TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/01/21

Buah Pepaya California Jupe Benih Bunga Matahari Tidak Mudah Busuk

buah pepaya, pepaya california, cap bunga matahari, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pepaya California
Jupe Bunga Matahari
Buah Pepaya California Jupe Benih Bunga Matahari Tidak Mudah Busuk. HP 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih berkualitas pepaya california Jupe Cap Bunga Matahari. Buah pepaya Jupe tidak mudah busuk. 

Toko pertanian LMGA Agro jual online benih buah dan sayur berkualitas, benih hibrida dan unggul. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap dan harga bersaing. Kami menerima layanan konsultasi gratis cara bercocok tanam buah pepaya dan budidaya tanaman lain. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami dibantu jasa ekspedisi pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Buah pepaya california Jupe merupakan benih berkualitas terbaik dari Bunga Matahari. Keunggulan pepaya california Jupe adalah tidak mudah busuk. Buah pepaya california Jupe juga tahan penyimpanan. 

Buah pepaya california Jupe cap Bunga Matahari tidak mudah busuk dan tahan penyimpanan. Manfaat buah pepaya sangat besar bagi kesehatan kita. Pepaya Jupe Cap Bunga Matahari rasa manis dan panen umur 8 - 9 bulan. 

Pepaya california Jupe berbentuk seperti peluru. Benih pepaya Jupe Cap Bunga Matahari direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. Rasa buah sangat manis, menyegarkan dan pasti menyehatkan.

Banyak masyarakat sudah memahami manfaat dari buah pepaya sangat besar untuk kesehatan kita. Bahkan manfaat buah pepaya baik untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah.


Buah Pepaya California Jupe Cap Bunga Matahari


Pepaya california Jupe direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Buah pepaya Jupe jenis pepaya california dengan bentuk buah seperti peluru. Buah tidak mudah busuk bahkan tahan lama dalam penyimpanan. 

Budidaya pepaya california Jupe cap Bunga Matahari panen umur 8 - 10 bulan. Buah pepaya Jupe memiliki potensi panen 68 - 78 ton/ha. Bentuk buah silindris, warna kulitnya hijau muda dan jingga. 

Daging buah berwarna jingga dan rasa buahnya manis. Panjang buah adalah 23 - 24 cm, diameter buah 9,2 - 9,5 cm dan berat buah 1,2 - 1,5 kg/buah. 

Buah pepaya california sudah dikenal masyarakat luas dan digemari banyak orang. Asal buah pepaya california dari Meksiko bagian selatan hingga Amerika Tengah. 

Manfaat buah pepaya cukup banyak. Antara lain dapat memperlancar pencernaan, mencegah katarak, menurunkan radang. Selain itu juga untuk mendukung fungsi jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Di Indonesia, budidaya buah pepaya menyebar ke daerah dataran rendah sampai dataran tinggi > 100 m dpl. Produksi dan mutu buah pepaya dipengaruhi cahaya yang diterima tanaman. Cahaya matahari mendukung proses fotosintesis agar berjalan optimal. 

Tanaman pepaya california Jupe dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Namun paling ideal adalah tanah mengandung banyak bahan organik. Lahan juga harus memiliki drainase dan aerasi yang baik. 

Tanah memiliki pH netral 6,5 - 7. Tanaman pepaya california memiliki kemampuan adaptasi cukup baik dengan berbagai jenis tanah. Bahkan tanah lahan kering, jenis tanah gambut dan tanah sulfat masam mampu mendukung pertumbuhan tanaman pepaya. 



Pepaya California Digemari Masyarakat


buah pepaya, pepaya california, tanaman pepaya, benih cap bunga matahari, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pepaya Jupe
Cap Bunga Matahari 
Tanaman pepaya memiliki nama latin Carica papaya L. adalah tanaman berasal dari Meksiko Selatan dan Nikaragua. Kemudian penyebarannya semakin meluas hingga dibudidayakan di negara-negara tropis termasuk Indonesia. 

Pepaya mudah tumbuh terutama pada media tanah berhumus bercampur pasir. Pepaya california menyukai sinar matahari cukup dan drainase yang baik. Budidaya dan pemeliharaannya mudah dan tanaman mudah tumbuh subur.   

Pepaya california banyak disuka dan mulai dipilih untuk dibudidayakan saat ini karena sangat menjanjikan keuntungan. Ukuran buah pepaya california tidak terlalu besar. Bobot buah pepaya california sekitar 0,8 - 1,5 kg/buah, kulit hijau tebal dan mulus. 

Bentuk buah lonjong dan bila buah pepaya matang berwarna kuning. Rasa buah manis dengan daging buah yang berasa kenyal serta tebal.  

Jenis pepaya california merupakan jenis buah pepaya unggul. Umur panennya genjah, batang pohonnya kerdil atau lebih pendek dari jenis pepaya lainnya. Tinggi tanaman pepaya california sekitar 1,5 - 2 meter. Buah pepaya california sudah dapat dipanen umur 8 - 9 bulan. 

Pohon pepaya california berbuah hingga umur mencapai 4 tahun. Panen buah pepaya setiap bulannya dapat hinga berjumlah 4 kali panen. Sekali panen buah pepaya california per pohon menghasilkan 2 - 3 buah matang setiap minggu. Hasil panen berkisar 1,9 - 3,6 ton per hektar.  

Budidaya tanaman pepaya kini menjadi salah satu komoditas pertanian daerah tropis dengan peluang sangat besar. Peluang perkembangan pepaya california sangat besar di Indonesia sebagai usaha pertanian cukup menjanjikan.  





Tanaman Pepaya California Mudah Tumbuh 


Benih pepaya california berbentuk lonjong dan kecil dan saat dikecambahkan, daun berwarna hijau. Umur bibit kurang dari 7 bulan memiliki antena seperti kuncir menjulang pendek di bagian ujung daun. 

Tinggi pohon pendek yaitu 1,5 - 2 meter dan ruas batang pendek dan berpelepah. Bunga pepaya california ada 2 jenis yaitu bunga tidak bisa berbuah ( kembang paes ) dan bunga dapat berbuah. 

Bunga dapat berbuah akan banyak bermunculan di tangkai setelah tanaman berumur sekitar 3 bulan setelah tanam. Tanaman pepaya california mampu berbuah lebat hingga mencapai 25 - 30 buah pepaya. Warna kulit luar buah pepaya hijau cerah. Bila menjelang masak muncul warna kuning di sekitar tangkai. 

Warna daging buah pepaya california Jupe merah cerah, bagian tengah rongga seperti bintang. Rasa buah sangat manis dan memiliki daya simpan hingga 5 hari tanpa diberi zat pengawet. 

Tanaman pepaya california tumbuh subur pada tanah sedikit berpasir bahkan pada tanah gambut. Tanaman tidak menyukai ada naungan sehingga lahan harus terbuka dan drainase baik. Tanah memiliki pH antara 6 -7 dan suhu udara antara 25 - 30 derajat Celcius. 

Budidaya tanaman pepaya sebaiknya pada ketinggian 300 - 500 m dpl dan curah hujan tahunan antara 1000 - 2000 mm/tahun. Kelembaban udara sekitar 40%. 

Menanam buah pepaya dilakukan dengan 2 cara yaitu benih pepaya Jupe cap Bunga Matahari langsung ditanam atau menggunakan bibit. Bila langsung ditanam, benih pepaya Jupe cap Bunga Matahari ditanam sebanyak 2 - 3 benih per lubang tanam. 

Apabila menggunakan bibit maka benih disemai dalam polybag hingga berumur 1 - 1,5 bulan. Lalu bibit telah siap dipindahkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan. 


Baca Juga : Pertanian Online


Persiapan Lahan Menanam Buah Pepaya Benih Jupe


Baik langsung benih ditanam maupun menggunakan bibit, sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari, sekitar pukul 15.00 WIB. Lubang tanam yang sudah disiapkan, diberi 2 benih atau 2 bibit sekaligus. Bibit sebanyak 2 buah tersebut berguna sebagai cadangan untuk penyulaman nanti bila bibit mati. 

Persiapan lahan berupa pengolahan tanah untuk mempersiapkan penanaman agar kondisi lahan sesuai kebutuhan tanaman. Lahan dibersihkan dari bebatuan, gulma dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Drainase juga dibuat rapi agar air mengalir lancar. 

Pengolahan tanah dilakukan dengan cara tanah dicangkul, dibolak balik agar tanah bagian bawah ( sub soil ) naik ke atas bergantian dengan tanah atas ( top soil ). Tanah dicangkul sampai kedalaman 40 cm. 

Selanjutnya membuat lubang tanam. Tanah bagian atas diletakkan di sisi kanan. Tanah bagian bawah diletakkan di sisi kiri. Tanah bagian bawah nanti digunakan terlebih dulu untuk menimbun benih. Lalu diikuti tanah bagian atas ditimbunkan terakhir.  

Sebelum penanaman, lubang tanam dipersiapkan dulu. Ukuran lubang tanam pepaya Jupe adalah 30 x 30 x 30 cm. Lubang tanam lalu dibiarkan terpapar sinar matahari selama 2 minggu. Tanah bekas galian jangan dibuang karena bisa dijadikan campuran pupuk kandang. 

Setelah 2 minggu, berikan pupuk dasar dengan tanah galian tadi ditambah pupuk kandang 10 kg per tanaman. Berikan kapur Dolomit sebanyak 0,5 kg/tanaman bila pH tanah masih < 6. Jarak per lubang tanam adalah 2,5 x 2,5 m atau 2,5 x 2,75 m. 

Persiapan lahan juga perlu membuat bedengan atau galangan dengan lebar 1 - 1,5 m dan tingginya di tahun pertama adalah 30 - 40 cm. Jarak antar galangan 1 meter dan arahnya disesuaikan arah aliran air mengalir. Lubang tanam dibuat di antara galangan. 


Pemeliharaan Budidaya Buah Pepaya California


- Pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK 16-16-16 mulai umur 1 dan 2 bulan setelah tanam ( BST ) sebanyak 100 gram per tanaman. Kemudian umur 2 - 3 bulan setelah tanam sebanyak 150 gram per tanaman. Umur 4 - 6 bulan dosis 200 gram/tanaman. 

- Penyiangan gulma dilakukan sebelum pupuk susulan. Penyiangan dilakukan secara manual yaitu menggunakan tangan. 

- Penyulaman bila ada tanaman mati sampai umur 2 - 3 minggu. Tanaman sakit atau mati segera dicabut dan segera ditanam benih pepaya Jupe. 

- Pembumbunan biasanya dilakukan bersama penyiangan gulma dan penyiraman. Pembumbunan akan mudah dilakukan bila tanah basah. Tujuan pembumbunan untuk mengubur batang yang semakin tinggi agar pohon pepaya tidak roboh. Selain itu juga bertujuan merangsang pertumbuhan akar baru.  

- Pengendalian hama dan penyakit pepaya california. Ada 3 hama utama yang biasa menyerang tanaman pepaya dengan tingkat kerusakannnya sendiri-sendiri. Ada serangan hama kutu putih, lalat buah dan tungau coklat/merah/hijau. 


Hama Lalat Buah

buah pepaya, pepaya california, benih cap bunga matahari, jual benih pepaya, toko pertanian, online, lmga agro
Perangkap Untuk Lalat Buah

Lalat buah menyerang semua jenis buah ternasuk pepaya california Jupe cap bunga Matahari. Cara lalat buah menginfeksi buah pepaya yaitu menusuk buah menggunakan moncong lalat. Moncong lalat mampu menembus kulit buah lalu dia meletakkan telurnya dalam buah pepaya. 

Telur akan berkembang selama 20 hari. Perkembangannya sangat cepat dan dengan cara bergerombol. Buah akan rontok, busuk bagian dalam dan buah akan penuh benjolan. Lalat buah dikendalikan menggunakan Yellow Trap dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro.  




Hama Tungau 


Hama tungau yang menyerang tanaman pepaya berbentuk sama yaitu mirip laba-laba kecil. Tungau sulit dilihat karena ukurannya < 1 mm. Tungau merusak tanaman dengan cara menghisap tunas muda atau pucuk daunnya. Bekas serangan menyebabkan luka berupa bintik-bintik kuning. Lama kelamaan daun akan mengkerut. 

Cara mengusir tungau menggunakan tepung belerang dengan cara tepung diletakkan di permukaan daun terserang. Bisa juga melakukan penyemprotan akarisida. 


Hama Kutu Putih

Kutu yang biasa menyerang tanaman pepaya ukuran tubuhnya kecil dan berwarna putih. Kutu ditutupi selaput benang yang lembut. Lalu kutu berkoloni bersama semut atau terbang terbawa angin. Kutu berkembang biak secara bergerombol. 

Kutu putih merusak pohon pepaya dengan cara menghisap cairan sel dalam jaringan batang, buah dan daun. Kemudian daun pepaya akan mengkerut karena kehabisan cairan. Daun lalu rusak dan mati.

Kutu putih juga menyerap cairan buah pepaya. Kerusakan dan kerugian akibat serangan kutu putih cukup besar karena hama menyerang dengan cara bergerombol. Pengendalian menggunakan insektisida dan bila sudah sangat parah tambahkan detergen lalu buang bagian yang terserang hama. 


Penyakit Tanaman Buah Pepaya

1. Penyakit Busuk

Penyakit busuk biasanya akan muncul pada buah pepaya menjelang panen lalu buah diangkut dan disimpan. Penyakit busuk juga menyerang buah kena luka dan tua sehingga buah busuk dan berair. 

Cara mengatasinya yaitu buah pepaya busuk atau sakit dipisahkan. Buah yang masih baik segera direndam air panas suhu 47 derajat Celcius selama 20 menit. Kemudian buah disimpan dalam suhu 10 derajat Celcius. Saat panen dan pengangkutan, buah pepaya dibungkus kertas untuk mencegah buah terluka. 

2. Penyakit Tepung

Disebabkan oleh serangan cendawan ke daun pepaya bagian bawah. Daun pepaya akan berwarna putih mirip tepung. Di dekat tulang daun terdapat bintik warna hijau pucat atau kuning. 


3. Mozaik Pepaya

Penyakit ini menyebabkan penampilan tanaman menjadi jelek pada bagian batang, daun dan buah pepaya. Daun terlihat sangat kasar dan bagian sisinya terdapat garis-garis tipis berbentuk mozaik tidak beraturan. Warna mozaik hijau gelap. 

Tanaman akan lambat pertumbuhannya karena daun mengecil dan menumpuk bagian atasnya. Bahkan beberapa daun menjadi berguguran. Pohon pepaya yang terserang penyakit mozaik sebaiknya ditebang dan tanam kembali benih pepaya yang sehat dan kendalikan penyebab penyakitnya. 


4. Busuk Pangkal Batang dan Akar

buah pepaya, pepaya california, tanaman pepaya, benih cap bunga matahari, jual benih pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pestisida | Toko Online
LMGA Agro 
Penyakit disebabkan oleh jamur Phytopthora palmivora. Gejalanya yaitu daun pepaya bagian bawah akan layu dan berubah menjadi kuning. Sebelum rontok, daun akan menggantung pada batang pohon. 

Daun masih muda juga akan layu sehingga bagian pucuk hanya terdapat sedikit daun kecil. Bila dibiarkan, lama kelamaan tanaman akan mati dan bagian akar lateral akan membusuk. Akar lateral menjadi berwarna coklat tua, berbau tidak enak dan akar lunak.  

Pencegahannya yaitu dengan menyemprotkan fungisida di dekat tangkai buah. Bila melakukan penyulaman, tanaman jangan ditanam terlalu dalam. Tanaman sakit harus dibongkar hingga akar-akarnya bersih dan tanaman dibakar. 


Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana


Pemanenan Buah Pepaya Jupe Cap Bunga Matahari


Buah pepaya california panen umur 8 - 9 bulan. Tanda buah pepaya siap panen yaitu adanya semburat warna kuning kemerahan 25% di kulit bagian ujung. 

Bila akan distribusi jarak jauh maka buah pepaya dipetik dengan ciri semburat hijau kekuningan < 25%. Pemetikan buah pepaya yaitu memotong tangkai buah menggunakan pisau tajam atau gunting pangkas yang tajam dan bersih. 

Jangan sampai buah pepaya terluka saat panen dan usahakan saat panen, buah pepaya tidak jatuh ke tanah. Jika pohon tinggi, panen bisa dilakukan dengan bantuan tangga. 

Setelah dipetik, buah pepaya dimasukkan dalam keranjang dan dibawa ke tempat sortir buah. Buah pepaya cacat dan ada bercak, buah diletakkan di tempat terpisah. Buah mulus dikelompokkan lagi berdasarkan ukuran, bentuk, besar, tingkat kemasakan buah dan warna. 

Buah pepaya akan dapat besar bila tanahnya subur begitu juga sebaliknya bila tanh tidak subur, buah akan kecil-kecil. Kualifikasi mutu buah pepaya panen telah memiliki bobot minimal 0,8 kg. 

Demikian artikel Kami judul : Buah Pepaya California Jupe Benih Bunga Matahari Tidak Mudah Busuk. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih buah dan sayur berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian.

Kami menerima layanan konsultasi gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Semoga artikel Kami tentang buah pepaya ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan. 

Buah pepaya Jupe cap Bunga Matahari jenis pepaya california yang unggul dan banyak digemari. Banyak keunggulan dari buah pepaya Jupe yaitu buah tidak mudah busuk dan mudah budidayanya. Buah juga tahan dan tetap segar selama dalam penyimpanan. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.