takii Seed
Sayuran Kubis KK Cross F1 Takii Seed Tanam di Dataran Rendah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih hibrida dan berkualitas sayuran kubis dari Takii Seed. 

Toko pertanian LMGA Agro online jual juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami dibantu jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih kubis KK Cross Takii Seed. Sayuran kubis KK Cross untuk ditanam di dataran rendah. KK Cross, benih hibrida kubis dengan umur panen genjah. Sayuran kubis KK Cross cepat panen sehingga menguntungkan bagi Petani. 

Sayuran kubis KK Cross banyak disukai masyarakat karena krop sangat rapat dan padat. Dengan demikian sayuran kubis ini tahan selama pengangkutan jarak jauh hingga ke luar kota. 

Sayuran kubis KK Cross produk benih hibrida Takii Seed memiliki krop padat dan rapat. Budidaya kubis mudah dan panen umur 2 bulan dengan berat krop 1,5 kg. Manfaat kubis sangat baik bagi kesehatan. 

Kubis hibrida KK Cross juga tidak menurun kualitasnya meski harus tahan tunda panen. Sayuran kubis KK Cross hibrida tahan serangan hama dan penyakit. Potensi hasil panennya tinggi. 

Sayuran kubis biasanya dijadikan sebagai sayur lalapan dan dikonsumsi mentah bersama mentimun, kemangi dan lain-lain. Juga biasa dimasak matang dijadikan sayuran sop, tumis atau bersantan. Meski baik untuk kesehatan, namun konsumsi kubis berlebihan dapat menimbulkan efek negatif. 


Kubis KK Cross Benih Hibrida Takii Seed


Kubis hibrida KK Cross produk Takii Seed merupakan benih kubis berkualitas. Benih diremomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Benih KK Cross berumur genjah dan panen cepat. 

KK Cross Takii Seed sayuran kubis yang memiliki krop sangat rapat dan padat. Sayuran kubis KK Cross tahan pengangkutan. Tanaman sayur kubis KK Cross juga tahan tunda panen. Keunggulan tersebut menjadikan sayuran kubis KK Cross raja kubis dataran rendah. 

Sayuran kubis KK Cross Takiin Seed banyak dipilih pedagang dan konsumen karena penampilan kropnya bagus dan cantik. Krop sayuran kubis KK Cross tahan dari serangan hama dan penyakit sehingga kropnya bulat dan padat. 

Sayuran kubis KK Cross krop berwarna hijau muda. Tinggi krop sekitar 16 cm dan diameter 20 cm. Berat krop 1,5 - 2 kg. Rasa sayuran kubis KK Cross manis dan teksturnya renyah. 

Tanam kubis KK Cross Takii Seed tahan cuaca panas sehingga cocok ditanam di dataran rendah. Umur panenya cepat dan genjah yaitu 60 HST sudah dapat dipetik. Potensi hasil panen sekitar 42 ton/ha. 

Tanaman kubis KK Cross semi tegak dan tinggi tanaman 27 - 30 cm. Warna daun terluar hijau tua dan bentuk daun terluar bulat. Panjang daun 47 cm dan lebar daun terluar 45 cm. 

Warna krop sayuran kubis KK Cross hijau muda dan bentuk krop bulat agak gepeng. Daya simpan sayuran kubis KK Cross pada suhu kamar lamanya adalah 7 hari. 


Baca Juga : Sukses Budidaya Kubis dengan Kubis F1 Investor


Sayuran Kubis KK Cross Tekstur Renyah


sayuran kubis, benih takii seed, manfaat kubis, budidaya kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kubis 
KK Cross

Sayuran kubis sering disebut sayur kol, kobis atau kobis bulat. Mempunyai nama ilmiah Brassica oleracea. Sayuran kubis merupakam tanaman dua tahunan. Jenis kubis ada krop berwarna hijau dan ungu. 

Tanaman kubis merupakan tanaman sayuran tahunan dan memiliki kepala padat penuh lembaran daun. Tanaman kubis masih satu famili dengan brokoli, kembang kol dan kubis brussel. 

Sayuran kubis KK Cross hijau berkepala keras dan berdaun halus merupakan jenis kubis paling umum di Indonesia. Sayuran kubis merupakan sayuran terdiri dari lembaran daun berlapis-lapis. Bila kondisi siang hari panas matahari panjang maka ukuran kubis dapat jauh lebih besar. 

Di abad pertengahan, kubis telah menjadi sayur penting masakan Eropa. Namun sejarah perjalanan sayur kubis agak sulit diterka. Tanaman kubis rentan kekurangan gizi juga serangan hama dan penyakit jamur dan bakteri. 

Kegunaan kubis sebagai sayuran dapat dimakan mentah dan dimasak matang. Kubis merupakan sayur sederhana dan sangat populer di seluruh dunia. Kini banyak masakan menggunakan sayuran kubis sebagai bahan dasarnya, seperti kimchi. 

Sayuran kubis dapat menambahkan rasa pada masakan. Teksturnya renyah bila dimakan mentah. Manfaat sayuran kubis diyakini dapat membantu mencegah penyakit kronis termasuk sakit kanker. 

Sayuran kubis termasuk dalam famili Brassicaceae. Ciri tanaman kubis memiliki batang lunak dan daun berukuran lebar. Ada banyak jenis kubis diantaranya yang banyak dibudidayakan petani lokal adalah kubis merah, putih, hijau dan savoy. 

Budidaya sayuran kubis dapat dilakukan pada ketinggian 200 - 2000 m dpl tergantung varietasnya. Tanaman kubis menyukai suhu antara 10 - 24 derajat Celcius. Sayur kubis membutuhkan air jumlah yang banyak selama pertumbuhannya. 





Kandungan Gizi dan Manfaat Sayuran Kubis Bagi Kesehatan


Sayuran kubis terdapat banyak jenis berdasarkan warna daunnya. Daun kubis layu atau halus. Sayuran kubis mengandung antioksidan kolin yang bermanfaat meningkatkan daya ingat dan mencegah radang. Antioksidan kolin bermanfaat mencegah cacat saraf pada janin. 

Sayuran kubis mengandung beta-karoten, fungsinya melindungi DNA manusia dari efek buruk merokok. Kandungan Lutein bermanfaat mencegah degenerasi makula terkait usia. 

Sayuran kubis kaya akan vitamin B, C dan K. Selain itu juga mengandung zat mineral folat, magnesium, mangan dan beberapa karotenoid seperti lutein, zeaxanthin dan beta-karoten.

Sayuran kubis mengandung sekelompok zat glukosinolat yang mengandung belerang. Glukosinolat membentuk senyawa biologis aktif dan memberikan efek anti-kanker. Beta-karoten bermanfaat melindungi tubuh dari kanker paru-paru. 

Manfaat sayuran kubis sangat banyak. Kandungan vitaminnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kebal dari serangan penyakit. Bagi kecantikan, manfaat sayuran kubis mampu meningkatkan kesehatan kulit dan memperkuat rambut.   

Sayuran kubis sama dengan jenis sayuran lain juga kaya serat. Peran serat sudah tak diragukan lagi baik bagi kesehatan pencernaan kita. Serat sayuran kubis termasuk jenis serat tidak larut air artinya tidak menyatu dengan air dalam tubuh kita.

Serat akan berjalan melewati sistem pencernaan. Serat tak larut air akan bekerja lebih baik dalam usus untuk proses mencerna makanan. Serat sayuran kubis membantu melancarkan pergerakan kotoran dalam usus sehingga mencegah sembelit atau susah BAB. 


Sayuran Kubis Untuk Kesehatan Jantung


Sayuran kubis mengandung senyawa polifenol yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mencegah turunnya tekanan darah, Polifenol juga bermanfaat mencegah penumpukan trombosit darah. 

Tekanan darah meningkat menimbulkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Penderita hipertensi dianjurkan menghindari garam dan dianjurkan memperbanyak makanan sumber Kalium. Peran kalium yaitu mengendalikan tekanan darah. 

Kalium dalam sayuran kubis membantu mengeluarkan garam ( natrium ) berlebih dalam tubuh lewat cairan urine. Kalium juga dapat melemaskan ketegangan pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah tinggi dapat berangsur-angsur turun. 

Manfaat sayuran kubis membantu mencegah serangan radikal bebas pemicu berbagai penyakit termasuk kanker. Peran vitamin C dalam sayuran kubis paling tinggi dalam menangkal radikal bebas. 


Baca Juga : Pupuk Organik dan Fungsinya Bagi Usaha Tanaman Kita


Cara Perawatan Tanaman Kubis


sayuran kubis, benih takii seed, manfaat kubis, budidaya kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Kubis Takii seed
Beberapa perawatan dan pemeliharaan berikut ini biasa dilakukan dalam budidaya kubis. Yaitu antara lain : 

1. Penjarangan dan Penyulaman

Penjarangan pada budidaya kubis dilakukan saat selesai penanaman bibit ke lahan tetap. Bibit tanaman kubis ditanam bila sudah berumur 6 minggu dan telah muncul 5 - 6 helai. Bila persemaian menggunakan tray semai atau polybag, penjarangan bibit tidak dilakukan. Penyulaman bibit mati tidak dilakukan karena umur tanaman yang pendek. 



2. Pemupukan

Pemupukan pertama umur 5 HST menggunakan pupuk Urea sebanyak 1 gram per tanaman. Pupuk ditaburkan melingkari tanaman berjarak 3 cm. Pemupukan ke-2 dilakukan umur 10 - 14 HST dosis 5 gram per tanaman. 

Pupuk ke-2 diberikan melingkari tanaman berjarak 7 - 8 cm. Bila pertumbuhan tanaman kubis belum optimal, pupuk bisa diberikan umur 30 HST. 


3. Penyiangan

Penyiangan gulma dilakukan bersamaan pemupukan dan penyiraman yaitu pemupukan pertama umur 5 - 6 HST. Penyiangan dihentikan pada akhir pertumbuhan fase vegetatif. Pertumbuhan gulma yang dibiarkan dapat mengganggu proses pertumbuhan kubis. Gulma menjadi penyaing tanaman kubis. 

Penyiangan dilakukan bersama proses penggemburan tanah. Penyiangan dilakukan sebelum tanaman dipupuk susulan. Penyiangan dilakukan secara manual karena lebih aman bagi kita dan untuk lingkungan. 

Alat membersihkan gulma menggunakan sabit tajam. Usahakan sabit tidak kena ke sistem perakaran  tanaman karena menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Mendekati panen, penyiangan mulai dikurangi.


4. Pembumbunan

Pembumbunan dimaksudkan untuk menjaga ketinggian bedengan dan kedalaman parit. Pembumbunan menjaga agar tanah tetap gembur sehigga akar tumbuh baik. Pembumbunan dilakukan bersama penyiangan untuk menghemat waktu. 

Pembumbunan selain membolak balik tanah sekitar tanaman sekaligus menata bentuk bedengan dan parit. Biasanya banyak tanah longsor akibar siraman air dan merusak bentuk parit. 




5. Perempelan


Tujuan dilakukan perempelan yaitu menjaga pertumbuhan tanaman agar sesuai keinginan kita. Kegiatan perempelan pada budidaya sayuran kubis yaitu membuang cabang atau tunas samping di awal pertumbuhan kubis. 

Perempelan proses penting dan harus dilakukan untuk tanaman kubis. Perempelan membuat hasil akhir fotosintesisi terkonsentrasi penuh untuk pembentukan krop. 


6. Pengendalian Hama dan Penyakit 


Pengendalian hama dan penyakit sayuran kubis dilakukan secara kimiawi. Yaitu penyemprotan menggunakan insektisida dan fungisida yang sesuai. Sebagai langkah pencegahan, penyemprotan dilakukan setiap 2 minggu sekali dan dosis ringan. 

Untuk langkah pemberantasan hama dan penyakit, penyemprotan pestisida dilakukan secepatnya menggunakan dosis yang tepat. Dengan begitu, hama dan penyakit dapat diberantas hingga tuntas. 

Inilah nama-nama hama yang sering menyerang tanaman kubis, antara lain : 


- Hama Ulat Daun Kubis ( Plutella xylostella


Hama ini termasuk hama utama sayuran kubis. Serangan ulat daun kadang sangat berat hingga tanaman kubis gagal membentuk krop sehingga panen gagal. Ukuran ulat daun relatif kecil yaitu berkisar 5 - 10 mm dan berwarna hijau. Jika ulat dikoyak akan menjatuhkan diri dengan cara membuat benang. 

Cara pengendalian yaitu selalu bersihkan kebun dari gulma karena gulma dijadikan tanaman inang meletakkan telur ulat. Kumpulkan telur ulat, larva dan pupa lalu musnahkan. 

Bisa juga menggunakan perangkap air atau perangkap lekat ( perekat ) sebanyak 1 buah untuk luasan 10 m2. Perangkap ini digunakan untuk memantau populasi ngengat jantan.  


- Hama Ulat Krop Kubis ( Crocidolomia binotalis )


Telur ulat krop berwarna hijau cerah. Setelah telur menetas, ulat berwarna kelabu berubah warna menjadi hijau. Tubuhnya terdapat tiga garis putih kekuningan dan dua di samping. Kepala ulat berwarna hitam. 

Ulat menyerang daun muda sampai habis tak bersisa. Tanaman menjadi rusak dan banyak kotoran masih menempel pada daun. Biasanya ulat krop melekat di permukaan bawah daun dan cenderung menghindari cahaya. Bila ulat diganggu agak lambat bergerak.

Hari keempat dan kelima, larva mulai memakan daun mulai dari bagian bawah. Kemudian bergerak membuat kerusakan makin parah hingga seluruh bagian tanaman. 

Pengendalian yaitu melakukan sanitasi kebun. Kebun dibersihkan dari bahan-bahan organik yang mungkin akan membusuk dan menjadi sarang hama bertelur. Menerapkan sistem pola tanam dan pengaturan jarak tanam. 

Tidak menanam dua jenis tanaman yang disukai ulat krop dan tanaman saling berdekatan. Persemaian dibuat minim naungan agar tidak terlalu lembab. Secara mekanis, dapat dilakukan penangkapan terhadap hama dan langsung dimatikan. 

Memasang perangkap cahaya untuk hama. Pemakaian pestisida alami dari akar tuba, daun pucung tembakau dan lengkuas lalu dibuat larutan dan disemprotkan ke tanaman yang sehat. 


- Hama Kumbang Anjing ( Phyllotreta vittata )


Hama kumbang ini berwarna coklat kehitaman dan sayap bergaris kuning. Telur kumbang diletakkan berkelompok dalam tanah di kedalaman 1 - 3 cm. Panjang 3 - 4 mm. Pupa kumbang dalam tanah di kedalaman 5 cm. Daur hidup kumbang 3 - 4 minggu. 

Kumbang menyerang daun hingga berlubang-lubang kecil. Larva biasanya merusak bagian bawah tanaman dekat permukaan. Sebagai langkap pengendalian yaitu saat persemaian, usahakan pupuk dan air tercukupi. 

Tanah dicangkul secara baik dan benar agar telur dan pupa dalam tanah mati. Bersihkan lahan dari gulma. Fase awal, penyiraman dilakukan tiap hari terutama di musim kemarau untuk mencegah kekeringan. Bila serangan semakin parah, lakukan penyemprotan insektisida yang sesuai dan dosis sesuai anjuran. 


- Hama Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Ulat grayak menyerang di malam hari karena di siang hari, ulat grayak bersembunyi di bawah tanaman, mulsa atau dalam tanah. Serangan awal tampak daun-daun berlubang dan bila dibiarkan, hama akan menghabiskan daun hingga tersisa tulang daunnya. 

Ulat grayak menyerang secara bergerombol karenanya hama ini disebut ulat tentara. Di musim kemarau, serangan ulat grayak semakin tinggi. Ulat kecil aktif makan daun hingga daun tersisa epidermis bagian atas dan tulang daunnya. Ulat besar memakan semua daun hingga tanaman menjadi gundul. 

Pengendaliannya yaitu melakukan pergiliran tanaman tidak satu famili. Melakukan pengolahan tanah yang baik dan benar untuk mematikan larva dan pupa dalam tanah. Lakukan penyemprotan insektisida untuk mengurangi populasi hama. 




Pemanenan Sayuran Kubis KK Cross


Panen sayuran kubis KK Cross Takii Seed pada umur 60 HST. Sayuran kubis cepat panen sehingga menguntungkan bagi petani yang menanam jenis kubis ini. Krop kubis KK Cross kuat serangan hama penyakit, tanaman juga tahan kekeringan dan tunda panen. Sayuran kubis tidak mudah busuk. 

Berat krop saat panen adalah 2 kg dan usahakan saat panen, daun tidak terkoyak. Pisahkan kubis yang baik dengan kubis rusak. Bersihkan kubis yang busuk akibat dimakan ulat dan buang daun yang rusak. Dengan demikian krop tampak putih dan menambah daya tarik pembeli. 

Menanam kubis di dataran rendah menggunakan cara tumpang sari merupakan salah satu pengendalian hama yang bersifat ramah lingkungan. Biasanya menanam kubis tumpang sari dengan tanaman tomat. 

Sayuran kubis KK Cross F1 Takii Seed ditanam bersama jenis tanaman lain dapat mengurangi populasi hama. Tanaman lain bisa menjadi tempat berlindung musuh alami hama kubis. Dan pasti hasil panen juga bisa bertambah. 

Demikian artikel Kami judul : Sayuran Kubis KK Cross F1 Takii Seed Tanam di Dataran Rendah. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida berkualitas buah dan sayuran. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang bercocok tanam dan permasalahan Anda dalam budidaya tanaman. Kami siap kirim pesanan Anda tujuan ke sluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang sayuran kubis KK Cross F1 Takii Seed. Sayuran kubis KK Cross cocok ditanam di dataran rendah, kropnya padat dan tidak mudah busuk. Salam sukses....  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.